Mengenal Lebih Banyak Tentang VoLTE Via myIM3


Layanan VoLTE hadir sebagai teknologi komunikasi via jaringan 4G LTE. Menurut catatan sejarah VoLTE di Wikipedia, diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan telekomunikasi asal Singapura, Singtel, di awal tahun 2014 lalu. Hingga sekarang, penggunaan tehnologi ini sudah hampir merata di gunakan ketika pengguna mengakses internet sambil melakukan panggilan. Meskipun informasi ini sudah banyak yang menampilkan sebagai artikel blog, pengertian dan fungsi utama dari VoLTE masih tetap di cari pengguna. 

Pengertian VoLTE

Apa itu VoLTE?

VoLTE singkatan dari Voice over LTE, artinya suara di atas LTE. Ini adalah sistem dari tehnologi komunikasi yang bekerja untuk menguatkan gelombang suara agar mampu 'berjalan'  pada jaringan internet 4G LTE. Sehingga, meskipun pengguna mengakses internet bersamaan dengan menerima panggilan telepon, maka, panggilan telepon tersebut dapat di terima dan didengar dengan baik oleh pengguna, tanpa mematikan konektifitas internet. 

Nama LTE sendiri adalah tingkat jaringan tertinggi saat ini yang kita kenal sebagai 4G LTE. Meskipun sudah di sebutkan bahwa tehnologi jaringan 5G telah diluncurkan, tetapi jaringan 4G LTE masih mendominasi. Sehingga, pengertian tentang VoLTE ini dapat dbuat lebih mudah menjadi, tehnologi komunikasi yang memprioritaskan sinyal suara daripada sinyal untuk mengakses internet. Panggilan suara di jaringan 4G ini memiliki kualitas suara HD. 

Pengguna yang mengakses internet memiliki bekal untuk mencapai 4G tanpa ada kendala. Semakin tinggi versi OS pada handphone, semakin mudah informasi yang didapat dan dibutuhkan pengguna yang mengakses internet. Jaringan internet yang menghubungkan perangkat satu dengan lainnya, dalam perkembangannya hingga sekarang, telah menjadi cara baru untuk menambah fitur komunikasi di layanan global. Dari hal yang dulu sudah ada sebagai layanan panggilan dan SMS menggunakan pulsa utama, maka sekarang, layanan global di paket internet telah mendominasi semua media yang ada dalam kategori perangkat ber-OS Android dan iOS. 

Karena fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan cara pengguna berkomunikasi via internet, langkah ini mendapatkan sambutan baik dari negara-negara lain. Amerika Serikat  menyambut baik teknologi VoLTE ini melalui perangkat  iPhone 6s milik Apple. Kemudian, Cina dan Korea Selatan, menerapkan layanan ini ke semua operator jaringan di negaranya.Termasuk Indonesia saat ini, dimana operator Smartfren yang menjadi provider pertama yang menerapkan tehnologi VoLTE untuk pengguna di Indonesia. Menyusul kemudian provider Telkomsel, XL, dan Indosat. 

Informasi VoLTE Di myIM3

Jika Anda pelanggan Indosat, Anda dapat menemukan setelan untuk mengaktifkan layanan VoLTE melalui aplikasi myIM3 Anda. Mengingat tidak semua handphone Android menyediakan fitur ini, namun, aplikasi tetap menampilkan informasi tentang VoLTE. Jika handphone Anda mendukung fitur VoLTE maka Anda bisa membuka setelannya. 

Untuk membuka informasi VoLTE melalui myIM3, berikut langkahnya:

1. Di halaman myIM3, Anda dapat membuka menu 'Lainnya'. Kemudian, scroll layar handphone Anda ke bawah dan temukan menu 'Informasi' lalu pilih 'Bantuan'.

2. Disamping kanan, klik panah. Halaman 'Bantuan' akan menampilkan daftar informasi tentang kategori-kategori.

3. Scroll layar ke bawah dan temukan 'VoLTE'.

4. Buka kategori VoLTE. Di halaman ini, Anda bisa menelusuri pertanyaan-pertanyaan yang sudah memuat jawabannya masing-masing. 

5. Untuk mengetahui apakah handphone Anda sudah mendukung fitur VoLTE, buka halaman akun Anda. Dibawah nomor Anda, pilih tombol 'Cek dukungan VoLTE'. 

Dukungan VoLTE  Untuk Pelanggan Indosat Ooredoo

Jika perangkat Anda mendukung VoLTE, Anda hanya memerlukan beberapa langkah untuk mengaktifkan fitur ini. Dukungan VoLTE memberi Anda informasi tentang bagaimana cara menggunakan layanan VoLTE. Sehingga nanti, meskipun Anda menggunakan handphone terbaru dan handphone Anda tersebut memang tidak menyertakan fitur VoLTE, Anda tidak perlu mencari lagi fitur ini di handphone Anda. 

Layanan VoLTE disediakan untuk semua pelanggan yang memerlukan jalur komunikasi di jaringan internet tanpa menghambat aktifitas internet itu sendiri. Sebagai pengguna IM3 atau Mentari, Anda memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati layanan VoLTE Indosat Ooredoo. Informasinya adalah, (1) pastikan perangkat Anda memiliki fitur yang mendukung layanan VoLTE, (2) Anda berada dalam jangkauan VoLTE Indosat Ooredoo, (3) Anda menggunakan kartu SIM yang juga mendukung VoLTE.

Tiga kota besar di pulau Jawa yaitu Jakarta, Bandung, dan Surabaya adalah wilayah yang sudah mendukung layanan VoLTE. 

Baca juga: Semua Yang Ingin Anda Ketahui Tentang Kartu SIM


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Contact Form

Name

Email *

Message *