Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil


Ada dua langkah untuk menstabilkan sinyal 4G di HP Android:

1. Setting APN.

2. Mengunci Sinyal 4G dengan kode.

1. Setting APN

Ada kalanya ketika membeli perangkat baru dan memasang kartu SIM pada slot yang tersedia, sinyal yang aktif masih tidak stabil. Mungkin sinyal naik turun dari 2 garis ke 3 garis, tidak sampai 4 garis. Garis terpendek menandakan sinyal yang lemah sedangkan garis terpanjang menandakan kuatnya sinyal yang masuk pada ponsel Anda.

Jika Anda melihat ikon sinyal aktif hanya menandai 3 garis garis saja, ini artinya sinyal yang masuk ke ponsel kurang maksimal meskipun Anda dapat mengakses internet. Namun alangkah baiknya jika pada saat sedang mengakses internet atau melihat tayangan hiburan di YouTube, Tik Tok atau lainnya, Anda merasa tidak ada yang perlu disetel ulang pada pengaturan perangkat.
  
Tapi bagaimana bila akses internet Anda terganggu oleh karena sinyal yang tidak mampu membuka halaman situs informasi. Maka dari itu, agar akses internet dapat berjalan lancar tanpa kendala, Anda memerlukan beberapa setelan jaringan internet yang tersimpan. Pertanyaannya, pengaturan apa yang harus saya lakukan agar sinyal dapat kembali kuat? Jawabannya yang sesuai adalah Setting APN.

Apakah APN Itu?

APN singkatan dari Acces Point Name. Dalam bahasa Indonesia berarti Nama Titik Akses. Pengertian secara mudahnya adalah protokol atau aturan yang harus diikuti oleh pengguna  internet untuk memasukkan beberapa data tambahan pada ponselnya. Data ini adalah nama dalam huruf dan angka yang harus diketik pada bagian APN operator seluler yang aktif lewat kartu SIM yang terpasang pada ponsel/HP.

Bagaimana Cara Melakukan Pengaturan APN?

Kalau sudah mengetahui tentang pengertian singkat tentang APN, maka sekarang pertanyaan-nya dimana letak pengaturan APN itu? Mudah saja, tinggal Anda buka handphone dan menuju Pengaturan.

Dibawah ini informasi pengaturan APN untuk handphone Vivo khususnya tipe Y91C. Jika Anda pemilik HP selain Vivo, Anda mungkin dapat menggunakan cara ini juga.

Langkah selanjutnya:

1. Buka menu Pengaturan

2. Kartu ganda dan jaringan seluler lalu pilih SIM1(atau SIM2)>>APN>>buka halaman APN.

3. Ikutilah pengaturan defaultnya (jangan dirubah) dan rubahlah pada bagian ini:
  • Nama : Indosat internet (untuk kartu Indosat),Tekomsel internet(untuk kartu Telkomsel), dan kartu operator yang lain bisa menyesuaikan.
  • APN : indosatgprs(untuk kartu Indosat),telkomselgprs(untuk kartu Telkomsel), xlgprs(untuk XL),dan kartu dari operator lain bisa menyesuaikan, tinggal tambahkan "gprs" setelah nama operator seluler kartu Anda.
  • Nama pengguna dan Kata sandi, isilah dengan nama operator Anda.
  • Jenis Autentikasi,pilih PAP.
  • Yang lainnya biarkan apa adanya.
  • Periksa kembali barangkali ada kekurangan.
  • Langkah akhir pilih Selesei.
Maka dengan cara ini, beberapa saat kemudian sinyal akan tampil aktif hingga gari yang ke-4. Baiknya lagi, meskipun Anda melakukan pengaturan APN pada salah satu kartu SIM dan HP Anda terpasang di kartu, maka secara otomatis sinyal yang tampil pada kartu Anda satunya tersebut akan mengikuti langkah Anda pada kartu yang Anda pilih di awal.

Tapi umumnya pengguna akan memilih kartu pada slot SIM1 yang digunakan untuk mengaktifkan data internet, sedangkan SIM2 jarang yang menggunakan.

Mengapa APN itu penting untuk dikonfigurasi ulang?

Ada satu hal yang mungkin menjadi pertanyaan orang yang ingin mengakses internet dengan nyaman tanpa hambatan.Apa perlu mengatur ulang APN yang sudah tersimpan di ponsel?Sebenarnya cara ini dapat menjadi pilihan untuk langkah awal yang direkomendasikan.Memang perlu jika Anda adalah pengguna internet yang aktif tanpa terjeda waktu luang.

Jadi karena memang bisa bermanfaat dan bisa dicoba,maka Anda pun dapat dengan bebas memilih.Selanjutnya,untuk mendukung juga jika nantinya ada kendala sinyal yang tidak stabil,maka dibawah ini akan turut serta pula menjadi pilihan kedua yang disarankan.

2. Mengunci Sinyal 4G Dengan Kode

Kalau pada langkah 1 di atas di gunakan untuk pengaturan APN agar sinyal dapat maksimal, maka pada pilihan kedua ini, Anda akan melakukan penguncian sinyal khusus 4G.

Untuk beberapa tipe HP, kode yang diketikkan pada layar tidak akan muncul. Kurang tahu mengapa tidak semua Android dapat mendukung cara ini, namun jika Anda adalah pengguna Android Oppo,Vivo, maka Anda dapat menemukan halaman baru yang menarik setelah memasukkan kodenya.

Untuk membuka halaman pengaturan menuju jaringan, secara default bawaan ponsel adalah pada menu Pengaturan dan memilih Mode Jaringan.

Akan ada 4 pilihan untuk memilih:
  • 4G(preferensi)/3G/2G
  • 3G(preferensi)/2G
  • 3G saja
  • 2G saja
Dari 4 pilihan jaringan yang telah tampil, Anda akan memilih urutan yang paling atas,bukan?.Iya tentu saja karena sinyal 4G adalah sinyal terbaik yang diinginkan.

Namun terkadang ada saja kendala ketika Anda berada pada tempat dimana sinyal 4G tidak sampai, sehingga akses internet menjadi tampilan bola yang berputar-putar lama. Menjadikan waktu lama yang membosankan Anda yang ingin sekali mengunjungi situs informasi terbaru.

Beberapa kali Anda menggoyang-goyangkan HP berharap sinyal segera tertangkap kembali, namun belum juga berhasil. Untuk itulah, Anda dapat melakukan sedikit modifikasi agar sinnyal 4G pada HP Anda dapat kembali aktif.

Langkah-langkah : 
  • Buka aplikasi telepon.
  • Ketik kode *#*#4636#*#*.
  • Jika kode tidak bekerja ganti angka 6 menjadi angka 8,menjadi *#*#4838#*#*. Hal ini mungkin saja Anda temui,mengingat ada beberapa merk ponsel yang berbeda.
  • Jika berhasil,akan tampil halaman baru dengan beberapa menu pilhan: Informasi telepon, Statistik penggunaan, Wi-fi informasi.
  • Pilih Informasi telepon.
  • Cari Jenis jaringan yang disukai, pilih ikon panah ke bawah yang ada di sebelah kanan. Hal ini akan menampilkan nama-nama jaringan yang sedang aktif.
  • Geser layar ponsel dan temukan nama jaringan LTE Only.
  • Pilih jaringan LTE Only ini dan tutup langsung halaman yang tampil.
  • Sampai di langkah ini Anda sudah mengunci sinyal 4G agar tetap berada pada ponsel Anda.
  • Selesei.
Sebenarnya artikel terkait sinyal dan jaringan seluler ini sudah tertulis sebelumnya di blog ini. Ingin lebih mudah mengetahui, Anda bisa mengunjungi halaman  Cara Mengatasi Sinyal 4G Yang Tidak Stabil.

Kesimpulan

Setidaknya Anda telah berusaha untuk membuat pengaturan ulang pada APN bawaan HP Anda. Bila pengaturan APN ini sudah sesuai dengan apa yang saya tuliskan di atas, namun ternyata masih Anda temukan kendala saat mengakses internet, hal itu mungkin saja ada gangguan dari beberapa hal memang umum terjadi. Tapi beberapa saat kemudian, sistem kembali normal dan Anda bisa kembali beraktifitas untuk browsing dan chatting di media sosial populer.

Baca juga : Membuka Jalan Penghasilan Melalui Blogging Dan Vlogging

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Contact Form

Name

Email *

Message *