Terbaru

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Ruang penyimpanan pada ponsel Anda menyimpan semua data Anda yang penting.Terdapat dua ruang simpan tetap pada perangkat ponsel Android Anda yaitu memori internal dan external.Dalam spesifikasi perangkat yang banyak ditulis dalam konten artikel oleh para penulis,ruang simpan tetap ini disebut juga ROM.Nama ini singkatan dari Read Only Memory.

ROM berbeda dengan RAM dalam hal fungsinya sebagai tempat menyimpan file.ROM lebih fokus ke arah sistem yang menyimpan berbagai data secara permanen,termasuk Sistem Operasi dari ponsel Android itu sendiri.Beserta file folder bawaan ponsel yang sudah banyak tampil nama-namanya.Sedangkan RAM lebih akrab disebut sebagai memori penyimpanan sementara,yang bekerja bersama sistem untuk menjalankan aplikasi-aplikasi pada ponsel.


Anda pengguna ponsel Android terbaru tentunya sudah hafal dengan dua nama yang tersebut diatas,bukan?Memori internal atau ROM terdapat didalam perangkat ponsel dan menjadi memori default.Dalam sistem memori internal ini terdapat bagian memori yang bisa Anda jadikan sebagai ruang simpan file pribadi Anda.Data pribadi Anda seperti kata sandi dari akun email,akun medsos,file-file foto dari dokumen ijasah,ktp,dan lainnya,akan aman tersimpan.Dikatakan aman karena bagian memori ini(folder) menggunakan pasword sebagai pintu pembukanya.Bentuk pasword dari angka dan Anda sendiri yang dapat membuat paswordnya.Tanpa ada orang lain yang bisa membuka kecuali Anda sebagai pemilik ponsel.

1.Cara Untuk Memulai Mengamankan File

Beberapa tipe ponsel mungkin berbeda nama tampilan folder untuk menyimpan file pribadi,namun secara garis besarnya adalah sama saja.Ponsel Oppo A37f dan varian diatasnya menamakan Kotak File sebagai nama folder pribadi.Ponsel Vivo diberi nama Brankas File.Untuk tipe ponsel yang lain mungkun tidak jauh berbeda.Namun yang pasti,letak folder pribadi ini bisa Anda buka pada menu File Manajer.

Pada screenshot dibawah,contoh tampilan pada OPPO A37.Nama folder pribadi Anda ada pada bagian bawah sendiri,yaitu Kotak file.Bila Anda buka folder pribadi ini,maka tampilan akan menjadi bentuk halaman untuk mengisi pasword.

Seperti tampilan dibawah ini halaman untuk mengisi paswordnya.
Jika file foto dan video yang telah Anda buat,otomatis akan tersimpan dan bisa Anda lihat kembali pada menu Galeri.Namun untuk file Anda yang tersimpan pada folder khusus ini,file akan aman dan tidak bisa tampil pada Galeri maupun aplikasi penampil gambar lainnya.

Di Galeri,kapan saja Anda bisa membuka tanpa mengetikkan pasword,sebab Galeri ponsel Android memang dibuat mudah bagi penggunanya.Kalaupun ada pasword untuk membuka,mungkin pasword yang akrab disebut sebagai kunci layar ponsel.Semua file baik file foto,video,file pdf,musik dan animasi,dapat dengan mudah Anda buka bersamaan dengan aktifnya ponsel untuk mengakses internet.

Fungsinya berbeda dengan tampilan pada Galeri.Sebab,file pribadi Anda yang sudah masuk tidak akan tampil pada Galeri ponsel ataupun aplikasi penampil gambar.

Meskipun banyak aplikasi di Playstore yang bisa Anda pilih sebagai tempat untuk menyimpan file pribadi,tetapi dengan sistem penyimpanan bawaan ponsel pintar milik Anda saja,sudah lebih dari cukup untuk membuat agar file Anda aman dari gangguan pihak lain.



2.Cara Menambahkan File Pribadi Baru

Untuk menambahkan lagi file pribadi Anda,jangan lupa sebelumnya Anda memberi nama filenya lebih dulu dan memindahkannnya pada folder baru.Memberi nama yang sesuai akan memudahkan untuk mencari file Anda.Tujuan memberi nama yang sesuai agar Anda dapat dengan mudah menandai dan mencari file tersebut di lain waktu,seperti ketika Anda akan memindahkannya ke folder khusus.Buat satu folder baru yang terpisah dari folder awal pada Kartu SD dan beri nama yang mudah.
  • Untuk membuat folder baru pada Kartu SD,buka menu File Manajer>>pilih Kartu SD>>di bagian bawah pilih ikon +folder>>buat nama folder Anda.
  • Untuk memindahkan file ke folder baru,buka File Manajer>>Kartu SD>>bila file foto,pilih folder DCIM>>Camera>>pada halaman foto-foto yang tampil,dibagian kanan atas pilih Edit>>centang file yang Anda ingin pindahkan>>Pindahkan>>pilih folder yang baru Anda tadi>>Tempelkan.
  • Untuk mengubah nama pada file,buka File Manajer>>Kartu SD>>pada folder file baru di bagian atas pilih Edit>>centang file foto>>di kanan bawah pilih Lanjutan>>Ganti nama.
Setelah beberapa langkah sudah Anda lakukan untuk keperluan memindahkan dan mengubah nama file,sekarang saatnya bagi Anda menuju halaman Kotak file.
  • Buka menu File Manajer pada ponsel Anda.
  • Pada bagian bawah pilih Kotak file.
  • Halaman akan beralih menjadi tampilan baru untuk membuat pasword.
  • Buat pasword Anda dua kali.
  • Untuk memasukkan file pribadi,misalnya akun email beserta sandi,yang tersimpan pada Kartu SD dengan nama folder Email.
  • Pilih ikon Tambahkan file di bawah.
  • Pilih Kartu SD dan folder Email.
  • Centang file yang Anda inginkan.Dalam hal ini file email yang biasanya file format .pdf atau forrmat .txt.
  • Di bawah pilih ikon Kotak penyimpanan,secara otomatis file yang Anda pilih akan menuju Kotak file pribadi Anda.
  • Bila ingin memasukkan file foto pribadi,caranya juga sama seperti diatas.
  • Selesei.
Untuk memastikan bahwa file pribadi Anda sudah tersimpan pada Kotak file,buka File Manajer>>Kotak file>>masukkan pasword Anda.

Baca juga artikel terkait : Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Halaman ini telah diperbarui pada 09 September 2020.

Comments

  1. Apakah pihak2 lain (dr aplikasi tertentu misal :aplikasi pinjaman online) dapat mengakses brankas file?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa Gan,karena data pribadi Agan tersimpan langsung pada memori ponsel.Di folder khusus ini tidak ada yang bisa membuka,kecuali Anda sebagai pemilik ponsel.Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  2. Kok brankas file ku di vivo ngga bisa dibuka ya.. Pdhl kuingat" udah bener sandinya terus ku klik 'lupa kata sandi' disuruh ngisi data pribadi "kyk nama sd, sm nma tmn masa kci gtu" udah sama kyk yg dlu tp ttep ngga bsa. .

    Gmna solusinya .. minta tolong . 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya beda HP juga beda tampilan.Tapi kalau ada piilhan mengembalikan sandi pakai nama teman kecil,itu sepertinya untuk membuka sandi email yang lupa.

      Delete
  3. Kak mau tanya kalau foto yang di brankas file terhapus apakah masih bisa di kembalikan? Kalau bisa gimana caranya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau fotonya terlanjur terhapus,sepertinya tidak bisa dikembalikan Gan.

      Delete
  4. Solusi nya gmna ya klo lupa sandi berangkas tpi data gk mau ke apus saya udh ke vivo nya lgsg ktanya data hapus semua ya gk jdi saya tolong donk bantu solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sandi brankas file itu sandi yang dibuat oleh sistem Android.Kalau lupa sandi,sepertinya tidak ada cara lain kecuali harus di reset ulang HP Agan.Kalau mau reset ulang,lepas dulu kartu memori agar data aman.Yang terhapus adalah data yang tersimpan pada memori internal/ruang simpan bawaan HP.Termasuk juga data pada brankas file tersebut.Jadi,solusinya bagaimana?HP Agan jangan di reset,dan mencoba mengingat kembali sandi yang lupa,barangkali suatu ada sekilas info yang bisa mengingatkan kembali sandi yang lupa tadi...

      Delete
  5. pakah semua file dan foto akan hilang di brankas file jika hp di instal ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Folder brankas file itu lokasinya ada di penyimpanan internal,memori HP.Kalau Agan menginstal ulang HP,kemungkinan file foto juga ikut terhapus.Tapi Ane belum pernah untuk mencoba instal ulang HP.

      Delete
  6. Kak apa bener brangkas file itu membukanya haru memakai sandi, soal nya hp² yg lain kn tdk memakai y kak, sempet bingung soal nya gk pernah memperhatikan
    Rasa nya nggagu banget klw mau buka haru pakai kata sandi sgala..☹️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brankas File beda dengan Berkas File.Mungkin maksud Agan adalah Berkas File yang memang ada pada setiap HP.Istilah lain mungkin aplikasi File Manajer,dimana aplikasi ini adalah menjadi tempat untuk menyimpan data dalam memori HP dan kartu memori.Kalau Brangkas File itu folder khusus dan pribadi bagi pemilik HP.Karena itulah ada kata sandi yang harus dimasukkan ketika Agan membuka folder khusus ini.

      Delete
  7. Kak gimana cara buka brangkas pribadi yg lupa kata sandi tolong bantuan nya kak🙏🙏

    ReplyDelete
  8. Kak, saya punya banyak foto penting di brankas file, saya menggunakan aplikasi pemindah file ke sd card, saya memindahkan folder "do_not_delete_private_files" ke sd card. Lalu saya tidak menemukan apa apa di brankas file. Saya coba cari folder tsb di sd card tapi tidak ketemu, bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam memori telepon(memori internal) dan SD Card,ada 2 folder yang sama yaitu DCIM.Coba Agan buka Brankas file lalu buka SD Card,temukan folder DCIM dan buka lagi untuk menemukan folder Camera.Di folder Camera inilah semua foto-foto Agan tersimpan.Semoga membantu..

      Delete
  9. Kenapa isi brangkas file saya tiba² hilang,
    Apakah semua isi brangkas file saya kena hack..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Agan kehilangan data di brankas file,pastikan Agan tidak menghapus secara tidak sengaja.Coba Agan ingat-ingat,apakah Agan pernah mereset HP Agan?Jika iya,mungkin itu yang menyebabkan file Agan terhapus secara tidak sengaja.

      Delete
  10. Apakah foto di brankas pribadi hilang, saat hp di restart ke versi pabrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa saja data atau foto pribadi Agan akan hilang,sebab reset ke versi pabrik akan mengembalikan HP ke keadaan seperti HP baru.Kecuali Agan pindahkan dulu foto Agan ke kartu memori dan Agan melepas kartu memori tersebut sebelum Agan mereset HP Agan.

      Delete
  11. kak saya mau tanya, kemarin hp saya di restart ulang melalui PC, karn hp saya terkunci dari google. tapi setelah hp saya hidup kembali data di brangkas file saya tidak hilang & tidak terhapus..
    pertanyaan nya, disaat hp saya di perbaiki itu apakah PC bisa mengakses data saya di brangkas file? atau apakah data brangkas file saya bisa tertinggal di PC ?
    terimakasih.. mohon jawaban nya kak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pc atau laptop atau perangkat apa saja yang terhubung dengan HP,dapat mengkakses data yang ada di HP tersebut.Namun,untuk data yang Agan simpan di brankas file dan brankas file tersebut memerlukan pasword untuk membukanya maka data Agan tidak bisa di buka.Data Agan akan aman sebab ada fitur keamanan yang mengharuskan orang lain memasukkan paswordnya lebih dulu.Semoga membantu..

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik,karena kebaikan dari apa yang kita sampaikan kepada pembaca,akan menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang ramah dan dihormati.

Unitro Pulsa Terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya