Cara Membuat dan Menjual NFT Fotografi Di OpenSea


Ada yang bertanya, bagaimana cara membuat NFT dari foto yang diambil menggunakan kamera handphone lalu menjualnya? Anda dapat menggunakan Open Sea. Apa itu Open Sea? OpenSea adalah pasar digital tempat pembeli dan penjual bertransaksi aset digital dan NFT. OpenSea juga melayani para penggunanya yang ingin menampilkan karyanya melalui saluran penayangan di beberapa media sosial. 

Sebagai pasar digital, barang-barang yang diperdagangkan berbentuk file yang disimpan dalam format jpg, png, mp3 atau mp4: seperti foto, desain, karakter game, gambar animasi, file musik dan video.

Buatlah Karya Fotografi Anda Menjadi NFT

Apapun karya Anda adalah milik Anda. Karya Anda di dunia maya disebut karya digital. Meskipun itu hanya foto Anda, tapi tidak terbatas hanya sebagai gambar saja tapi seni yang memiliki nilai jual. Sekarang, karya digital banyak dikenal sebagai NFT. Dalam konsep NFT ini, ada beberapa hal yang dapat diwakili, salah satunya fotografi.

Dari Wikipedia, pengertian fotografi adalah "proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya". Secara umum lebih mudah, fotografi adalah cara untuk menghasilkan gambar dengan bantuan lensa dan cahaya. Jadi hasilnya akan berbentuk bayangan benda nyata yang tersimpan sebagai foto.

Jika Anda memiliki foto-foto masa lalu atau yang terbaru dari kegiatan traveling, memancing, berkebun, Anda dapat menguploadnya ke OpenSea lalu Anda jual sebagai koleksi NFT.

Membuat karya digital dari kategori fotografi menjadi NFT berarti Anda membangun toko online di jaringan web3. Web3 adalah tempat baru sebagai hasil perkembangan tehnologi internet yang memungkinkan setiap orang dapat menjual karya digital mereka, termasuk menjual foto-foto terbaik yang memiliki keunikan.

Hasilkan Foto Terbaik 

A. Membuat NFT

Pertama-tama, kunjungi situs resmi di alamat https://opensea.io . Langkah ini akan membawa Anda untuk membuat akun di  Open Sea. Jika Anda sudah mempunyai wallet, Anda hanya perlu Sign In ke wallet lalu membuat akun. Jika Anda belum mempunyai wallet, Anda akan diminta untuk membuat wallet lebih dulu. Untuk memilikinya, Metamask atau Trust Wallet dapat Anda gunakan.

1. Buka wallet Anda lalu login

2. Di halaman beranda wallet pada kolom search, ketik "Opensea" untuk terhubung ke situs.

3. Sekarang, Anda sudah membuka Opensea. Klik ikon menu di kiri atas untuk menampilkan dropdown menu utama.

4. Pilih menu Account.

5. Selanjutnya, pilih Profil lalu klik Create. Halaman akan membawa Anda untuk membuat profil sebagai pemilik NFT.

6. Masukkan nama untuk "nama" profil Anda sebagai pemilik NFT. Nama ini nanti akan menjadi link yang dapat dibagikan sebagai url.

Misalnya, Anda memberi nama profil SelNFT maka nanti link yang akan tertulis sebagai url Anda adalah : https://opensea.io/SelNFT.

7. Masukkan gambar pada beberapa kolom yang tersedia untuk memberi gambar sampul profil Anda. Ini mungkin serupa ketika Anda membuat akun Facebook atau Instagram, dimana Anda menampilikan gambar sebagai pengenal akun.

8. Klik Simpan jika sudah siap.

9. Profil Anda sebagai pemilik NFT di Open Sea selesei.

Berikutnya, membuat koleksi dan menjual NFT pertama Anda.

B. Membuat Koleksi NFT

Setelah semua langkah membuat profil selesei, sekarang waktunya untuk membuat lalu menjual  NFT. Ini artinya, Anda membuat satu atau beberapa koleksi dengan kategori tertentu. 

Menjual NFT berarti mengupload karya foto Anda di OpenSea dan menentukan harga jualnya. Harga jual ini tidak menggunakan satuan mata uang nyata seperti: USD, IDR, SGD, GBP atau lainnya tapi menggunakan satuan mata uang digital yaitu Ethereum (ETH). Mungkin Anda akan menjumpai beberapa nama mata uang digital lain, namun untuk lebih maksimal, Anda dapat memilih ETH.

1. Tetap di halaman dasbor Open Sea, pilih ikon tiga garis di kiri atas lalu klik Profil.

2. Pilih "New Collection" untuk membuat koleksi NFT. 

3. Kotak dialog menampilkan "Deploy your own contract" dan "Use OpenSea contract". Agar mudah, klik "Use OpenSea contract"

4. Masukkan nama untuk "nama" koleksi Anda. Misalnya, nama koleksinya Foto Kenangan, akan memuat banyak foto kenangan Anda. 

5. Masukkan prosentase Creator Earning, umumnya 10%. Ini adalah pendapatan jika NFT Anda yang sudah terjual, lalu dijual kembali.

6. Selajutnya simpan dengan klik Create.

7. Anda dapat mengedit bagian ini nanti.

Langkah berikutnya,

8. Di halaman Profil, klik "Create New Item" untuk membuat NFT.

9. Masukkan gambar, foto, video, audio atau model 3D. Format yang di dukung adalah format file yang umum tersimpan sekarang seperti JPG, PNG, GIF, MP4, MP3 .

10. Di bawahnya, beri nama untuk foto Anda lalu masukkan beberapa kata yang mendeskripsikan tentang foto Anda.

11. Masukkan beberapa data pendukung sebagai pelengkap properti foto Anda.

12. Pilih jaringan "ETH" agar data tersimpan sebagai NFT.

13. Lalu klik "Create" untuk membuat NFT tersimpan di OpenSea.

Halaman akan menampilkan Chapta, centang saja sesuai informasi yang Anda ketahui agar halaman mengarah kepada proses tanda tangan. Proses tanda tangan ini adalah tanda tangan digital. Bukannnya tanda tangan menggunakan pena.

Tanda tangani kontrak NFT dengan cara klik tombol Sig In di dompet dan tunggu hingga proses selesei. Notifikasi sukses akan ditampilkan.

Sampai langkah ini, Anda sudah berhasil membuat NFT dari foto yang Anda upload ke OpenSea.

C. Menjual NFT 

1. Buka NFT Anda pada notifikasi sukses lalu klik List For Sale. Halaman "List For Sale" akan menampilkan beberapa opsi untuk Anda. 

2. Di bagian atas, ada dua pilihan, Fixed Price(Harga Tetap) atau Auction(Sistem Lelang). Jika Anda baru saja membuat NFT, pilih Fixed Price.

3. Masukkan angka/nilai yang menjadi harga Floor Price. Floor Price adalah harga terendah untuk NFT yang Anda jual.

Berapa harga NFT Anda yang terendah?

Bisa 1 ETH atau lebih. Tapi ingatlah bahwa, Anda berada pada ekosistem digital yang sebagian besar penggunanya adalah orang-orang pecinta seni dalam satu ekosistem digital baru yaitu Blockchain. Jika Anda baru, seperti saya, Anda dapat memasukkan nilai 0.001ETH sebagai harga terendah. Mungkin, lebih rendah lebih baik, mengingat kita adalah pengguna yang belum mencapai informasi terbaru tentang mata uang kripto.

4. Berikutnya, pilih jangka waktu penjualan. Tersedia 1 hari sampai 3 bulan.

5. Langkah akhir, klik tombol Listing di bawahnya dan tanda tangani.

6. Tunggu proses hingga kotak dialog item Anda sudah aktif untuk dijual. 

7. Untuk menjangkau pengguna, bagikan NFT Anda ke akun sosial Facebook, Twitter atau Instagram.

Anda sudah menjual koleksi NFT yang pertama. Ulangi langkah C untuk mengupload foto Anda yang lain untuk dijual.


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Memindahkan File Dari Laptop Lama Ke Laptop Baru

Cara Masuk Ke BIOS Laptop Lenovo B490 20207

Contact Form

Name

Email *

Message *