Terbaru

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil


Untuk merubah jaringan dari 3G ke 4G LTE,Anda akan membuka menu Pengaturan pada ponsel.Kemudian memilih SIM Ganda dan data seluler,lalu Jenis jaringan yang dianjurkan.Cara ini sebenarnya sudah benar tetapi dalam beberapa masalah yang muncul adalah jaringan 4G yang Anda pilih tersebut masih berbagi otomatis dengan jaringan 3G.Karena jaringan 3G tidak berjalan searah di level 4G,terkadang sinyal menjadi berubah-ubah dan tidak stabil.

Akibatnya adalah Anda sering kehilangan sinyal yang telah tertangkap oleh antena pada ponsel.Akses internet untuk transfer dana melalui Mandiri Online menjadi tidak lancar,sebab Anda mengulang kembali transaksi dari awal.
Begitu juga dengan transaksi Anda di toko online.Halaman transaksi untuk pemesanan barang sering menampilkan error internet,jaringan terputus dan coba lagi nanti,situs tidak terjangkau,dan beberapa gambar unik yang memberi isyarat bahwa akses internet Anda terganggu.Anda menjadi jengkel sendiri karena harus berulangkali buka tutup aplikasi hanya untuk menenangkan sinyal agar tidak hilang.

Bila Anda sudah melakukan upgrade kartu 3G menjadi 4G,namun jaringan tetap tidak menampilkan ikon 4G pada status bar sinyal di bagian atas layar ponsel Android Anda,itu artinya Anda membutuhkan beberapa langkah untuk mengubah jaringan agar tetap di jaringan 4G LTE.Tidak hanya sekedar memilih jaringan otomatis yang berganti-ganti dari 3G ke 4G.
Ada cara mudah untuk menetapkan agar jaringan tetap pada 4G LTE.Cara ini sama seperti cara mengatasi masalah SMS gagal terkirim,yaitu dengan mengakses *#*#4636#*#*.Hanya saja berbeda letak kolom pengisian untuk pengaturan selanjutnya.Namun sebelum itu,beberapa hal di bawah ini dapat Anda lakukan sebagai langkah awal untuk memaksimalkan cara Anda mengakses internet menggunakan ponsel Android Anda.



Upgrade Kartu SIM

Upgrade kartu SIM diperlukan sebagai cara untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tehnologi ponsel yang saat ini sudah tertanam Sistem Operasi di dalamnya.Untuk Anda pengguna IM3/Mentari yang belum upgrade kartu SIM,dan ingin segera menaikkan level jaringan kartu Anda dari 3G ke 4G,bisa Anda kunjungi galeri Indosat Ooredoo yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.Untuk membantu mencari informasi yang terkait dengan layanan upgrade,Anda dapat kunjungi halaman Layanan Upgrade Kartu IM 3G Ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo.

Sedangkan bagi Anda pengguna nomor selain Indosat,dapat mengunjungi Galeri menurut provider dari nomor Anda.Telkomsel,XL,Tri,Smartfren adalah nama-nama perusahaan yang menyediakan layanan jaringan telekomunikasi seluler yang ada di Indonesia.Mereka semua  bekerja dengan baik dan bijak untuk melayani kebutuhan masyarakat akan akses internet cepat yang saat ini sudah menjadi topik utama pada halaman depan situs perusahaan.


Anda dapat mengunjungi tempat-tempat yang menyediakan layanan penggantian kartu SIM dari 3G ke 4G sesuai kartu yang Anda gunakan.Jangan ragu untuk bertanya kepada Customer Support apabila Anda mengalami kendala yang terkait upgrade nomor ini.Mereka dengan ramah akan menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan.


Karena bagi setiap perusahaan,kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan adalah hal terpenting yang akan membawa nama besar mereka semakin berkembang.Untuk seterusnya menjadi perusahaan digital berbasis jaringan seluler yang mempunyai pelanggan-pelanggan setia dalam memanfaatkan tehnologi informasi melalui internet.


Oleh karena itu,setiap ada layanan baru ,seperti layanan penggantian kartu 3G ke 4G,perusahaan akan merekomendasikan untuk para pelanggannya agar segera mengupgrade kartu mereka tanpa ada biaya tambahan,tanpa ada pemotongan pulsa otomatis,dan tanpa adanya layanan tersembunyi.Sebab semua layanan bertujuan agar para pelanggan semakin mudah dalam kebutuhan mereka mengakses internet,dengan dukungan kecepatan di jaringan 4G LTE saat ini.


Membuka Pengaturan Jaringan Default

Pada umumnya,menu Pengaturan untuk hal yang terkait jaringan pada ponsel pintar,seperti langkah yang sudah tertulis di awal artikel ini,akan menampilkan 4 pilihan jaringan,yaitu :
  • 4G/3G/2G (otomatis).
  • 3G/2G (otomatis).
  • 3G saja.
  • 2G saja.
Dari keempat pilihan jaringan di atas Anda tentu lebih memilih 4G/3G/2G (otomatis),bukan?Sebab dengan memilih jaringan yang ada sinyal 4G,meskipun berbagi otomatis dengan dua jaringan di bawahnya,berharap kecepatan dan stabilnya sinyal 4G dapat terus tertangkap oleh sistem jaringan pada ponsel.

Namun Anda juga perlu mengetahui bahwa jaringan bekerja otomatis antar sinyal.Tidak menetap pada 4G saja atau 3G saja.Kecuali Anda sendiri yang memilih untuk mengikat jaringan yang Anda kehendaki kekuatan sinyalnya.Beberapa saat mungkin jaringan akan menampilkan sinyal 4G pada staus bar ponsel,lalu kembali beralih menjadi sinyal 3G atau H+.


Karena sinyal memang diatur dalam mode otomatis maka bila kartu Anda sudah support 4G LTE,masih saja dalam aktifitas internet tersebut mengikutsertakan sinyal 3G dan H+.Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini sebab sinyal 3G sudah cukup kuat untuk mengantarkan Anda mengunjungi situs belanja online.

Membuka Pengaturan Jaringan 4G LTE Only

Untuk melakukan pengaturan khusus agar jaringan 4G LTE tetap stabil,dengan cara memodifikasi sedikit sistem jaringan yang ada pada bagian ponsel Android.Halaman yang tampil akan memuat beberapa menu khusus yang berhubungan dengan nama-nama sistem jaringan,namun hanya menu yang diperlukan saja sebagai langkah untuk "mengikat" jaringan 4G LTE agar tidak hilang dari status bar layar ponsel.

Menu yang dimaksud adalah bagian Setel jenis jaringan yang disukai.Screenshot halaman bisa Anda lihat seperti di awal postingan.

Berikut langkahnya:

  • Ketik format *#*#4636#*#* pada ponsel.
  • Halaman akan berganti menjadi tampilan dari beberapa pengaturan,yaitu : Informasi telepon,Informasi baterei,Statistik penggunaan,Wi-Fi information.
  • Pilih Informasi telepon.
  • Di halaman selanjutnya,tampilan terlihat seperti potongan screenshot diatas.
  • Pada kolom bagian bawah Setel jenis jaringan yang disukai,tampil jenis jaringan yang sedang aktif.
  • Umumnya ponsel akan menampilkan jenis jaringan LTE/GSM auto(PRL).Jaringan inilah yang membuat sinyal 3G/H+ dan 4G berubah-ubah pada status layar ponsel Anda.Sehingga apabila Anda berada ditempat yang sepertinya tidak ada sinyal,maka jaringan akan ikut menghilang.Beberapa saat kemudian sinyal muncul kembali.Begitu berulang-ulang.
  • Maka agar jaringan 4G LTE tetap stabil dimanapun Anda mengakses internet,Anda ganti nama jenis jaringannya.
  • Pada bagian kanan kolom ada ikon segitiga kecil.Pilih bagian ini agar dropdown menu dari nama jaringan yang ada terlihat semua.
  • Pilih LTE only.
  • Pengaturan selesei.
  • Untuk pengaturan yang lain,seperti SMSC,ada pada bagian bawah halaman.Anda tidak perlu melakukan perubahan,sebab bagian ini berhubungan dengan Nomor Pusat Pesan apabila Anda mengalami gagal kirim SMS.
  • Agar perubahan tersimpan,restart ponsel Anda.

Kekurangan Merubah ke Mode Ini

Namun cara ini ada satu kekurangan,yaitu panggilan dan SMS dari nomor lain mungkin akan terlambat masuk.Hal ini karena jaringan dibawah 4G(3G dan 2G) akan terkunci,tidak bisa masuk secara langsung.Anda mungkin akan mendapat WA,mengapa nomor Anda tidak bisa dihubungi,selalu terputus sendiri,atau istilahnya reject.

Saran Solusi

Karena itu,saran terbaik sesekali Anda kembalikan pengaturan jaringan ke pengaturan bawaan ponsel,yaitu memilih jaringan yang sudah tampil pada menu SIM Ganda & Data Seluler.

Baca artikel menarik lainya :  Cara Memblokir SMS Dari Nomor Tak Dikenal

Halaman ini telah diperbarui pada 15 Juli 2020.

Comments

Unitro Pulsa Terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya