Prinsip Dasar Memahami Jual Beli Aset Kripto


Jual beli adalah transaksi untuk barang yang diperdagangkan. Anda memiliki barang untuk dijual berarti Anda adalah penjual. Anda membeli barang berarti Anda adalah pembeli. Tehnologi internet berkembang hingga menjadi sarana untuk berdagang. Ada beragam barang yang diperdagangkan sebagai aset kepemilikan. Salah satu aset kepemilikan baru dan mulai menjadi daya tarik banyak orang untuk diperdagangkan adalah aset kripto.

Temukan informasi tentang aset kripto dan cara memahami bagaimana perdagangan koin digital dapat digunakan Meskipun ada banyak nama aset kripto yang dapat Anda pilih untuk dibeli dan dijual, mengawali semua dengan mempelajari prinsip jual beli aset, dapat membantu untuk menemukan aset yang mana yang memiliki prospek keuntungan yang maksimal.

Apa Itu Aset Kripto

Aset kripto adalah barang berharga berbentuk angka. Dalam istilah asing, aset kripto disebut cryptocurrency yang artinya mata uang digital. Dalam prosesnya, mata uang digital berbentuk koin elektronik yang dibentuk dari proses program komputer dengan kriptografi. Kriptografi sendiri adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang keamanan tentang informasi penting.

Aset kripto dapat berfungsi sama seperti aset kepemilikan benda apapun yang bernilai dan dapat dijual belikan. Jika Anda memiliki rumah, sawah, sepeda, mobil, semua barang-barang ini adalah aset yang menjadi milik Anda. Semua barang ini adalah barang nyata yang terlihat dan dapat disentuh. Dalam barang kepemilikan, Anda dapat menjualnya kapan saja Anda mau atau menawarkan secara online melalui akun sosial Anda.

Yang membedakan aset kripto dengan aset barang nyata adalah wujudnya. Aset kripto tidak berwujud secara nyata. Aset kripto hanya berwujud visual. Dengan kata lain, wujud aset kripto yang tidak ada di dunia nyata tetapi memiliki nilai yang dapat dijual. Jika Anda lihat angka 1, 2, 3 dan seterusnya, inilah bentuk visual dari aset kripto. Anda mungkin sudah banyak melihat di internet, tentang gambar-gambar koin dengan label "B", lalu huruf "ETH" dan banyak gambar koin lain, itu semua gambar yang dapat mewakili bentuk visual dari koin kripto, TETAPI, itu semua bukan koin nyata.

Aset kripto juga memilki bentuk lain selain koin digital, yaitu NFT.  Anda mungkin sudah mengetahui bahwa sebuah foto dapat dijual sebagai aset NFT  dan memilki nilai yang tinggi. Nilai yang tinggi dapat berarti aset itu berharga mahal.

Memahami Perdagangan Aset Kripto

Secara umum, jual beli aset kripto serupa dengan jual beli di kehidupan nyata. Aset kripto hanyalah program komputer untuk membuat angka. Dari angka yang ada, nama "aset" disertakan karena terdapat rangkaian sistem keamanan di dalamnya. Sistem ini adalah informasi sistem keamanan tingkat tinggi sehingga angka tersebut dapat dibuat untuk membayar secara online. Dan dalam proses yang lebih kompleks, program komputer di laptop Anda lebih sulit mengirim pembayaran dengan aman oleh karena khawatir terjadi phising atau peretasan. Oleh karena itu, kriptografi dibuat sebagai sistem keamanan untuk mentransfer nilai/membayar online dan aman dari segala peretasan. Sehingga hasilnya, informasi penting dan aman adalah aset yang berharga.

Bayangkan Anda berada di Mall dan membeli 10 pakaian. Masing-masing pakaian berharga 100 ribu. Anda mengeluarkan uang 1 juta untuk membayarnya. Lalu, ada tren pakaian di akun sosial yang mirip dengan jenis pakaian yang Anda beli di Mall. Melihat informasi menarik ini, Anda tawarkan 1 pakaian dengan harga 120 ribu. Dalam hal ini, Anda mengambil untung 20 ribu per pakaian. Jika 1 pakaian yang Anda jual laku semua, keuntungan sudah jelas dapat Anda hitung.

Konsep Sederhana 

Barang nyata adalah pakaian, sedangkan aset kripto saya mengambil contoh Stellar Lumens atau XLM. Jika saya memilih Bitcoin yang berharga sekitar 300 juta-an saat ini, untuk satu koinnya, ini mungkin terlalu tinggi. Jadi, saya mengambil XLM yang harga satu koinnya sekitar Rp. 1500,00 ( seribu lima ratus rupiah). 

Sekarang, alihkan pikiran Anda dari barang nyata " pakaian" menuju aset kripto "angka" dengan nama XLM. Dalam perdagangan aset kripto, diperlukan platform trading aset kripto untuk menghubungkan pengguna ke layanan jaringan aset kripto. Sebagai pilihan platform trading aset kripto lokal adalah INDODAX. Sehingga nanti Anda akan melihat aset kripto dengan harga yang dapat dibeli menggunakan Rupiah, menjadi nama XLM/IDR.

Cara membaca

Harga XLM/IDR = 1500, dibaca 1 koin XLM dapat dibeli dengan harga Rp. 1500,00. Selanjutnya, kembangkan jangkauan pikiran Anda menggunakan uang Anda sebesar 100ribu untuk membeli XLM. Bagaimana hasilnya? Hasilnya adalah, 100.000 dibagi 1500, Anda memiliki koin XLM sebanyak 66,66666666. Untuk 8 angka setelah koma, itu adalah representasi nilai dari aset kripto terkecil dari Bitcoin (BTC) yang pertama kali diluncurkan yaitu Satoshi.

Bilangan dengan koma mungkin sedikit merepotkan. Jadi, 66,66666666 XLM mungkin tidak mendekati pemahaman, lebih baik jika menggunakan angka utuh seperti 1, 2, 3 atau 4.

Baiklah.

Anggap saja uang Anda Rp. 15.000,00 dan Anda membeli XLM. Jadi Anda memiliki  XLM sebanyak 10 koin.

Setelah 1 bulan, informasi pada market platform trading menunjukkan kenaikan harga XLM/IDR menjadi 2000. Dalam hal ini, aset kripto XLM Anda yang masih berjumlah 10 koin, dapat Anda jual satu, dua atau tiga, atau Anda jual semua ( 10 koin). Kenaikan harga XLM/IDR dari 1500 menjadi 2000 menjadi keuntungan yang Anda peroleh. Sehingga misalnya Anda menjual semua koin XLM yang berjumlah 10, uang Anda menjadi Rp. 20.000,00. Anda mendapatkan untung sebesar 5000.

Bagaimana Jika Harga XLM/IDR Turun Menjadi 1200?

Jika Anda mengetahui bahwa harga XLM turun, jangan Anda jual XLM tetapi tunggulah sampai harganya naik di atas 1500. Kapankah harga XLM akan naik? Itu bergantung dari banyak hal yang mempengaruhi pergerakan harga pada market/pasar aset kripto, ekonomi dalam jaringan blockchain, ekosistem pengguna yang mendukung jaringan XLM dan banyak hal lain. Namun yang jelas, perdagangan aset kripto serupa dengan transaksi Anda membeli pakaian dan menjualnya kembali, " beli saat harga barang murah dan jual saat harga barang naik". 

Ada banyak cara memahami semua makna dari aset kripto. Salah satu cara sudah Anda baca di halaman ini. Jika Anda masih ingin membuat rencana, kapan akan memulai jual beli aset kripto?, jangan menunggu untuk mengetahui bahwa aset kripto sekarang berharga mahal.



Comments

Popular Post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Mengenal Lebih Banyak Tentang VoLTE Via myIM3

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Contact Form

Name

Email *

Message *



Unitro Pulsa Network