Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin




Bitcoin adalah koin elektronik dan disebut mata uang digital pertama yang tersimpan dengan aman di setiap Node Bitcoin dan dapat digunakan untuk membayar secara online. Sama seperti catatan transaksi yang tersimpan di komputer milik bank, sebuah Node Bitcoin menyimpan semua transaksi Bitcoin dari pertama kali terjadi hingga yang terbaru.

Sebagai tempat untuk menyimpan data khususnya data transaksi terkait nilai, Node Bitcoin pada dasarnya adalah perangkat elektronik. Laptop milik Anda yang dapat terhubung ke internet dan memiliki kapasitas/memori yang cukup besar disebut Node. Hingga saat ini, data transaksi Bitcoin yang tersimpan di blockchain sudah mencapai kurang lebih 450GB. Tidak terbatas hanya komputer atau laptop, sebuah printer atau lemari es, jika mereka memiliki ruang untuk menyimpan data dan dapat terhubung ke internet, mereka juga dapat disebut Node.

Bagaimana Anda Mengenal Node?

Node masih menjadi kosakata rumit. Apakah Anda merasa demikian? Sebagai pengguna internet umum, saya menganggap istilah Node ini adalah istilah yang terasa asing di jaringan sosial pertemanan. Tidak ada kata yang dapat mewakili pemahaman tentang Node adalah tempat data Bitcoin tersimpan. Anda mungkin menangkap pengertian Node mirip seperti "Noda" atau "Mode" atau "Not Musik". Lalu, begitu membaca kata sambutan dari halaman depan suatu situs tentang Bitcoin, ternyata Node adalah perangkat untuk menyimpan data. Node hanyalah apa yang terlihat sebagai komputer atau laptop yang terhubung ke internet.

Menjalankan Node Bitcoin

Anda memiliki perangkat dan terhubung ke internet dapat menjalankan node. Untuk menjalankan node, Anda dapat mengunjungi situs bitcoin.org dan mendaftarkan perangkat Anda di sana. Node dapat disinkronkan satu sama lain. Menjadi node tidak harus online setiap saat oleh karena node dapat melakukan sinkronisasi otomatis.

Ketika Anda offline untuk beberapa waktu, itu tidak mempengaruhi informasi yang ada. Hal ini karena, ada node lain yang tetap online untuk bekerja melayani jaringan blockchain Bitcoin. Hingga nanti ketika Anda online kembali, perangkat Anda akan secara otomatis mengunduh semua data transaksi yang terbaru. Proses ini bekerja karena komputer Anda dan komputer pengguna lain yang menjadi node, mereka semua saling terhubung. 

Jadi misalnya, ketika komputer pengguna lain menyimpan data transaksi yang terbaru dari blockchain Bitcoin, komputer Anda masih belum online. Data transaksi Bitcoin berjalan setiap waktu akan masuk dan tersimpan ke node-node aktif milik pengguna lain saat itu juga. Komputer Anda masih offline. Kemudian, Anda membuka komputer dan online. Selanjutnya, di komputer Anda, distribusi data transaksi dari node pengguna yang aktif akan otomatis diunduh oleh sistem/software Bitcoin di komputer Anda hingga data terbaru saat itu juga. 

Proses penambangan Bitcoin memerlukan sumber daya dan jeda waktu. Melalui node (perangkat pengguna) yang saling terhubung, segala informasi dan proses transaksi disampaikan dengan baik dari pengguna ke penambang. Penambang adalah orang-orang pencari Bitcoin menggunakan perangkat elektronik khusus untuk menciptakan nilai dari hasil olah program komputer yang dibuat Satoshi Nakamoto. Dan dalam peran aktifnya, mereka juga menyimpan data transaksi blockchain Bitcoin.

Kata ganti penghubung akan seperti ini,

1. Sebuah node tidak harus menambang Bitcoin

2. Semua penambang adalah node

3. Tidak semua node adalah penambang

Full Node Bitcoin

Kesimpulan akhir dari artikel tentang Node ini adalah bahwa jika perangkat Anda digunakan untuk menyimpan blockchain Bitcoin, perangkat Anda dapat disebut sebagai Node, atau Klien. Apa itu klien? Klien adalah partner kerja. Dalam team kerja biasanya ada tugas untuk tetap bersama "klien"  tertentu - misalnya bagian digital networking. Klien (Node) ini mirip seperti rekan kerja Anda yang tetap saling terhubung. Namun, dari beberapa klien Anda tersebut, sebagian mungkin tidak secara penuh berada pada jaringan Anda. Jadi disini disebut klien ringan.

Sedangkan full node adalah klien penuh yang penting bagi ekositem jaringan. Full node adalah rekan kerja utama dalam tim Anda. Mereka menjadi pendukung usaha Anda yang vital. Meskipun tidak semua node adalah penambang, namun komputer yang menjadi full node ini sangat diperlukan untuk pendistribusian data transaksi antar pengguna, membuat proses validasi transaksi Bitcoin, mengamankan dengan kriptografi dan menyimpannya di blockchain.

Node sebagai klien ringan mungkin tidak memerlukan spesifikasi khusus untuk menyimpan. Klien ringan tidak dapat disebut sebagai simpul. Simpul di sini diasumsikan sebagai pertalian atau tali temali antar perangkat yang mengikat transaksi lalu menyimpannya dengan aman. Untuk menjadi node, Anda harus menjadi klien "penuh". Klien penuh adalah klien yang memiliki blockchain dan juga berbagi banyak blok dan transaksi di seluruh jaringan yang mendukung proses nilai Bitcoin tercipta.

Comments

Popular Post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Apakah Harus Memasang Dua Kartu SIM Yang Sama Dalam Handphone?

Pemahaman Tentang Master Dealer Pulsa Elektrik

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *