Cara Melepas Dan Memasang Karet Wiper Kaca Mobil


Ketika Anda ingin melepas dan memasang karet wiper kaca depan mobil, Anda tidak harus datang ke bengkel. Untuk pekerjaan yang memerlukan bantuan mekanik, tune up mesin mungkin cocok Anda lakukan. Tetapi, untuk sekedar memasang dan melepas wiper kaca mobil,  Anda bisa melakukannya sendiri. Informasi di bawah ini menjadi cara mudah untuk Anda ikuti.

Meskipun sebenarnya mudah, melepas karet wiper kaca mobil akan menjadi pekerjaan yang melelahkan jika Anda tidak mengetahui caranya. Akibat yang mungkin terjadi adalah, Anda menarik paksa karet wiper sampai bagian tengah kait wiper, (bagian yang menjepit) menjadi bengkok. Jika bagian kait karet wiper ini bengkok, wiper kaca mobil tidak bisa bekerja dengan normal. Alat sapu air hujan ini mungkin tidak berfungsi semestinya oleh karena bagian tangkai yang memegang karet wiper menjadi bergeser, Jika demikian, Anda mungkin mendapati karet wiper tidak menyentuh kaca mobil depan sama sekali.

Alat Pendukung Untuk Melepas Wiper Kaca Mobil

Jika Anda baru beberapa bulan memilki mobil dan ternyata wiper kaca depan mobil Anda sudah waktunya harus diganti, maka mobil Anda tentu mobil bekas. Tidak masalah jika Anda baru membeli mobil bekas, yang terutama tidak ada kendala pada bagian-bagian mobil Anda.

Pertanyaaanya mungkin, apakah ada alat yang membantu untuk melepas karet wiper? Ada, tetapi bukan kunci pas atau obeng. Anda mungkin memerlukan kaos tangan untuk keamanan tangan ketika melepas karet wiper. Alat pendukung lainnya, WD 40 mungkin juga berguna untuk membersihkan karat yang mungkin menyebabkan lengketnya wiper ke tempatnya. 

Bagian Engsel Dan Tangkai Wiper

Wiper mobil terdiri dari dua bagian. Bagian engsel dan tangkai. Bagian engsel adalah pangkal wiper yang terletak di body mobil di bawah kaca depan. Bagian ini bergerak karena ada arus listrik dari aki ke saklar wiper yang ada pada dasbor mobil. Beberapa tipe mobil mungkin berbeda letak saklarnya. Ada yang gabung dengan tombol on off lampu, ada terpisah. Mobil keluaran baru mungkin memasang switch wiper di area steering.

Sedangkan bagian tangkai, ini adalah lengan yang pada pangkalnya berengsel dengan gerak naik turun dan pada ujung lengan berbentuk kait dengan bidang seperti kail pancing. Ujung tangkai dengan bidang seperti kail pancing inilah bagian yang menjepit karet wiper. Fungsinya yang memang sekedar untuk menjepit rangka karet wiper, sehingga tidak ada baut pengikat apapun yang dapat digunakan untuk menjepit. Karena itu, jika Anda akan melepas unit karet wiper lama dan terasa agak susah, itu menandakan bagian kait terdapat karat yang membuat lengket rangka/plat karet wiper.

Karet wiper mobil adalah alat yang terpisah dari wiper mobil. Jika di sebutkan sebagai unit wiper, karet wiper mobil menjadi bagian ketiga dari alat sapu air hujan di kaca mobil Anda, baik kaca depan dan belakang.   

Langkah Melepas Karet Wiper

Melepas Karet Wiper Sebelah Kanan Dan Kiri

1. Posisikan tubuh Anda berada pada sisi kanan depan mobil. Anda mugkin perlu menghadap ke wiper mobil Anda.

2. Angkat ke atas tangkai yang berada pada engsel. Posisi tangkai terangkat seperti gambar di atas.

3. Anda mungkin perlu memberi alas pada kaca depan yang menjadi tempat menempelnya karet wiper. Alas dari kain bekas atau gabus mungkin cocok Anda letakkan. Tujuannya adalah agar kaca mobil tidak retak jika sewaktu Anda melepas karet wiper, tiba-tiba tangkai tersentak kembali ke posisi di atas kaca mobil. Ada pegas yang kuat diantara bagian engse dan tangkai.

4. Pegang tangkai dengan tangan kanan dan karet wiper dengan tangan kiri. Pastikan Anda menggunakan kaos tangan agar aman.

5. Menggunakan tangan kiri, tarik ke arah bawah bagian karet wiper yang ada di kait tangkai. Jika tidak ada karat yang menempel, karet wiper seharusnya sudah lepas dari kaitnya. Jika Anda kesulitan melepas karet wiper, semprot bagian kait dengan WD 40 dan tunggu beberapa saat lalu keringkan dengan lap. 

6. Coba Anda ulangi kembali menarik rangka karet wiper ke bawah. Anda sudah melepas karet wiper. 

7. Selanjutnya, ulangi untuk melepas karet wiper yang sebelah kiri. Caranya sama dengan langkah 1 sampai 6, hanya posisi Anda ubah pada samping kiri depan mobil Anda.

Memasang Karet Wiper

Anda dapat langsung memasang karet wiper sebelah kanan atau kiri setelah melepas karet wiper lama.

1. Ambil wiper baru yang sudah Anda persiapkan.
 
2. Angkat kembali tangkai jika sebelumnya Anda turunkan tangkai.

3. Peganglah tangkai dengan tangan kanan dan karet wiper dengan tangan kiri. Posisikan lubang yang ada karet wiper ada pada bagian bawah kait agar masuk ke kait tangkai.

4. Anda mungkin perlu menyesuaikan dan mencari posisi lubang karet wiper agar masuk ke kaitnya.

5. Dorong dan tekan rangka karet wiper ke atas sambil menahan tangkai dengan tangan kanan. Pastikan posisi lubang karet wiper masuk secara penuh.

6. Anda sudah memasang karet wiper. 

7. Posisikan kembali tangkai wiper ke tempat yang seharusnya. Jangan lupa mengambil alas kain atau gabus pelindung kaca. 

Semudah itulah memasang karet wiper mobil Anda. Jika Anda membeli karet wiper merk Butterfly, harga alat ini mungkin agak mahal. Anda mungkin dapat memilih merk umum seperti Bosch yang lebih hemat di harganya. 

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *