Tips Membuat Halaman Privasi, About, Contact Dan Disclaimer

Kelengkapan sebuah situs/blog adalah ada tidaknya halaman Privasi,About,Contact dan Disclaimer.Dalam dunia blogging,kewajiban untuk menyertakan halaman penting ini sudah menjadi etika setiap webmaster yang menayangkan karya tulisnya di media internet.

Kita bisa melihat pada situs berita dan informasi berskala nasional yang setiap harinya ada ratusan ribu pengunjung,halaman khusus yang memuat informasi dasar ini menjadi navigasi utama dan pokok.Informasi yang disampaiikan dalam setiap halaman memberi tahu kepada kita sebagai pengguna bahwasannya situs yang sedang kita kunjungi itu adalah situs yang benar dan terpercaya.Disisi lain,bila kita ingin menuils artikel baru untuk situs blog kita sendiri,dengan sumber informasinya adalah dari situs yang mempunyai halaman pendukung.Maka kita bisa lebih yakin untuk menerbitkan artikel baru di situs kita.

Namun kita juga harus ingat untuk tidak menyalin seluruh artikel yang tampil,melainkan kita ambil poin-poin penting dan berkelanjutan.Kemudian kita kembangkan sendiri artikel baru nanti dengan gaya bahasa dan tulisan hasil olah kosakata kita sendiri.

Sekilas yang terlihat ,halaman Privasi serta About dan beberapa yang lain adalah halaman yang tidak menarik untuk dikunjungi.Hal ini karena tampilannya yang memang berbeda dari artikel utama serta tidak ada keterangan lain keculai kata itu sendiri.

Bentuk Tampilan Halaman

Sekilas yang terlihat,halaman Privasi serta About dan beberapa lainnnya adalah halaman yang tidak menarik untuk dikunjungi.Hal ini karena tampilannya yang memang berbeda dari artikel utama dan tertulis satu kata saja,tidak ada keterangan lain kecuali kata itu sendiri.

Fungsi Halaman

Fungsi halaman Privasi,About,Contact dan Disclaimer adalah :
  • Untuk memberitahu kepada kita sebagai pengunjung bahwa situs/blog tersebut di buat oleh manusia.
  • Sebagai halaman tujuan kita yang berkunjung apabila ingin mengetahui lebih jelas tentang siapakah nama orang atau perusahaan yang mengelola situs dan apa saja informasi yang disajikan.
  • Sebagai pedoman dalam beretika di internet.
  • Info yang berkelanjutan mengenai pihak mana yang telah bekerja sama.
Empat halaman ini pasti termuat pada situs-situs besar dan menengah.Disamping berfungsi sebagai halaman yang menyajikan informasi kebenaran,halaman-halaman pendukung ini juga menjadi syarat wajib apabila ingin memonetisasi blog sebagai Publisher iklan online.

Dimana Lokasi Untuk Menempatkan?

Bentuk halaman adalah tersusun dalam navigasi situs/blog di menu dropdown yang terletak di kanan atau kiri atas halaman.Ada juga yang diletakkan pada bagian bawah blog,berdampingan dengan tahun pertama penerbitan blog dan hak cipta.

Bila Anda akan membuat blog,lokasi yang umum untuk meletakkannya berada di bagian bawah halaman.Kalau blog Anda ada di host Blogger,Anda bisa membuka menu Tata Letak di dasbor blog,nama bagian untuk menempatkannya adalah bagian Footer.

Ada juga yang tampil di menu navigasi atas atau samping halaman.Tidak menjadi masalah dimana lokasi penempatan untuk tiga halaman "khusus" ini.Yang paling pokok adalah halaman jelas tersedia dan bisa dikunjungi oleh pengguna internet yang membaca artikel-artikel unggulan pada blog tersebut.

Tentang Isi Halaman dan Cara Membuatnya

Isi halaman berbeda dengan halaman-halaman lain yang telah tayang sebagai artikel utama.Dalam hasil pencarian oleh pengguna,halaman yang termasuk dalam kategori "halaman mandiri" ini langsung tersaring di Search Engine dan daftar judul yang tampil di hasil penelusuran.

Bagaimana cara membuat isi halaman Privasi,About,Contact dan Disclaimer?Berikut informasi yang bisa Anda jadikan pedoman:

Halaman Privasi

Privasi itu bermakna hal-hal yang sifatnya pribadi seseorang yang tidak boleh di salahgunakan oleh pihak lain.Dalam media internet Privasi ini lebih fokus kepada data pribadi dari pengunjung dan data perangkat yang digunakan untuk mengakses internet.

Data apa saja yang ada kaitannya dengan orang termasuk nama,alamat email dan nomor ponsel.Data yang ada pada perangkat ponsel akan menampilkan diantaranya adalah nama brand ponsel,alamat IP,data provider,dan negara asal pengunjung yang mengakses.

Sehingga dalam pengertian yang berkaitan dengan etika di internet,halaman Privasi adalah halaman yang menyajikan informasi mengenai bagaimana aktifitas kita yang berkunjung ke suatu situs dan blog benar-benar AMAN dari  penggunaan yang merugikan.

Situs tujuan pengguna benar-benar menjamin keamanan data dari pengunjungnya.

Untuk membuat halaman Privasi yang baik dan informatif,Anda bisa menuliskan tentang hal-hal berikut:
  • File Log: memuat data pengguna situs yang tersimpan pada layanan host dari situs yang dikunjungi.
  • Cookies Iklan Pihak Ketiga: memuat link ke situs luar sebagai penyedia layanan iklan.
  • Informasi Perlindungan Anak: memuat hal-hal yang berkaitan tentang perlindungan anak di bawah umur saat mengakses situs.
  • Informasi Program Affiliasi : bila Anda menjadi affiliate,maka informasi tentang adanya link yang mengarah ke situs utama bisa ditulis di sini.
Karena pentingnya halaman Privasi ini,setiap situs yang benar-benar ingin menjadikan situs/blog tersebut sebagai media untuk berbagi,maka sampaikan informasi dengan sebaik-baiknya.

Halaman About

About dalam bahasa Indonesia artinya Tentang.Halaman About adalah halaman yang menyajikan informasi tentang topik atau tema blog Anda.

Topik bermakna pokok bahasan yang utama dari blog.Pada halaman ini,Anda bisa membuat paragraf bersambung yang mendeskripsikan tentang konten utama blog Anda.

Berikut contoh kalimatnya:

"....blog dengan nama.....adalah blog yang menayangkan informasi tentang......".Dimulai pada tahun 2017 dengan penulis artikel yang mempunyai pengetahuan di bidang....".

Halaman Disclaimer

Halaman Disclaimer adalah Halaman yang menyajikan informasi tentang Sanggahan atau Penolakan.
Konten apa saja yang Anda terbitkan sebagai artikel postingan adalah bersifat informatif yang tertuang dalam bentuk tulisan.Karena sifatnya yang informatif ini maka tidak menjamin akan ada kesesuaian dengan apa yang di inginkan pengunjung yang sedang mencari informasi di blog Anda.

Apabila memang pembaca menemukan ada bagian halaman yang menurut mereka kurang sesuai,maka penilaian dari pembaca ini segera dapat di maklumi,sebab Anda sudah memberi informasi bahwa artikel di blog Anda itu bersifat informatif semata.

Bisa benar dan sesuai,bisa juga tidak sesuai harapan dari pembaca.

Berikut contoh kalimatnya:

".....Saya menyadari bahwa ada banyak informasi yang serupa dengan yang saya sampaikan pada artikel yang telah tayang.Apabila dalam penyampaian informasi ini ada yang kurang sesuai harapan,atau ada kekeliruan yang mungkin tidak secara sengaja termuat dalam tayangan artikel,maka dalam hal ini saya pribadi sebagai pengelola blog yang memiliki kekurangan,harapan saya untuk dimaklumi adanya."

Dapat juga dituliskan, "........tidak ada keikutsertaan dalam layanan tersebut",bila memang blog Anda mempunyai tema yang hampir sama dengan blog orang lain.

Tujuannya adalah Anda(sebagai pengelola Blog),ingin agar pembaca mengetahui bahwa Anda tidak mengambil karya tulis orang lain,namun semua artikel adalah asli hasil karya tulis Anda bukan tindakan yang sendiri.Selain itu,dalam etika media online yang sekarang Anda buat sebagai konten digital di tus Anda,mengambil hasil karya atau hak milik orang lain adala tindakan yang dilarang.

Halaman Contact

Halaman Contact adalah halaman yang memuat data untuk terhubung langsung kepada Anda sebagai pengelola blog.Umumnya halaman ini menyertakan alamat email dan nomor ponsel.Tujuan pengelola menyertakan data kontak ini adalah agar pengunjung dapat berkomunikasi langsung bila ada hal-hal penting yang ingin disampaikan.

Halaman Contact biasanya juga menyertakan informasi Profil atau data diri penulis situs.Anda bisa memilih salah satu antara Contact atau Profil untuk tampil bersama halaman Privasi,About dan Disclaimer.

Baca juga : Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Contact Form

Name

Email *

Message *