Cara Setting APN Nomor Telkomsel Untuk Akses Internet Cepat



Setting APN adalah salah satu dari beberapa cara untuk mengatasi masalah jaringan internet. Untuk Anda pelanggan nomor Telkomsel, setting APN dapat membantu untuk mempercepat koneksi internet Anda. Dengan mengetahui cara pengaturan APN Telkomsel pada dua tipe perangkat berOS, Android dan iPhone, Anda mungkin mendapatkan solusi internet cepat.

APN singkatan dari Access Point Name. APN berguna sebagai cara operator jaringan internet atau provider seluler agar terhubung dengan perangkat yang Anda gunakan. Setelan jaringan sudah tersedia di pengaturan default, namun dengan memahami informasi tentang cara setting APN, setidaknya Anda mendapatkan jawaban atau solusi ketika akses internet mengalami masalah. Meskipun sebenarnya ada beberapa cara mengatasi masalah jaringan, melakukan setting APN adalah cara pertama yang dapat Anda pilih.

Setelan Jaringan Default Di Perangkat Anda

Jika nomor SIM Anda sudah mendukung tehnologi jaringan 4G, maka secara default sinyal yang aktif akan menandai setelan di bagian 4G (preferensi)/3G/2G. Setelan jaringan ini termasuk dalam "jenis jaringan" LTE/UMTS auto (PRL). Di bawahnya terdapat beberapa jaringan sebelum 4G.

Mode jaringan berada dalam menu "Kartu ganda dan jaringan seluler". Anda mungkin telah memahami bagian ini. Mode jaringan berguna untuk mengunci jaringan atau mengubahnya. Mengunci jaringan berarti memilih hanya satu jaringan saja. Mengubah jaringan berarti memilih  salah satu jaringan aktif yang lebih rendah lalu menggunakannya beberapa waktu. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah layanan jaringan terbaru sedang mengalami masalah atau tidak. Misalnya, meskipun jaringan 4G lebih dominan digunakan, namun jika jaringan ini mengalami kendala, Anda mungkin dapat mengubah jaringan dengan mengaktifkan 3G beberapa saat. Kemudian, memilih kembali jaringan 4G.

Melakukan Pengaturan APN

Informasi tentang APN akan menampilkan beberapa cara untuk mengisi data yang diperlukan di bagian "Kartu ganda dan jaringan seluler" pada menu Pengaturan di setiap handphone. Secara otomatis, APN akan aktif ketika kartu SIM sudah terpasang pada handphone. Ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas koneksi internet pada perangkat Android atau iPhone. Salah satunya adalah setelan APN yang kurang sesuai. Ini berarti, pada saat koneksi internet terasa lambat, pengguna akan mencari bagaimana cara mempercepat kembali koneksi internet mereka.

Beberapa hal yang dapat dilakukan seperti misalnya, menggunakan mode pesawat (mengaktifkan mode pesawat beberapa detik lalu menonaktifkan lagi), merubah jaringan dengan cara mengunci sinyal, memeriksa kuota internet, berpindah lokasi dan juga termasuk setting APN.

Meskipun hal-hal yang tersebut di atas sudah Anda lakukan, mungkin saja hasil yang Anda harapkan untuk menggunakan internet cepat belum maksimal. Masih saja ada kendala lambat di jaringan. Sehingga Anda berinisiatif untuk mencari pengaturan alternatif agar koneksi dapat secepat seperti yang Anda inginkan yaitu merubah setelan APN. Dengan setting APN yang tepat, manfaat yang bisa Anda ambil adalah Anda dapat terhubung ke jaringan internet tanpa kendala. Anda sepuasnya bisa browsing, membuat konten baru di blog, menyaksikan video YouTube, bermain game online dan lainnya.

Ada 6 APN Untuk Nomor Telkomsel

Artikel ini bertujuan untuk membantu Anda pelanggan kartu Telkomsel prabayar dan pascabayar. Sebagai pelanggan Telkomsel, Anda mungkin ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang setelan APN di nomor SIM Anda sendiri. 

Melakukan sinkronisasi email berguna ketika email Anda tidak bisa menerima pesan. Demikian halnya dengan melakukan pengaturan APN, berguna untuk memperbaiki atau mengatasi jaringan yang mungkin agak lambat untuk akses internet. Mengatasi masalah yang terkait dengan jaringan memang membutuhkan sumber dari layanan pusat yang menjadi operator jaringan tersebut. 

Untuk cara setting APN nomor Telkomsel, situs resmi di jaringan seluler pertama di Indonesia ini memang sudah memberikan solusinya namun tidak secara detail. Informasi menjadi kurang lengkap jika tanpa mengunjungi sumber-sumber referensi lainnya. Sehingga, cara melengkapi informasi tentang setting APN nomor Telkomsel berikut membawa akses kembali dengan menyebutkan ada 6 setelan APN untuk nomor Telkomsel.

Berikut 6 APN untuk nomor Telkomsel untuk Anda:

1. APN Telkomsel Default

2. APN Telkomsel 4G

3. APN Telkomsel 4G Alternatif

4. APN Telkomsel 4G Stabil

5. APN Telkomsel Khusus Untuk Game

6. APN Telkomsel Khusus Untuk Streaming YouTube
 

1. APN Telkomsel Default

Setelan default berarti setelan bawaan dari perangkat Anda. Setting APN Telkomsel Default mewakili cara standar untuk akses internet. Anda tidak perlu mengubah semua hal. Masukkan data yang diperlukan seperti berikut untuk kecepatan akses yang mengikuti kartu SIM pengguna.

Nama: internet

APN: internet

MCC: 510

MNC: 10

Jenis APN: Default

Protokol APN: IPv4

Protokol roaming APN: IPv4

Aktifkan/nonaktifkan APN: APN diaktifkan

Operator: Tidak ditentukan

2. APN Telkomsel 4G

Bagian ini dapat Anda terapkan untuk kartu SIM yang sudah mendukung jaringan 4G.

Nama: Telkomsel 4G

APN: internet

MCC: 510

MNC: 10

Jenis APN: Default

Protokol APN: IPv4

Protokol roaming APN: IPv4

Aktifkan/nonaktifkan APN: APN diaktifkan

Operator: Tidak ditentukan

3. APN Telkomsel 4G Alternatif

Jika jaringan 4G standar masih mengalami kendala, setelan alternatif berikut juga dapat Anda tambahkan.
 
Nama: Telkomsel 4G alt

APN: Telkomsel

Nama Pengguna: wap

Kata Sandi: wap 123

MCC: 510

MNC: 10

Jenis autentikasi: PAP atau CHAP

Jenis APN: default,supl

Protokol APN: IPv4

Protokol roaming APN: IPv4/IPv6

Aktifkan/nonaktifkan APN: APN diaktifkan

Operator: LTE

4. APN Telkomsel 4G Stabil

Setelan berikut untuk mendapatkan akses internet yang lebih stabil, khususnya ketika waktu dimana banyak orang sedang di rumah. Misalnya sore hari jam 5 hingga tengah malam jam 10.

Nama: Telkomsel Stabil

APN: internet

Proxy: default

Port: default

Nama Pengguna: wap

Kata Sandi: wap 123

Server: default

MMSC: -

MCC: 510

MNC: 10

Jenis autentikasi: PAP

5. APN Telkomsel Khusus Untuk Game

Untuk Anda yang menyukai game online, setelan berikut dapat Anda terapkan sebelum bermain. Isilah informasi yang dibutuhkan seperti di bawah, setelan lainnya tetap.

Nama: APN Super Gaming

APN: nxtgenphone

Proxy: 203.6.149.156

Port: 80

Nama Pengguna: tidak ada 

Kata Sandi: tidak ada

Server: kosong

MMSC: mmsc.mobile.att.net

MMS Proxy: proxy.mobile.att.net

MMS Port: 80

6. APN Telkomsel Khusus Untuk Streaming YouTube

Setelan berikut untuk menyaksikan video streaming melalui saluran YouTube.

Nama: APN Streaming YouTube

APN: mms

Proxy: kosong

Port: kosong

Nama Pengguna: wap

Kata Sandi: wap 123

Server: kosong

MMSC: mms.telkomsel.com

MMS Proxy: kosong

MMS Port: 8080

Bagaimana Cara Setting APN Di Perangkat Android Dan iPhone?

Android dan iPhone adalah dua model perangkat komunikasi tercanggih saat ini. Tehnologi iPhone mungkin lebih tinggi dari Android. Namun, keduanya masih tetap berjalan seiring untuk digunakan sebagai alat yang mampu menempati ruang-ruang kosong di internet.

Setelan APN di Android

Untuk membuka lokasi tempat APN berada, handphone Anda mungkin berbeda letaknya. Namun secara umum, APN berada di menu yang menandai setelan untuk kartu SIM, berikut langkahnya:

1. Buka aplikasi Pengaturan di HP Anda.

2. Temukan "Kartu ganda dan jaringan seluler".

3. Jika Anda memasang dua kartu SIM, kedua SIM akan menampilkan informasi terkait jaringan seluler. APN seharusnya sudah Anda temukan.

4. Pilih "APN" lalu masukkan informasi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Setelan APN di iPhone

Untuk setelan APN di perangkat iPhone, berikut cara melakukannya:

1. Buka menu Pengaturan (Setting)

2. Pilih menu Seluler (Cellular)

3. Di halaman kotak dialog yang tampil, pilih Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)

4. Masukkan setelan APN sesuai 6 pilihan di atas. 

Bagaimana Jika HP Anda Tidak Terdapat Setelan Yang Dapat Menandai Untuk Menambah APN?

Beberapa handphone mungkin tidak mendukung untuk menyimpan APN lebih dari satu. Jika Anda hendak menambah setelan APN yang lain namun pada halaman tersebut tidak ada tanda atau navigasi yang memberitahu, misalnya "tombol +",  "tambah APN", atau "APN baru", maka HP Anda mungkin hanya menyediakan satu pilihan untuk menyimpan pengaturan APN.

Jika seperti ini, bagaimana solusinya? Solusinya adalah Anda simpan setelan untuk satu APN, untuk Anda gunakan menurut akses internet di jenis yang mana. Misalnya, Anda ingin bermain game PUBG, maka Anda buat APN khusus untuk bermain game (nomor. 5), Anda simpan dan Anda siap gunakan. Jika Anda ingin berganti ke jaringan asal, hapus data APN khusus untuk bermain game dan Anda gunakan setelan APN nomor 1 lalu simpan setelan tersebut.

Jika HP Anda mendukung navigasi yang menyediakan "tambah APN dan simpan", maka Anda dapat dengan mudah berganti setelan tanpa harus mengetik ulang setelan yang diperlukan. 

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Masuk Ke BIOS Laptop Lenovo B490 20207

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *