Cara Membuat Surat Keterangan Usaha Untuk Bisnis Rumahan Skala Kecil


Surat Keterangan Usaha atau SKU adalah berkas penting yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang menjalankan usaha. Untuk Anda yang berencana membangun usaha atau Anda yang sudah memiliki usaha kecil menengah(UKM) namun belum memiliki Surat Keterangan Usaha, segeralah mengurus berkas penting yang menjadi legalitas usaha Anda. Artikel ini memberi informasi untuk Anda tentang cara membuat Surat Keterangan Usaha untuk bisnis rumahan skala kecil. Membuat Surat Keterangan Usaha cukup mudah dan tanpa biaya. Dengan memilikinya,Anda akan mendapatkan manfaatnya.

Untuk mendapatkan informasi usaha kecil menengah, pengguna mengakses internet dan mengetik kata kunci bisnis dan usaha rumahan, kemudian mereka menemukan situs Anda. Mungkin mereka tertarik dengan artikel-artikel yang Anda buat dan ingin juga membangun usaha rumahan seperti Anda. Beberapa menit waktu yang di butuhkan pengguna untuk membaca dan mendapatkan informasi tentang usaha rumahan yang Anda tulis di situs. Dari sebagian besar pengguna, mereka lebih memilih situs yang memiliki legalitas,transparan dan ketentuan bagi pengguna tentang penggunaan layanan apa saja yang disertakan. Pada akhirnya,dengan adanya informasi ini bertujuan untuk menyakinkan bahwa Anda memang pelaku usaha yang tepat untuk dijadikan sebagai sumber referensi bagi mereka.

Usaha Rumahan adalah bisnis skala kecil sampai menengah dengan karyawan yang tidak lebih dari 50 orang. Jika Anda pernah mengetahui informasi tentang bantuan dana untuk pelaku UKM dari Facebook, Anda mungkin telah mendapatkan dana bantuan ini. Dengan dana bantuan yang disalurkan oleh perusahaan pendanaan kepada mereka yang menjalankan bisnis skala kecil menengah, dan termasuk Anda, diharapkan bisa membantu Anda agar usaha tetap berjalan meskipun dalam masa pandemi. Ini adalah salah satu manfaat jika usaha Anda memiliki berkas yang menandai tentang legalitas usaha Anda. Kemampuan ekonomi yang menopang usaha bergantung dari pendapatan yang telah dihitung dalam waktu satu tahun. Jika pada tahun ini laba bersih yang Anda peroleh menunjukkan data yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya maka usaha Anda telah mampu mengawalinya dengan lancar. 

Usaha Yang Mudah Untuk Dijalankan Di Rumah

Contoh paling mudah untuk membangun usaha rumahan adalah membangun server pulsa. Usaha server pulsa bekerja melayani kebutuhan pulsa untuk masyarakat luas. Dalam tata usaha bidang pekerjaannnya, server pulsa memerlukan beberapa orang yang terbentuk dalam sebuah tim kerja dan bertugas menurut divisi masing-masing. Divisi IT mungkin akan bekerja terkait bidang software dan hardware. Divisi CS akan melayani konsumen atau agen yang memerlukan bantuan. Divisi master dealer akan mencari agen untuk bekerja bersama dalam lingkungan kerja online.  

Meskipun banyak sever pulsa yang ada di lingkungan seputar bisnis pulsa, hal ini tidak menghalangi Anda untuk membangun sendiri usaha Anda tanpa meniru model usaha yang sudah ada. Ini artinya, Anda memiliki kemampuan yang handal untuk merencanakan bagaimana merk dan desain dari tampilan situs web server Anda sendiri. Dengan mengawali untuk jadi agen pulsa, setidaknya Anda telah mempunyai bekal pengetahuan tentang cara kerja server pulsa melayani konsumen. Agen pulsa sendiri pada awalnya juga mengikuti panduan dari aplikasi pulsa yang menjadi pilihannya. Software pulsa dan beberapa perangkat yang diperlukan mungkin akan Anda gunakan nanti.

Untuk contoh usaha lainnya, Anda bisa memulai membuka cafe atau bengkel produksi mesin mixer untuk adonan kopi gula. Usaha Anda membuka cafe mungkin berbeda dengan pelaku usaha pemilik bengkel mesin yang membuat mesin mixer. Namun,dengan Anda memiliki dokumen resmi yang menandai legalitas cafe Anda maka secara tidak langsung,pemilik bengkel mesin yang membuat mixer kopi gula tersebut akan mengkampanyekan nama Anda sebagai partner usaha mereka. Ini berarti cafe Anda adalah cafe dengan brand ternama dengan jaringan partner usaha yang meliputi usaha produksi mesin mixer kopi dan gula. Ada hubungan yang saling menguntungkan antara kedua pihak.

Manfaat Memiliki Surat Keterangan Usaha 

Untuk sebuah perusahaan kecil menengah yang sudah mempunyai surat keterangan usaha, sebagai pemilik, ada manfaat yang bisa Anda dapatkan. Meskipun seandainya Anda tidak menggunakannya untuk beberapa keperluan seperti yang tertulis di bawah ini, namun dengan memilikinya, itu sudah menjadi seperti 'kartu penduduk' dan sebagai dentitas resmi tentang usaha Anda. Berikut beberapa manfaatnya: 

A. Sebagai Surat Jaminan Pinjaman Ke Bank

Jika Anda hendak mengajukan pinjaman ke bank, SKU Anda mungkin bisa berguna. Berkas resmi yang sah dan memuat  properti data perusahaan Anda, bagi pihak bank ,akan menjadi bukti bahwa calon peminjam telah memiliki usaha yang telah resmi terdaftar. Dengan status legalitas usaha Anda, pihak bank akan mendapatkan kepercayaan dari pihak-pihak yang bersangkutan termasuk para pemberi bantuan dana yang menjadi mitra kerja pihak bank.

B. Pengajuan Tarif Dasar Listrik

Ada yang mengatakan, dengan SKU Anda bisa mengajukan tentang tarif dasar listrik agar lebih murah. Ini membuat Anda dapat lebih leluasa untuk mengatur pengeluaran daya listrik yang terpakai selama usaha beroperasi. Dengan penggunaan tarif dasar listrik lebih murah, Anda berkesempatan mendapat layanan listrik yang maksimal namun biaya yang Anda keluarkan tidak memberatkan. 

C. Mengikuti Lelang Atau Tender

D. Keperluan NPWP

Apa Saja Persyaratan Yang Anda Perlukan?

Informasi untuk apa saja persyaratan yang diperlukan ketika Anda hendak mengajukan berkas ke dinas terkait. Persyaratan adalah kumpulan dokumen,berkas dan identitas resmi pribadi yang membantu melengkapi untuk mengurus pembuatan SKU. Penting untuk diketahui, jika Anda belum memiliki Kartu Tanda Penduduk(KTP) maka langkah pertama untuk melakukannya adalah segeralah mengurus data identitas kependudukan Anda ini. Selain menjadi identitas asli Anda, KTP sangat penting untuk semua keperluan yang berkaitan dengan status penduduk suatu negara. Jadi, jangan sepelekan KTP Anda. 

Berikut 4 syarat utamanya:

1. Fotokopi KTP dengan menunjukkan aslinya.

2. Fotokopi Kartu Keluarga.

3. Surat Pengantar dari RT - RW setempat.

4. Surat Permohonan bermaterai Rp6.000

Berkas fotokopi KTP dan KK mudah di dapat. Yang diperlukan adalah surat pengantar RT -  RW. Untuk mendapatkannya Anda diharuskan mengunjungi RT - RW di tempat Anda berdomisili. 

1. Surat Pengantar RT - RW

Untuk langkah pertama ini, Anda harus mengunjungi Ketua RT di tempat tinggal Anda sekarang. Jika Anda penduduk asli kampung atau desa, mungkin Anda sudah lebih dulu mengetahui informasi bagaimana tata cara mengurus berkas atau dokumen resmi. Surat pengantar RT - RW adalah berkas awal yang memuat data diri Anda dan untuk 'mengantar' tujuan Anda ke tingkat desa atau Kelurahan . Berkas ini ada di setiap wilayah RT - RW Anda. Sampaikan maksud Anda kepada Pak RT bahwa Anda ingin mengajukan pembuatan Surat Keterangan Usaha. Demikian juga nanti pada saat Anda menuju Pak RW. Kemudian, setelah mendapatkan surat pengantar yang telah ditandatangani keduanya, langkah berikutnya menuju ke Kelurahan. 

2. Pengajuan Di Tingkat Desa / Kelurahan

Setelah mendapat surat pengantar dari RT - RW, Anda selanjutnya menuju ke kantor kelurahan untuk ditidak lanjuti oleh petugas yang berwenang, termasuk stempel dan tanda tangan Kepala Desa Anda. Di tingkat Kelurahan, formulir pengajuan Surat Keterangan Usaha siap untuk Anda isi. Agar tidak terjadi kendala di kemudian hari, setelah mengisi data diri dan semua yang berkaitan dengan nama usaha Anda, periksalah kembali dan pastikan semuanya sudah sesuai. Sampai di tingkat Kelurahan ini, dokumen resmi usaha Anda sudah Anda miliki, namun masih ada satu lagi prosesnya. Anda perlu ke kantor Kecamatan sesuai alamat Anda dan di sinilah semua status tentang legalitas usaha sesuai dan memenuhi syarat. 

3. Pengesahan Di Tingkat Kecamatan

Langkah terakhir,setelah mendapatkan Surat Keterangan Usaha dari kantor kelurahan, Anda harus mengesahkannya di kantor Kecamatan. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menyampaikan niat Anda dan menyerahkan berkas yang sudah Anda dapatkan dari Kelurahan. Jika memang diperlukan, berkas Anda mungkin di ganti dengan data yang lebih lengkap.Termasuk menyertakan materei yang bertanda tangan atas nama instansi terkait pengesahan surat.

Membuat Surat Keterangan Usaha ternyata mudah dan tanpa biaya. Tahun depan,Anda perlu untuk memperpanjang masa aktif surat keterangan usaha ini,sebab menurut informasi ,masa aktif surat keterangan usaha berlaku selama 1 tahun.

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *