Terbaru

Saya Ingin Menjadi Dropshipper Di Bukalapak, Bagaimana Cara Memulainya?


Untuk menjadi dropshipper di Bukalapak, yang pertama harus Anda lakukan adalah mencari supplier yang terpercaya yang menyediakan produk dropship untuk dijual online. Tentang dropshipper, produk dropship, supplier dan cara untuk memulai usaha jualan online sebagai dropshipper di Bukalapak, dibawah ini informasi selengkapnya.

Cara Kerja Bisnis Dropshipper

Cara kerja jualan online sebagai dropshipper di Bukalapak itu mudah. Anda memesan produk kepada supplier yang menyediakan produk dropship, Anda upload barang dari supplier ke toko online Anda di Bukalapak. Kemudian jika ada pembeli, Anda teruskan informasi pembeli kepada Supplier. Informasi pembeli memuat nama, alamat pengiriman, no HP dan beberapa data terkait pembeli Anda. Selanjutnya, semua proses packing barang sampai pengiriman, pihak supplier yang mengerjakan. 

Ada 3 informasi dasar untuk memahami apa itu dropshipper:

1. Supplier yang menyediakan sistem dropship

2. Upload barang dari supplier ke toko online Anda di Bukalapak

3. Dropshipper (ini Anda),  meneruskan informasi pembeli ke Supplier

Informasi yang menguraikan,

1. Supplier Yang Menyediakan Sistem Dropship

Supplier bekerja sebagai pihak yang menyediakan barang untuk dijual. Istilah yang mudah untuk memahami supplier adalah pihak atau pelaku usaha yang memiliki toko ritel produk tertentu yang menjadi penyedia produk tangan kedua. Artinya, mereka bukan produsen produk tetapi dapat memesan produk pada pabrik pembuat produk dan barang yang mungkin saat ini sedang banyak permintaan. Bergantung kategori produk yang tersedia pada pihak supplier, misalnya, supplier pakaian menyediakan produk pakaian anak-anak, remaja dan dewasa. Kategori barang elektronik mungkin banyak menyediakan televisi, hp,laptop, pc,kamera digital dan lainnya.

Jika Anda adalah agen pulsa, server pulsa Anda adalah distributor Anda. Sebagai agen pulsa, Anda mungkin telah mengetahui bahwa istilah distributor pulsa all operator yang seringkali termuat di banyak tempat yang menandai iklan, nama situs dan artikel adalah serupa dengan istilah yang mewakili supplier. Artinya, jika distributor pulsa lebih familiar untuk bisnis yang bentuk produknya adalah digital, seperti pulsa, paket data, dan lainnya. Sedangkan supplier menunjukkan produk fisik atau produk yang nyata yang dapat Anda lihat di sekitar Anda, seperti pakaian, handphone dan asesories, pc dan laptop, barang elektronik, alat-alat rumah tangga, komponen mesin mobil dan asesorisnya, dan lain sebagainya.

Supplier memiliki lokasi fisik yang memungkinkan Anda dapat mengunjungi kantor mereka. Jika Anda ingin mengetahui informasi salah satu supplier, Anda dapat menggunakan HP Anda untuk mengakses internet. Pihak supplier umumnya telah memasang nama usaha mereka sebagai iklan yang ditayangkan, di hasil penelusuran atau tampilan situs online. Semua itu dapat Anda aksese dengan mudah menggunakan perangkat Anda. Beberapa langkah mungkin Anda perlukan ketika Anda ingin menjadi klien mereka. Setelah bergabung, Anda mungkin mendapatkan informasi untuk tetap terhubung dengan CS supplier. Tujuannya agar Anda lebih mudah memesan barang yang Anda ingin jual di toko online Anda yang sudah Anda buat di Bukalapak.

2. Upload Barang Dari Supplier Ke Toko Online Anda Di Bukalapak

Sebelum mencari informasi tentang supplier yang mana yang menyediakan produk dropship, Anda memerlukan akun di Bukapalak. Tujuan memiliki akun di Bukalapak adalah agar Anda dapat membuka lapak untuk jualan online. Ada banyak informasi yang menjelaskan tentang cara membuat akun di Bukalapak. Secara umum, cara mendaftarkan diri untuk memilki akun di Bukalapak cukup mudah. Langkah-langkah yang Anda perlukan mungkin serupa dengan langkah Anda ketika membuat akun Google atau akun media sosial. 

Untuk bagian ini, saya berasumsi Anda sudah mendaftar di Bukalapak. Anda sudah memiliki dua akun, yaitu akun pembeli dan akun penjual. Dari akun penjual, Anda sudah memiliki toko online. Disinilah Anda sudah bisa memulai mengambil produk dropship dari supplier Anda lalu mengupload produk ke toko online Anda.

Informasi tentang bagaimana cara upload produk dropship dari supplier, artikelnya dilanjutkan bawah ini.

3. Anda Meneruskan Informasi Pembeli Ke Supplier

Ketika Anda sudah terdaftar sebagai dropshipper, Anda akan diberi nomor contact dan begitu juga pihak supplier akan menyimpan nomor handphone Anda. Nomor contact ini umumnya menggunakan jalur internet yaitu menggunakan aplikasi WhatsApp. Dari nomor WA supplier, Anda dapat terhubung langsung, chat online atau menanyakan tentang jadwal pengiriman barang, termasuk informasi nama pembeli, alamat pembeli untuk keperluan pengiriman, harga produk dan beberapa data yang diperlukan. 

Kemudian,

Jika ada pembeli yang memesan produk Anda, dalam arti produk dropship yang ada di toko online Anda laku terjual, pihak  Bukalapak akan mengirimi pemberitahuan  atau SMS ke nomor Anda, Bukan ke supplier.  Pemberitahuan atau SMS dari Bukalapak yang di kirim ke nomor Anda adalah informasi pembeli, yang memuat nama, alamat pengiriman dan data lainnya. Informasi pembeli inilah yang Anda teruskan ke nomor WA  supplier (CS supplier yang sudah terhubung di kontak WA Anda), sehingga nanti, dari informasi yang Anda kirim ke CS supplier, proses packing barang hingga pengiriman, semuanya dikerjakan oleh supplier. 

Anda mungkin juga mendapatkan informasi dari CS supplier bahwa proses packing barang hingga pengiriman sudah dilakukan.

Informasi Lainnya Yang Terkait Dropship Dan Dropshipper

Jika Anda sudah mengetahui informasi bisnis menjadi dropshipper, Anda mungkin ingin mencobanya hari ini. Beberapa hal berikut dapat mewakili pengertian yang terkait dengan usaha ini.

  • Dropshipper adalah pelaku usaha atau orang yang melakukan pekerjaan sebagai penjual produk dropship. Dropship adalah nama yang mewakili sistem kerja jualan online sebagai dropshipper. Dropshipper dan dropship adalah dua istilah untuk usaha online tanpa terlibat langsung dengan urusan pengiriman barang yang dijual.
  • Siapakah supplier itu? Supplier adalah toko ritel / toko besar yang menyediakan produk untuk dijual online menggunakan sistem dropship. Produk yang tersedia pada supplier ada beragam bergantung jenis produknya. Yang jelas, semua produk adalah barang-barang nyata yang dijual online. 
  • Bagaimana cara memesan barang ke supplier? Untuk memesan barang ke pihak supplier, melalui contact nomor WA atau email, Anda dapat menghubungi langsung Customer Service dari pihak supplier. Kemudian, Anda mungkin dialihkan ke situs utama supplier yang terdapat di e-commerce besar seperti Tokopedia, Shoppee atau Bukalapak. Di e-commerce inilah semua barang milik supplier tersedia untuk Anda pesan.
  • Apa saja produk dropship itu? Produk dropship ada beragam jenis, seperti baju, handphone, pc, laptop, batu baterei, amplop, mainan anak-anak, dan semua produk yang berbentuk fisik.
  • Bagaimana menentukan keuntungan dari usaha jualan sebagai dropshipper? Untuk menentukan keuntungan, Anda dapat menetapkan harga produk diatas harga yang ada pada situs atau toko resmi supplier. Misalnya, supplier Anda adalah penjual baju anak-anak. Ketika Anda membuka toko resmi supplier di Tokopedia, harga sebuah jaket anak usia 5 tahun di banderol 50ribu. Anda tertarik untuk menjual jaket anak ini ke toko online Anda di Bukalapak.
  • Langkah berikutnya ada di bawah ini, Upload produk dropship dari suppler ke toko Anda di Bukalapak 

Jika Anda tertarik untuk bisnis online jual barang tapi Anda tidak punya barang untuk dijual, jadi dropshipper adalah usaha yang cocok untuk pilihan ini. Meskipun banyak informasi yang menunjukkan bahwa menjadi Dropshipper itu tidak memerlukan modal, tetapi sebenarnya, Anda tetap melibatkan modal awal sebagai kekuatan Anda untuk memesan produk dropship yang disediakan supplier. Modal awal Anda diperlukan ketika ada pembeli yang membeli produk dropship di lapak Anda.

Upload Produk Dropship Dari Supplier Ke Toko Anda Di Bukalapak

Bagian ini adalah informasi kunci untuk memulai jualan online sebagai dropshipper.  Untuk mendukung langkah Anda agar mudah mengambil produk dari supllier, pastikan Anda sudah terhubung dengan CS supplier melalui email atau nomor kontak WA. Pada umumnya, supplier menyediakan aplikasi yang menghubungkan produk mereka dengan dropshipper. Tetapi biasanya, untuk awal mula ketika Anda akan mengupload produk, CS supplier memberi Anda tautan ke salah satu e-commerce besar untuk membuka toko resmi mereka. Tautan ini Anda terima di email atau pesan WA. Anggap saja menggunakan aplikasi WA agar lebih mudah.

Untuk memulai upload produk supplier di e-commerce, berikut langkahnya:

1. Buka aplikasi WA Anda, lalu klik tautan yang sudah Anda terima di kotak chat. Tautan ini misalnya menuju e-commerce Shopee. Contoh screenshot di bawah ini.


2. Anda akan membuka toko online Shopee dan membuka toko resmi supplier Anda. Toko resmi supplier Anda akan menampilkan semua produk yang dijual online di Shopee. Di halaman toko online suppier Anda ini, ada barang-barang yang dapat Anda pilih lalu Anda ambil materi produk yang sesuai kehendak Anda. Misalnya, supplier Anda berjualan pakaian. Materi produk adalah properti yang memuat nama barang, jumlah stok barang, harga barang, deskripsi, kategori dan lain sebagainya. Anda ambil pakaian dari kategori "pakaian anak-anak", Anda dapati ada nama baju, harga, usia anak yang cocok dan beberapa kalimat sebagai deskripsi produk tersebut. Semua materi ini, dapat Anda salin sama persis dan Anda masukkan pada kolom-kolom yang tersedia di halaman "Jual Barang" pada lapak Anda di Bukalapak. ( lihat langkah 7 di bawah )

Selanjutnya,

3. Minimizekan tab WA Anda di layar HP.

4. Sekarang, Anda buka apikasi Bukalapak agar Anda dapat login.

5. Klik menu " Akun" di kanan bawah lalu pilih tab "Pelapak". Jika Anda belum memiliki lapak, buatlah dulu lapak atau toko online Anda di Bukalapak. 

"Saya asumsikan Anda sudah siap jualan online di Bukalapak. Ini memerlukan beberapa langkah untuk membuat lapak Anda aktif. Jika Anda masih merasa bingung bagaimana membuat toko online di Bukalapk, saran terbaik, ada banyak panduannya di internet yang bisa Anda telusuri"

6. Di bagian "Barang Jualan Saya", pilih menu Tambah Barang.

7. Halaman baru akan menampilkan kolom-kolom isian yang Anda perlukan untuk mengupload produk dropship dari toko online supplier Anda yang baru saja Anda buka melalui aplikasi WA. Sampai di halaman "Jual Barang" ini, Anda akan bergantian membuka tab yang menampilkan produk-produk dari supplier dan aplikasi Bukalapak. Artinya, ikon navigasi "beralih menu" yang umumnya ada di bawah layar HP Anda akan berguna untuk melakukan buka tutup tab.

8. Untuk keperluan di langkah ini, aktifkan tab layar HP Anda yang menampilkan produk supplier di Shopee. Kemudian, salin judul produk yang Anda inginkan. 

9. Minimize tab halaman Shopee, aktifkan tab halaman "Jual Barang" ( lihat langkah no.7 di atas )

10. Masukkan nama barang di kolom "Nama Barang" di halaman "Jual Barang" di lapak Anda di Bukalapak.

11. Ulangi langkah berikutnya untuk memasukkan materi produk yang lain dan masukkan data dari salinan yang Anda buat untuk setiap bagian materi produk. Pada halaman "Jual Barang" di lapak Anda di Bukalapak, memuat kolom-kolom isian yaitu: dari Nama Barang, Kategori, Harga, Stok dan Pembelian, Berat dan Kondisi Barang, Deskripsi Barang dan  terakhir bawah sendiri, Gambar Barang.

12. Di bagian "Gambar Barang", menu Upload Gambar Barang memuat informasi: Maksimum 5 gambar yang dapat And upoad, ukuran minimal 300x300px berformat JPG, PNG atau GIF. Ini adalah langkah akhir Anda untuk melengkapi detail produk dropship yang ingin Anda jual.

Berikutnya, cara upload produk dropship ke lapak Anda.

Cara Upload Produk Dropship 

13. Minimize tab halaman Bukalapak lalu aktifkan tab halaman Shopee.

14. Pada gambar atau foto produk yang Anda pesan, sentuh dan tahan untuk mendownload gambar. Anda mungkin memerlukan 2 atau 3 foto lagi, geser layar untuk menampilkan gambar produk serupa dalam tampilan yang lain. 

Catatan: Pastikan Anda sudah mengatur setelan untuk menyimpan file hasil download. 

14. Aktifkan tab halaman Bukalapak lalu klik ikon "kamera" di samping kiri "Upload Gambar Barang".

15. Handphone akan otomatis membuka folder Galeri. Cari dan temukan gambar file produk yang sudah Anda download tadi. Berikutnya, sentuh "edit"untuk memilih file lalu "lanjutkan". Ini adalah langkah Anda untuk setiap kali mendownload dan mengupload produk dropship ke toko online Anda.

16. Langkah akhir, layar handphone otomatis membuka kembali tab halaman lapak Anda, di kanan atas layar klik "Simpan", lalu sentuh tombol "Jual Barang" di bawah layar handphone Anda.

Anda sudah selesei mengupload barang dari supplier Anda.

Sampai  di halaman yang menampilkan produk-produk dari supplier, halaman "Jual Barang" di lapak Anda sampai mengupload barang yang Anda pesan,  Anda mungkin sudah mulai memahami bagaimana cara kerja dropshipper mengambil detail produk untuk keperluan jualan online di toko Anda.Jika sudah siap, Anda dapat memulai jualan online d Bukalapak sebagai dropshipper hari ini.

Comments

Advertisement

Unitro Pulsa terbaru


Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil