Terbaru

Gunakan Hotspot Pribadi Untuk Membagikan Jaringan Telepon Melalui WiFi, Bluetooth Dan USB

Image
Fitur Hotspot Pribadi adalah mode berbagi jaringan pada HP Anda untuk perangkat lain yang memerlukan jaringan internet. Perangkat berOS iPhone mungkin memiliki setelan yang berbeda dengan Android. Mewakili pengguna perangkat berOS Android, fitur Hotspot Pribadi dapat Anda gunakan untuk berbagi jaringan melalui tiga cara, yaitu melalui WiFi, bluetooth dan USB.    Ketika Anda menyambungkan handphone ke laptop menggunakan kabel USB untuk tujuan akses internet dari HP, Anda memerlukan sedikit pengaturan untuk berbagi jaringan ini. Ini artinya, Anda dapat menggunakan HP Anda untuk menjadi modem USB atau modem wireless. Untuk memulainya, informasi di bawah ini menjadi petunjuk untuk mengetahui cara menggunakan fitur Hotspot Pribadi. Bagikan Jaringan Telepon Melalui WiFi Berbagi jaringan melalui WiFi adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghubungkan perangkat satu ke perangkat lain, seperti laptop, pc atau HP. Jika Anda memiliki modem khusus untuk Anda gunakan terhubung ke jaringan inte

Semua Yang Ingin Anda Ketahui Tentang Kartu SIM

SIM card atau nomor HP yang biasa kita gunakan untuk telepon, SMS, dan mengakses internet adalah benda kecil pipih seukuran kuku jari orang dewasa, yang terbuat dari plastik dengan logam tembaga di tengahnya. Ini merupakan tempat yang memuat tehnologi digital dengan banyak informasi penting. Informasi penting ini adalah informasi yang menjadi data digital tentang semua fungsi layanan seluler yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi memakai perangkat handphone. Hasil informasi ini kemudian di tampilkan pada layar perangkat handphone dan layar pc jika pengguna menggunakan modem jenis GSM. 

SIM singkatan dari Subscriber Identity Module atau Subscriber Identification Module,artinya Modul Pengenal Pelanggan. Ini adalah sebuah tehnologi yang dibuat dan disimpan pada chip yang di tanamkan ke objek atau benda acuan. Kita mengenalnya sebagai kartu SIM ,dan kartu ini ditempatkan pada handphone pengguna yang menjadi pelanggan dari penerbit kartu tersebut. Tehnologi kartu SIM menyimpan informasi penting di dalamnya,yang memuat suatu data sebagai kunci pengenal dari perusahaan jaringan seluler. Hingga sekarang kunci pengenal ini kita sebuat sebagai operator seluler atau provider. Di Indonesia,provider yang sudah dikenal antara lain Indosat Ooredoo,Telkomsel,XL,Smartfren,dan Tri.

Hasil dari rangkaian sistem yang ada pada kartu SIM selanjutnya membawa banyak hal tentang tehnologi informasi dan komunikasi. Dengan kartu SIM,melalui perangkat handphone,pengguna dapat melakukan komunikasi jarak jauh tanpa ada kabel yang tersambung. Komunikasi tanpa kabel melalui handphone adalah cara baru di awal tahun 90-an sejak telepon rumah mulai digunakan. Dari sinilah kartu SIM mulai dikenal masyarakat.

Ketika pengguna memerlukan komunikasi secara tertulis,SMS menjadi cara yang mudah untuk dilakukan. Melalui aplikasi perpesanan yang ada di setiap handphone,Anda dapat mengirim pesan yang memberi informasi tentang keperluan Anda atau keinginan Anda kepada pengguna yang lain. Meskipun sekarang ini aplikasi perpesanan online sudah menjadi aktifitas pengguna handphone untuk saling berkirim pesan langsung,namun keberadaan SMS melalui pulsa masih tetap digunakan. Handphone Android terbaru sekarang adalah perangkat pintar yang mampu membawa pemiliknya mengikuti dan memahami perkembangan informasi yang ada di setiap halaman beranda situs berita. Sebagai pengguna nomor Indosat atau Telkomsel atau operator seluler yang lain, Anda tentu tidak melupakan tentang pulsa Anda,bukan?Karena dengan pulsa utama di nomor SIM Anda maka Anda tetap menjadi pemilik dan pengguna nomor SIM Anda. 

Pulsa dan jumlahnya yang bervariasi,bisa Anda isi ulang dengan mudah. Sistem pengisian pulsa ini termasuk salah satu dari modul yang digunakan menurut modul pengenal pelanggan. Jika Anda pelanggan Telkomsel,informasi tentang operator Telkomsel sudah ada di dalam kartu SIM Anda. Karena itu,Anda tidak perlu mencari cara bagaimana nanti pulsa Anda bisa langsung mengisi nomor Anda,padahal ada banyak operator seluler yang lain yang mungkin juga melakukan hal yang sama,yaitu isi ulang di nomor SIM mereka. Semua proses sudah tersusun otomatis dalam daftar yang menunjukkan kode setiap operator seluler.

Data Yang Tersimpan Di Kartu SIM

Jika Anda mengunjungi situs aau blog yang menulis artikel tentang tehnologi yang digunakan oleh operator seluler,Anda akan menjumpai nama-nama dalam bahasa Inggris,seperti MCC,MNC,MSIN dan Auth Key. Nama-nama singkatan ini memiliki arti yang sudah dijelaskan dalam buku petunjuk tentang kartu SIM. 

MCC singkatan dari Mobile Country Code. Ini adalah kode yang tersimpan sebagai tanda pengenal suatu negara yang memuat bagian awal di setiap nomor handphone. Kode ini juga bisa berfungsi sebagai pengganti angka nol,jika nomor tidak di ketahui masuk ke inbox SMS atau Missed Call. Dengan mengetahui angka di depan sebelum angka utama dari nomor handphone,Anda bisa mengetahui nomor handphone yang tak di kenal itu dari suatu negara apa. Untuk Indonesia,kode negara adalah +62. Jadi,jika Anda menyimpan nomor handphone yang langsung Anda copy dari daftar pada sistem Missed Call, nomor handphone akan selalu menyertakan kode +62 di awal. Berbeda jika Anda menyimpan nomor dari pemilik yang sudah Anda kenal,angka nol selalu Anda tulis di awal.

Informasi penting lainnya yang tersimpan pada kartu SIM adalah Mobile Network Code atau disingkat MNC. Ini adalah apa yang di sebut Kode Jaringan Seluler. Kemudian,MSIN yaitu Mobile Subscriber Identification Number. Ini adalah informasi tentang nomor pelanggan. Anda yang menjadi pengguna Indosat adalah pelanggan dari layanan untuk kartu prabayar IM3,Mentari atau kartu pascabayar Matrix. Nomor handphone Anda yang saat ini aktif Anda gunakan adalah informasi tentang MSIN. Dengan sistem yang sudah disesuaikan dan terintegrasi dengan operator Indosat Ooredoo,Anda mempunyai kemampuan untuk dapat tersambung dengan pengguna dari Telkomsel,XL,Smartfren dan Tri. Semua proses Anda ketika Anda melakukan panggilan UMB untuk melihat sisa pulsa,mungkin juga bagian dari sistem MSIN ini. Auth Key atau Authentication Key juga menjadi salah satu informasi penting tentang kode kunci otentikasi tentang nilai bit di kartu SIM dan ini semua tersimpan pada database operator jaringan.

Kartu SIM Dari Masa Ke Masa

Operator GSM yang mulai beroperasi di Indonesia ,diawali oleh PT Satelit Palapa Indonesia,yang populer saat itu dengan nama Satelindo. Perusahaan ini adalah yang pertama menggunakan SIM Card  yaitu di tahun 1994 dan setahun kemudian muncul kartu Halo dari Telkomsel. Dan tak beberapa lama kemudian,tahun 1996,PT. Excelcomindo Pratama juga turut hadir bersama untuk memperkenalkan nomor XL. Tehnologi komunikasi terus berkembang bersama infornasi tentang internet yang masih asing dan belum banyak pengguna yang bisa memanfaatkannya. Sampai menjelang awal tahun 2000,sudah tercatat 2,5 juta pelanggan sebagai pengguna layanan seluler di Indonesia. Sebagian besar adalah mereka adalah pengguna produk operator GSM yang menjadi tiga perusahaan besar di jaringan seluler. Di mulai tahun 2000-an ini,layanan pesan singkat atau SMS mulai dikenal masyarakat.

Bentuk Fisik Kartu SIM 

Pertama kali saya mengetahui bentuk kartu SIM adalah mirip kartu ATM. Anda yang mengetahui bentuk kartu SIM kecil seukuran kuku jari kelingking orang dewasa,maka Anda mengenali nama kartu SIM Anda sebagai nano SIM. Perkembangan sampai kepada bentuk dan ukuran terkecil sekarang adalah perubahan dari bentuk dasar kartu SIM yang seukuran normal memiliki panjang 85,6 mm dan lebar 53,98 mm dan tebal 0,76 mm,di perkenalkan pad tahun 1991 silam.

Kemudian,pada tahun 1996,ukuran kartu SIM bernama mini SIM,kembali di perkecil dengan dimensi p x l x t, 25mm x 15mm x 0,76mm. Masa ini ada pada saat operator seluler yang ada di Indonesia mulai di kenal. Setelah itu,ukuran kartu menyesuaikan dengan slot kartu pada handphone terbaru yang di desain lebih ekonomis untuk tempat berdampingan dengan kartu memori handphone. Kartu SIM ini di kenal dengan micro SIM,yang berukuran panjang 15mm x 12mm x 0,76mm.

Ketebalan kartu 0,76 mm dipertahankan sampai pada bentuk micro SIM,sedangkan sekarang ini,bentuk kartu SIM terkecil adalah nano SIM yang memiliki ketebalan 0,67mm,dengan p x l terukur di 12,3 x 8,8mm. 

Meskipun dalam paket perdana yang dijual di konter pulsa atau gerai seluler adalah bentuk utama kartu SIM,AndA tidak perlu susah untuk membuat bentuk dari mini SIM ke nano SIM,sebab,dalam kartu SIM perdana tersebut sudah terdapat irisan yang menandai ukuran masing-masing kartu SIM.

Kartu SIM Sebagai Memori Penyimpanan

Meskipun kapasitas penyimpanan yang ada pada kartu SIM bukan menjadi tempat utama untuk menyimpan foto dan video Anda,namun kartu SIM Anda adalah ruang simpan pribadi untuk menyimpan nomor handphone dan SMS. Ini artinya nomor handphone teman-teman Anda yang Anda simpan sebagai nomor kontak,akan memuat sampai 250 kontak. Kemudian,SMS yang Anda terima pada aplikasi perpesanan default pada handphone, mampu menampung pesan maksimal sampai 100 atau 200 SMS.

Mungkin masih ada banyak kekurangan di artikel tentang kartu SIM ini. Jika Anda memiliki informasi yang bisa Anda bagikan kepada pengguna tentang informasi SIM dan semua tehnologi yang ada,Anda dapat membuat artikelnya di blog Anda,atau sedikit tambahan bisa Anda tulis dan bagikan di kolom komentar.

Comments


Unitro Pulsa Terbaru

Artikel Terpopuler Minggu Ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Memindahkan File Dari Laptop Lama Ke Laptop Baru

Cara Print Struk PLN Pascabayar Dan PPOB