Terbaru

Cara Yang Membantu Agar Baterai Handphone Lebih Tahan Lama

Image
Source image: vivo.com Tips yang dapat membantu daya tahan baterai handphone Anda, berada di setelan asli bawaan handphone. Aplikasi 'Pengaturan' adalah tempat yang menjadi setelan dari sebagian besar fitur yang ada di setiap perangkat handphone Android. Salah satu fitur baterai yang memerlukan perhatian agar dapat bertahan lebih lama adalah menjaga daya baterai. Daya baterai yang besar tidak akan bermanfaat jika baterai tersebut tidak mampu mensuplai kebutuhan energi listrik untuk menjalankan semua aplikasi yang ada pada handphone. Jika Anda memiliki handphone yang memiliki fitur baterai dengan daya besar, menjaga agar baterai tersebut dapat bertahan lebih lama adalah tindakan yang bijak. Anda memulai hari dengan membuka aplikasi sosial untuk membagikan hasil kerja. Kawan-kawan dalam grup Anda yang telah menjadi rekan kerja online di usaha kedai kopi online milik Anda, telah berjalan dalam lingkungan bisnis jual beli produk kopi. Mereka akan tergantung kepada Anda ketika memer

Cara Mengatasi Masalah SMS Konten Yang Memotong Pulsa


Di halaman Beranda aplikasi myIM3, ada beberapa layanan dari pihak ketiga yang menampilkan konten tentang suatu informasi. Untuk Anda pengguna nomor Indosat, jika Anda pernah menerima sms dari nomor tertentu,dan setelah itu pulsa Anda seringkali terpotong,ketahuilah bahwa secara tidak sengaja, Anda berlangganan SMS Konten dari pihak ketiga. Akibatnya, beberapa saat setelah Anda mengisi ulang pulsa, pulsa akan terpotong tanpa Anda ketahui. Mungkin Anda mengetahuinya setelah Anda memeriksa status masa aktif nomor Anda melalui myIM3 atau dial di nomor UMB *123#.

Siapa pihak ketiga ini? Pihak ketiga ini adalah layanan informasi yang turut tampil pada aplikasi MyIM3,yang ada pada bagian bawah Beranda. Beberapa nama layanan pihak ketiga yang ada adalah pada menu News & Health Promo, Online Shopping dan Konten Terpopuler. Jika Anda pengguna nomor Telkomsel atau XL, provider Anda pasti menyediakan aplikasi yang serupa fungsinya dengan myIM3. Mungkin Anda memiliki myTelkomsel jika Anda adalah pengguna prabayar SimPati atau Kartu As. Mungkin Anda pengguna XL dan sudah menginstall myXL pada handphone Android Anda. Karena Anda sudah akrab dengan aplikasi myTelkomsel atau myXL,layanan pihak ketiga mungkin saja disertakan untuk aplikasi Anda. Sehingga banyak pengguna yang mengira bahwa layanan tersebut hanya layanan informasi seperti pada umumnya,tanpa ada konten SMS yang terlihat. 

Jika Anda ingin mengetahui tentang pihak pertama, kedua dan ketiga, siapakah sebenarnya mereka? Dari awal kita menggunakan nomor Indosat, secara langsung kita adalah pihak kedua. Yang menjadi pihak pertama di informasi tentang jaringan seluler dan myIM3 adalah Indosat Ooredoo. Jadi,jika Anda pengguna Telkomsel, maka pihak pertama adalah Provider Anda yaitu Telkomsel dan Anda adalah pihak kedua,atau pengguna layanan di jaringan seluler mereka. Sedangkan pihak ketiga adalah semua layanan yang berada di luar pihak pertama dan kedua. Pihak  ini bekerja sama dengan provider untuk memberi informasi yang lebih lengkap,berguna dan bermanfaat kepada setiap pelanggannya. Dan hasilnya,bisa Anda lihat sebagai konten-konten yang di tayangkan pada halaman aplikasi myIM3, myTelkomsel dan aplikasi serupa yang lain.

Pengertian SMS Konten

Apakah SMS Konten Itu?

SMS Konten adalah layanan SMS dari pihak ketiga yang masuk ke handphone pengguna yang isi SMS tersebut tentang penawaran suatu layanan. Layanan yang tampil pada layar akan memuat nomor pengirim, nama informasi tentang layanan dan tautan atau URL tertentu. Nomor pengirim akan tersimpan otomatis ketika perangkat menerima SMS dari nomor apa saja, termasuk nomor dari layanan pihak ketiga ini. Secara sengaja atau tidak sengaja, layanan akan aktif jika Anda mengklik tautan URL dari SMS Konten yang Anda terima. 

Nomor pengirim yang berasal dari layanan SMS Konten biasanya bukan menunjukkan nomor handphone, tetapi beberapa angka yang dapat dikenali. Jika Anda menerima SMS dari nomor handphone yang tidak di kenal, maka nomor pengirim SMS yang tidak dikenal tersebut selalu diawali kode +62. Kode ini menjadi kode negara untuk Indonesia. Jika Anda menerima SMS dengan kode selain +62 ,tetapi nomor 96111,seperti tangkapan layar yang saya sertakan di atas,maka nomor inilah yang di maksud dengan nomor dari SMS Konten.

Apa Yang Menyebabkan Anda Berlangganan SMS Konten?

