Sudah Mengetahui Tentang Refresh Rate? Tehnologi Yang Mengembalikan Pixel Layar Perangkat



Semakin tinggi nilai Refresh Rate, semakin cepat proses layar untuk memperbarui tampilan. Refresh Rate menjadi fitur unggulan untuk perangkat modern untuk mengembalikan bentuk pixel layar. 

Layar perangkat modern memiliki tehnologi yang dirancang agar tetap seimbang dan segera kembali ke tampilan utama. Anda mungkin menyukai permainan dan memaksa layar HP Anda berganti seketika setelah berganti level, menang atau mengulang permainan. Anda mungkin melihat gerak lambat saat merekam namun layar terpatah-patah dan berangsur normal. Tehnologi inilah yang disebut Refresh Rate. Tidak terbatas pada satu aplikasi tertentu dan jenis perangkat, Refresh Rate yang tinggi membantu agar perangkat - misalnya,  smartphone modern, seperti yang dikatakan orang-orang, "Hebat, HP saya cepat merespon".

Apa Itu Refresh Rate?

Refresh Rate didefinisikan sebagai kemampuan layar perangkat seluler Android/iPhone untuk memperbarui atau merespon dengan cepat tampilan layar sehingga pixel layar kembali utuh setelah pengguna menggunakan suatu aplikasi.

Refresh Rate juga memiliki nilai, misalnya, 60 Hz, 90Hz, 120 Hz, 144 Hz, dan lainnya. Nilai ini adalah metrik atau ukuran yang memberitahu tentang kecepatan layar perangkat untuk mengembalikan pixel layar dari gerakan patah-patah dalam hitungan perdetik. Jika pada spesifikasi perangkat ada tertulis nilai refresh rate 120 Hz, maka dalam satu detik layar akan memperbarui pixel sebanyak 120 kali. 

Nilai ketinggian Refresh Rate banyak ditanamkan pada pc gaming atau HP modern kelas atas yang biasanya memerlukan RAM besar. Seperti pada perangkat iPhone 13, yang kabarnya beberapa hari yang lalu sudah di umumkan, memiliki tingkat refresh rate 120 Hz. Dengan kata lain, perangkat yang banyak digunakan untuk bermain game-game spek tinggi memerlukan tingkat refresh rate yang tinggi pula. Begitu juga dengan aplikasi yang banyak menggunakan memori, seperti aktifitas merekam video, mengambil gambar autofokus atau mengambil foto dalam jarak jauh.

Disamping Refresh Rate, ada fitur lainnya yang juga berkaitan dengan tehnologi layar sentuh pada handphone. Tehnologi ini adalah Touch Sampling Rate.

Apa Beda Refresh Rate Dengan Touch Sampling Rate?

Anda mungkin menanyakan hal ini. Apa perbedaan antara Refresh Rate dan Touch Sampling Rate? Jawabannya ada dua hal.

Yang pertama, Refresh Rate adalah tehnologi pixel layar. Pixel merupakan kumpulan titik digital yang menghasilkan gambar. Ketika pixel bergerak tidak beraturan menuju "tempat" masing-masing, kombinasi dari beberapa fungsi hardware akan menghasilkan sistem yang disebut Refresh Rate, sehingga pixel-pixel akan segera diarahkan untuk kembali.

Yang kedua, Touch Sampling Rate adalah tehnologi layar sentuh. Untuk setiap sentuhan ujung jari Anda dihitung perdetik, tehnologi ini mampu merespon dengan cepat gerakan oleh sentuhan ujung jari.

Apakah Refresh Rate Penting?

Refresh Rate menjadi penting jika perangkat yang Anda gunakan adalah penting untuk pekerjaan atau hobi Anda. Seperti misalnya, laptop gaming yang wajib memiliki GPU, CPU dan hardware tingkat tinggi untuk mendukung performa ketika bermain. 

Untuk keadaan ketika booting, pc atau laptop memerlukan waktu. Semakin cepat monitor menampilkan halaman start, bisa dipastikan nilai refresh ratenya tinggi. Untuk keadaan normal, Anda mungkin melakukan klik kanan dua atau tiga kali untuk merefresh monitor.

Atau, jika perangkat Anda smartphone terbaru, Anda memerlukan cara agar mudah memperbarui layar HP tanpa menggunakan bantuan booting/restart. Sehingga, dengan fitur refresh rate yang akan bekerja otomatis, Anda hanya - mungkin, melihat sekilas gerakan patah, lambat dan kembali seketika. Tanpa melakukannya dengan mematikan tombol power lalu menghidupkannya kembali. Tanpa merasa bahwa sebenarnya, ada sistem yang membuat layar seakan tidak menampilkan gejala apapun.

Jika Anda menggunakan handphone sebagai alat komunikasi biasa, atau akses internet secara normal, refresh rate mungkin tidak begitu penting. Untuk sekedar bermain game ringan, chat di media sosial, kirim SMS dan aktifitas browsing internet, tidak ada yang membuat HP Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Refresh Rate hanyalah tehnologi yang ditanamkan pada perangkat agar Anda lebih mudah menggunakannya.


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Contact Form

Name

Email *

Message *