Terbaru

Harga Promo Paket Internet XL Xtra Combo

Image
Setiap provider memiliki penamaan untuk layanan paket internet bagi pelanggannya. Salah satu provider jaringan seluler dalam negeri yang ada bersama nama-nama operator seluler yang lain adalah XL Axiata. Dengan nama layanan paket internet XL Xtra Combo, pelanggan dapat menikmati akses internet cepat, mudah dan dengan harga yang terjangkau.  Harga yang tercantum pada setiap nama paket internet XL Xtra Combo tertulis sebagai harga yang mewakili nama paket internet. Anda dapat memilih paket dengan harga yang sesuai lalu Anda perpanjang paket internet tersebut dengan cara menambah masa aktif kartu SIM Anda. Mengetahui harga yang ada diantara nama paket internet Xtra Combo, dapat Anda buat sebagai perbandingan sesuai budget yang Anda miliki dan kebutuhan Anda untuk mengakses internet. Jika Anda pengelola blog pribadi, yang berarti Anda adalah penulis artikel, maka memilih jenis paket internet Xtra Combo yang tidak terlalu besar mungkin sudah mencukupi. Jika Anda aktif sebagai pembuat konten

Konsep Awal Perencanaan Untuk Membangun Online Shop Sendiri


Online shop menjadi nama usaha sampingan yang membuat sebagian besar pengguna internet tertarik untuk memilikinya. Meskipun Anda tidak memiliki barang untuk Anda jual, informasi tentang konsep awal untuk membangun online shop di bawah ini dapat Anda coba.

Judul artikel yang dibuat di halaman ini adalah cara yang sebaiknya Anda lakukan sebelum Anda meng-onlinekan online shop Anda. Artinya, baik nanti sendiri maupun dalam team kerja kecil, Anda memerlukan perencanaan agar tujuan Anda membangun online shop tidak sia-sia, berhenti ditengah jalan, hingga - mungkin, tidak menghasilkan. Anda mungkin menginginkan bahwa salah satu tujuan membangun bisnis ini adalah agar Anda bisa meraih pendapatan jangka panjang.

Jika membuat online shop hanya sekedar sebagai mengisi waktu luang, tujuan Anda untuk meraih penghasilan dari internet menjadi kurang maksimal. Apalagi jika Anda nanti melakukannya sendiri. Karena kebanyakan, - meskipun tidak semuanya orang, ketika akan membangun sendiri sesuatu hal yang berkaitan dengan bisnis online, yang salah satunya adalah online shop ini, ada sesuatu hal yang menghambat tujuan awal yang semula kuat untuk direalisasikan, tapi terjeda karena hal-hal yang memerlukan keterlibatan Anda sebagai pemilik, seperti misalnya layanan komplain dari pembeli.

Oleh karena itu, meskipun Anda nanti bekerja sendiri, baik ketika Anda memulai sampai online shop Anda sudah online, hal-hal yang menandai sebagai hambatan itu, tidak mempengaruhi online shop Anda untuk tidak menghasilkan penghasilan. Setidaknya, ada keuntungan rutin meskipun kecil dan ada jalur khusus untuk pelanggan ketika mereka memerlukan layanan. Artinya adalah meskipun sendirian, ada  tujuan jangka panjang yang memungkinkan Anda bisa meraih penghasilan yang lebih banyak, tanpa mengabaikan pengguna Anda. 

Membangun Online Shop Anda Sendiri

Membangun online shop berarti Anda membuat dan mengelolanya. Memerlukan informasi yang lebih banyak apabila Anda melakukan pengelolaan situs tanpa ada orang lain yang membantu Anda. Informasi yang mungkin dapat berguna adalah banyak membaca dari literatur tentang cara membangun e-commerce, atau langsung bertanya kepada pemilik e-commerce.

Dibawah ini adalah ringkasan dari beberapa sumber yang saya dapatkan lalu saya uraikan kembali dalam artikel.

Jika saya mengilustrasikannya ke dalam konsep untuk membangun rumah atau toko Anda secara nyata, beberapa kriteria berikut dapat menjadi acuan di awal. Karena informasi ini ada sebagai makna dari 'perencanaan' online, informasi lain yang berkaitan dengan cara membuat website, atau cara membuat blog, mungkin dapat membantu untuk menganalisa lebih dalam lagi.

1. Memahami Pengertian Tentang Online Shop

2. Memilih Lokasi

3. Rencana Desain Web

4. MempromosikanOnline Shop

1. Memahami Pengertian Tentang Online Shop

Apakah Online Shop Itu?

Jika diartikan dalam bahasa kita, online shop artinya toko online. Secara umum, online shop adalah tempat penjual dan pembeli bertransaksi melalui internet. Transaksi yang dilakukan mengikuti aturan dalam hal penawaran produk, tampilan produk, pemilihan produk, pemesanan, pembayaran, pengiriman, dan hal lainnya yang terkait transaksi online.

Untuk pihak penjual, dalam hal ini adalah pemilik online shop, mungkin akan menerapkan banyak hal tentang tehnologi jual beli online, termasuk tampilan dari online shopnya dalam bentuk situs di layar pengguna. Artinya, bentuk tampilan situs yang menampilkan produk dan jasa yang terlihat langsung, halaman navigasi produk, halaman pembayaran, menu live chat, layanan pelanggan, dan halaman lainnya yang mengandung tehnologi digital di bidang e-commerce.

Sedangkan untuk pihak pembeli, mungkin lebih banyak menggunakan aturan 'mendapatkan produk dan layanan' . Ini akan menampilkan beberapa informasi tentang cara pembeli memilih produk, memesannya, membayarnya hingga proses pengiriman.

Memahami pengertian dari suatu usaha yang akan Anda lakukan akan membuat Anda memiliki bekal dari sisi guna dan manfaat. Bekal dari sisi guna dan manfaat adalah pengetahuan Anda tentang bagaimana caranya agar bisnis online shop Anda itu bisa berguna untuk orang lain, dan terutama, untuk Anda sendiri. 

2. Memilih Lokasi

Jika online shop Anda sepenuhnya ada di internet, Anda memerlukan lokasi yang nanti akan menjadi tempat online shop Anda tersimpan. Sepenuhnya ada di internet berarti Anda memiliki toko yang menjual produk secara nyata dan menjualnya secara offline dan online. Dengan demikian, produk Anda terlihat sebagai produk dalam tampilan foto atau gambar produk dengan deskripsi singkat dari produk tersebut.

Salah satu informasi yang Anda butuhkan tentang memilih lokasi adalah hosting dan domain. Hosting menjadi tempat untuk menyimpan file online shop, sedangkan domain berfungsi sebagai alamat yang menandai online shop Anda. Informasi tentang hosting dan domain ini dapat Anda telusuri di internet. Ada banyak situs yang menawarkan layanan hosting sekaligus domain. Situs layanan hosting dan domain lokal seperti baliorange,  rumahweb, niagahost, dan beberapa yang lain.

Memilih dan menentukan lokasi untuk menempatkan online shop tidak terbatas pada satu   layanan. Anda dapat mengelola online shop Anda, bahkan dari layanan yang sepenuhnya gratis. Contoh layanan ini adalah yang sekarang sudah banyak digunakan pengguna yang memiliki akun email. 

Hosting dan Domain Gratis

Layanan Blogger, Wordpress atau WIX adalah layanan yang sepenuhnya gratis untuk Anda. Jika Anda sudah mengetahui informasi ini, Anda mungkin sudah memiliki blog pribadi sekarang. Jika Anda baru mengetahuinya, ada bagian-bagian yang perlu untuk Anda pelajari kembali. Untuk pengguna blogspsot, membuka aksesnya, kunjungi halaman Bantuan Blogger. Untuk pengguna wordpress, kunjungi bantuan wordpress.  

Layanan ini memang disediakan untuk pengguna yang menginginkan untuk membuat situs dalam konsep blog, termasuk untuk membuat online shop.   Pilihan yang lain, Anda dapat membuat online shop langsung di akun media sosial Anda, seperti misalnya Facebook Page. Fitur Facebook Page akan membuat bisnis Anda berkembang seperti layanan dari Blogger, Wordpress dan Wix. Anda dapat memilih salah satu layanan yang menyediakan hosting dan domain gratis ini. 

Hosting Gratis Domain Berbayar

Anda juga bisa membangun situs yang menandai online shop Anda pada hosting gratis tetapi nama domainnya Anda beli sendiri. Ini berarti, situs atau blog online shop  Anda yang sudah Anda buat di salah satu layanan gratis yang Anda gunakan saat ini, (blogger atau wordpress) tetap ada, tetapi domain layanan dari yang semula menyertakan nama layanan tersebut menjadi domain TLD (Top Level Domain). Domain TLD umumnya berextensi com, id, net, dan lainnya.

Misalnya, Anda memiliki online shop pada layanan Blogger. Nama online shop Anda adalah Toko Baju, dengan alamat semula yang mengandung domain dari layanan yang Anda gunakan yaitu blogspot yaitu: http://tokobaju[dot]blogspot[dot]com. Karena Anda menggunakan domain TLD, atau istilahnya domain beli sendiri, maka, alamat online shop Anda menjadi http://tokobaju[dot]com. Extensi 'com' dibelakang baju adalah domain TLD.

Membeli domain artinya Anda menyewa nama domain saja. Durasi waktu sewa pada umumnya selama satu tahun. Domain berbayar lebih banyak menawarkan layanan untuk memaksimalkan keberadaan online shop milik Anda. Meskipun Anda mengelola sendiri online shop Anda, tapi dengan fitur dan layanan dari perusahaan hosting dan domain, bisnis Anda lebih mudah Anda kendalikan.

Hosting Dan Domain Berbayar

Hosting dan Domain berbayar lebih banyak memerlukan pengetahuan di bidang kode-kode HTML. Jika Anda memilih untuk menggunakan layanan hosting dan domain berbayar, Anda bisa membuat tampilan situs online shop yang menarik dan setiap halaman dapat Anda tampilkan secara berbeda. Halaman 'Beranda' dapat Anda desain simple, namun halaman lain yang menyertakan review produk Anda dapat Anda tampilkan hanya berbentuk artikel. Demikian juga halaman lainnya, dapat Anda desain sesuai keinginan. 

Hosting dan domain berbayar memungkinkan Anda  untuk menentukan desain situs yang berbeda namun tetap dalam satu alamat situs. Meskipun berbeda tampilan dari halaman yang ada, semua itu masih menjadi satu dengan konsep pokok dari desain situs Anda yang sesungguhnya. Penggunaan situs dari layanan berbayar ini juga memberi Anda lalu lintas tanpa batas, melalui sistem periklanan digital  atau akun media sosial Anda.

3. Rencana Desain Situs

Meskipun tidak harus memiliki keahlian di bidang program desain web, Anda tetap memerlukan rencana untuk membuat struktur situs online shop Anda nanti. ini termasuk : URL utama dan nama toko online, memilih template, navigasi, menu chat dan jika ada,layanan komplain.

Template Web Khusus Online Shop

Template web khusus online shop adalah template yang sesuai untuk bisnis Anda ini. Jika Anda berencana membuat halaman landing yang menampilkan produk online shop Anda dengan format lengkap, Anda dapat menerapkan template yang khusus di buat untuk tampilan web online shop. Layanan gratis yang menyediakan template online shop ada banyak di internet. Jika Anda tidak ingin menggunakan layanan lain selain layanan blog yang sekarang Anda gunakan, itu sudah cukup untuk membuat tampilan online shop Anda menarik pada sisi akun Anda. Akun Anda di media sosial adalah sumber traffic alami yang dapat Anda jadikan sebagai media untuk kampanye iklan.

Desain Halaman Landing

Halaman landing adalah halaman-halaman web dari online shop Anda yang menampilkan bagian tertentu dari produk Anda. Kategori produk menjadi  bagian yang memetakan navigasi berdasarkan harga, produk terlaris, produk terpopuler, produk terbaru, usia dan lainnya. Halaman landing 'Beranda' akan menampilkan halaman utama dari situs online shop milik Anda. Halaman landing 'Produk Terbaru', akan menampilkan produ

Membuat Halaman Untuk Pengguna. 

Halaman untuk pengguna adalah halaman yang berisi informasi tentang : Kebijakan Privasi, TOS, Disclaimer, dan Contact. Halaman-halaman ini memuat informasi yang menguraikan tentang keterlibatan pengguna ketika mereka mengunjungi situs Anda. Beberapa poin penting tentang cara membuat halaman untuk pengguna ini dapat Anda baca pada halaman Cara Membuat Halaman Untuk Pengguna  

4. Mempromosikan Online Shop

Meskipun bisnis Anda ini namanya online shop, bukan berarti tidak memerlukan cara lain lagi agar bisa terus online dan berkembang. Istilah online bermakna terhubung ke internet dengan tetap seimbang dan dinamis. Seimbang artinya online shop Anda tetap stabil. Ini berarti, bisnis Anda tidak terpengaruh oleh jaringan pengguna yang tidak stabil atau jaringan dari operator lain yang mungkin bermasalah. Sedangkan sesuatu yang dinamis, dikaitkan dengan usaha online harus dikenal pengguna agar tetap dikenal hingga menjadi salah satu nama diantara daftar nama online shop berskala besar lainnya.

Salah satu cara agar online shop milik Anda dikenal pengguna internet adalah dengan beriklan. Dengan beriklan, Anda membuat atau mempromosikan online shop Anda agar lebih banyak dikenal pengguna. Sampai di informasi tentang iklan ini, Anda tidak lagi bekerja sendiri tetapi ada banyak pihak nanti yang akan membantu. Ini akan melibatkan banyak hal tentang jaringan iklan, pengelola iklan, dan orang-orang yang bekerja untuk menawarkan ruang bagi iklan online shop Anda untuk ditayangkan. 

Bagaimana Cara Beriklan?

Untuk beriklan, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan server iklan gratis Google Ad Manager. 

Menggunakan Google Ad Manager

Untuk yang pertama, syarat agar Anda dapat menggunakan layanan ini adalah Anda memiliki akun Google AdSense. Jika Anda belum memiliki atau baru akan mendaftar ke Google AdSense, pastikan situs online shop Anda sudah memenuhi untuk mendaftar.

Google Ad Manager adalah server iklan yang dapat Anda gunakan secara gratis. Layanan ini berguna untuk menayangkan iklan dari produk Anda, iklan dari pengiklan lainnya, termasuk online shop milik Anda sendiri. Dengan Google Ad Manager, Anda  bisa menjadi publisher iklan dari  iklan online shop milik Anda sendiri. Ini artinya, Anda bekerja dalam 2 jenis profesi pekerjaan namun tetap dalam satu lokasi untuk melakukannya. Tidak perlu jauh dari tempat Anda menulis dan memposting foto-foto produk online shop Anda sendiri. Namun cukup menggunakan komputer pribadi Anda, untuk terhubung dengan ribuan jaringan iklan display yang ada di internet.

Meskipun layanan Facebook Ads atau Google Ads menawarkan lalu lintas yang cukup tinggi, namun kedua layanan untuk memasang iklan ini berbayar. Ini berarti, Anda memerlukan biaya untuk memasang iklan di Facebook Ads atau Google Ads.  Berbeda dengan menggunakan server iklan Google Ad Manager. Dengan memanfaatkan layanan gratis dari Ad Manager, Anda dapat membuat lalu lintas untuk situs Anda sendiri dengan cara yang cukup mudah. Setidaknya, untuk permulaan.

Bagaimana cara membuat lalu lintas situs menggunakan Ad Manager?

Cara yang dapat Anda lakukan adalah membuat 'iklan untuk online shop' Anda sendiri dan memasang iklan Anda ini di situs Anda. Jika Anda menautkan link atau tautan dari halaman Beranda menuju halaman Kategori tertentu, Anda tentunya akan membuat menu navigasi, bukan? Cara inilah yang nanti dapat Anda buat untuk menayangkan 'iklan dari online shop' Anda ke bagian halaman yang lain. Intinya, ketika Anda menggunakan Ad Manager, istilah untuk pekerjaan penayang iklan dan pengiklan menjadi satu dalam diri Anda sendiri.

Ini mungkin sedikit membingungkan. Namun, jika nanti Anda sudah memiliki akun Google Ad Manager, Anda akan mengetahui dengan sendirinya informasi menarik apa saja yang ada di dalam Google Ad Manager. 

Baca juga: Menggunakan Google Ad Manager Untuk Menayangkan AdSense

Comments

  1. great article, but there are a few articles you should visit:
    malangTIMES

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ caca, thank you for visiting.
      Your website is very good as a source of information, especially in Malang City and its surroundings. I hope my site becomes your partner to provide useful information together.

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah yang baik,karena kebaikan dari apa yang kita sampaikan kepada pembaca,akan menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang ramah dan dihormati.

Advertisement

Unitro Pulsa terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya

10 Cara Penting Menggunakan Aplikasi Unitedtronik