Terbaru

Dukungan WhatsApp Dalam Upaya Mencegah Penyebaran Virus Corona

Diawal tahun 2020 sekarang,dunia dikejutkan oleh peristiwa yang membuat seluruh penduduk bumi merasa was-was.Peristiwa ini adalah pandemi(wabah) penyakit yang sebabkan oleh virus,kemudian diketahui nama dari virus yang menggemparkan ini adalah virus COVID-19,populer disebut virus Corona.

Virus komputer akan menghentikan software dan sistem pada perangkat.Virus Corona menyerang manusia dan dapat menyebabkan penderitanya gagal nafas hingga pingsan,sampai akhirnya penderita mengalami seperti yang banyak kita lihat dan dengar informasinya di berbagai situs berita dan media elektronik.


Tempat Asal Munculnya Virus Corona


Gejala awal terjadinya pandemi virus Corona adalah datang dari negeri Cina,di salah satu kota dengan jumlah penduduk yang besar yang bernama kota Wuhan.


Peristiwa dimulai dari rekaman CCTV  dimana ketika itu keadaan kota sebagai pusat bisnis dan ekonomi,orang orang berjalan berlalu lalang menurut kebutuhan masing-masing.


Namun,dalam rekaman CCTV tersebut,puluhan orang yang sedang beraktifitas itu tiba-tiba jauh pingsan tanpa diketahui sebabnya.Kepanikan saat itu bertambah karena semakin banyak saja orang yang mengalami pingsan mendadak.Beberapa saat datang tim kesehatan kota dan para pasien segera dibawa ke rumah sakit terdekat di kota Wuhan.


Yang terjadi sungguh mengejutkan.Sebagian besar pasien dibawa untuk diobati telah mengalami gagal nafas hingga tidak bisa ditolong lagi.Karena kejadian ini menimpa banyak orang dalam waktu yang bersamaan,efeknya sungguh di luar dugaan,hingga akhirnya informasi tersebar dengan cepat ke seluruh dunia.


Para ahli kesehatan yang telah menyelidiki penyebab dari peristiwa ini,telah menyimpul


mengapa banyak pasien pingsan secara tiba-tiba dan bersamaan hingga menyebabkan sistem pernafasan tidak berfungsi.


Sampai saat ini,telah diketahui penyebaran virus Corona hingga hampir ke semua negara-negara di luar asal munculnya virus.Termasuk Indonesia.


Menurut informasi yang telah sampai,saat saya terbitkan artikel ini,hari Kamis,19 Maret 2020,jumlah pasien yang positif terjangkit virus Corona ada 227 pasien.Padahal awalnya hanya 2 orang yang diketahui positif membawa virus Corona.


Dukungan WhatsApp Dalam Bentuk Pusat Informasi 

WhatsApp adalah aplikasi sosial berbasis pesan instan dengan  jutaan pengguna di seluruh dunia.Sebagai bagian dari tehnologi informasi yang dapat menghubungkan jutaan orang secara live,pihak perusahaan turut berpartisipasi,berusaha dan bersama-sama pihak terkait untuk bekerjasama mencegah penyebaran virus Corona agar tidak sampai menimpa  lebih banyak orang lagi.

Pihak terkait yang dimaksud adalah pihak-pihak yang dibutuhkan masyarkat ketika ada peristiwa darurat yang menyangkut suatu penyakit berbahaya seperti saat ini,diantarnya dari Dinas Kesehatan Pusat dan Pemerintahan pusat.


Dukungan terutama fokus kepada cara berkomuikasi secara real time antar pengguna dalam ruang lingkup grup,chat pribadi,maupun informasi dari pihak kesehatan sebagai administator dari grup,dimana pesan-pesan yang yang akan disampaikan menggunakan artikel maupun dalam bentuk video yang tayang secara live.


Agar pengguna terhindar dari penyebaran virus Corona,pihak perusahaan telah menyediakan pusat informasi yang tertuju,dan khusus membahas tentang virus Corona.


Tujuan informai ini dikeluarkan adalah untuk memberi pengertian kepada pengguna bagaimana caranya agar tetap terhubung dengan penguna lainnya namun tidak secara langsung mengadakan suatu pertemuan.


Jenis Dukungan yang Bisa Di Akses Pengguna


Apa saja dukungan yang dapat kita buka pada situs?Berikut kriterianya:


Masyarakat umum

1.Terhubung secara jarak jauh.
2.Memilih sumber informasi yang terpercaya.
3.Membantu mencegah penyebaran info yang tidak jelas.

Pemimpin Masyarakat
1.Tenaga kesehatan.
2.Tenaga pengajar.
3.Nonprofit dan Pemerintah setempat.
4.Bisnis lokal.

Menuju Halaman Dukungan Di Situs WhatsApp

Ada dua cara untuk kita agar bisa mengakses halaman Pusat Informasi WhatsApp:

1.Menggunakan browser dengan mengunjungi situs web dari WhatsApp.
2. Melalui aplikasi WhatsApp pada ponsel kita masing-masing.

Untuk pilihan yang pertama,Anda bisa langsung membuka aplikasi peramban bawaan ponsel,umumnya adalah Chrome.Bisa juga melalui UC Browser,atau aplikasi browsing internet yang lainnya.Yang penting menjaga HP Anda agar tidak menggunakan aplikasi yang dapat merugikan diri dan membuat sistem Android mengalami gagal sistem.


Untuk pilihan ke-2 tentu lebih mudah Anda lakukan sebab siapapun saja sekarang pasti mempunyai akun WhatsApp.


Langkah-Langkah 


Sebelum menuju halaman Dukungan pada situs,pastikan kuota Anda cukup untuk mengakses internet.Berikut langkahnya:



  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Di halaman Chat,pilih ikon navigasi kanan atas.
  • Pilih Setelan>> Bantuan>>Pusat bantuan.
  • Bagian bawah layar akan muncul aplikasi browser untuk pilhan Anda membuka situs.
  • Pillih aplikasi default,yaitu Chrome.
  • Anda akan dialihkan menuju halaman Beranda situs WhatsApp.
  • Pilih navigasi situs di kanan atas.
  • Gesek jari ke atas agar layar bergerak ke bawah,sampai tampil halaman bawah dari situs.
  • Temukan menu Dukungan dan pilih Coronavirus.
  • Pilih menu dan Anda bisa saksikan sendiri halaman  Dukungan sebagai Pusat Informasi telah tampil di layar HP.
  • Anda bisa mulai mendapat informasinya di halaman ini.
Kesimpulan

Tetap menjaga kesehatan diri terutama cuci tangan sebelum makan dan setelah bekerja adalah saran terbaik agar kita terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri.Lebih baik lagi jika Anda menyediakan hand sanitiser sendiri di rumah agar keluarga selalu terjaga kebersihan tangan setelah memegang benda-benda di sekitar rumah.

Baca juga : Fitur Verifikasi 2 Langkah Untuk Keamanan Akun WhatsApp

Comments

Unitro Pulsa Terbaru

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya