Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo


Sejak jaringan generasi ke-4 di lepas di internet, yang kita kenal dengan sinyal 4G LTE, aktifitas kita dalam mengakses internet menjadi semakin cepat. Beberapa detik setelah menekan tombol download game dari Playstore, aplikasi sudah sukses terinstal pada handphone.

Nomor yang semula hanya dapat mencapai layanan 3G, maka sekarang mempunyai kesempatan untuk naik lagi menuju sinyal 4G. Para pelanggan bisa upgrade dengan mudah kartu SIM mereka pada provider sesuai kartu yang mereka gunakan. Bagi Anda pengguna IM3 yang ingin upgrade kartu 3G ke 4G, provider menyediakan layanan penggantian kartu SIM dari 3G ke 4G.

Kecepatan Jaringan 4G LTE

Hingga saat ini, jaringan 4G LTE yang mempunyai kecepatan akses dari 100 Mbps sampai 1 Gbps, sudah mengudara luas di hampir seluruh wilayah Nusantara. Fitur akses internet yang disuguhkan 4G LTE mempunyai banyak pembaruan, lebih baik dari pendahulunya yaitu jaringan 3G. Apa saja aktifitas kita di internet, live streaming, akses video YouTube, bermain game online, chat online, telfon dari paket data, semuanya dapat kita akses dengan cepat.

Sebagai salah satu perusahaan jaringan telekomunikasi seluler yang sudah kita kenal, Imdosat mempersilahkan kepada Anda untuk upgrade kartu SIM 3G ke 4G. Dengan upgrade dari 3G menjadi 4G maka akses internet menjadi cepat tanpa terhambat oleh loading lama ketika mengakses suatu halaman website atau download file musik.

Sebagai pengguna, Anda tentu sudah mengetahui bahwa sistem jaringan yang ditanamkan pada perangkat Android sudah mendukung sinyal 4G LTE. Apabila nomor Anda sudah mendukung sinyal 4G ini, maka secara otomatis sistem jaringan pada ponsel akan menerima jaringan 4G LTE, dengan ditandai ada angka 4G pada ikon jaringan di atas layar ponsel Anda. Karena itu, bila Anda tetap mengaktifkan data internet pada ponsel dan namun ikon jaringan masih saja terlihat 3G atau H+, itu berarti nomor SIM Anda belum mendukung sinyal 4G.

Setelan Jaringan Pada Handphone

Untuk melihat dan memastikan apakah nomor Anda sudah support pada jaringan 4G atau belum, Anda bisa buka ponsel Anda. minimal Android versi 5.

Pada ponsel, buka menu Pengaturan>> SIM Ganda & Data Seluler>> Jenis jaringan yang dianjurkan.

Jika melihat jenis jaringan belum menampilkan sinyal 4G, maka itu artinya kartu SIM belum mendukung. Meskipun sebenarnya ponsel Anda adalah Android terbaru yang mendukung sinyal 4G. Ketika Anda pilih menu "Jenis jaringan yang dianjurkan", sedangkan kartu IM3 Anda masih di jaringan 3G, hanya dua sinyal yang tampil dengan keterangan dalam tiga bagian, yaitu:

1.3G/2G(otomatis)

2.3G saja

3.2G saja.

Oleh karena itu, meskipun Anda berulang kali memastikan dan yakin bahwa ponsel Android Anda sudah mendukung jaringan 4G LTE, dengan menjelajahi menu-menu yang ada pada bagian system untuk mendapatkan jawaban jaringan 4G. Namun tetap saja Anda akan meihat 3 tampilan jaringan seperti yang tertulis diatas.

Lalu, bagaimana cara agar kartu IM3 Anda yang masih 3G bisa menjadi 4G? Saran terbaik adalah mengganti nomor Anda secara 'fisik' dan tetap dengan nomor Anda yang lama. Mengganti secar fisik artinya menukar kartu SIM 3G ke 4G di layanan yang menyediakan penggantian kartu.


Disclaimer: Perhatikan bahwa Anda mungkin mendapatkan secara gratis atau ada biaya untuk memdapatkan kartu 4G bergantung dari wilayah masing-masing. 

Ganti Kartu Indosat Anda di Gerai Indosat Ooredoo

Bagi Anda pelanggan dari Indosat Ooredoo, yang kartu SIM Anda sinyalnya masih di jaringan 3G, Anda dapat mengupgrade menjadi kartu di jaringan 4G tanpa Anda merubah nomor. Artinya, nomor Anda tetap dengan nomor yang sudah lama Anda gunakan. Penggantian kartu Indosat 3G menjadi 4G bisa Anda dapat secara gratis di Gerai Indosat Ooredoo. Jadi,bila Anda ada waktu luang, segera datang ke Gerai Indosat Ooredoo yang terdekat di kota Anda. Untuk mengaktifkan kartu IM3/Mentari agar sinyal 4G bisa Anda manfaatkan untuk mengakses internet. Bagi pengguna layanan kartu pascabayar Matrix, Anda mungkin sudah lebih dulu mengupgrade.

Catatan: Dari informasi yang mewakili bahwa upgrade kartu 3G ke 4G adalah gratis, ada wilayah yang mungkin tidak melayani. Artinya, Anda mungkin mendapatkan informasi ada biaya tertentu.  

Cara Upgarade Kartu 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Untuk Anda pengguna nomor IM3,Mentari dan Matrix yang belum bisa sampai di jaringan 4G LTE saat mengakses internet, sebagai pelanggan setia Indosat, Anda bisa replacement (penggantian) kartu di gerai Indosat Ooredo kapan saja, selama hari kerja. Anda juga tidak perlu ganti nomor. Nomor tetap nomor Anda sebelumnya.Yang perlu untuk Anda persiapkan adalah KTP dan KK. Jangan sampai lupa, karena nanti pada waktu di bagian Customer Service, Anda membutuhkannya.

Bila Anda tidak mengetahui lokasi Gerai Indosat Ooredoo,akseslah internet dan kunjungi website resminya di halaman depan Indosat Ooredoo.

Cara Mengetahui Lokasi Gerai Indosat Ooredoo

Ada dua cara mudah untuk mengetahui dimana lokasi gerai Indosat Ooredoo yang terdekat. 

1. Anda kunjungi situs utama Indosat Ooredoo di  URL: https://indosatooredoo.com

a. Pastikan Anda melihat menu myIM3 dengan tanda arah panah merah ke bawah di sebelah kanan. Selanjutnya pilih menu 'Pesan Antrian Gerai'. Lalu Anda akan di bawa ke halaman web Indosat Ooredoo tapi berbeda tampilan. Halaman web baru ini adalah halaman "Booking Online" untuk keperluan penggantian kartu Anda. Jangan khawatir apabila Anda melihat ada nama Booking Online. Karena maksud Booking Online disini bukanlah pesan tempat seperti booking hotel yang akan menetapakan tarif harga.Tidak seperti itu.

b. Di halaman Booking Online inilah nanti Anda bisa mengetahui lokasi Gerai Indosat Ooredoo yang ada didekat tempat/kota Anda.

c. Halaman Booking Online ini sebenarnya halaman untuk Anda memesan antrian, bila nanti sudah sampai di Gerai Indosat Ooredoo. Meskipun juga Anda harus menunggu panggilan saat antri, namun pada sistem komputer Gerai, nama Anda sudah terdaftar di sana. Sehingga saat Anda sampai kepada giliran ke Customer, pihak Indosat yang bertugas ini akan tahu bahwa Anda adalah pemilik nomor yang ingin upgrade kartu dari 3G ke 4G, yang sudah memasukkan data melalui web.

Anda akan melewati 3 langkah untuk mengisi data-data yang diperlukan untuk Booking Online terkait nomor Anda. Termasuk nama, nomor hanphone, alamat email.

2. Anda gunakan aplikasi myIM3, menuju menu Bantuan>> Lokasi Gerai>> cari di kotak pencarian sesuai daerah Anda.

Anda tidak mengalami kesulitan untuk mencari lokasi Gerai Indosat Ooredoo yang terdekat di kota Anda. Apalagi sekarang aplikasi peta Google bisa Anda manfaatkan untuk menuntun menuju tempat yang sudah tersebut dalam aplikasi Google Map.

Baca juga : Cek Pulsa Dan Paket Internet Di myIM3

Comments

  1. tutup jam berapa mbah.... apa mengikuti tutupnya mall

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Surabaya,tutup jam 9 malam,hari kerja Senin s/d Sabtu..

      Delete
  2. Tatap prabayar ato mnjdi pasa bayarkah setelah menjadi 4G? Trmksih😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor Agan tetap seperti nomor aslinya.Nomor prabayar tetap di prabayar,demikian pula untuk nomor pascabayar juga tetap.Kecuali Agan meminta sendiri kepada Customer Servicenya apabila ingin ganti dari nomor jenis prabayar ke pascabayar,atau sebaliknya.Semoga membantu :-)

      Delete
    2. Kalo mau beli simcard ny dmn ya buat upgrade?trs bisa ga pke perdana simcard biasa dkonter2?

      Delete
    3. Perdana Simcard banyak di jual di konter-konter pulsa.Agan tidak perlu upgrade sebab Perdana Simcard sekarang sudah mendukung 4G,tinggal pasang pada smartphone Agan,jaringan 4G otomatis aktif.

      Delete
  3. Masa sekarang upgrade kartu syaratnya harus beli paket Indosat pasca bayar dulu.
    Setelah beli kartu pasca bayar baru bisa upgrade.katanya ini ketentuan Indosat per 1 Juli.benar ga tuh.
    Soalnya harga kartu pasca bayar 1 bulan 150rb.
    Itu sama aja upgrade kartu harus bayar dulu cuma pake cara halus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane pas datang ke Galeri Indosat di Jl.Kayoon, Surabaya belum ada ketentuan seperti yang Agan tulis.Mungkin untuk beda wilayah ya..ane kurang paham Gan.Sukses untuk Agan:-)

      Delete
  4. Sama aku jg beli kartu 165 rb gmn ni indosat ???? Katanya nya upgrade gratis tp harus ada syarat beli kartu dl seharga 165 rb...

    ReplyDelete
  5. Itu berarti kartu mas atau mba sudah hangus jd hrs pakai layanan pasca bayar slama 3bln,, klo sdh 3 bln bisa migrasi kartu ke prabayar ko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga sama.. hangus bagaimana y gan?? No. Saya masih aktif dan masih bisa d gunakan tapi tetap harus bayar untuk 3 bln

      Delete
  6. Kalau cuma bawa ktp bisa gak ya gan?

    ReplyDelete
  7. Kalau cuma bawa ktp aja bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan Yanz,mungkin saja bisa.Namun lebih baik Agan bawa ftkopibKK barangkali diperlukan.

      Delete
  8. Saya ingin memigrasi Kartu ibu saya menjadi 4G.
    Apakah bisa kalau yg dipakai mendaftar menggunakan KTP dan KK saya, bkn milik ibu?
    sekedar info, Kartu tsb terdaftar atas nama Ibu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja Gan,bukankah di KK Agan juga tertulis nama Ibu Anda.Saran terbaik Agan bawa KK Ibu dan KK Agan sendiri,untuk cek kesamaan data Agan.Semoga membantu.

      Delete
  9. Sy g paham yg upgrade ha us byr 150 ribu ..katanya gratis .

    Dn ini nomor bapak sy..
    Tp sy g tau di dftr atas nm siapa ,sdh dftr atau blm sy blm tahu ..

    Niatnya sy yg akan dtg sendiri ke gerai untuk upgrade dn cm bawa KTP bapak krn bapak tdk bs ikut..

    Apa bisa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah Gan,yang penting Agan siapkan saja fotokopi KK dan KTP,nanti di gerai Agan sampaikan saja ke CSnya tentang status kartunya.Mengenai saat upgrade kartu,seharusnya tidak ada biaya alias gratis,kecuali memang ada kebijakan baru dari pihak gerai masing-masing daerah.Demikian semoga membantu.

      Delete
  10. Saya hari ini mengganti Kartu 3G ke 4G milik ibu saya.. di sms sblum nya Indosat mengatakan GRATIS, namun setelah sampai di gerai indosat ternyata membayar 160 ribu..(Hartono Mall Lantai 2 Jogja) apakah ada yg seperti ini juga? Apakah seharusnya gratis atau dipungut biaya?

    ReplyDelete
  11. GRATIS???? SAYA DI GERAI INDOSAT PURWOKERTO DI BEBANI BIAYA 165 RIBU, dikasih kuota saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama, berarti anda juga membayar 165rb lalu mendapatkan dua kartu ya? Yang satu kartu lama, yang satu kartu kuota??

      Delete
    2. Kok sama si, saya juga di moro purwokerto. Apa kamu juga dikasi 2 kartu?

      Delete
    3. mau upgrade 4g aja mesti bayar mahal lagi 190rbu. itu mah bukan gratis tapi jualan kartu sekalian hahahahaha

      Delete
  12. Di semarang, depan gramedia hari ini jumat ,20 maret 2020, bayar 165, dapet kartu lain pasca bayar aktif 3 bulan dengan isi kuota perbulan 5 gb.. Saya sebenarnya mengubah micro sim ke nano sim... Jadi punya saya sebenarny udah 4g, mungkin bayar tu peraturan baru, soalnya pernah upgrade dr biasa ke 4g dulu gratis... Yaa anggep pengalaman lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Gan.Mungkin kebijakan baru dari Galerinya.Tetap semangat ya Gan..

      Delete
    2. Baru saja saya dari gerai Indosat situ gan, iya diminta beli perdana seharga 165ribu waktu saya bilang keberatan harus isi pulsa min 50ribu
      Padahal di telkomsel CL waktu itu saya update langsung pakai mesin malah dapat bonus kuota tanpa embel2 beli atau bayar ini itu 😂

      Delete
  13. pemaksaan terselubung bos,di viralkan saja
    Gue Upg kartu 3G ke 4G telkomsel FREE,mudah (pakai mesin otomatis),dan dapat kuota internet gratis..

    Lha ini di indosat,di WAJIBkan beli perdana internet 165k
    Buat masyarakat yg kaga punya uang gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas sama, barusan saya juga mau upgrade harus bayar beli perdana 165ribu dan sewaktu saya bilang keberatan diharuskan isi pulsa minimal 50ribu
      Kalau ditelkomsel langsung pakai mesin malah masih dapat bonus kuota waktu itu saya

      Delete
  14. Di gerai Serang Banten saya upgrade kartu ke 4G dikenakan biaya 300rb, kata pegawainya, skrg klo upgrade kartu syaratnya harus pakai layanan pasca bayar, perbulan nya 100rb,,,. Waktu itu sih saya ngak pikir panjang, karna memang kuota yg didapat besar 20gb perbulan, dan nanti kalau sudah 3 bulan bisa di rubah lagi ke Prabayar. Tapi, setelah sampai rumah baru kepikiran, dgn nominal segitu rasanya mahal,,, dan klo tadi saya kepikiran, mungkin akan saya batalkan untuk upgrade kartu.

    Mohon pihak Indosat merespon terkait hal ini. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya td sore mampir ke gerai indosat kantor pusat sekalian lewat, karena ud lama dpt sms di suruh upgade ke 4G sampe sana bisa upgrade dgn no sama tapi hrs ganti ke prabayar langganan 3bulan 250rb, klo ud 3bln boleh balik lagi, saya tiap bln pake paket unlimited 40rb, karena di rmh dan krrjaan ad wifi, mikir lagi alhasil ga saya upgrade ud biarin aj 3G klo saya perlu kecepatan nambah saya hanti provider aj gampang...

      Delete
    2. Informasi yang baik Gan,terima kasih sudah berkunjung..

      Delete
    3. Barusan saja mau upgrade kartu tapi disuruh bayar sebesar 165ribu untuk pembelian 2 perdana yg satu nomor awal yg satu perdana berisi kuota 30gb selama 3bulan dimana pembagian per bulannya 10gb dan pada waktu saya keberatan untuk membeli perdana tersebut dialihkan harus melakukan pengisian pulsa minimal 50ribu, share pengalaman dong teman2 yang lain apakah memang sekarang sistem upgrade di gerai Indosat seperti itu?

      Delete
    4. Sama Mas, saya juga disuruh bayar 165rb ini gerai jaksel mall ambassador (untuk kartu ibu saya di hari sabtu 26 Sept 2020). sebelumnya di mall xbata infonya udah ga bisa disini harus gerai yang di ambassador. Padahal 1 bulan sebelumnya saya ganti kartu 4G suami saya bisa di mall xbata bisa dan gratis tidak kena biaya apapun. Kemudian saya tanya cs yg di ambassador itu infonya memang sudah ketentuan dari sept 2019. Itu sama aja kita beli kartu kuota untuk paket 3 bulan kan. Heemmmm...

      Delete
  15. Gratis.... Weweh....Di GERAI INDOSAT Hartono Mall jogja LANTAI 1kena biaya 160... Ganti kartu 3G KE 4G ALASANYA BELUM PERNAH GANTI KARTU.... katanya ada kuota 35 gb selama satu bulan... Ditunggu sampe dari jelek jadi ganteng gak masuk masuk... Apa gak kelain hati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa sama gw juga di suruh bayar 190rbu d gerai indosat roxy mas blok c2 no 23

      Delete
  16. Gerai Pringsewu juga dikenakan 110.000/bulan
    Disuruh 3 bulan untuk berlangganan. Setelah 3 bulan apaa masih harus berlangganan kembali? Atau bagaimana

    ReplyDelete
  17. Kebetulan kmren kmren suami dapet sms ..karna sim card nya masih 3G , trs ada penawaran upgred sim card dengan nomer masih sama ,, trs sya klik link nya da seperti biasa masuk laman wed indosat oredo dan di suruk masukin no hp , dan almat lengkap.. trs tinggal nunggu beberpa hari ahirnya datang lewat kurir JNE ,, pertanyaan nya ini grtis atau harus bayar ya😁 tapi sebelum nya di sms tertulis grtis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus jadinya bayar atau gratis kak?
      Saya juga baru upgrade secara online dan sekarang kartunya dalam perjalanan...

      Delete
    2. Terus gimana kak bayar atau gratis?
      Saya juga baru upgrade secara online, dan kartunya skrg lagi dalam perjalanan...

      Delete

Post a Comment

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *