Terbaru

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Sedikit mengarah ke samping kanan,ingin berbagi tentang cara ganti oli mesin mobil Daihatsu Taruna CSX tahun 2000.Barangkali di antara para pembaca ada yang baru membeli mobil bekas tahun 2000an dan jenisnya adalah SUV Daihatsu Taruna tipe CSX.

Sekilas review tentang Daihatsu Taruna.Daihatsu Taruna adalah kendaraan tipe SUV yang cukup populer di awal tahun 2000-an.Kehadirannya sebagai kendaraan keluarga yang nyaman namun bergaya sporty,membuat Daihatsu Taruna memiliki peringkat teratas di masa itu terkait dunia otomotif di Tanah Air.

Tipe Daihatsu Taruna

Ada beberapa tipe yang diluncurkan sejak tahun 1999 hingga 2005,namun hanya 2 yang menjadi tipe utama yaitu tipe  C dan F.Tipe Daihatsu Taruna pertama yang mulai tampil diantara jajaran mobil-mobil sekelasnya adalah tipe C series,yaitu tipe "pendek".Artinya kapasitas muat penumpang 7 orang.



Baris kursi tiga shaf namun kursi bagian belakang saling berhadapan.Jadi kalau 7 orang semua naik mobil Taruna tipe C ini(CSX,CSR,CL),maka 5 orang menghadap depan,2 orang duduk berhadapan.Sedangkan tipe F lebih dikenal sebagai tipe "panjang",karena memang dimensi panjang nya lebih sedikit beberapa centimeter dari tipe C.Kursi penumpang 3 shaf dan semua menghadap depan.

Dari semuat tipe kendaraan Taruna berlabel SUV ini,bentuk mesin dapat dikatakan sama karena memang satu pabrik.Yang membedakan hanya pada sistem suplai bahan bakar ke blok mesin saja yang berbeda.Tipe karburator dan injeksi yang menjadi sistem suplai pencampur bensin + udara ke ruang bakarnya.Sehingga apabila milik Anda adalah Daihatsu Taruna tahun 2000,dan ingin ganti oli mesin maka caranya sama dengan Daihatsu Taruna tahun 2005.Sebab lokasi untuk menuang oli mesin dan membuangnya ada pada tempat yang sudah dirancang.

Bila ada perbedaan mungkin brand oli mesin saja.Bicara mengenai oli mesin mobil,rekomendasi oli mesin yang sesuai maka pilihlah yang tertulis di manual book sebagai acuan standar dari pabrik pembuatnya.

Mesin Daihatsu Taruna Tipe Injeksi(EFI)

Lihat screenshot di bawah ini adalah bagian mesin Daihatsu Taruna EFI Tahun 2003.Sistem suplai bahan bakar tidak menggunakan karburator tapi sistem sensor yang bekerja dikontrol oleh ECU atau Electronic Control Unit.Secara garis besar cara kerja suplai bahan bakar sama dengan karburator.


Pada bagian ujung blok mesin hampir bagian tepi terdapat tombol yang dapat diputar.Itulah tutup oli mesin Daihatsu Taruna.

Baca juga: Mengenali Penyebab Mobil Taruna CSX Mogok Ditengah Perjalanan

Tipe Karburator



Lihatlah kembali screenshot dibawah.Ini adalah mesin yang tipe karburator.Ada sedikit perbedaan pada bagian atas mesin,bukan?Kalau tipe mesinnya karburator maka filter udara berbentuk lingkaran,tapi jika EFI maka bentuk filter bukan lingkaran.

Persiapan Penggantian Oli Mesin
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk proses penggantian oli,diantaranya ::Tang,lap,kunci pas/ring 21,bak penampungan oli bekas,corong,oli mesin baru+filter,kopi+snack,karton/perlak ukuran 1x 0.5 meter,botol kosong bekas air mineral.
  • Tang berguna untuk membuka tutup pengisian oli,mungkin dengan tangan tidak kuat membukanya.
  • Kunci pas/ring 21 berfungsi untuk membuka baut penutup saluran buang oli yang ada tepat di bawah mesin.
  • Bak penampungan bisa Anda gunakan timba bekas cat 5 kg.
  • Oli mesin baru dan filternya juga.Untuk oli mesin pilih SAE 10W 40 atau 15W 50,pilihan untuk mobil Jepang ada brand IDEMITSU,atau SHELL HELIX HX5.
  • Karton/perlak berguna untuk alas badan saat Anda ke kolong mobil untuk membuka baut penutup saluran buang.
  • Saat menuang oli mesin baru,jangan di tuang semua,sisakan sedikit kira-kira 200cc. Harap diingat bahwa kapasitas pengisian oli mesin Daihatsu Taruna sekitar 3,5 liter(tanpa filter)atau 3,8 liter jika dengan filter oli.Isi oli mesin untuk mobil yang dijual rata-rata 4 liter per jerigen.Jika tidak ada gelas ukuran,sebelum menuang ke dalam mesin mobil,tuanglah dulu oli baru pada botol bekas air mineral.Untuk botol besar(1,5L) tuanglah seperempat bagian botol.Untuk botol sedang bisa setengahnya.Otomatis volume oli baru akan berkurang.
  • Botol bekas air mineral berguna untuk menampung dan menyimpan sisa oli mesin baru.Suatu saat oli sisa yang masih bagus ini bisa Anda gunakan sebagai pelumas bagian-bagian kendaraan Anda yang memerlukan pelumasan,seperti engsel pintu mobil,engsel wiper,atau bagian bergerak lainnya yang mudah dilumasi.Rantai sepeda motor Anda juga boleh dilumasi menggunakan oli sisa ini.Asal jangan untuk oli mesin sepeda motor,sebab ada perbedaan kekentalan oli mobil dan motor.
Langkah Penggantian Oli Mesin
  • Buka penutup saluran tuang oli mesin,letakkan di tempat aman.
  • Siapkan bak penampung oli bekas dan kunci pas/ring 21.
  • Buka baut penutup saluran buang oli.Anda harus ke kolong mobil untuk mengaksesnya.Gunakan perlak/karton yang sudah Anda siapkan agar tubuh Anda tidak kotor.
  • Sudah di kolong mobil,posisikan tubuh Anda agar mudah membuka baut.Gunakan kunci pas/ring 21 untuk membukanya.
  • Dalam tahap membuka baut,jangan lupa pula posisikan tubuh Anda agat tidak tersiram oli saat baut sudah lepas.
  • Tempatkam bak penampung oli bekas bila Anda merasa baut akan lepas.
  • Bila oli sudah meluncur ke bak penampungan,mulai saatnya Anda tunggu sampai oli bekas benar-benar habis.Waktu tunggu sekitar 2-4 jam.
  • Saat menunggu oli meluncur masuk semua ke bak penampungan,Anda dapat beraktifitas yang lain.Itulah mengapa Anda butuh makanan ringan,kopi dan makanan lainnya.
  • Setelah yakin bahwa oli mesin sudah kosong,tutup kembali  saluran buang oli dengan baut penutupnya.Usahakan sebelum memasang, baut penutup di liliti sealtape agar tidak terjadi kebocoran oli.
  • Anda ambil oli mesin baru yang sudah siap dituang ke mesin.
  • Tuanglah oli ke inlet mesin pelan-pelan dan agar mudah gunakan corong supaya oli tidak tumpah merembes ke sisi blok mesin.
  • Setelah semua oli dalam wadahnya sudah pindah ke ruang mesin Taruna kesayangan,tutup kembali saluran inlet.
  • Selesei.
Dalam penggantian oli mesin Daihatsu Taruna CSX selanjutnya,Anda dapat melakukannya sendiri tanpa ke bengkel,bukan?

Baca juga: Layanan Voucher Unitedpay: My Voucher,Voucher Game Dan Voucher Digital

Comments

Unitro Pulsa Terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya