Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Ruang penyimpanan pada ponsel Anda menyimpan semua data Anda yang pentingTerdapat dua ruang simpan tetap pada perangkat ponsel Android Anda yaitu memori internal dan external. Dalam spesifikasi perangkat yang banyak ditulis dalam konten artikel oleh para penulis, ruang simpan tetap ini menjadi tempat OS tersimpan bersama beberapa file penting yang terkait sistem operasi. 

ROM dan RAM

ROM berbeda dengan RAM sebagai tempat menyimpan file. ROM lebih fokus ke arah sistem yang menyimpan berbagai data secara permanen, termasuk Sistem Operasi dari ponsel Android itu sendiri. Beserta file folder bawaan ponsel yang sudah banyak tampil nama-namanya. Sedangkan RAM lebih banyak disebut sebagai memori penyimpanan sementara yang bekerja bersama sistem untuk menjalankan aplikasi-aplikasi pada ponsel.

Memori internal atau ROM terdapat didalam perangkat dan menjadi memori default. Dalam sistem memori internal ini terdapat bagian yang bisa Anda jadikan sebagai ruang simpan file pribadi Anda. Data pribadi Anda seperti kata sandi dari akun email, akun medsos, file-file foto dari dokumen ijasah, ktp dan lainnya, akan aman tersimpan. Dikatakan aman karena bagian memori ini (folder) menggunakan password sebagai pintu pembukanya. Bentuk password dari angka dan Anda sendiri yang dapat membuat passwordnya. Tanpa ada orang lain yang bisa membuka kecuali Anda sebagai pemilik ponsel.

1. Cara Untuk Memulai Mengamankan File

Beberapa tipe ponsel mungkin berbeda nama tampilan folder untuk menyimpan file pribadi, namun secara garis besarnya adalah sama saja. Ponsel Oppo A37f dan varian diatasnya menamakan Kotak File sebagai nama folder pribadi. Ponsel Vivo diberi nama Brankas File. Untuk tipe ponsel yang lain mungkin tidak jauh berbeda. Namun yang pasti,letak folder pribadi ini bisa Anda buka pada menu File Manajer.

Pada screenshot dibawah, contoh tampilan pada OPPO A37. Nama folder pribadi Anda ada pada bagian bawah sendiri,yaitu Kotak file. Bila Anda buka folder pribadi ini,maka tampilan akan menjadi bentuk halaman untuk mengisi pasword.


Seperti tampilan dibawah ini halaman untuk mengisi passwordnya.


Jika file foto dan video yang telah Anda buat,otomatis akan tersimpan dan bisa Anda lihat kembali pada menu galeri. Namun untuk file Anda yang tersimpan pada folder khusus ini, file akan aman dan tidak bisa tampil pada galeri maupun aplikasi penampil gambar lainnya. Ini merupakan kelebihan sistem keamanan pada ponsel sekarang.

Di Galeri, kapan saja Anda bisa membuka tanpa mengetikkan pasword, sebab Galeri ponsel Android memang dibuat mudah bagi penggunanya. Kalaupun ada pasword untuk membuka, mungkin pasword yang akrab disebut sebagai kunci layar ponsel. Semua file baik file foto, video, file pdf, musik dan animasi, dapat dengan mudah Anda buka bersamaan dengan aktifnya ponsel untuk mengakses internet.

Fungsinya berbeda dengan tampilan pada Galeri. Sebab,file pribadi Anda yang sudah masuk tidak akan tampil pada Galeri ponsel ataupun aplikasi penampil gambar. Meskipun banyak aplikasi di Playstore yang bisa Anda pilih sebagai tempat untuk menyimpan file pribadi, tetapi dengan memilih sistem penyimpanan bawaan ponsel pintar milik Anda saja, sudah lebih dari cukup untuk membuat agar file Anda aman dari gangguan pihak lain.

2.Cara Menambahkan File Pribadi Baru

Untuk menambahkan lagi file pribadi Anda, jangan lupa sebelumnya Anda memberi nama filenya lebih dulu dan memindahkannnya pada folder baru. Memberi nama yang sesuai akan memudahkan untuk mencari file Anda. Tujuan memberi nama yang sesuai agar Anda dapat dengan mudah menandai dan mencari file tersebut di lain waktu, seperti ketika Anda akan memindahkannya ke folder khusus. Buat satu folder baru yang terpisah dari folder awal pada Kartu SD dan beri nama yang mudah.
  • Untuk membuat folder baru pada Kartu SD,buka menu File Manajer >>pilih Kartu SD >>di bagian bawah pilih ikon + folder >>buat nama folder Anda.
  • Untuk memindahkan file ke folder baru, buka File Manajer >>Kartu SD >>bila file foto, pilih folder DCIM >>Camera >>pada halaman foto-foto yang tampil, dibagian kanan atas pilih Edit >>centang file yang Anda ingin pindahkan >>Pindahkan >>pilih folder yang baru Anda tadi >>Tempelkan.
  • Untuk mengubah nama pada file, buka File Manajer >>Kartu SD >>pada folder file baru di bagian atas pilih Edit >>centang file foto >>di kanan bawah pilih Lanjutan >>Ganti nama.
Setelah beberapa langkah sudah Anda lakukan untuk keperluan memindahkan dan mengubah nama file, sekarang saatnya bagi Anda menuju halaman Kotak file.
  • Buka menu File Manajer pada ponsel Anda.
  • Pada bagian bawah pilih Kotak file.
  • Halaman akan beralih menjadi tampilan baru untuk membuat pasword.
  • Buat pasword Anda dua kali.
  • Untuk memasukkan file pribadi, misalnya akun email beserta sandi, yang tersimpan pada Kartu SD dengan nama folder Email.
  • Pilih ikon Tambahkan file di bawah.
  • Pilih Kartu SD dan folder Email.
  • Centang file yang Anda inginkan.Dalam hal ini file email yang biasanya file format .pdf atau forrmat .txt.
  • Di bawah pilih ikon Kotak penyimpanan, secara otomatis file yang Anda pilih akan menuju Kotak file pribadi Anda.
  • Bila ingin memasukkan file foto pribadi, caranya juga sama seperti diatas.
  • Selesei.
Untuk memastikan bahwa file pribadi Anda sudah tersimpan pada Kotak file, buka File Manajer >>Kotak file >>masukkan pasword Anda.

Baca juga artikel terkait : Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Halaman ini telah diperbarui pada 09 September 2020.

Comments

  1. Apakah pihak2 lain (dr aplikasi tertentu misal :aplikasi pinjaman online) dapat mengakses brankas file?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa Gan,karena data pribadi Agan tersimpan langsung pada memori ponsel.Di folder khusus ini tidak ada yang bisa membuka,kecuali Anda sebagai pemilik ponsel.Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  2. Kok brankas file ku di vivo ngga bisa dibuka ya.. Pdhl kuingat" udah bener sandinya terus ku klik 'lupa kata sandi' disuruh ngisi data pribadi "kyk nama sd, sm nma tmn masa kci gtu" udah sama kyk yg dlu tp ttep ngga bsa. .

    Gmna solusinya .. minta tolong . 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya beda HP juga beda tampilan.Tapi kalau ada piilhan mengembalikan sandi pakai nama teman kecil,itu sepertinya untuk membuka sandi email yang lupa.

      Delete
  3. Kak mau tanya kalau foto yang di brankas file terhapus apakah masih bisa di kembalikan? Kalau bisa gimana caranya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau fotonya terlanjur terhapus,sepertinya tidak bisa dikembalikan Gan.

      Delete
    2. Nda ada kah bang cara lain untuk mengembailakanya

      Delete
  4. Solusi nya gmna ya klo lupa sandi berangkas tpi data gk mau ke apus saya udh ke vivo nya lgsg ktanya data hapus semua ya gk jdi saya tolong donk bantu solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sandi brankas file itu sandi yang dibuat oleh sistem Android.Kalau lupa sandi,sepertinya tidak ada cara lain kecuali harus di reset ulang HP Agan.Kalau mau reset ulang,lepas dulu kartu memori agar data aman.Yang terhapus adalah data yang tersimpan pada memori internal/ruang simpan bawaan HP.Termasuk juga data pada brankas file tersebut.Jadi,solusinya bagaimana?HP Agan jangan di reset,dan mencoba mengingat kembali sandi yang lupa,barangkali suatu ada sekilas info yang bisa mengingatkan kembali sandi yang lupa tadi...

      Delete
  5. pakah semua file dan foto akan hilang di brankas file jika hp di instal ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Folder brankas file itu lokasinya ada di penyimpanan internal,memori HP.Kalau Agan menginstal ulang HP,kemungkinan file foto juga ikut terhapus.Tapi Ane belum pernah untuk mencoba instal ulang HP.

      Delete
  6. Kak apa bener brangkas file itu membukanya haru memakai sandi, soal nya hp² yg lain kn tdk memakai y kak, sempet bingung soal nya gk pernah memperhatikan
    Rasa nya nggagu banget klw mau buka haru pakai kata sandi sgala..☹️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brankas File beda dengan Berkas File.Mungkin maksud Agan adalah Berkas File yang memang ada pada setiap HP.Istilah lain mungkin aplikasi File Manajer,dimana aplikasi ini adalah menjadi tempat untuk menyimpan data dalam memori HP dan kartu memori.Kalau Brangkas File itu folder khusus dan pribadi bagi pemilik HP.Karena itulah ada kata sandi yang harus dimasukkan ketika Agan membuka folder khusus ini.

      Delete
  7. Kak gimana cara buka brangkas pribadi yg lupa kata sandi tolong bantuan nya kak🙏🙏

    ReplyDelete
  8. Kak, saya punya banyak foto penting di brankas file, saya menggunakan aplikasi pemindah file ke sd card, saya memindahkan folder "do_not_delete_private_files" ke sd card. Lalu saya tidak menemukan apa apa di brankas file. Saya coba cari folder tsb di sd card tapi tidak ketemu, bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam memori telepon(memori internal) dan SD Card,ada 2 folder yang sama yaitu DCIM.Coba Agan buka Brankas file lalu buka SD Card,temukan folder DCIM dan buka lagi untuk menemukan folder Camera.Di folder Camera inilah semua foto-foto Agan tersimpan.Semoga membantu..

      Delete
    2. saya juga begini, udh ktmu filenya tpi dlam bntuk tanpa format belakang (mp4/jpg) lalu file tersebut jadi dua, itu gimana ya balikinnya

      Delete
    3. Iya Gan, jika file dalam brankas file sudah terhapus, baik sengaja atau tidak, itu akan menghapus file tersebut. File tidak bisa dikembalikan, kecuali ada software khusus untuk mengembalikan file yang terhapus.

      Delete
  9. Kenapa isi brangkas file saya tiba² hilang,
    Apakah semua isi brangkas file saya kena hack..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Agan kehilangan data di brankas file,pastikan Agan tidak menghapus secara tidak sengaja.Coba Agan ingat-ingat,apakah Agan pernah mereset HP Agan?Jika iya,mungkin itu yang menyebabkan file Agan terhapus secara tidak sengaja.

      Delete
  10. Apakah foto di brankas pribadi hilang, saat hp di restart ke versi pabrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa saja data atau foto pribadi Agan akan hilang,sebab reset ke versi pabrik akan mengembalikan HP ke keadaan seperti HP baru.Kecuali Agan pindahkan dulu foto Agan ke kartu memori dan Agan melepas kartu memori tersebut sebelum Agan mereset HP Agan.

      Delete
  11. kak saya mau tanya, kemarin hp saya di restart ulang melalui PC, karn hp saya terkunci dari google. tapi setelah hp saya hidup kembali data di brangkas file saya tidak hilang & tidak terhapus..
    pertanyaan nya, disaat hp saya di perbaiki itu apakah PC bisa mengakses data saya di brangkas file? atau apakah data brangkas file saya bisa tertinggal di PC ?
    terimakasih.. mohon jawaban nya kak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pc atau laptop atau perangkat apa saja yang terhubung dengan HP,dapat mengkakses data yang ada di HP tersebut.Namun,untuk data yang Agan simpan di brankas file dan brankas file tersebut memerlukan pasword untuk membukanya maka data Agan tidak bisa di buka.Data Agan akan aman sebab ada fitur keamanan yang mengharuskan orang lain memasukkan paswordnya lebih dulu.Semoga membantu..

      Delete
  12. Bagaimana kalo misalkan hp kita hilang. Dan si pelaku pencurian mereset hp tersebut apakah file yang ada di brankas juga ikut terhapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama password Agan tidak sampai di ketahui oleh orang lain,termasuk orang yang mengambil HP Agan,file dalam 'brankas file' tetap aman tersimpan.

      Delete
    2. Kak apakah file yg tersimpan di brankas file memiliki kemungkinan kena hack?

      Delete
    3. Melihat lokasi brankas file yang mudah ditemukan,namun ada sistem pengaman yang Agan buat,kemungkinan kena hack ada di kunci pengaman atau password yang Agan buat. Maksudnya,jika password brankas file yang Agan buat itu rumit dan sulit ditebak ,siapapun tidak bisa membuka file Agan yang tersimpan di brankas file ini. Semoga membantu..

      Delete
  13. Kak kalo nyambungin ke wifi kyk wifi wifi sklh yg buat server sendiri apa data di brankas file diketahui wifi server?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu tidak,brankas file itu folder pribadi dan memiliki password.Siapa saja tidak akan bisa membuka brankas file selama Agan tidak memberitahu passwordnya.Layanan WiFi yang ada di server sekolah atau di mana saja,hanya berfungsi untuk menyambungkan HP Agan untuk mengakses internet.Semoga membantu.

      Delete
  14. Kak ....jika brankas pribadi itu ada di Oppo A5 dan hp nya hilang , lalu kita mengakses kembali di Oppo A5 ( yang baru ) , apakah brankas pribadi di Oppo A5 yg hilang itu bisa di akses ...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tidak bisa,Gan. Meskipun tiap HP mempunyai brankas file dan jenis serta nama HP tersebut sama,file yang tersimpan di HP Agan yang hilang tetap tersimpan pada HP tersebut. Semoga membantu.

      Delete
  15. kak kalau mau pindahin aplikasi di brankas file yang hp vivo bisa nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Gan,tapi aplikasi Agan di buat file mentahnya atau file apk dulu ya..

      Delete
  16. Selamat malam.. Sayaa pindahkan data saya ke sd card.. Tapi ternyata sd card nya tdk terdeteksi lagi.. Pdhl waktu dipindahkan data sdh masuk semua ke sd card, apakah data saya msh tersimpan di memory hp saya ya.. ? Hp saya vivo v11, mohon bantuannya
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @reny yusnita,saya pengguna Vivo Y91c,seharusnya tidak ada kendala setelah Anda memindah data dari memori ponsel ke SD Card. Kalau data yang Anda pindahkan sudah masuk ke SD Card,maka data Anda itu sudah tersimpan di SD Card. Coba Anda lepas SD Card dan bersihkan permukaan ,barangkali terhalang kotoran atau pemasangan kurang tepat. Semoga membantu.

      Delete
  17. Kak pleas info cara menemuman Brankas pribadi Pada hp Vivo gimana caranya Untuk melihat Brankas pribadi yg disembunyikan di Vivo terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muna,saya penggguna Vivo Y91c,untuk menemukan Brankas Pribadi,buka aplikasi Pengelola File lalu temukan nama Brankas File. Ada password untuk menggunakan Brankas File,artinya Anda harus membuat password sendiri sebelum membuka Brankas File. Passwordnya terserah Anda,yang penting jangan sampai lupa..

      Delete
  18. Saya mau tanya, kan saya reset hp saya nah apakah file yg dibrankas dan file2 yg disembunyikan itu terhapus semua ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reset HP tidak akan menghapus foto atau file Agan yang tersimpan di brankas file,kecuali Agan memilih opsi 'hapus' file dan foto pada saat akan mereset HP. Coba Agan periksa kembali file Agan setelah mereset.

      Delete
  19. Kak mau nanyak kan hp saya kemaren tuh mau dijual jadi saya reset ke versi pabrik nya nah, itu semua udah pasti ilang gak kak yang di brankas file? Plisss jawabbb kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Agan pas mau reset memilih mengikusertakan semua file agar terhapus, mungkin file Agan ikut terhapus semua. Kalau hanya file apikasi yang Agan pilih, file foto Agan masih tersimpan.

      Delete
  20. Kak maaf mau nanya, tadi siang saya mau mindahin video yang ukurannya 1,4 gb dari berangkas file ke galery, dikarenakan penuh tidak bisa di pindahkan harus mengosongkan ruangan terlebih dahulu, terus saya coba memindahkannya masih tetep gak bisa. tiba2 videonya kehapus/ hilang sendiri dari berangkas file, tapi tidak mempengaruhi kapasitas ruangan, masih tetep penuh.
    Itu gmn?
    Cara nyari videonya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada waktu akan memindahkan video, ada dua pilihan lokasi direktori/folder yaitu folder asal dan folder yang lain. Folder asal adalah folder yang menyimpan video Agan ketika pertama kali video itu tersimpan. Coba cek folder di asalnya, mungkin masih ada tersimpan diantara file yang lain. Jika tidak bisa menemukannya, coba cari di folder selain folder asal, jika masih tidak menemukannya, kemungkinan besar video Agan sudah terhapus.

      Delete
  21. kak mau tanya semisal file brankas itu kan kepindah (file mentahnya) ga sengaja, terus ilang, saya balikin lgi ketempat folder semula yg namanya 'dont delete this file' tapi ttap ga muncul, caranya gmn ya biar balik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. File di folder brakas file, kalau sudah terhapus, tidak bisa dikembalikan. Kecuali ada software khusus untuk mengembalikan file Agan yang terhapus. Dalam hal ini, Agan bisa mencari informasinya di internet. Saya juga akan melakukan hal yang sama jika file saya terhapus. Semoga membantu.

      Delete
  22. Permisi kak mau tanya,ini saya kan nyimpen beberapa fto dan divideo di brankas file hp saya divivo lah itu brankas filenya apa jga tertaut sama email atau cuman dihp ini aja gitu kak? soalnya ini fto sma video pribadi saya sedangkan email saya ada juga yg make tkutnya klau brankas file ini tertaut sma email tkut yg login email saya jga liat video sma foto itu kak,mohon dibantu kak terimakasih 🙏🙏

    ReplyDelete
  23. Foto Agan yang ada di brankas file Tidak tertaut kemanapun. Foto dan semua file yang Agan simpan di folder pribadi ini AMAN selama Agan tidak memberitahu password pada brankas file tersebut. Email Agan ada di layanan yang menyimpan data penggunanya secara online. File Agan hanya ada di HP Agan. Jadi, file Agan di brankas file tetap menjadi file yang ada di HP,bukan yang ada di email atau layanan online lainnnya.

    ReplyDelete
  24. Gan cara ngembaliin ke galeri gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah Gan, pilih edit lalu di bawah ada opsi "pindahkan keluar", pilih folder yang Agan inginkan untuk meletakkan file.

      Delete
  25. Kak apa brankas file bisa kebuka kalau kita ngirim sesuatu lewat share it?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Gan. Brankas file itu folder pribadi di HP Agan yang ada passwordnya. Kecuali Agan sendiri yang membukanya lalu mengirim lewat share it. Dan pada umumnya, ketika pengguna mengirim foto atau file lain lewat share it, yang ditampilkan oleh opsi pencarian file adalah aplikasi Galeri atau Album atau folder lain yang serupa, BUKAN Brankas file. Semoga membantu..

      Delete
  26. Gan mau tnya
    Kemarin saya kehilangan hp saya oppoA5 2020 di brankas pribadi ada file pribadi saya hp saya juga memiliki sim card jadi prtanyaannya
    Selama ini apakah pnyimpanan hp saya otomatis masuk ke simcard atau ttp pada penyimpanan internal hp?
    Trus apakah berkas file pribadi saya yang ada dalam brankas pribadi akan terhapus apabila seseorang yg menemukannya berhasil membuka sandi hp saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut sedih saya, Gan, HP Anda yang berharga hilang entah kemana. Semoga Agan dapat ganti HP baru, ya Gan :-).
      Untuk menjawab pertanyaan pertama, secara default (setelan bawaan handphone), semua file hasil foto, file video, suara, gambar akan tersimpan pada memori internal/memori HP. Kecuali Agan merubah setelan untuk menyimpan semua file Agan ke kartu SD, atau Agan memindahkan secara manual.
      Jawaban pertanyaan kedua, Selama sandi yang Agan buat sulit ditebak dan tidak bisa dibuka, semua file Agan dalam Brankas File tetap aman. Masalahnya mungkin, apakah Agan yakin ada orang yang bisa membobol sandi yang Agan buat? Jika Agan yakin bahwa sandi yang Agan buat sangat rumit, itu artinya Aman. Tetapi, file Agan juga ikut hilang bersama handphone Agan. Semoga membantu ya...

      Delete
  27. Gan, kalo mau mindahin data langsung dari berangkas file ke laptop ( tanpa harus dikeluarin dulu filenya dari berangkas dan di tato ke memori) bisa gak ?

    ReplyDelete
  28. Assalamualaikum kak mau tanya, ini hp saya kan hilang dicuri orang, hpnya ada passwordnya,kalau semisal orang itu ngerestard hp apakah file yg di brankas akan hilang? atau apakah ada cara lain untuk menghapus foto yg ada di brankas file dari jarak jauh? Khawatir nya nanti brankasnya bisa dibuka. Mohon jawabannya kak, terimakasih

    ReplyDelete
  29. Untuk jawaban pertanyaan, "Gan, kalo mau mindahin data langsung dari berangkas file ke laptop ( tanpa harus dikeluarin dulu filenya dari berangkas dan di tato ke memori) bisa gak ?". Tidak bisa, Gan, karena opsi untuk memindahkan keluar dari Brankas File hanya ada dua, "Hapus" dan "Kembali ke dalam". Opsi "Kembali ke dalam" ini akan mengembalikan file folder asal. Jadi, Agan dapat memindahkan file dari Brankas File ke laptop namun melalui folder asalnya.

    ReplyDelete
  30. Untuk pertanyaan Agan, yang HP hilang dicuri, selama password di Brankas File tidak bisa dibuka, file Agan aman tersimpan di memori HP Agan tersebut. Menghapus file dari jarak jauh yang bagaimana ya...? Mungkin Agan bisa menghapus file jarak jauh tetapi file Agan tersimpan pada tempat penyimpanan online seperti Google Drive, One Drive, Drop Box dan semacamnya. Kalau menghapus file jarak jauh terkait jarak fisik Agan dengan HP yang hilang dicuri, saya tidak mengetahui caranya, Gan..

    ReplyDelete
  31. Ko di HP Vivo y 20s saya gaada brankas file nya min, gimana biar ada brankas file nya, dicari di pengaturan ngga ada,di imanager gaada,tolong bantuannya min🙏🙏

    ReplyDelete
  32. Iya, Gan. Sepertinya folder Brankas File di Vivo Y20S tersembunyi letaknya. Di cari dulu barangkali bisa ketemu..

    ReplyDelete
  33. Kak tapi nyatanya setelah HP vivo di reset karena lupa kunci itu ternyata brangkas Filenya udh otatis kebuka dan mau masuk minta di buatkan kata sandi baru tapi File video dan foto di dalamnya gk hilang itu yg di alami dan di takutkan kak saya juga heran kok bisa VIVO tipe 1724 apakah beda tipe beda keamanannya?

    ReplyDelete
  34. Mungkin yang Agan maksud kunci layar HP, setelah di reset akan mengembalikan setelan ke pengaturan pabrik. Otomatis file foto dan video pada Galeri dapat dibuka dengan mudah. Kalau untuk password Brankas File tidak mempengaruhi, meskipun HP di reset.

    ReplyDelete
  35. Mau tanya kalau kan saya beli hp nih kebetulan gak di cek brankas nya ternyata kekunci gimana cara buka nya soalnya gak tau sandi sama pertanyaan nya,kalau di reset pabrik apakah bisa hilang yang di brankas?

    ReplyDelete
  36. Jika Agan tidak tahu kata sandi untuk membuka Brankas File maka folder Brankas File tidak bisa di buka. Kalau Agan mereset ke settingan pabrik, file foto atau file lainnya yang ada dalam folder Brankas File tetap tersimpan, namun tidak bisa dibuka. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  37. Saya mau nanya, saya mindahin video dari galeri ke brangkas pribadi tapi pas mau lihat kembali, video nya hilang, mohon bantuan🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brankas pribadi memiliki folder bawaan menurut jenis filenya. File foto akan tersimpan di folder image, file video akan tersimpan di folder video, file apk mentahan akan tersimpan di folder apk. Jika Agan sudah memindah video, file tersebut akan otomatis masuk ke folder video. Coba Agan lihat kembali pada folder video..

      Delete
  38. Kenapa foto atau video yang di brangkas file hilang dengan sendiri nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya, foto atau video di brankas file tersimpan dengan aman oleh karena dilindungi kata sandi. Jika foto atau video ternyata hilang dengan sendirinya, mungkin terhapus secara tidak sengaja.

      Delete
  39. saya mau nanya, apakah foto/video yang dimasukkan ke brankas pribadi, masih tersimpan di memori atau sd card?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto/video yang dimasukkan ke brankas pribadi akan tersimpan di memori HP, bukan di kartu SD. Meskipun tersimpan di memori HP, foto/video tersebut tetap aman karena dilindungi oleh kata sandi. Kata sandi ini adalah kata sandi yang Agan buat sendiri.

      Delete
  40. Apa brankas pribadi bisa dibobol atau dihack?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika HP Agan tidak sering dipinjam orang lain, atau tidak memberitahu kata sandi pribadi, brankas file tetap aman. Hati-hati juga jika Agan mengunjungi situs yang berada di jaringan "bawah", atau jaringan internet yang tersembunyi.

      Delete
  41. apakah besar penyimpanan bisa mempengaruhi hilang atau terhapusnya file/foto/video?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. File/foto yang tersimpan di brankas pribadi tersimpan pada memori HP, jadi selama memori HP Agan masih ada ruang untuk menyimpan, file/foto/video yang Agan pindah ke brankas tersebut tetap aman tersimpan. Besar penyimpanan memori HP tidak menghapus file, kecuali file tersebut terhapus secara tak sengaja.

      Delete
  42. Kak aku mau nanya
    Aku kan masukin video dari galeri ke brankas pribadi, trus pas mau dicek lagi ternyata hilang dan tidak ada difolder video atau galeri, itu karna apa ya kak? Besar file video nya mempengaruhi ga makanya video nya hilang?
    Mohon bantuan nya kak🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan tidak salah langkah saat memindah file dari galeri ke brankas pribadi. Besarnya file video tidak mempengaruhi brankas file. Selama ruang simpan bawaan HP Agan masih cukup untuk menyimpan, Agan dapat memindahkan file dari galeri ke brankas file/pribadi kapan saja.

      Delete
    2. Jadi hilang nya karna apa ya kak?
      Bisa hilang sndiri?
      aku rasa, aku ga pernah hapus file tersebut

      Delete
    3. Pada waktu memindahkan file dari galeri/album, ada 2 pilihan yang tampil (1) Pindahkan ke brankas file , (2) Pindahkan. Jika memilih yang ke-1, "Pindahkan ke brankas file", maka file/foto/video Agan akan diarahkan ke folder pribadi yaitu Brankas file dan sebelum membuka folder pribadi ini, Agan lebih dulu menngetikkan Password. Jika memilih yang ke-2, "Pindahkan" maka Agan akan membuka ruang simpan di Galeri/Album tetapi berbeda nama foldernya. Agan memilih yang mana..

      Delete
  43. Apa penyebab file dibrankas pribadi bisa terhapus secara tidak sengaja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi saat mengembalikan atau mengeluarkan file dari brankas pribadi menuju kartu SD atau folder lain. Atau mungkin salah memilih opsi "pindahkan keluar" dan "hapus".

      Delete
  44. Kak kok hp aku gaada brankas pribadi yaaaaaa hp vivo y15s

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka aplikasi iManager, Gan. Vivo pasti ada aplikasi iManager. Scroll layar ke bawah, ada banyak menu-menu, termasuk menu " Brankas file". Sudah ketemu..?

      Delete
  45. kemana perginya file yang tidak sengaja terhapus dibrankas pribadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. File yang sudah terhapus akan hilang, meskipun tidak sengaja menghapusnya, baik di album galeri maupun brankas pribadi.

      Delete
  46. Kenapa foto atau video dibrankas pribadi hilang? Apa itu karna dihack?

    ReplyDelete
  47. Kak kalo hp yg dihack trs lngsung direset pabrik bakalan aman ga ya? Trs brangkas file gaakan dibobol?

    Terimakasih banyak, semoga bisa dijawab🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun HP Agan direset ke setingan pabrik, dan selama kata sandi brankas file tidak Agan bagikan kesiapapun, semua file dalam brankas file tetap Aman. Semoga membantu dan terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  48. Kak..kalau file yg sudah kita simpan pada brangkas file lalu sd card kita hilang atau dicabut apakah file pada berangkas file akan ikut hilang??..mohon bantuannya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  49. Kak..apakah file yg sudah kita simpan di berangkas file akan hilang saat SD card dicabut???

    ReplyDelete
    Replies
    1. File yang ada pada Brankas File tersimpan di memori HP, bukan di SD Card. Saat SD Card dicabut, file tidak hilang, masih tetap tersimpan di memori internal/di HP. Semoga membantu😁

      Delete
  50. izin bertanya mas video² penting saya kan banyak di brankas file tpi tiba" sebagian ilang pdhal saya sndiri tidak menghapusnya itu knapa yaa?apakah kena hack mas??

    ReplyDelete
  51. izin bertanya mas bnyak file pribadi yg ada dibrankas file saya tpi Minggu kmarin saya cek sebagian sudah hilang pdhal saya tidak menghapusnya dan baru membukanya lagi Minggu kemarin apakah itu kena hack mas?atau ada sistem yg eror dihp saya tolong pencerahannya mass krna itu data yg menang privacy ..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Folder brankas file dilindungi kata sandi. Selama tidak ada yang tahu kata sandinya, kecuali Anda sendiri, tidak ada yang bisa membuka folder brankas file. Jika memang ada file yang hilang atau kehapus, mungkin secara tidak sengaja terhapus. Atau bisa juga Anda pindahkan ke folder selain brankas file. Coba Anda ingat2, apakah pernah memindahkan file?

      Delete

Post a Comment

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *