Ketahui Mengapa Pulsa Anda Tiba-Tiba Hilang


Terkadang informasi-informasi yang sampai ke handphone kita, baik melalui sms maupun situs media sosial membuat kita sedikit terlena. Seperti misalnya mendapat hadiah/doorprize mendadak, memenangkan undian berhadiah dari layanan game atau mendapatkan hadiah mobil. Tetapi sebenarnya semua itu ada niat buruk dari pelaku yang ada di baliknya. Bahkan ada yang sampai menjanjikan uang dalam jumlah besar. 
Disisi lain, Anda mungkin dengan tanpa sengaja telah terdaftar pada layanan konten berbayar seperti NSP atau sejenisnya. Sehingga hal ini, setiap kali Anda isi ulang pulsa utama, beberapa saat setelah pulsa terisi, langsung terpotong/hilang dengan sendirinya.

Sebagai pelanggan setia dari layanan telekomunikasi seluler yang sudah banyak memberi manfaat dalam keseharian, kita harus jeli dalam menanggapi informasi- informasi tersebut. Apalagi jika sumbernya adalah dari nomor-nomor asing yang tidak kita kenal, tidak jelas dan meragukan. Fitur-fitur terbaru perangkat modern adalah tehnologi yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan, bukan membuat masalah baru. Informasi di bawah ini menguraikan tentang apa yang menyebabkan pulsa Anda hilang dan cara mengatasinya. 


Untuk mengetahui apa penyebab pulsa tiba-tiba saja habis tersedot, lakukan 2 hal di bawah ini:

  • Sebelum Anda mengakses internet, apakah cukup tersedia paket internet atau sudah waktunya untuk isi ulang? Jika memang masih cukup tersedia, Anda dapat melanjutkan. Sebab bisa saja, paket internet yang menipis tapi aktifitas internet Anda jalan terus, sehingga begitu paketan habis, maka secara otomatis, pulsa utamalah yang aktif menyuplai kebutuhan Anda di dunia maya ini. Hal inilah yang sering kali Anda lupakan. Sehingga pulsa yang tadinya tersedia cukup, tiba-tiba hilang atau tersedot.
  • Bila Anda sudah memeriksa paket internet dan Anda yakin bahwa kuota masih di atas 1 GB, ingat-ingatlah kembali, apakah Anda pernah mendapatkan SMS dari nomor-nomor tak dikenal yang menyertakan url/link tertentu, kemudian Anda kunjungi url/link itu? Anda membuka link yang diberikan oleh nomor-nomor asing tadi, yang menginformasikan bahwa nomor Anda menjadi pemenang undian tertentu dan mendapat hadiah sekian juta. Pada akhirnya, secara tidak sengaja, Anda terdaftar pada layanan konten berbayar.
Jika memang itu pernah Anda lakukan, dibawah ini cara mengatasinya:

Nomor Indosat
1. Anda harus mengetahui apakah nomor Indosat Anda telah terdaftar pada konten berbayar yang disediakan oleh provider, misalnya nada sambung panggilan atau yang lain. Caranya dengan ketik format *726# lalu OK.

2. Halaman baru menampilkan  2 pilihan, yaitu status dan stop,
 pilih status.

3. Jika ternyata balasan yang tampil "tidak ada layanan yang terdaftar pada sistem kami", itu artinya nomor Anda aman, tidak ada layanan yang aktif.


4. Jika ternyata ada layanan yang sedang aktif pada nomor Anda, maka ketik lagi *726# dan pilih stop. Maka secara otomatis layanan berbayar sudah berhenti.


5. Jika Anda sudah melakukan memilih stop layanan konten berbayar, tetapi pulsa Anda tetap saja berkurang atau hilang sendiri setelah isi ulang, segera hubungi bagian Customer Service (call center) dari Indosat.


Nomor call centernya : 185 

1. Untuk IM3 dan Mentari dikenakan biaya Rp.400,- per panggilan.

2. Untuk pengguna  Matrix gratis.

Untuk call center di media sosial, Anda dapat mengakses @IndosatCare

Nomor Telkomsel
1. Untuk yang pertama, ketik *116# dan di halaman yang tampil, pilih yang no.3 yaitu Info konten.

2. Selanjutnya akan tampil halaman dengan 4 pilihan, yaitu:

a. Informasi konten Anda.

b. Stop konten SMS

c. Stop NSP

d. Stop semua (NSP dan Konten)
Sebagai langkah awal untuk mengetahui apakah ada layanan konten berbayar pada nomor Anda, pilih yang no.1 "informasi konten Anda".

3. Jika memang ada layanan yang aktif, maka Anda bisa memilih langsung yang no.4 yaitu stop semua (NSP dan Konten). Dengan begitu, semua layanan akan off dan pulsa Anda tetap aman.

4. Langkah akhir jika tidak ada layanan yang menyebabkan pulsa Anda terpotong, segera hubungi Customer Service (call center) nomor Telkomsel Anda.

Nomor call centernya:
  • Kartu Halo  :133
  • Kartu simPati dan As : 188 (24 jam dan dikenakan biaya)
Nomor XL

1. Ketik *123*572# , maka akan tampil halaman dengan menu-menu pilihan.

2. Ketik 3, untuk memilih "cek semua layanan yang terdaftar".

3. Jika ternyata nomor XL Anda tidak ada dalam daftar konten berbayar, akan ada pemberitahuan "Anda tidak terdaftar layanan apapun". Jadi kesimpulannya, pulsa Anda aman-aman saja.

4. Tetapi jika ternyata ada layanan konten berbayar yang aktif, maka pilih saja "Unreg/Stop".

5. Jika setelah Unreg pulsa nomor XL Anda masih hilang tersedot, langkah terbaik segera hubungi Call Center.

Ada begitu banyak informasi yang dapat Anda telusuri dengan mudah. Menggunakan handphone yang didukung paket data, semua yang Anda ingin ketahui telah tersedia d internet. Namun, ada hal yang mungkin memerlukan perhatian lebih, yaitu kehati-hatian dalam memilih suatu tautan yang tidak jelas.

Ketidaksengajaan Anda pada saat menggunakan HP itu wajar saja. Bagi Anda yang memang setiap hari membuka media sosial dan di media sosial ini ada penawaran atau promosi berbayar yang menyertakan nomor kontak, maka Anda harus bijak untuk membuat pilihan.

Baca juga : 

Halaman ini telah diperbarui pada 25 September 2022.

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Contact Form

Name

Email *

Message *