Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan


Email yang belum tersinkronisasi dengan perangkat, fungsinya sebagai alamat email tidak bisa bekerja dengan baik. Tidak bisa menerima pesan yang masuk di inbox. Karena itu, memerlukan beberapa langkah untuk melakukan sinkronisasi. Email di kenal sebagai nama alamat surat elektronik Anda yang tersimpan di internet.

Email Anda yang sudah Anda buat di ponsel maupun pc, telah menjadi satu tanda pengenal diri di blog Anda. Dalam lingkungan kerja online yang saat ini sudah banyak ditekuni oleh para pengguna ponsel Android, alamat email sudah menjadi syarat wajib untuk dimiliki. Selain berfungsi sebagai tempat tujuan untuk menerima informasi dan pesan pribadi, juga dapat bermanfaat untuk langkah awal verifikasi Anda yang telah mendaftar sebagai anggota forum di lingkungan bisnis online.

Pada akun Anda ketika Anda pertama kali membuat alamat email, nama Anda beserta data diri yang langsung terkait dengan Anda ada di dalamnya.Termasuk juga usia, tanggal lahir, alamat rumah, dan nomor handphone. Oleh sebab itu email adalah data pribadi Anda dalam bentuk digital yang wajib Anda jaga. Tempat simpan data digital Anda ini ada pada webhosting dimana Anda menyewa. Nama webhosting sendiri pun juga termasuk dalam pengertian yang berhubungan dengan data digital. Banyak sekali layanan jasa sewa webhosting dan domain yang tayang di internet. Anda bisa memilih salah satu dari nama-nama perusahaan yang banyak tersedia di internet.

Email Di Webhosting Sendiri

Misalnya saja Anda akan membangun situs dengan domain sendiri dan rencana akan menyewa pada suatu perusahaan jasa layanan hosting dan domain yang sudah menjadi pilihan Anda. Sebagai pebisnis online yang berprofesi sebagai desainer mesin, Anda akan membangun sebuah blog yang bertema tentang engineering dan bertujuan untuk menawarkan jasa desain. Maka mulailah Anda membuat konsep blog yang nanti akan tayang di internet dan berharap blog segera menghasilkan trafik pengunjung.

Disini, alamat email Anda adalah hal yang pertama kali dibutuhkan. Pada situs layanan hosting dan domain, Anda akan melalui beberapa langkah untuk keperluan sewa ini. Setelah menyetujui untuk sewa hosting dan domain selama setahun, Anda akan menerima pesan masuk yang menjelaskan tentang hal-hal terkait dengan transaksi Anda, alamat dan nama domain blog Anda, tanggal masa aktif beserta data pembayaran Anda. Semua itu ada pada inbox email.

Jika Anda menyewa webhosting sendiri, itu artinya email yang akan tampil pada halaman ketika diakses oleh pengguna mempunyai domain TLD atau nama panjangnya Top Level Domain. Nama domain TLD untuk URL blog Anda akan menampilkan akhiran .com(dot com) atau .id(dot id). Maka extensi email Anda akan berakhiran:

1.@domainAnda.com

2.@domainAnda.net

3.@domainAnda.id.

Bentuk email seperti ini seringkali di gunakan oleh perusahaan atau pribadi yang menjalankan bisnis online. Meskipun banyak juga pengguna yang memiliki alamat email dari layanan tak berbayar. Namun, dengan email yang berextensi dari nama domain Anda sendiri maka hal ini akan membantu meningkatkan preferensi pengguna internet akan jasa dan layanan yang Anda tawarkan.

Pengelola situs dan blog yang memiliki email dengan extensi dari domain TLD tentunya lebih terkesan profesional. Mereka menawarkan produk dan jasa dengan akses email bisnis yang telah berhasil ditemukan. Hasil jumlah yang dicari akan membuat nilai tambah bagi pemilik email dengan domain sendiri ini. Anda akan menemukan banyak manfaat apabila Anda mengelola email dengan nama domain Anda sendiri.

Cara Mulai Sinkronisasi Gmail

Sinkronisasi adalah proses digital yang menyelaraskan data akun Anda dengan system pada perangkat ponsel maupun pc. Proses sinkronisasi bisa berjalan apabila Anda sudah mempunyai akun pada layanan seperti Google,Yahoo atau Microsoft. Untuk pembahasan kali ini adalah tertuju kepada Anda yang sudah mempunyai akun pada layanan tak berbayar dari Google yaitu Gmail.

Email dengan webhosting sendiri berbeda dengan email Gmail. Email Gmail berlokasi pada webhosting milik Google, sebab layanan email ini memang layanan tak berbayar yang disediakan oleh perusahaan untuk para pengguna internet yang ingin membuat email. Karena itulah extensinya mengandung domain email dari akun Google yaitu @gmail.com.

Tampilan Gmail pada ponsel adalah ikon bergambar amplop surat yang bertulis huruf M warna merah pada tepi ikon amplop. Setiap ponsel pasti sudah terpasang aplikasi ini karena aplikasi Gmail sudah menjadi aplikasi default pada ponsel Android sekarang. Anda tidak perlu mencari lagi di Playstore.
Bagi pengguna pc atau laptop, tentunya sudah lebih paham mengenai tutorial membuat Email pada layanan Gmail..

Untuk Anda yang baru saja memiliki ponsel Android baru dan Anda masih memerlukan sedikit bantuan terkait email Anda yang belum bisa menerima pesan pada inbox. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan sinkronisasi email agar dapat terhubung ke webhosting Gmail. Untuk memulai proses sinkronisasi email pada ponsel, lakukan langkah-langkah di bawah ini. Ada dua cara untuk Anda pilih:

Cara 1

1. Buka HP Anda dan aktifkan data seluler.

2. Buka aplikasi Gmail, pilih ikon menu navigasi "tiga garis" pada kiri atas layar.

3. Geser layar HP ke bawah lalu pilih menu Setelan.

4. Pada menu Setelan pilih alamat email Anda.
 
5. Di halaman alamat email untuk sinkronisasi, ada tiga pilihan menu, Akun, Umum dan Penggunaan data.

6. Pada menu Penggunaan data, centang bagian Sinkronkan Gmail.

7. Pada menu Jumlah hari untuk menyinkronkan email, pilihlah 1 hari.

8. Anda telah selesei melakukan sinkronisasi.

Cara pertama di atas adalah cara utama yang menjadi pilihan. Jika Anda sudah pernah memberi informasi tentang email dan cara membuatnya di lain waktu, sertakan juga cara mengkonfigurasi data agar dapat menerima email di inbox utama email.

Berikutnya dibawah ini adalah langkah yang kedua jika Anda langsung membuka Akun di aplikasi "Pengaturan" pada HP. 

Cara 2

1. Pada layar HP Anda pilihlah menu Setelan/Pengaturan.

2. Di halaman Setelan/Pengaturan yang tampil, geser layar ke bagian menu Akun dan sinkronisasi.

3. Di halaman yang tampil pilih akun Google Anda dan halaman akan dialihkan menuju akun email Anda yang belum tersinkronisasi.

4. Langkah sinkronisasi email Anda selanjutnya adalah sama dengan langkah 5 sampai 7 pada Cara 1 di atas.

Untuk mengaktifkan sinkronisasi pada ponsel agar bisa berjalan, pastikan tombol dalam posisi ON di bagian Sinkronisasi data otomatis, pada halaman Akun dan sinkronisasi yang ada di menu Pengaturan.



Setelah Anda melakukan proses sinkronisasi email pada ponsel, tunggulah beberapa saat sampai ada inbox masuk selamat datang dari Tim Komunitas Google. Semoga email Anda sudah bisa menerima pesan masuk hari ini.

Baca Juga :
Halaman ini telah diperbarui pada 21 Juli 2021

Comments

  1. bukan dari ftp atau protocol yang lainnya ya kak :)

    ReplyDelete
  2. Iya, bukan. Hanya perlu melakukan sedikit pengaturan di akun Gmail Agan/Sista..:-)
    Blognya bagus, tapi kenapa berhenti..Semangat ya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *