Mencari Koneksi Internet? Cek Ulang 5 Hal Di Bawah



Mengapa koneksi internet terasa sangat lambat? Anda mungkin mengalaminya sekarang. Koneksi internet yang bermasalah yang membuat Anda menunggu lama hanya untuk membuka satu halaman situs.

Merefresh jaringan di setelan umum melalui mode pesawat, booting, atau membuka setelan informasi jaringan telepon mungkin dapat membantu. Bagaimana jika sudah melakukan langkah tersebut tetapi akses jaringan tetap terasa sangat lambat? Berikut 5 hal yang dapat menjadi solusi untuk Anda.

1. Periksa Kuota Utama

Kuota internet yang Anda beli dapat terbagi dalam beberapa fungsi. Kuota utama mewakili cara Anda ketika mengakses internet secara global. Ini berarti, kuota utama dapat Anda gunakan untuk mengunjungi situs berita, membuka akun di media sosial, menelpon via WhatsApp, menonton YouTube, dan banyak lagi yang lain.

Jika jenis paket internet Anda sekarang memuat kuota utama, kuota bonus, kuota Tik Tok, dan kuota malam jam 01.00 - 06.00, maka Anda memiliki paket internet dengan 4 kuota.

Dari beberapa pembagian kuota di atas, yang dapat Anda gunakan untuk akses internet global adalah kuota utama dan kuota bonus. Jadi, meskipun, - misalnya, kuota Tik Tok masih 2GB, kuota malam 3GB, tetapi kuota utama dan kuota bonus 0MB, Anda tidak dapat membuka halaman situs, atau menggunakan WhatsApp. Akses jaringan hanya mendukung jika Anda membuka Tik Tok. Untuk kuota malam, ini berfungsi sebagai kuota utama tetapi mulai aktif dari jam 01 dini hari sampai jam 06 pagi.

Saran terbaik jika kuota utama habis, isi kembali dengan extra kuota.

2. Periksa Akun Anda Pada Layanan ISP

Memeriksa akun di layanan ISP mungkin dapat membantu mengatasi keterlambatan akses jaringan. Salah satunya terkait tagihan Anda. ISP atau Internet Sevice Provider adalah perusahaan jasa layanan internet yang membawa Anda agar dapat menikmati beragam hiburan melalui perangkat. 

Layanan ISP mewakili provider internet WiFi sebagai nama perusahaan yang menawarkan layanan melalui jaringan kabel fiber optik. Apa saja nama-nama perusahaan itu? IndiHome, My Repulic, Biznet, First Media dan banyak lagi lainnya. 

Bagaimana dengan operator seluler? Operator seluler bertindak sebagai layanan komunikasi antar pengguna yang dapat di akses menggunakan produk berbentuk SIM card. Untuk layanan yang mengikuti nomor Anda ini, beberapa operator seluler menyediakannya dengan beragam fitur dwlqm satu aplikasi, serta harga dan layanan yang cukup menarik.

Melalui jaringan utama, pelanggan dapat mendaftarkan akun dan mendapatkan semua layanan internet melalui saluran yang terhubung langsung dengan nomor handphone mereka. Oleh karena itu, pastikan memeriksa perjanjian kontrak atau transaksi Anda dengan perusahaan ISP Anda. Misalnya, tagihan rutin yang Anda sanggup mendapatkannya dengan harga tertentu, tiap bulan.

3. Sistem Update Otomatis Yang Berjalan Di Belakang Layar

Pada umumnya, update otomatis berjalan di perangkat dengan layar lebar seperti dekstop atau laptop. Sistem operasi berperan sebagai energi untuk operasional semua data digital. Windows sebagai salah satu OS pada komputer, memiliki otomatisasi terencana ketika ada update sistem. 

Secara sistematis, update software menjadi rangkaian sistem yang berjalan ketika pengguna mengaktifkan perangkat. Ini artinya, ketika update telah menyiapkan untuk download dan instal otomatis, sebagian memori terpakai bersama jaringan online yang mendukung update software. Sistem yang berjalan otomatis di belakang layar ini membuat akses jaringan mendahulukan kemampuan software untuk memperbaiki file-file lama menjadi baru.

Meskipun Anda tidak mengarahkan jaringan ke situs Microsoft, sistem update tetap memprioritaskan layanan dari Microsoft. Karena itu, beberapa saat setelah Anda membuka laptop, Anda mungkin tidak menyadari bahwa perangkat Anda sedang bekerja extra untuk berbagi jaringan. Akibatnya, akses internet sedikit terlambat.

Untuk perangkat seperti Android atau iPhone, update software mungkin tidak seperti pada komputer. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa ketika akses internet menggunakan handphone berOS terasa lambat, dapat berarti perangkat Anda sedang mendownload sistem baru. 

Jadi, pastikan Anda memeriksa setiap notifikasi yang muncul di layar atas perangkat, mungkin salah satunya adalah update sistem Android sedang berjalan di belakang layar.

4. Beralih Ke Ruangan Terbuka

Lokasi Anda mengakses jaringan mungkin menghalangi sinyal. Bagaimana bisa mengetahui bahwa lokasi Anda duduk atau berdiri telah menghalangi sinyal?Jawabannya adalah dari lamanya loading ketika membuka OpenSea untuk menjual NFT foto selfi Anda.

Ruangan terbuka bukan berarti di luar rumah. Ruangan terbuka dapat mewakili ruang di dalam rumah yang seringkali Anda gunakan untuk dan menikmati pemandangan di luar rumah. Bisa teras rumah, di dapur yang berdekatan dengan kebun rumah Anda, atau di ruang tamu tempat Anda biasa menemui tamu.

Meskipun tidak menjamin suatu lokasi memiliki daya serap sinyal yang kuat, namun tempat tersebut mungkin memang menjadi tempat terbaik untuk Anda. Jika dekat dengan rumah, Anda dapat menempatkan diri agar berada searah dengan tempat itu.Jika berada jauh, Anda tidak harus berpindah rumah hanya untuk mendapatkan akses sinyal yang kuat. 

5. Jaringan Induk Mengalami Masalah Tehnis

Untuk yang poin yang kelima ini, Anda mungkin tidak sendirian. Pelanggan yang sama juga mengalami hal serupa. Jika tidak sedang sibuk, Anda dapat menelepon teman Anda dan menanyakan apakah layanan internet memang sedang down hari ini?

Bisa juga, masalah akses internet lambat memang berasal  dari platform pembuat aplikasi browser. Seperti Google Chrome atau Bing yang sedang ada bug atau mengalami kerusakan hardware. Jika jaringan global berganti algoritma, setelan bawaan browser mungkin dapat terpengaruh. Update otomatis diperlukan agar browser berfungsi kembali.

Provider internet yang Anda gunakan adalah sama seperti layaknya mesin produksi pembuat makanan. Mereka mungkin memerlukan perawatan berkala untuk menunjang proses kerja. Apabila memang ada jadwal perbaikan, beberapa waktu diperlukan untuk menjalankan perbaikan tersebut. Setelah perbaikan, semua fungsi dapat kembali normal.


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Contact Form

Name

Email *

Message *