Terbaru

Paket Internet Spesial Di Bulan Ramadhan 2021

Image
Ada banyak promo di bulan Ramadhan tahun 2021 ini. Salah satunya notifikasi pesan yang membuka tautan menuju aplikasi myIM3. Informasi yang tampil sebagai SMS ini adalah spesial di bulan Ramadhan untuk silaturahmi tanpa henti, dengan beberapa pilihan paket internet yang menarik. Untuk Anda pengguna Indosat, Anda mungkin mendapatkan SMS dari HOT PROMO, yang memuat tiga opsi di hari ini, 14 April 2021. Atau, ketika Anda membuka myIM3, tampilan pop up diatas akan membuka halaman berikut. 1. Sahur 14,42GB, 8rb/3hr 2. 3GB, 10rb/3hr 3. 100GB, 150rb Informasi berikutnya, masih ada opsi yang lain untuk mendapatkan promo menarik ini. Anda dapat mengakses halaman penawaran di tiga pilihan akses halaman di bawah, 1. Dial USSD *123*60#  2. bit.ly/m3mkd  3. Melalui aplikasi myIM3 Keterangan Untuk Akses Halaman 1. Dial USSD *123*60#  Langkah untuk pilihan dial di kode USSD ini adalah, buka HP Anda lalu di layar pada ikon "telepon" ketik *123*60# lalu OK. Di halaman pop up baru, ada pilihan

Cara Masuk Ke BIOS Laptop Lenovo B490 20207


Sistem BIOS pada laptop atau pc adalah sistem dasar yang menghubungkan pengguna untuk berkomunikasi dengan hardware pada laptop miliknya. BIOS bekerja seperti 'jantung' perangkat yang ber-OS. Tanpa adanya BIOS, perangkat pc atau laptop tidak bisa membuka start menu dari OS yang ada di dalamnya. Jika Anda adalah pengguna laptop dan laptop Anda adalah Lenovo B490 model 20207, Anda mungkin ingin mengetahui cara untuk masuk ke BIOS laptop Anda. Halaman ini memberi informasi tentang cara masuk BIOS khususnya ketika Anda ingin menginstall OS Windows 10 atau ingin mengonfigurasi setelan default laptop Anda.

Pengertian BIOS Secara Umum

BIOS singkatan dari Basic Input Output System. BIOS memegang peranan sangat penting ketika laptop mulai dinyalakan. Tombol power adalah bagian yang pertama kali Anda tekan untuk menampilkan layar laptop aktif. Tidak terbatas dari apapun nama merk laptop atau pc, semua itu memerlukan BIOS untuk membuka halaman yang menampilkan, misalnya OS Windows 10 Pro, dan kemudian masuk menuju sistem Windows secara normal. 

Anda tidak perlu membuat perubahan dari setelan dasar ketika sudah masuk ke BIOS, kecuali memang keperluan Anda untuk membuka booting awal dari bootable USB flashdisk untuk install ulang Windows 10 Pro. Bagi pengguna yang baru memiliki laptop, masuk ke BIOS bukanlah hal perlu dilakukan. Ini artinya, Anda tidak perlu membuka BIOS hanya untuk membuka laptop Anda ketika Anda akan mulai bekerja, membuat artikel di notepad, atau hal lain yang rutin Anda lakukan. Sistem operasi secara otomatis akan memanggil BIOS lalu memberi perintah kepada Windows untuk menampilkan layar Windows secara normal. 

Booting Dan BIOS

Istilah Booting dan BIOS adalah istilah yang selalu ada di dalam informasi yang menyertakan perangkat dengan sistem operasi Windows, MAC, dan beberapa nama OS yang lain. Untuk perangkat berbasis Android, kedua istilah ini mungkin tidak seluas jangkauan yang ada pada perangkat layar lebar seperti pc dan laptop. Anda dapat mengetahui langsung tentang Boot jika Anda hendak mematikan HP Anda. 

Jika Anda baru saja mengenal dunia komputer dan Anda ingin mengetahui informasi tentang  apa yang dimaksud dengan Booting dan BIOS, itu berarti Anda sudah memiliki keinginan untuk membantu Anda sendiri suatu saat nanti. Anda tidak tahu kapan laptop Anda bermasalah, misalnya, data terhapus secara tidak sengaja, layar hitam oleh karena sistem tidak mampu membaca informasi dari software, Anda ingin menginstall OS baru, dan lainnya. Oleh karena itu, sebelum Anda mengalami hal-hal yang mungkin nanti Anda alami pada laptop Anda, mengetahui informasi tentang Booting dan BIOS sangat Anda butuhkan.

Untuk awal, sistem operasi yang saya tampilkan di sini adalah OS Windows. Ini mewakili bagi Anda yang menggunakan OS selain Windows. 

Booting Membuka BIOS

Booting adalah tampilan logo produsen di layar laptop Anda setelah Anda menekan tombol power dan sebelum logo Windows terlihat di layar. Sedangkan BIOS, informasi yang tampil setelah Anda memilih tombol tertentu. Tombol tertentu yang umum untuk membuka BIOS adalah tombol F8. Tetapi, untuk beberapa nama dari perusahaan  pembuat komputer atau laptop, memiliki kriteria yang berbeda untuk menunjukkan tombol yang mana yang akan membuka BIOS. Salah satu produsen mungkin memberi informasi tombol Fn dan F1 untuk keperluan masuk ke BIOS, dan merk lain mungkin bisa berbeda.

 Laptop Lenovo B490 20207

Untuk halaman ini, informasi yang saya sampaikan adalah untuk Anda pengguna laptop Lenovo tipe B490 dengan model 20207. Spesifikasi singkat memuat beberapa hal, diantaranya:  Prosesor Intel Core i3-3110 CPU @2.40GHz 2.40GHz, HDD 500 GB, layar 14 inci. Laptop ini termasuk tipe lama, yang pembuatannya disebutkan tahun 2012. Mengapa Lenovo B490? Ini karena saya adalah penguna laptop ini. Harapan saya, informasi ini mungkin dapat membantu Anda yang sedang memiliki masalah dan ingin membuka menu khusus dari sistem dasar dari laptop Anda yaitu BIOS.

Bagaimana Cara Masuk Ke BIOS Pada Laptop Lenovo B490 Model 20207? 

Untuk membuka BIOS, berikut langkahnya:

1. Tekan tombol power.

2. Ketika laptop Anda aktif dan menampilkan logo "lenovo", seperti gambar di atas, tekan tombol ENTER. Pastikan Anda menekan tombol ENTER sebelum logo Windows tampil di layar. Jika Anda sudah mendapati logo Windows sudah tampil sedangkan Anda baru menekan tombol ENTER, langkah Anda untuk membuka BIOS mungkin agak terlambat.

3. Di langkah 2, setelah Anda menekan ENTER, Anda mungkin mendengar suara BEEP satu kali. Tanda suara BEEP satu kali ini menandakan bahwa hardware laptop Anda berfungsi normal dan dalam keadaan baik.

4. Beberapa saat setelah suara BEEP Anda dengar satu kali tadi, tekan lagi tombol ENTER.

5. Yang terakhir, tekan tombol F1 dan Anda sudah masuk ke BIOS. Itu saja.

Untuk informasi di langkah 4, Anda mungkin melihat beberapa opsi yang menandai dari masing-masing tombol ESC, F1, F9, F10 dan F12. Opsi-opsi yang ditampilkan itu adalah opsi untuk Anda apabila Anda ingin membuka langsung setelan yang terkait dengan petunjuk yang sudah ada.

 

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Untuk Install Windows 10 Pro 20H2

Comments

Advertisement

Unitro Pulsa terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM