Terbaru

Cara Mudah Mengembalikan Sinyal Ponsel

Sinyal Yang Ada Di Sekitar Kita

Sinyal merambat di udara sebagai gelombang elektromagnetik yang dipancarkan melalui stasiun pemancar,agar dapat diterima oleh perangkat yang mempunyai antena penerima.

Ponsel termasuk dalam perangkat untuk menerima sinyal-sinyal yang dikirim oleh stasiun milik perusahaan-perusahaan besar yang berbasis telekomunikasi digital.Perusahaan -perusahaaan inilah yang kita kenal dengan istilah provider.

Sejalan dengan perkembangan tehnologi digital,muncullah sistem baru yang menjadi "tempat" ke-2 setelah millenium.Era/zaman baru yang kita jalani sekarang.Dimana di era baru ini,mayoritas masyarakat dunia sudah merasakan manfaat yang begitu besar,dalam menunjang kehidupannya di bumi.

Komunikasi Masa Lampau

Dulu sebelum ada tehnologi komunikasi jarak jauh,sistem komunikasi disampaikan melalui bidang ilmu khusus,yaitu ilmu kebatinan.Masa ini ada di zaman kejayaan kerajaan-kerajaan.Yang pada waktu itu bumi Nusantara dipenuhi berbagai macam ilmu kebatinan yang sangat kuat.

Pengaruh zaman kerajaan sampai saat inipun masih bisa kita saksikan.Sebagian orang mungkin masih setia melakukan ritual-ritual yang dulu dilakukan oleh nenek moyang pendahulu kita.

Dengan keyakinan yang kuat,orang-orang tertentu yang memiliki tingkatan ilmu kebatinan ini mampu berkomunikasi dengan orang yang berkemampuan sama,dalam jarak ratusan kilometer.

Bahkan konon ada yang bisa berkomunikasi dengan orang yang berbeda alam.Ilmu ini disebut Telepati.Suatu cabang ilmu yang berbasis komunikasi,namun hanya orang tertentu saja yang mampu melakukannya,sebab dibutuhkan latihan olah jiwa yang tekun dan sungguh-sungguh.

Selain komunikasi dengan ilmu khusus,ada juga cara lain untuk menyampaikan pesan ke orang lain.Yaitu dengan bantuan dari seekor burung merpati.Burung yang khusus dan terlatih,yang bertugas menyampaikan pesan dalam bentuk kertas kecil dan diselipkan di kakinya.Dengan media hewan,tentu ada kendala - kendala yang mungkin terjadi,seperti cuaca buruk yang menghambat perjalanan burung merpati untuk sampai tujuan,burung merpati tertangkap pemburu,dan mungkin penyebab lain yang mengakibatkan pesan tidak sampai.

Tehnologi Komunikasi Saat Ini

Kemudian,waktu berlalu zaman berganti,kemampuan akal manusia menjadi semakin berkembang dan maju.Komunikasi jarak jauh yang dulunya disebut Telepati,berganti menjadi Telepon.Cara berkomunikasi melalui telepon ini memanfaatkan kabel sebagai perantara sinyalnya.

Hingga sekarang,untuk berkomunikasi cukup kita menggunakan alat kecil seukuran saku.Media perantara agar sinyal sampai ke tujuan adalah udara di sekitar kita.Tersohor sebagai ponsel pintar Android.Perangkat canggih dalam genggaman tangan kita.

Tempat ke-2 inilah yang sekarang populer disebut internet.Dengan internet,segala kemudahan yang terkait dengan cara kita berkomunikasi,bisa kita lakukan dengan mudah dan praktis.

Hubungan Sinyal Dan Ponsel

Di awal kemunculan perangkat ponsel,sinyal menjadi satu nama yang terkait erat dengan komunikasi.Dan komunikasi ini adalah komunikasi jarak jauh tanpa menggunakan kabel.Jadi boleh dikatakan,sinyal ini aktif dan bekerja menggantikan tehnologi komunikasi yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya.

Dengan sinyal kuat,maka diharapkan komunikasi bisa kembali berjalan dengan lancar.

Kita sebagai pengguna ponsel pintar,tentunya ingin agar setiap kali kita akses internet,tidak terjadi masalah pada bagian sinyal dan jaringannya.Kita berharap,ketika kita transfer uang melalui ponsel ke rekening rekan kerja kita,tidak terjadi masalah.Transaksi berjalan lancar karena sinyal cukup kuat mengantarkan data melalui udara.

Bagaimana Cara Mengembalikan Sinyal Ponsel Yang Hilang?

Anda sebagai pengguna ponsel,bisa melakukan 6 hal seperti di bawah ini untuk mengembalikan sinyal yang hilang pada status bar ponsel anda.

1.Nonaktifkan Ponsel

Matikan sejenak ponsel untuk memberi keringanan pada sistem Android.Menonaktifkan ponsel untuk beberapa detik,diyakini bisa membuat sinyal kembali segar mengudara.Lakukan hal ini jika suatu saat ponsel anda tiba-tiba kehilangan sinyal.Untuk waktu 30 detik sampai  1 menit saja,sudah cukup bagi sistem agar mengembalikan apa hilang dari ponsel.

2.Aktifkan 5-10 Detik Mode Pesawat

Cara yang ke-2,anda bisa mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa detik,misalnya 5 detik.Mode pesawat atau airplane mode pasti ada pada semua tipe smartphone.Letaknya ada di menu yang bisa dilihat saat kita tarik layar dari atas ke bawah atau sebaliknya.Ikon kecil gambar model pesawat terbang.

Kemudian matikan/nonaktifkan lagi mode pesawat dan tunggu hingga sinyal mencari jaringan,lalu cobalah ponsel untuk melakukan dial panggilan atau berkomunikasi.

3.Kunci Jaringan

Untuk memilih salah satu jaringan yang aktif,anda bisa "menguncinya" agar hanya jaringan yang dipilih saja yang bekerja.Ada 3 pilihan sinyal,bisa 2G only,3G only atau 4G only.Caranya pada menu:

Pengaturan>>SIM ganda dan Data Selluler>>Jenis Jaringan>>Pilihlah salah satu.

Baca juga : Cara Jadikan Smartphone Sebagai Hotspot Wifi

Dengan cara ini diharapkan bisa membuat sinyal ponsel jadi lebih stabil dan juga konsumsi baterai bisa jadi lebih hemat.Karena ponsel tidak berganti-ganti sinyal secara otomatis,saat kita aktifkan ponsel ke internet maupun saat mode standard.

4.Mode Hemat Baterai 

Ada saat kondisi dimana baterai ponsel anda melemah,karena pemakaian yang sudah lama.Lalu untuk menghemat baterei agar tidak habis,mode hemat daya baterai diaktifkan.Maka,saat mode ini aktif,secara otomatis layar ponsel akan  meredup dan memutus jaringan ke internet.Akibatnya,bisa saja sinyal terhambat masuk sebab ponsel dalam kondisi sedang rileks,dan menahan sinyal untuk beberapa waktu.

Cara terbaik,matikan mode baterei agar sinyal kembali masuk.Dan segera charge ponsel anda agar baterei segera terisi.

5.Buka Jendela Mobil

Saat berkendara dengan mobil,dan semua kaca tertutup rapat,memang nyaman untuk kita.Sebab,terpaan angin dari luar tidak bisa masuk ke dalam.Anda tidak masuk angin.Tetapi,bila anda beraktifitas dengan ponsel dan mungkin juga browsing internet,sinyal terkadang terhambat oleh bidang kaca yang menjadi pelindung anda dari cahaya dan angin.

Cobalah untuk membuka kaca jendela mobil anda.Cukup setengah bagian saja,agar sinyal yang sedang antri diluar bisa segera masuk ke antena ponsel anda.Dan aktifitas telfon serta sms bisa lancar kembali.Jangan lupa untuk menutup kembali jendela mobil bila anda merasa sedikit pusing,atau mual karena masuk angin.

6.Dengarkan Radio

Mendengarkan radio dari ponsel Android anda mungkin saja bisa membantu.Gelombang radio yang mengalir masuk ke ponsel dan berubah menjadi suara orang menyanyi,siaran,informasi dan lain sebagainya,bisa menjadi pilihan untuk "memancing" sinyal.Sinyal GPRS yang dipancarkan oleh stasiun radio inipun bekerja diudara,bersama-sama sinyal pada nomor di ponsel anda.Meskipun juga level sinyal radio ada di bawah sinyal 4G saat ini,namun kehadirannya telah menjadi "pendahulu" dari sinyal-sinyal terkuat saat ini.

Bila Anda suatu saat kehilangan sinyal ponsel jangan kesal.Pasang headset radio pada ponsel dan nikmati beragam alunan musik,informasi aktual dan acara-acara menarik lain dengan santai,tanpa capek mata melihat di layar lebar  ponsel kesayangan Anda.Tunggu setelah beberapa menit sinyal kuat ponsel Anda akan kembali beraksi,mengantarkan anda mencapai internet yang tanpa batas.

Baca artikel terkait : Cara Mengatasi Sinyal 4G LTE yang Tidak Stabil

Halaman ini telah diperbarui pada 15 Juli 2020

Comments

Unitro Pulsa Terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya