Cara Memperbaiki Dan Menghapus Halaman Blog Yang Tidak Ditemukan



Halaman blog yang 'Tidak Ditemukan' ditandai sebagai Error 404. Pengaruh halaman yang ditandai sebagai error atau kesalahan ini mengakibatkan pengalaman pengguna blog Anda menjadi menurun, kurang berharga dan tidak valid untuk urusan traffic. Jika situs atau blog Anda mengalami masalah ini, Anda memerlukan cara untuk memperbaikinya. Satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah menghapus secara permanen halaman yang di tandai sebagai Error 404 ini dengan fitur penghapusan yang ada pada Search Console.

Jika Anda merasa pernah menghapus satu atau beberapa postingan blog Anda yang sudah Anda publikasikan, maka halaman itu akan terhapus dari dasbor blog Anda. Namun, hal ini tidak menghapus halaman Anda tersebut secara menyeluruh. Halaman tersebut masih tersimpan sebagai halaman 'kosong'. Akibatnya adalah ketika ada pengguna melakukan pencarian di internet ternyata hasil dari pencarian pengguna tadi telah sesuai dengan kriteria mereka sehingga halaman Anda mungkin akan tampil di halaman pertama Google. Padahal sebenarnya halaman tersebut sudah Anda hapus. 

Bersamaan dengan saat pengguna memilih halaman Anda yang telah tampil di hasil pencarian, ternyata ada kesalahan pada halaman Anda. Ada pemberitahuan yang tampil dilayar perangkat pengguna yang menandai bahwa 'halaman tidak ditemukan'. Halaman yang tidak ditemukan mengakibatkan pengalaman pengguna menjadi terganggu.

Pengunjung Menemukan Halaman Anda Tidak Ditemukan

Ketika ada orang yang membutuhkan solusi, misalnya, untuk masalah SMS yang gagal terkirim, maka orang tersebut akan membuka halaman pencarian. Lalu mulai memasukkan kata kunci yang sesuai dan berharap menemukan halaman web atau blog yang menyajikan informasi dan cara agar SMS pada HP-nya dapat kembali berfungsi.

Pada saat yang sama, hasil pencarian ini sesuai dengan salah satu halaman blog Anda yang sudah menayangkan artikel tentang cara mengatasi SMS gagal terkirim. Namun ternyata, setelah pengguna mengunjungi link yang menuju halaman tersebut, dalam hal ini halaman dari blog Anda, halaman tidak menampilkan konten sebagaimana mestinya. Halaman telah ditandai oleh Error 404 atau tidak di temukan. Pada akhirnya, pengguna akan menutup blog Anda dan beralih kembali untuk mencari konten blog lainnya. Proses ini adalah proses yang seringkali dilakukan oleh mayoritas pengguna internet jika mereka tidak segera menemukan konten yang mereka cari.

Mengapa Ada Halaman Blog Yang Tidak Ditemukan?

Pada umumnya, orang yang membuat blog untuk berbagi pengalaman, berbagi minat, keahlian dan informasi menarik untuk dibaca. Penyampaian kata dan kalimat yang menjadi satu unit informasi ini tertuang sebagai konten digital dalam bentuk artikel. Di setiap halaman situs web atau blog yang memuat artikel tertentu akan menghasilkan kata kunci yang mewakili judul artikel. Dari hasil penelusuran pengguna,sebagai penulis artikel di blog pribadi, Anda tentunya berharap bahwa kata kunci dari pengguna ini sesuai dengan apa yang Anda tuliskan sebagai konten Anda. Namun, suatu saat ada keraguan tentang hasil Anda yang telah selesai Anda tayangkan. Kemudian, karena 'merasa' artikel Anda yang sudah Anda publikasikan tadi jauh dari harapan maka halaman tersebut langsung Anda hapus.

Pada saat Anda menulis artikel di kertas dan Anda ingin menghapusnya, mungkin hal ini mudah Anda lakukan dan tulisan Anda bisa langsung terhapus secara permanen. Namun, untuk sistem dalam ruang digital yang mengelola halaman blog, meskipun Anda menghapus konten yang telah Anda buat tetapi itu tidak semudah seperti ketika Anda menghapusnya dengan penghapus manual dan kemudian Anda masukkan lagi kalimat lainnya.

Ruang digital yang mengelola halaman blog adalah tempat dimana Anda membuat konten. Era digital membuat setiap orang ingin memiliki perangkat yang bisa digunakan untuk membantu ketika mereka memerlukan informasi. Perangkat yang paling mudah didapat adalah perangkat ponsel atau HP. Hasil survey global telah membuktikan bahwa pengguna HP adalah jumlah terbesar ketika mereka menggunakannya untuk mengakses internet, mencari informasi di berbagai media online, media sosial dan situs web.

Gunakan Search Console Untuk Menghapus Halaman Yang Tidak Ditemukan

Internet memiliki ruang yang sangat luas. Dengan banyaknya data digital yang tersimpan sebagai informasi, maka sudah seharusnya untuk setiap pengguna dapat memanfaatkan perangkat mereka dalam memenuhi kebutuhan informasi itu. Anda yang telah memutuskan untuk menjadi penulis blog juga sudah mendapatkan bagian dari hasil karya tulis Anda. Setiap halaman dari blog Anda adalah aset yang berharga untuk digunakan kembali sebagai ruang penjualan iklan. Meskipun untuk saat ini jumlah artikel yang berhasil Anda buat masih sedikit namun seiring waktu berjalan, Anda mempunyai banyak waktu untuk menulis kembali untuk menambah artikel Anda. Bukan tanpa alasan mengapa banyak pemilik situs web termasuk para blogger berlomba untuk menulis dan membuat konten yang berkualitas. 

Namun bagaimana jika ternyata ada masalah untuk salah satu halaman yang secara tidak sengaja terhapus? Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah memanfaatkan fitur penghapusan halaman di Google Search Console. Untuk Anda yang memerlukan informasi ini, berikut langkah mudah untuk Anda telusuri.

Login Di Search Console Melalui Dasbor Blog

Untuk membuka Search Console dan kemudian Login, Anda memerlukan beberapa langkah yang dapat Anda buka melalui dasbor blog. Berikut langkah untuk membuka Search Console:

1. Di halaman dasbor blog, pilih menu 'Setelan" yang ada di sebelah kiri bawah.

2. Scroll layar ke bawah dan temukan bagian 'Crawler dan pengindeksan'. Bagian ini merupakan bagian blog yang berhubungan dengan mesin perayap.

3. Klik 'Search Console'. Halaman akan menampilkan navigasi utama di sebelah kiri dan halaman tampilan menu navigasi yang ditayangkan di sebelah kanan.

4. Di navigasi sebelah kiri klik 'Cakupan'.

5. Di halaman yang tampil di sebelah kanan, terdapat 4 kolom di halaman ini yaitu: Kesalahan, Valid dengan peringatan,Valid dan Dikecualikan. Klik kolom 'Dikecualikan'.

Bagian 'Dikecualikan' memberi informasi tentang halaman apa saja yang memang membutuhkan perhatian dan perbaikan. Namun tidak semua halaman sengaja untuk disembunyikan dari hasil penelusuran. Mungkin yang mempengaruhi dari semua status 'Dikecualikan' adalah halaman tidak ditemukan (404). 

Menemukan Bagian Halaman Blog Yang Tidak Ditemukan

Untuk menemukan halaman yang tidak ditemukan, klik satu baris dari bagian yang ditandai oleh 404. Seperti screenshot di bawah ini, terdapat 8 baris yang memberi informasi kepada Anda sebagai pemilik blog. Baris ke-5 dari atas adalah jenis yang ditandai error 404. Untuk membuka URL halaman yang tidak ditemukan, klik 'halaman tidak ditemukan (404)'. 



Menghapus Halaman

Setelah halaman baru menampilkan URL dari halaman blog yang tidak ditemukan, arahkan pointer mouse ke kanan atas, lalu klik tombol 'Ekspor'. Kotak opsi akan memampilkan tiga pilihan untuk mendownload file URL blog Anda yang tidak ditemukan,yaitu: Google spreadsheet, Download Excel dan Download CSV. Dari ketiga opsi ini, Googlespreadsheet dapat menjadi pilihan pertama. Untuk dua pilihan yang lain, Anda akan mendapati file dalam format Zip pada laptop. Untuk membuka file Zip, diperlukan penguraian agar file dapat di edit lebih lanjut. 

Memilih opsi 'Ekspor' ke Google spreadsheet akan membuka tab baru di browser Anda dan menampilkan langsung URL mana saja yang mengalami error 404. Selanjutnya, dari tampilan di Google spreadsheet, salin setiap URL dan pastekan ke bagian 'Permintaan Baru' pada halaman navigasi Search Console 'Penghapusan'. Jika ada beberapa URL yang tidak ditemukan, Anda memerlukan beberapa kali untuk memasukkan URL ke halaman  'Permintaan Baru'. 

Tips Cepat Menyalin URL

Agar lebih mudah dan cepat untuk menyalin URL, gunakan pointer mouse Anda untuk menampilkan ikon tersembunyi yang ada di setiap baris URL yang telah ditandai 404. Ikon tersembunyi ini terletak di kanan halaman di antara URL dan tanggal. Screenshotnya bisa Anda lihat di bawah ini (tanda warna merah). Ikon ini tidak akan terlihat sampai pointer mouse Anda mendekatinya. Setelah ikon terlihat, klik ikon 'copy' di sisi kiri dan buka notepad pada laptop Anda, lalu pastekan URL. Ulangi untuk menyalin URL lain yang ada di bawahnya sampai semua sudah termuat pada notepad. 


Kemudian, lanjutkan untuk langkah penghapusan halaman yang tidak di temukan di bawah ini:

1. Pastikan setiap URL dari notepad sudah Anda salin lalu buka tab halaman Search Console.

2. Klik menu navigasi 'Penghapusan' dan klik lagi 'Permintaan Baru'.
 
3. Halaman akan menampilkan kotak untuk memasukkan URL yang telah Anda salin. Masukkan atau pastekan URL di kotak yang tersedia dan pilih opsi 'hapus URL ini saja'.

4. Klik 'Berikutnya' dan lanjutkan langkah akhir, klik 'Kirim Permintaan'.

5. Langkah ke 5 ini adalah langkah berulang dari langkah 1 sampai 4. Jadi, ulangi langkah 1 sampai 4 untuk menghapus URL halaman blog Anda yang ditandai sebagai 404.  Anda sudah selesei melakukan semua langkah untuk menghapus halaman 404.

Ada banyak pilihan untuk menemukan bagian halaman blog yang mungkin mengalami masalah. Anda tidak memerlukan kode-kode atau script tertentu agar halaman yang hilang dapat diperbaiki. Dengan Search Console yang dapat Anda temukan pada dasbor blog Anda sendiri, semua langkah yang tampak tidak bisa Anda lakukan ternyata dapat Anda seleseikan dengan mudah. Itulah fitur yang ada di Search Console.

Baca juga: Menggunakan Google Ad Manager Untuk Menayangkan AdSense


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *