Cara Memblokir SMS Dari Nomor Tak Dikenal


Beberapa hari ini, Anda merasa terganggu oleh SMS yang datang dari nomor tak dikenal. SMS masuk tanpa permisi dari nomor-nomor yang tidak tersimpan pada memori SIM. Pertama kali datang dari pengguna yang menanyakan kabar usaha. Yang kedua masih tetap dari nomor yang sama, tapi berbeda isi SMS. Yang ketiga dari nomor yang berbeda operator, menanyakan tentang kabar usaha, sama seperti nomor asing yang pertama.

Yang ke-empat, dari nomor provider berbeda yang lain, isi SMS menawarkan simpan pinjam secara online. Beberapa nomor lain yang masuk pada inbox SMS juga menawarkan simpan pinjam online.
Meskipun Anda mengabaikannya dan tidak pernah membalas, nomor-nomor tak dikenal ini tetap saja mengirim SMS.

Nomor Lama Yang Aktif Kembali

Nomor SIM yang telah hangus, habis masa aktif, dalam masa tenggang tapi sudah tidak terpakai dan penyebab lain yang mengakibatkan nomor Tidak Aktif, beberapa bulan kemudian akan muncul kembali sebagai nomor perdana. Dijual kembali oleh perusahaan dalam masa aktif yang baru dan pulsa utama sudah terisi.

Keterangan di atas adalah jawaban dari pertanyaan "Apakah nomor yang sudah tidak aktif bisa muncul kembali di lain waktu"? Banyak pengguna yang senang membeli nomor perdana kemudian bila sudah habis pulsa atau paket datanya, nomor tersebut di buang dan menggantinya dengan nomor baru.

Pertimbangan para pengguna ponsel yang sering melakukan ganti nomor ini mungkin karena harganya yang relatif murah ketika membeli, sementara paket data dalam kuota yang lumayan besar. Sehingga apabila akses internet sudah mulai lemot karena paket data menipis, inisiatif muncul untuk segera menggantinya dengan nomor yang baru lagi. Tidak perlu melakukan isi ulang pulsa atau paket data pada nomor yang sudah masuk ke slot kartu SIM pada ponsel Android mereka.

Karena nomor sudah tidak dipakai lagi oleh pengguna,maka secara otomatis nomor tersebut hangus.Tetapi di dalam "buku catatan" perusahaan provider penyedia layanan,baik dari Telkomsel,Indosat,XL dan lainnya,nomor yang sudah habis tidak terpakai tadi tidak akan terhapus begitu saja dari sistem dalam buku besar.

Provider akan mereset ulang nomor yang tidak aktif tadi menjadi aktif kembali tanpa merubah nomor awal yang sudah tersimpan dalam sistem jaringan digital perusahaan.Hal inilah yang menyebabkan Anda sering mendapat SMS dari nomor tak di kenal,dan frekwensi SMS yang Anda terima itu dari nomor-nomor tetap yang memang belum Anda hapus dari kotak masuk SMS.

Bisa jadi nomor-nomor asing yang masuk di ponsel Anda adalah nomor dari pengguna sebelum Anda,kemudian nomor tersebut tidak digunakan lagi.Sehingga menjadi hangus di udara,tapi data digitalnya masih tersimpan pada sistem pada provider yang terkait nomor tadi.Kemudian diaktifkan kembali.

Baca juga : Cara Melihat Besarnya Penggunaan Data Di WhatsApp

Mengapa Pulsa Pada Nomor Perdana Anda Berkurang Sendiri?

Suatu saat Anda membeli nomor perdana yang menurut Anda nomor itu cukup menarik untuk dibuat sebagai nomor tetap.Anda ingin agar nomor yang telah Anda dapatkan di konter seberang jalan beberapa minggu yang lalu itu menjadi nomor ponsel pribadi Anda,yang akan terus Anda gunakan.

Sebab,ada urutan nomor keberuntungan Anda yaitu di antara 12 angka penyusun urutan nomor HP tersebut ada beberapa angka unik yang ternyata adalah angka yang sama dengan tanggal lahir Anda.Sehingga apabila akan habis masa aktif,Anda tidak ingin membuangnya.Biarlah nomor ini saja yang akan terus Anda gunakan.

Beberapa minggu berlalu setelah Anda menggunakan nomor baru,keadaan aman-aman saja.Tidak ada gangguan dari luar.Anda juga sudah mendaftarkan nomor baru Anda ke Dispenduk,menandakan bahwa nomor tersebut memang ada yang menggunakan secara sah yaitu nama Anda.

Setiap habis pulsa atau paket data,Anda selalu mengisi ulang.Tetapi masalah baru muncul karena beberapa minggu ini, Anda sering mendapat SMS dari nomor tak di kenal,yang isi SMS itu mengganggu pribadi Anda sebagai pengguna yang baik.Tidak hanya lewat SMS saja,terkadang ada orang yang tak di kenal menelfon Anda dan mengatakan bahwa Anda yang lebih dulu menghubungi nomor orang asing tadi.

Padahal menurut perasaan,Anda tidak merasa melakukannnya.Anda tidak pernah tahu nomor siapakah yang sering mengajak Anda makan malam,kenalan di tempat tertentu,atau hal-hal yang membuat Anda terganggu karenanya.

Untuk mengatasi masalah ini,Anda bisa melakukan pemblokiran nomor agar nomor asing tidak bisa kirim pesan atau melakukan panggilan ke nomor baru Anda.

Bagaimana Cara Memblokir Nomor Tak Dikenal?

1.Memblokir SMS

Memblokir SMS nomor-nomor yang tak dikenal cukup mudah.Anda ikuti langkah ini :

Buka ponsel>>Pengaturan>>Pesan>>Daftar hitam>>di bagian bawah,pilih Tambahkan.

Halaman akan dialihkan menuju halaman kontak pada ponsel Anda.Pilih nomor yang ingin Anda blokir SMS-nya.

2.Memblokir Panggilan

Untuk memblokir panggilan yang masuk,caranya sama seperti di atas namun menu yang Anda pilih setelah Anda membuka Pengaturan adalah menu Panggilan.

Pengaturan>>Panggilan>>Daftar hitam>>di bagian bawah,pilih Tambahkan.

Agar Anda tidak kesulitan menandai nomor-nomor tak di kenal yang kirim SMS maupun menerima panggilan,Anda simpan dulu nomor-nomor itu dengan nama yang mudah dikenali sebagai nomor asing.

Baca juga artikel terpopuler :

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *