Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Solusi SMS Gagal

Seiring berjalannya waktu, artikel ini akan selalu diperbaharui untuk memberikan informasi yang membantu ketika Anda mengalami masalah pada aplikasi pesan Anda.
Ponsel Android merk Oppo

Temukan solusi saat Anda mengalami masalah gagal mengirim pesan SMS. Aplikasi perpesanan online yang menggunakan data internet berkembang bersama layanan digital di media online dan media sosial. Media online menyebutkan banyak nama situs, aplikasi dan media sosial. 

Dari semua layanan pesan instan yang menggunakan data, pesan klasik yang dulu pertama kita gunakan untuk komunikasi lewat teks masih tetap menjadi cara paling mudah digunakan dan memiliki tingkat jaringan global. Hal ini karena setiap produsen handphone tetap menggunakan aplikasi pesan klasik ini tanpa meninggalkan bentuk 'dasar' dari tehnologi komunikasi yang berbasis teks. 

Bermula ketika saya 5x kirim SMS tetapi selalu di akhiri status gagal terkirim. Status SMS yang gagal terkirim ditandai oleh tanda seru merah pada bagian kotak keluar. Permasalahan SMS gagal seringkali menjadi masalah yang sedikit merepotkan. Saya bertanya kepada teman yang menggunakan nomor yang sama, ternyata tidak ada masalah. Saya memeriksa masa aktif kartu melalui dial *123# dan melalui myIM3 juga masih aktif untuk 6 bulan kedepan.

Lalu saya mencoba untuk melakukan panggilan ke nomor lain, hasilnya ternyata normal saja. Sekali lagi saya mencoba untuk kirim SMS dari nomor lain ke nomor saya ini, ternyata saya bisa menerima SMS dari nomor lain. Tapi mengapa jika saya buat kirim SMS selalu gagal?

Apa Penyebab SMS Gagal Terkirim?

Ternyata setelah saya mencari dan menemukan penyebab SMS selalu gagal terkirim adalah nomor pusat pesan yang terhapus. Saya mungkin tanpa sengaja menghapus saat mereset ponsel setelah update versi OS, atau ada hal lain terkait aplikasi yang mungkin mengalami kesalahan. Sehingga sistem aplikasi perpesanan yang semula normal menjadi terganggu karena adanya ketidak sesuaian dengan informasi yang seharusnya.

Nomor pusat pesan berbeda tiap-tiap provider. Pelanggan kartu IM3/Mentari berada pada provider Indosat Ooredoo yang saat ini sudah support di jaringan 4G. Sinyal yang dikenal sebagai jaringan generasi ke-4 ini sudah banyak membantu pengguna internet dalam memenuhi akses internet dengan cepat. Tidak hanya menggunakan perangkat pc saja tapi menggunakan perangkat dalam genggaman tangan sudah sanggup menjelajahi luasnya dunia kedua yang bertempat di udara.

Sinyal jaringan 4G yang sudah kita rasakan manfaatnya, telah memberi banyak perubahan di cara kita mengakses internet. Kecepatan data di jaringan ini mampu membawa pengguna internet untuk melihat beragam informasi secara langsung, melalui saluran video streaming maupun saluran aplikasi YouTube.

Sebagai pengalaman pribadi terkait SMS yang gagal terkirim, saya harap artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Awalnya nomor pusat pesan yang saya masukkan pertama adalah +62816124. Padahal, nomor pusat pesan ini sebenarnya juga untuk nomor Indosat namun nomor tertentu.

Setelah menyimpan nomor pusat ini, saya coba untuk kirim pesan, namun ada sedikit masalah. Apakah masalah itu? Saat mencoba untuk kirim SMS pertama, status SMS memang  sukses terkirimNamun ketika coba kirim lagi SMS yang kedua, ternyata gagal lagi. Tidak menunggu lama untuk segera mencari solusi dari permasalahan SMS yang gagal terkirim, inisiatif muncul untuk segera membuka search engine Google. Berharap barangkali ada nomor pusat pesan Indosat yang lain.

Jika Anda adalah pengguna nomor Indosat, pastikan Anda mengetahui nomor pusat pesan di ponsel Anda. Umumnya orang tidak mengetahui bahwa fungsi dari nomor pusat pesan itu penting adanya. Seperti saya yang pada waktu akan kirim SMS dan ternyata gagal, penyebab utama adalah saya tidak mengetahui bahwa ada dua nomor pusat pesan untuk nomor Indosat. Nomor Indosat yang saya gunakan sekarang adalah IM3 dan Mentari.Dua nomor dalam satu HP saya ini aktif.

Nomor Pusat Pesan Untuk IM3

Saya berhasil menemukan jawaban tentang nomor pusat pesan yang lain dari provider Indosat Ooredoo. Ternyata nomor pusat pesan yang pertama saya masukkan tadi adalah untuk nomor Mentari. Kalau untuk pengguna nomor IM3, nomor pusat pesannya adalah +6285000000 (angka nol 6x). Tanpa menunggu waktu lama, langsung saja saya masukkan nomor pusat pesan tersebut dan menguji untuk mengirim sms lagi. Hasilnya ternyata benar, setelah 4x kirim SMS, informasi status sudah sukses terkirim. Ini artinya kirim SMS ke nomor tujuan yang saya butuhkan sudah kembali normal. 

Oleh karena itu, untuk Anda yang suatu saat nanti mengalami hal yang sama, yaitu SMS selalu gagal terkirim ke nomor tujuan, Anda dapat mengikuti cara-cara mudah berikut. Tipe ponsel Anda mungkin saja bisa berbeda dengan teman Anda, namun pada umumnya, format untuk menuju setelan yang menginformasikan tentang nomor pusat pesan adalah sama.

Berikut penjelasannya:

Ada Dua Cara Agar SMS Di HP Kembali Lagi Normal

1. Cara yang pertama adalah dengan membuka menu pengaturan pada aplikasi sms di hp. Untuk tipe ponsel mungkin ada perbedaan tentang menu pesan. Namun setiap ponsel pasti memiliki menu yang terkait Pengaturan Pesan. Carilah bagian menu terkait nomor pusat pesan pada ponsel. Jika sudah ketemu,tinggal masukkan saja nomor sesuai kartu yang Anda gunakan. Lalu simpan/ok.

Pengaturan >> Pesan >> Lanjutan >> Nomor Pusat Informasi >>Pilih nomor SIM yang bermasalah >>Masukkan nomor Pusat Pesan sesuai Provider.

Tetapi jika Anda tidak bisa menyimpan nomor yang telah Anda masukkan tadi, maka menuju cara yang kedua. Disini ponsel Anda mungkin saja tidak bisa menyimpan nomor pusat pesan yang telah Anda ketikkan pada kotak isinya. Mengapa tidak bisa? Bisa saja kemungkinan sistem pada ponsel sedang cras atau terkena dampak "kecapekan". Jadi solusinya ada di cara yang kedua di bawah ini.

2. Cara yang kedua adalah ketik format *#*#4636#*#* pada ponsel. Maka akan tampil beberapa menu terkait  Android kita. Diantaranya adalah,
  • Informasi telepon
  • Informasi baterai
  • Statistik penggunaan
  • Informasi WLAN
Pilih bagian yang atas sendiri yaitu "Informasi telepon". Screenshot lihat di bawah. Untuk tiga pilihan menu di bawahnya bisa Anda membuka dan mengetahui informasi yang akan sesuai dengan kriteria masing-masing.


Gambar tampilan cek nomor pusat pesan

Di halaman "Informasi telepon", ini akan menampilkan banyak data baru yang semuanya berkaitan dengan data telepon Anda. Cara kedua ini adalah langkah Anda untuk membuka informasi tentang SMSC. Berikut langkahnya: 

1. Ini adalah infomasi tentang nomor pusat pesan. SMSC singkatan dari Short Message Service Center. Secara sederhana SMSC adalah sistem pusat layanan pesan singkat yang mempunyai database nomor-nomor tertentu yang menjadi titik akses tujuan untuk pesan singkat. Nomor yang ada merupakan nomor khusus.

2. Kemudian di informasi tentang "Informasi telepon" tadi, di situ bisa Anda melihat terdapat kode-kode tentang apa yang sedang beraktifitas didalam sistem Android. Lanjutkan untuk menggulir layar ke bawah sendiri dan tujukan sasaran pada kotak isi di bagian SMSC.

3. Isilah kolom ketik yang tersedia dengan nomor pusat pesan sesuai nomor dari provider yang Anda gunakan. Nomor-nomor pusat pesan bisa dilihat di bawah post ini. Sedangkan screenshot tampilan halaman SMSC terlihat seperti di bawah.

Halaman isian nomor pusat pesan

Ada dua kotak pilihan di sebelah kanannya.Yaitu Perbarui dan SegarkanPilih Perbarui setelah memasukkan nomor pusat pesannya. Lalu pilih lagi Segarkan. Langkah akhir nyalakan ulang (reboot) Android Anda.

Bagaimana Bila Nomor Bisa Mengirim SMS Namun Tidak Bisa Menerima SMS?

Jika nomor/kartu SIM Anda bisa mengirim SMS tetapi tidak bisa menerima SMS, ada tiga hal yang mungkin menjadi penyebabnya, yaitu: 

1. Nomor yang Anda berikan tidak benar. Anda mungkin memberikan nomor SIM kepada teman Anda namun ada kesalahan dari kurang atau lebihnya angka yang menjadi nomor tersebut.
2. Nomor Anda yang tersimpan pada kontak pengirim tidak lengkap.
3. Nomor Anda sudah tidak aktif.

Jadi apabila Anda memberikan nomor, pastikan:

1. Nomor yang Anda berikan benar.
2. Nomor Anda lengkap. Umumnya digit angka untuk nomor SIM berjumlah 11 sampai 13 angka.
3. Nomor Anda aktif atau setidaknya dalam masa tenggang.
Penting untuk diketahui: Segera isi ulang pulsa utama apabila nomor mendekati Masa Tenggang.

Status Nomor Dalam Masa Tenggang

Nomor SIM dalam masa tenggang statusnya 50% penggunaan. Artinya hanya bisa menerima panggilan dan SMS. Bila Anda lupa tidak mengisi ulang pulsa utama sampai batas masa aktif yang telah tercantum pada nomor Anda, maka siap-siap saja kalau nomor hanya bisa menerima panggilan dan SMS dari nomor lain.

Nomor dalam masa tenggang inilah yang seringkali diabaikan pengguna. Mungkin karena lupa sehingga Anda tidak segera isi ulang pulsa, atau ada hal lainnya yang memang membuat Anda sibuk dengan paket internet yang segera habis masa aktifnya.

Berapa Lama Waktu Masa Tenggang?

Waktu masa tenggang adalah 3 bulan ke depan, dihitung dari tanggal aktif terakhir nomor yang bersangkutan. Bila masa tenggang telah terlewati, maka otomatis nomor sudah tidak aktif, dan tidak bisa digunakan lagi. Dalam hal ini Anda harus mengganti dengan nomor yang baru.
 
Jika nomor Anda akan memasuki masa tenggang,akan ada notifikasi SMS dari provider yang menerangkan bahwa status nomor ini akan memasuki masa tenggang. Jika memang saat ini Anda menerima SMS seperti ini maka segera lakukan pengisian pulsa. Anda tidak tahu bahwa menunda sesuatu yang sebenarnya kecil akan berakibat yang merugikan di lain waktu.

Apakah Nomor Yang Sudah Tidak Aktif  Bisa Diaktifkan Lagi?

Menurut informasi dari berbagai sumber, bisa iya, bisa tidak. Namun informasi yang disebutkan lebih banyak ke opsi pertama. Anda bisa mengaktifkan kembali nomor SIM yang sudah hangus ini, namun Anda harus datang ke Gerai/Galeri sesuai provider seluler nomor Anda.

Sampaikan maksud Anda ke Customer Service bahwa nomor Anda sudah tidak aktif dan Anda ingin mengaktifkannya kembali tanpa merubah nomor lama Anda. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan menunggu lama baru Anda berniat ke Galeri untuk mengaktifkan nomor lama Anda. Saran terbaik untuk waktu Anda memberitahu dan datang ke Galeri nomor Anda adalah minimal 24 jam terhitung sejak waktu/hari dimana nomor Anda sudah berstatus tidak aktif.

Jika sudah lebih dari satu bulan kemudian Anda datang ke Galeri untuk mengaktifkan nomor lama Anda, nomor tersebut mungkin sudah aktif namun di jual kembali sebagai nomor perdana

Dibawah ini nomor-nomor pusat pesan all operator yang ada di Indonesia, untuk Anda sesuaikan dengan provider dari nomor Anda.

  • Indosat (Mentari & Matrix) : +62816124
  • Indosat IM3 : +62855000000
  • Telkomsel (Simpati,As,Halo) : +6281100000
  • XL : +628184450095/+62818445009
  • TRI : +6289644000001
  • AXIS : +628315000032
  • Smartfren : +628811223344
Baca Juga : 

Berikutnya : Cara Mengatasi Masalah SMS Konten Yang Memotong Pulsa

Comments

  1. Halloo gan .. Kartu saya ada masalah .Orang2 tidak bisa mengirim pesan ke saya .. Saat mengirim pesan ke saya selalu saja gagal mengirim. Ini apa masalahnya ya ?

    ReplyDelete
  2. Kartu saya tidak dapat isi pulsa, mengirim pesan tidak bisa, me unreg juga tidak bisa.

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu gan,,
    No saya sudah bisa kirim sms lagi thanks

    ReplyDelete
  4. Gan mnt petunjuk.. saat masukan kode (tekomsel) waktu di klik perbarui, yg muncul tulisan error.. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Agan masukkan awal nomor pusat pesan dengan kode negara +62,nomor pusat pesan Telkomsel ada tertulis di artikel.Semoga membantu..

      Delete
  5. Gan,saya memakai kartu telkomsel, knp dihp saya setiap beberapa detik selalu ada tampil mengirim pesan, padahal saya tidak ada mengirim pesan SMS,no pusat pesan udh cck, mhn bantuan ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut ane nie kemungkinan ada 2 hal penyebabnya.Yang pertama,bisa jadi ada kesalahan sistem perpesanan pada ponsel Agan dan yang kedua mungkin ada di Pengaturan Perpesanan.Untuk jawaban keduanya,coba Agan matikan ponsel beberapa menit lalu nyalakan lagi.Ponsel dalam keadaan off akan mengembalikan sistem ponsel yang sedang error.Semoga membantu..:-)

      Delete
  6. Maaf om.. Ane mau tanya kenapa ko kartu indosat ane gak bisa sms gk bisa telepon... Padahal pulsa ada masa aktif pulsa juga masih lama.. Tapi pas di coba terus malah ada bacaan kartu anda dalam masa tenggang.. Tolong solusi nya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu Agan mungkin dalam status masa tenggang,bukan masa aktif pulsa,coba cek lagi.Ini artinya Agan hanya bisa menerima SMS dan telfon saja,tidak bisa kirim SMS atau telfon.Semua nomor jenis kartu SIM prabayar,seperti milik Agan memang begitu.Jadi ya wajar apabila Agan kirim SMS dan telfon tidak bisa, meskipun pulsa masih ada.Berbeda bila jenis kartu SIM adalah pascabayar,sebab kartu pascabayar tidak ada masa tenggang,aktif terus sepanjang masa.Tapi juga harus ingat dengan tagihan bulanan.

      Saran terbaik,coba isi ulang nomor Indosat Agan agar masa tenggang berubah menjadi masa aktif.Dengan status kartu Agan yang aktif,maka kirim SMS dan telfon ke nomor lain,juga terima SMS dan telfon,akan kembali normal.Semoga membantu.

      Delete
  7. Gan, dah gw masukin +62855000000 di cara kedua kok update eror. Dan di pengaturan tdk ada pengaturan pesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada notifikasi update error pada kotak SMSC,artinya nomor pusat pesan sudah tersimpan pada ponsel Agan,pilih saja tombol Segarkan,lalu Agan tutup halaman.Lalu coba Agan cek lagi,di Pengaturan>>Pesan>>Lanjutan(ponsel lain mungkin 'Lainnya')>>pilih SIM IM3.Nomor pusat pesan pasti sudah terlihat disitu.Semoga membantu.

      Delete
    2. Nomor pusat pesannya diapain?

      Delete
    3. Pastikan nomor pusat sudah tampil ketika Agan buka Pengaturan Pesan.Kalau nomor pusat pesan sudah tersimpan,Agan biarkan saja.Sebab sistem perpesanan pada ponsel Agan otomatis menyimpannya sebagai SMSC.

      Delete
  8. Untuk keti diponsel dgn cara ke dua gimana caranya karna hp android jd ga muncul keyboardnya kan...atau di menu telpon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ketik format seperti cara ke-2,Agan pilih saja ikon Telepon.Sama bila Agan mau telpon teman,yang ada tampil angka-angka itu.Semua tipe ponsel pasti ada..:-)

      Delete
  9. Replies
    1. Terima kasih banyak atas masukannnya Gan,itu diatas sudah saya tambahkan nomor pusat untuk Smartfren.Terima kasih sudah berkunjung:-)

      Delete
  10. Min, saya bsa ngirim pesan ke nomer lain, tetapi selalu gagal mengirim pesan ke layanan operator. Kartu sya kartu 3. Minta solusinya dong 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nomor Agan kirim pesan ke nomor lain bisa itu artinya nomor 3 Agan sehat,tidak ada masalah.Kalau bermasalah pada nomor pusat pesan kartu 3,Agan bisa coba cara 2 seperti yang tertulis di atas.Semoga membantu.:-)

      Delete
    2. Ini yg saya alami sekarang, gabisa kirim pesan ke oparator, saya coba langkah 2 tp ga muncul tampilan seperti diatas malah memanggil tp panggilan gagal, mohon petunjuknya trims

      Delete
  11. maaf boskuh..
    mo nnya jg ni..
    nmer pusat center sdh bnar..
    tapi ttp ga bs mengirim..
    sampe aku reset factory..jg blum bisa..
    apanya ya,?
    mohon batuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Agan sudah cek pulsa dan masa aktif SIM dan tidak ada masalah,seharusnya kirim SMS lancar saja.Bila bermasalah terkait nomor pusat pesan,Agan ambil langkah 2 seperti yang tertulis pada postingan.Agan tidak perlu reset factory ponsel.Semoga membantu..:-)

      Delete
    2. halah boskuh...jngn ksh jwbn mndasar dunk..
      pulsa bnyk..nmer cnter bnar..sinyal ok..
      dah sampe direset krna semua sdh dilakukan..
      jngn ksh jwbn diflash bos..

      😇😇😇

      Delete
    3. Ane ingin agar pengalaman Ane pada waktu kirim SMS gagal hingga menemukan solusinya,bisa bermanfaat buat para pengguna yang lain.Jika Ane kurang bisa memberi jalan keluar terbaik,Ane berharap Agan bisa mengunjungi situs yang lebih baik dari blog saya yang kecil ini.Sukses buat Agan ya :-)

      Delete
  12. Mau tanya nih min, Saya ambil langkah dua terus dapat nomor pusatnya ( kartu saya tri) terus diapakan min ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan masukkan saja nomor pusat pesan pada bagian sebelah kanan SMSC,kalau sudah Agan pilih tombol Perbarui disebelah kanannya.Semoga membantu.

      Delete
  13. Min saya mau nanya
    Kenapa nomor 3 saya tetep gk bisa ngirim sms
    Masa aktif sampai 2024
    Pulsa masih ada nelpon Internet lancar
    Tpi ngirim sms selalu gagal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kendala nomor 3 Agan tidak bisa kirim SMS,berarti nomor pusat pesan dari nomor 3 Agan belum tersimpan pada ponsel.Coba Agan ikuti langkah 2 seperti yang tertulis di postingan.Semoga membantu..

      Delete
    2. Maf kenapa no saya tdk bs kirim sms ke malaysia

      Delete
    3. Untuk kirim SMS ke luar negeri,nomor tujuan harus diawali dengan kode negara yang dituju.Kode negara Indonesia +62,untuk kode negara Malaysia +60.Jadi Agan harus menyertakan angka +60 sebagai pengganti angka 0 sebelum nomor tujuan.Misal nomor hp tujuan 0856xxx,maka Agan harus ketik +60856xxx.Semoga membantu.

      Delete
  14. Kak, nomerku Indosat. kok aku ga bisa sms ke nomer² kayak ke 363 (misal mau konfirmasi beli paket kuota yellow) itu gak bisa kenapa ya? Dan lagi gak cuma ke nomer itu, nomer saya ini juga suka kena pembobolan pulsa tiap terima sms dari nomer 97888 (gak cuma itu, nomer yg masuk macem² dan walau udah di blok/dimasukin kotak spam tetep bakal masuk lagi sms iklan dgn nomor yg beda lagi) nah yang jadi masalah saya gak bisa sms ke nomer² tersebut krn selalu gagal. Padahal sms ke nomer biasa itu bisa tapi pas sms ke operator atau ke nomer² yg kayak saya cantumin di atas kok enggak bisa. Siapa tau kakak tau gimana caranya.. tolong ya🙏🏻 Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pelanggan Indosat,kalau ingin beli paket data lebih baik gunakan aplikasi MyIm3 atau lewat *123#.Untuk pulsa yang seringkali terpotong dari nomor-nomor layanan seperti 97888 itu,segera saja di unreg.Untuk nomor Indosat seperti milik Agan,cara unregnya Agan bisa ketik *726# lalu pilih yang no.2.Semoga membantu.

      Delete
  15. Hallo gan punya saya tidak bisa sms ke satu nomor sedangkan ke nomor yang lain bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau SMS k nomor lain bisa,nomor Agan normal aja.Sedangkan untuk satu nomor aja yang tidak bisa,Agan pastikan barangkali nomor satu ini sudah tidak aktif lagi(sudah hangus),atau memang nomor kurang lengkap.Semoga membantu:-)

      Delete
    2. Maaf mau tanya.. masalah saya sama kaya yg diatas.. tapi disini no yg saya kirim pesan tidak bisa itu masih bisa kirim pesan ke saya.. itu knpa yaa minta solusi dong🙏

      Delete
    3. Coba Agan periksa nomor tujuan jika Agan akan kirim SMS, barangkali ada kesalahan nomor, kurang satu angka, atau kelebihan. Bisa saja, pada waktu Agan kirim SMS, ternyata nomor tujuan kurang satu angka. Sedangkan nomor teman Agan yang kirim pesan ke Agan, memang tidak keliru ketikkan nomor Agan.

      Delete
  16. Punyaku tidak bisa sms ke satu nomor sedangkan ke nomor lain bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk #Nenk lega,jawaban saya kira-kira sama dengan yang diatas ya..terima kasih sudah berkunjung:-)

      Delete
  17. Punyaku tidak bisa sms ke satu nomor sedangkan ke nomor lain bisa

    ReplyDelete
  18. Punyaku tidak bisa sms ke satu nomor sedangkan ke nomor lain bisa

    ReplyDelete
  19. Gen saya mau tanyak boleh kan nih gimana sih supaya kirim SMS itu egx gagal terus sih soalnya punya saya sudah saya masukkan ya nmr pusatnya TPI tetap gagal terus gen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nomor pusat sudah tersimpan,seharusnya Agan sudah bisa kirim SMS.Coba Agan cek pulsa dan masa aktif kartu barangkali dalam masa tenggang.Kartu masa tenggang tidak bisa untuk kirim SMS,hanya menerima panggilan dan SMS saja.Semoga membantu:-)

      Delete
  20. maaf ka mau nanya aku SMS gagal terus kesemua Noe , layanan juga, tapi Noe pusat juga sudah benar , caranya gimana ya?

    ReplyDelete
  21. maf KA mau nanya aku SMS gagal terus tapi Noe pusat sudah benar , gimana ya caranya kartu 3 ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan coba cek masa aktif kartu,barangkali sudah waktunya isi ulang.Kalau no pusat sudah ok seharusnya SMS tidak masalah.:-)

      Delete
  22. Kak, saya sudah coba masukkan nomor pusat pesan di cara yang kedua, tapi ponsel saya masih saja tidak bisa kirim pesan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pastikan no pusat sudah tersimpan di ponsel.Pastikan juga masa aktif kartu.Kalau no pusat sudah benar tersimpan,SMS sudah bisa normal.Semoga membantu:-)

      Delete
  23. Ane mw nanya om, kenapa saya tidak bisa bayar sms dari teman, dari 88771selalu gagal,saya udah balas YES dan ON juga tidak bisa, padahal pulsa saya masih banyak,
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksud Agan dari nomor 88331,itu layanan Collect SMS dari Telkomsel.
      Fungsinya bagi pengguna yang lagi kehabisan pulsa atau yang nomornya dalam masa tenggang.
      Layanan ini berbeda dengan cara kirim SMS standard.Saran terbaik,Agan coba browsing tentang SMS Collect,nanti akan jelas mengenai maksud Agan.Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  24. Saya tidak bisa melakukan telpon dan sms mengapa sebelumnya?saya tidak mengerti tentang masalh ini??coba diberikan solusi,,tolong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan cek masa aktif kartu ya...kalau dalam masa tenggang,Agan hanya bisa terima telfon dan SMS,tidak bisa buat kirim SMS maupun melakukan panggilan.Tapi jika kartu Agan masa aktif masih panjang dan tidak bisa kirim SMS,coba Agan ikuti langkah 2 artikel diatas.Semoga membantu..

      Delete
  25. Sy pakai kartu xl tapi gk bisa sms tapi untuk tlfn dan menerima sms dan tlfn masih bisa. Pulsa dan masa aktif masih kok. Sebelumnya lancar2 aja tp semenjak kartu sy sering dipinjem tmn untuk dipakai dimodem sdh tidak bisa lg sy pakai sms�� kira2 knp ya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalah utama SMS tidak terkirim ke nomor tujuan adalah nomor pusat pesan yang tidak tersimpan pada ponsel.Untuk Agan pengguna XL nomor pusat pesannya adalah
      +62818445009 atau +628184450095.CobaAgan pilih nomor pusat yang pertama,dan ikuti langkah 1 seperti yang tertulis di post.Kalau masih belum bisa Agan bisa coba langkah ke-2,pakai format *#*#4636#*#*.Jika nomor pusat pertama belum bisa,Agan coba nomor yang satunya.Langkahnya sama seperti diatas.Semoga membantu.

      Delete
  26. *#*#4636#*#* ketik format ini di bagian mananya gan ? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pilih ikon 'telepon' lalu ketik saja langsung,sama ketika kalau ingin ketik nomor hp atau ketik *123#.

      Delete
  27. Work gan makasih saya udh coba sendiri ya karna memang hp realme c2 saya selalu update terus wkwk thanks gan ini bermanfaat

    ReplyDelete
  28. Kak...knp kartu Telkomsel saya gak bsa kirim pesan..tapi telpon n menerima pesan bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Agan cek nomor pusat pesan kartu Telkomsel milik Agan.Saran terbaik,lakukan langkah 2 seperti yang tertulis artikel ya,semoga membantu.

      Delete
  29. Kak nomor axisku ttp gk bisa.. Pdhal udh coba semua cara kyk di atas.. Tpi ttp aja gk bisa.. Itu knp yah kak? Dan masa aktif nomerku masih lama

    ReplyDelete
  30. terima kasih atas informasi nomor provider nya.
    sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  31. gan yang cara kedua saya tidak bisa dan cara ke satu puka tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pastikan langkahnya sesuai supaya sistem bekerja untuk menyimpan nomor pusat pesannya.

      Delete
  32. Hp saya ngak bisa kirim SMS ke semua operator bang bagaimana solusinya bantu dong😔😔🙏(kartu Telkomsel)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan Agan sudah memeriksa masa aktif kartu SIM dan masih ada pulsa utama.Untuk menyimpan nomor pusat pesan,Agan ikuti 2 langkah seperti yang tertulis di artikel.Untuk nomor Telkomsel,nomor pusat pesannya adalah +6281100000.Semoga membantu.

      Delete
  33. persis yang saya alami ni gan. XL ku gak bisa SMS,
    coba di pengaturan sms "atur nomor pusat sms tidak dapat terhubung ke jaringan".
    coba via *#*#4636#*#* "refres/update SMSC error"

    padahal TSEL nya aman2 saja baik di slot 1/2
    XL saya pindah slot 2 juga gak bisa
    koneksi saya Setting ke LTE/3G juga gak bisa.
    anehnya saya coba pakai HP NOKIA Jadul dan ternyata Bisa SMS.

    kalo Kartu yang bermasalah. pakai HP jadul bisa SMS.
    kalo HP yang bermasalah pakai kartu lain bisa SMS.

    dan anehnya lagi HP juga gak bisa saya kembalikan settingan pabrik.
    selalu tidak bisa menemukan perangkat.

    dan pemikiran cara terakhir adalah flash ulang..
    apakah menurut agan flash ulang bisa menjamin bisa SMS??
    atau ada alternative lain gan?
    mohon bantuanya gan..
    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan tidak perlu flash ulang HPnya,tapi saran saya coba di restart.Cara restart HP beda dengan laptop.Untuk cara restart HP,coba Agan cari tutorialnya di internet,ada banyak kok blog yang menulis artikel tentang cara restart HP.Agan bisa melakukan sendiri.Tapi umumnya,cara restart HP itu dengan menekan secara bersamaan tombol volume - dan tombol power.Nanti akan tampil menu pilihan untuk restart.Semoga membantu.

      Delete
  34. Trimakasih, info bermanfaat, work sudah bisa kirim sms, trnyata tinggal isi no pusat lgsg bisa

    ReplyDelete
  35. Gan, mau tanya. Sy sdh lakukan cara ke2 seperti diatas tp tdk muncul apa-apa. Kendalanya, sy tdk bisa sms ke operator, sedangkan ke no. HP pribadi bisa. Provider sy Telkomsel. Sdh ke Grapari, tp tdk ada kendal apa-apa pd no. sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa merk HP tidak mendukung format seperti langkah 2,sedangkan mengenai Hp dan nomor Agan baik-baik saja,sebab kirim SMS ke nomor lain bisa.Namun,untuk SMS ke operator,apakah memang perlu?Umumnya operator menerima kode dial,bukan SMS.Kode dial seperti *888#,atau kode dial *123#.Dan juga Agan sudah menanyakan ke Grapari dan nomor tidak ada masalah,bukan?.

      Delete
  36. Ka ko aku ttp gabisa. Malah update error. Pdahal udah masukin nomernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan coba langkah sekali lagi,lalu cek nomor pusat pesan apakah sudah tersimpan atau belum?

      Delete
  37. makasih buat admin yang buat ini sekarang sya bisa mengirim sms lagi,,mkasih bnyak ya buat admin....

    ReplyDelete
  38. makasih ya buat admin yang udah buat ini sekarang saya udah bisa kirim sms lagi..mkasih bnyak ya buat adamin n sukses terus....

    ReplyDelete
  39. Makasih gan,sebelum nya setiap sms selalu gagal.setelah saya coba cara pertama alkhamdulillah sudah bisa buat kirim sms lagi

    ReplyDelete
  40. Kak saya kartu XL saya tidak bisa mengirim SMS ke semua operator, saya cek jaringan nya baik-baik saja, cek pulsa masih ada, cek masa. Tegang kartu baik-baik saja, cek notifikasi pesan baik-baik saja, mohon solusinya kak agar bisa normal lagi mengirim SMS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Agan ikuti langkah 1 dan 2 seperti yang tertulis di postingan.Mungkin ada kendala nomor pusat pesan yang tidak tersimpan.Untuk kartu XL nomor pusat pesannya bisa Agan lihat di bawah post.Semoga membantu..

      Delete
  41. maaf mw tanya kenapa ya gak bisa sms ke oprator lain saya pake kartu axis gak bisa sms ke oprator lain klo sesama axis bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Agan cek kembali nomor tujuan,barangkali ada yang kurang lengkap.Pastikan juga nomor tujuan aktif.Semoga membantu..

      Delete
  42. Ka mau tanya saya sering sms gagal terkirim terus ke no tertentu..setelah saya ganti kalimat2 atau kata2 sms tersebut..langsung terkirim itu penyebabnya apa ya?

    ReplyDelete
  43. Ka mau tanya saya sering sms gagal terkirim terus ke no tertentu..setelah saya ganti kalimat2 atau kata2 sms tersebut..langsung terkirim itu penyebabnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diganti 'kata2 sms' itu yang bagaimana ya Gan?Kalau SMS Agan sudah terkirim berarti tidak ada masalah pada nomor Agan.Jika Agan tidak bisa kirim SMS hanya pada 'nomor tertentu',sedangkan nomor yang lain bisa terkirim,pastikan 'nomor tertentu' yang menjadi nomor tujuan Agan kirim SMS sudah benar.Mungkin saja ada salah satu angkanya yang kurang.Semoga membantu..

      Delete
  44. kenapa kartu xl saya tidak bisa mengirim pesan padahal saran yg diberikan untuk perbarui SMSC udah juga diperbarui dan disegarkan tapi tetep aja gak bisa dikirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pastikan nomor pusat pesan sudah tersimpan di HP Agan.Sebelum kirim SMS pastikan juga ya..nomor tujuan benar,sebab jika nomor tujuan ada kurang satu angka saja,SMS tidak bisa terkirim..Semoga membantu..

      Delete
  45. saya mau tnya,kenapa saya tidak bisa mengirim sms ya pdhl masa aktf kartu saya sampai thn 2021,saya sudah simpan nmr pusat tpi ttp saja tdak bisa terkirim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pastikan pulsa utama tersedia untuk bekal kirim SMS dan pastikan juga nomor tujuan Agan untuk kirim SMS juga benar,tidak ada kesalahan ketika menyimpan nomor atau ketik langsung bila Agan tidak menyimpan nomor tujuan.

      Delete
    2. Kalau punya saya tidak bisa kirim pesan di messege selalu gagal dan keluar peringatan ada keselahan 50 setiap kegagalan pengiriman pesan mhn solusi pk hp sy asus zanfon 4 maxpro...
      tapi menerima pesan masuk...

      Delete
    3. Agan pastikan nomor pusat tersimpan pada HP.Ikuti langkah 1 seperti yang tertulis di artikel.Jika langkah 1 belum bisa menyimpan nomor pusat pesan,Agan pilih langkah no.2..

      Delete
  46. Di hp samsung a50 kenapa kok ga bisa menggunakan kode *#*#4636#*#* padahal saya butuh bngt mau SMS ke luar negeri. Dicobain di hp xiaomi dan nokia kode itu beneran berhasil. Cari info dmna2 g da yg tepat semuanya g bisa, tolong donk kak bantuin saya please
    🙏🙏

    ReplyDelete
  47. Kode *#*#4636#*#* memang sering digunakan untuk membuka pengaturan tentang jaringan telepon yang tidak terdapat di pengaturan bawaan hp. Dan memang benar, Gan, kode itu tidak berfungsi di handphone SAMSUNG. Saya pernah mencobanya, waktu itu milik rekan saya. Beberapa waktu yang lalu, saya mencoba menggunakan kode tersebut di HP Vivo. Memang bisa,tetapi menampilkan setelan tentang properti baterei, bukan setelan yang seperti saya tulis di artikel. Kode ini ,untuk hp merk Oppo, realme, dan Nokia, memang berfungsi. Tetapi untuk hp Vivo, ada perubahan untuk angka 6 menjadi angka 8. Jadi yang semula *#*#4636#*#*, menjadi *#*#4838#*#*. Coba Agan ganti angka 6 menjadi 8 untuk membuka setelan di hp SAMSUNG. Jika masih belum bisa, saran saya, Agan bisa mencari di internet. Untuk hal ini, maaf, saya belum mengetahui juga mengapa hp SMSUNG berbeda. Semoga membantu ya...

    ReplyDelete
  48. Hallo gan. Ada nomor temanku ini. Kalau kirim sms tdak bisa terkirim. Tpi terima sms masuk bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek nomor pusat pesan ya Gan..Atau mungkin, nomor teman Agan sedang dalam masa tenggang. Nomor dalam masa tenggang hanya bisa menerima telpon dan SMS.

      Delete
  49. Kak maaf saya mau tanya kalau sms keluar negeri terus gagal terus itu kenapa ya kak ? Tapi pas dicoba operator lain di dalam negeri malah bisa terkirim kak, padahal pulsa saya ada. Mohon bantuannya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kirim SMS keluar negeri, sebaiknya Agan mengunjungi situs resmi dari nomor Agan. Ada petunjuk khusus yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan kode negara dan nomor tujuan. Jadi,jika Agan berkirim SMS keluar negeri tetapi tidak terkirim, mungkin ada kode negara yang belum Agan masukkan. Demikian, semoga membantu.

      Delete
  50. Selamat malam.
    Kenapa setiap kirim pesan ke no tujuan selalu gagal..
    Sy coba kirim pesan ke no lain bisa terkirim..khusus no itu saja yg tidak bisa di kirim pesan..
    Mohon solusinya...?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Agan periksa barangkali ada kesalahan penulisan angka, misalnya kurang satu angka atau lebih, pada nomor tujuan tersebut. Atau mungkin, nomor tujuan yang Agan kirim SMS memang sudah tidak aktif..

      Delete
  51. Mohon maaf mau nanya, kalo "pilih untuk meninjau pesan ini dan coba lagi" itu maksudnya apa ya?
    Disuruh unduh pesan tapi gak bisa kenapa ya?

    ReplyDelete
  52. Notifikasi "pilih untuk meninjau pesan ini dan coba lagi", ini mungkin ada kesalahan nomor tujuan untuk kirim pesan. Sehingga, informasinya mewakili "sudahkah nomor tujuan Anda lengkap". Untuk pesan yang diunduh tapi tidak bisa, saya kurang mengetahui informasi sebenarnya.

    ReplyDelete
  53. Sore mimin yg dermawan :) , semua komen n jawaban di ☝️ sdh saya baca semua... Emang kebanyakan sama kyk saya masalahnya, yaitu g bisa sms banking atau k no khusus yg dibilg premium, dulu saya sering punya pulsa nganggur di hp, biar g kepake nlp/sms tetep aja habis, karena terpotong iklan yg tiba2 masuk n motong pulsa 2200/sms, nah karna itu saya rajin pasang paket data doang, sampe akirnya gini dah g bisa dipake sms, pulsa bayk, masa berlakunya masi 3bln, masa tenggang masi1th, setingan sdh di buka semua... Kecuali sms premium, emang g ada itu hp saya... Pokoknya semua saran mimin ke temen² yg lain itu gw baca semua, tapi solusi buat gw blm ada... Help donk min

    ReplyDelete
  54. Terima kasih Gan..sudah mengikuti artikel ini.

    Melihat masalah Agan, tipe HP mungkin tidak harus yang terbaru. Mengingat aplikasi pesan teks ada di semua perangkat, HP Agan bukan penyebabnya. Tampaknya, mungkin ada di SMS Premium yang seringkali memotong pulsa. Jika ini penyebab SMS Agan yang tidak berfungsi, coba Agan hapus semua layanan yang terkait SMS Premium. Artikel blog ini mungkin sudah memberi informasi. Agan bisa baca Memgatasi Masalah SMS Yang Memotong Pulsa. Semoga membantu😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan kartu saya telkomsel, kirim sms ke semua operator di indonesia bisa, tapi ke negara lain ga bisa. Kira2 apa masalahnya. Mohon bantuannya

      Delete
    2. Secara pribadi, ane belum pernah kirim SMS ke luar negeri. Namun menurut beberapa sumber informasi, jika Agan kirim SMS ke luar negeri, ada format untuk nomor tujuan, kode negara + nomor tujuan. Kode negara Indonesia +62. Jadi misalnya Agan kirim SMS ke Singapura, kode negaranya +65 lalu nomor tujuan misalnya 0812345678. Maka format nomor tujuan menjadi +65812345678 (Angka 0 diganti dengan kode negara). Jika Agan pelanggan Telkomsel, sebenarnya ada banyak informasi di situsnya, Agan dapat mencari cara kirim SMS keluar negeri seperti yang Agan inginkan. Semoga membantu.

      Delete
  55. Tips nya sangat bermanfaat bos qu..
    Tks

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *