Nama Jaringan Seluler Di Indonesia


Jaringan seluler yang kita jumpai di sekitar kita, adalah jaringan yang telah mengalami evolusi. Berganti nama seiring dengan kemajuan tehnologi internet dan perangkat ponsel. Kecepatan jaringan yang menjadi pilihan pengguna internet dalam mengakses informasi melalui di situs-situs berita juga mengalami peningkatan dari masa ke masa. Tidak hanya sebatas informasi dalam artikel berita, blog atau forum online namun sudah bisa menjangkau informasi dalam bentuk video secara live.

Jaringan GPRS

Untuk yang awal, nama jaringan yang sudah tampil adalah jaringan GPRS yang juga disebut sinyal 2.5G. Jaringan ini merupakan jaringan sinyal bagi ponsel untuk akses internet di kecepatan maksimal 170Kbps. GPRS sendiri singkatan dari General Packet Radio Service. Jadi, bisa dikatakan sinyal yang di saat akses internet kekuatan dan kecepatannya sebanding dengan dengan kekuatan sinyal radio. Sehingga, dalam tingkatan terkait sinyal di status bar pada ponsel,tampil huruf G sebagai ikon sinyalnya.

Dukungan konten atau info tehnologi yang ditawarkan dalam hal akses internet di sinyal GPRS adalah bisa untuk email, mms serta browsing internet. Sedangkan untuk mengakses situs, blog, website agak sulit memuat dengan lancar. Berbeda dengan saat ini yang sudah memiliki jaringan 4G. Hanya dalam waktu beberapa detik, blog dan situs yang kita kunjungi langsung tampil sempurna.

Jaringan EDGE

Jaringan seluler yang selanjutnya adalah sinyal EDGE. Dengan nama alias untuk sinyal 2.75G. Kecepatan jaringan setelah GPRS ini sedikit naik, yaitu 120 sampai dengan dikisaran angka 380 Kbps. EDGE singkatan dari Enhanced data rate for GSM Evolution. Untuk akses email, kirim mms dan browsing internet, dengan kecepatan seperti yang telah tertulis diatas, tampaknya sedikit lebih cepat dari sinyal G pendahulunya. Sudah mampu menjangkau situs dan website yang tayang di internet.

Jaringan UMTS

Untuk urutan ketiga disebut jaringan UMTS atau United Mobile Telecommunication Technology. Serta didukung EVDO/W-CDMA yang menjadi penerus jaringan G dan E. Sinyal 3G adalah yang menjadi sebutan untuk jaringan ini. Yang dalam status bar ditandai tampilan sinyal bertuliskan 3G. Saat ponsel terhubung ke internet, otomatis akan menampilkan sinyal 3G.

Dalam hal konten tehnologi yang bisa dijangkau jaringan 3G ini, selain email, mms, dan browsing, juga mendukung video call, streaming acara live dari stasiun siaran televisi. Jika dilihat,ada kemajuan terkait kecepatan akses diatas sinyal dua jenis jaringan sebelumnya yaitu EDGE dan GPRS. Dari Edge ke 3G ini, kecepatan data dalam melompati pagar rumah sudah di kisaran 384 Kbps hingga 2Mbps.

Jaringan H+

Kemudian, beberapa waktu berlalu muncul lagi tehnologi sinyal yang lebih canggih lagi.Yang membuat acara video call dan layanan streaming lewat ponsel pintar layar lebar semakin bening tampilannya. Sebut saja jaringan internet sinyal H+. Lengkapnya dinamakan jaringan HSPA/HSDPA/HSUPA.

Bila disingkat :

HSPA adalah High Speed Packet Access

HSDPA adalah High Speed Downlink Packet Access

HSUPA adalah High Speed Uplink Packet Access

Dengan tingkat ranking 3.5G dan berkecepatan data di kisaran 600Kbps hingga 10Mbps (Mega bite per second) untuk upload datanya. Sudah cukup kuat menjangkau dunia internet di belahan bumi mana saja. Tanpa kendala tersangkut ujung pohon kelapa atau gedung yang tinggi.

Kecepatan download file/HSUPA mampu berkecepatan hingga 7.2Mbps. Dan hal terkait sinyal H+ ini, mayoritas operator seluler di Indonesia sudah mendukung dalam layanan yang ditawarkan. Seperti video call lewat WA, streaming, tv mobile dan lainnya. Untuk browsing dan chat via media sosial sudah tidak ada kendala. Selama kuota internet masih ada di kartu SIM, pengguna dapat menjelajah informasi yang banyak tersedia di layanan situs dan blog.

Jaringan 4G

Sinyal 4G LTE adalah sinyal pada internet yang tercepat dan terkuat saat ini. Jaringan 4G menjadi jaringan favorit para pelaku bisnis online dalam menjalankan aktifitas kerjanya. Bersama dengan hadirnya ponsel pintar yang bersistem operasi Android dan iPhone, menjadikan kita mendapat berbagai macam kemudahan terkait aktifitas jualan pulsa online dan dalam bekerja jadi agen pulsa lewat aplikasi Unitedtronik.

Dinamakan 4G karena menjadi generasi yang ke- 4 dari jaringan yang sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung, kecepatan akses datanya mampu hingga 100Mbps. Untuk nama LTE adalah singkatan dari Long Term Evolution.

Smartphone Android keluaran 2017 rata-rata sudah support untuk sinyal 4G LTE ini. Jadi, pengguna ponsel pintar yang ingin upgrade ponselnya, bisa langsung kunjungi gerai-gerai ponsel pintar di sekitar rumah. Untuk selanjutnya menikmati hasil karya tehnologi jaringan sinyal di semua perangkat yang terhubung ke internet.

Baca artikel lainnya : Membangun Blog Nice Bisnis Pulsa

Comments

Popular Post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *



Unitro Pulsa Network