Aplikasi myIM3 selalu saya tuliskan sebagai bagian dari artikel karena saya adalah penguna nomor Indosat. Dua nomor yang ada di HP saya adalah dari IM3 dan Mentari. Karena itu,jika Anda sedang membaca artikel di halaman ini dan Anda adalah pengguna selain nomor Indosat,saya harap Anda dapat menyesuaikan tentang topik yang sedang saya tulis di sini.Maksud saya, aplikasi nomor Anda,myTelkomsel atau myXL, atau provider lainnya mungkin juga sama menyediakan konten berlangganan.

SMS Konten pada dasarnya adalah penawaran dari pihak ketiga yang sudah Anda setujui ketika mereka menawarkan tayangan yang ada pada aplikasi myIM3. Ini berjalan seperti iklan yang ditayangkan oleh myIM3 karena pihak ketiga ingin menawarkan kampanye iklan mereka. Dan tergetnya,tentu saja,semua pengguna nomor Indosat,termasuk Anda,saya dan pengguna nomor IM3,Mentari dan Matrix. Setiap layanan mereka mempunyai tarif langganan yang berbeda,dan juga durasi waktu yang membuat tagihan dari pulsa Anda. Itu sebabnya,jika pulsa Anda berkurang 1000 setiap ada SMS yang masuk dari nomor yang bukan nomor handphone pada umumnya,maka Anda telah berlangganan SMS Konten dari layanan yang telah Anda kunjungi sebelumnya.

Proses Anda Ketika Berlangganan

Untuk mengetahui mengapa Anda mendapatkan SMS Konten,padahal Anda merasa tidak melakukannya,berikut ringkasan proses yang membuat aktifnya SMS Konten:

1. Sebelum Anda berlangganan,mungkin tanpa sengaja Anda membuka salah satu tampilan konten yang tersedia di myIM3. Halaman yang menandai sebagai nama Konten Terpopuler,yang ada pada bagian bawah Beranda myIM3 adalah konten berlangganan yang sudah jelas terlihat. Di bagian ini,tampilan konten adalah nama-nama layanan pihak ketiga yang berbeda.

2. Setiap layanan bisa Anda geser dari kiri ke kanan. Pada setiap bagian kartu layanan,menampilkan tarifnya masing-masing. Misalnya seperti screenshot di atas,saya telah mendapat SMS pertama yang menunjukkan informasi tentang 'DOUBLE REWARD',dan hadiah CASH 5 juta dan Honda Brio'. Pada myIM3,layanan ini ada pada bagian Konten Terpopuler dan nama layanannya adalah Perfect10: Berhadiah Mobil Honda Brio'. Di bagian bawah tertulis tarif Rp.1000/hari. Screenshotnya seperti yang tampak di bawah ini.



3. Karena rasa ingin tahu,saya membuka bagian layanan ini,kemudian masuk SMS tentang 'DOUBLE REWARD' dan di akhir SMS terdapat tautan untuk menuju aktifasi dari layanan SMS berlangganan.

4. Ketika saya menerima SMS yang menandai tentang 'DOUBLE REWARD', pulsa saya sudah terpotong 1000 rupiah. Di awal-awal saya tidak mengetahui tentang hal ini. Namun,setiap kali ada SMS yang masuk,saya menjadi ingat untuk melihat kembali sisa pulsa utama. Dan ternyata memang benar,SMS ini telah menagih pulsa saya 1000/hari.

5. Di proses No.3,saya sebutkan ada tautan untuk menuju halaman yang menandai tentang layanan yang saya pilih. Jadi,untuk Anda yang mungkin sudah membuka layanan seperti yang saya lakukan,sebenarnya,meskipun Anda tidak mengunjungi tautan yang telah tertulis di akhir bagian SMS,SMS berlangganan Anda sudah aktif. Inilah yang menyebabkan Anda berlangganan SMS Konten.

Bagaimana Cara Berhenti Dari Layanan SMS Konten?

Setiap layanan yang aktif mempunyai proses untuk menonaktifkan layanan tersebut. Ini adalah opsi untuk pengguna yang memungkinkan mereka mendapatkan informasi secara mudah dari aplikasi yang sudah menjadi sarana untuk mengakses nomor pribadi mereka. Jika pengguna tidak menginginkan untuk menerima informasi dalam bentuk SMS berlangganan,maka pengguna dapat menghentikan langganan tersebut. Sebagai pelanggan,Anda memiliki akses yang luas untuk mendapatkan informasi dari jaringan Anda sendiri. Melalui nomor Anda,semua yang Anda perlukan sudah tersedia di handphone Anda. Jika tidak menghendakinya,silahkan Anda memilih untuk berhenti berlangganan.

Selanjutnya,bagaimana agar Anda bisa berhenti berlangganan dari SMS Konten? Mudah saja,yang pertama,Anda cukup membuka aplikasi myIM3:

1. Pada halaman Beranda,pilih menu sisa kuota Anda.

2. Halaman berikutnya menampilkan Detail tentang sisa kuota,masa aktif paket dan sisa paket Telepon dan SMS(jika ada).

3. Di bawahnya ada kolom Langganan Konten.

4. Buka kolom Langganan Konten dan pilih layanan yang ingin Anda nonaktifkan.

5. Beberapa saat kemudian,Anda akan menerima SMS yang memberitahukan bahwa layanan berlangganan sudah dinonaktifkan.

Pilihan cara yang kedua, melalui UMB dengan cara ketik *185*2*1#. Format ini untuk Anda pengguna nomor Indosat. Jika Anda pelanggan dari operator selain Indosat,Anda dapat membuka aplikasi provider Anda dan buka menu Bantuan. Ada panduan untuk Anda yang memerlukan solusi di halaman ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Comments

Unitro Pulsa terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil