Mengenal Nodeflux,Startup Yang Membuat Tehnologi Vision-AI

Image source: Nodeflux

Perusahaan rintisan berbasis digital mulai ramai diperbincangkan pada awal tahun 2000an bersama dengan hadirnya internet dan media sosial yang mulai di kenal masyarakat. Aplikasi media sosial yang ada pada setiap handphone adalah sumber informasi dari semua aktifitas online yang di bagikan oleh setiap penggunanya. Dari tehnologi informasi ini,perusahaan digital mulai bermunculan dan berkembang menjadi cara baru untuk orang-orang profesional yang bekerja dalam ilmu komputer dan analisa pemrograman. Hingga sekarang kita mengetahuinya sebagai Startup.

Dalam jenis pekerjaan yang ada,startup mulai dari bidang transportasi, pasar online, keuangan, pengembang aplikasi dan tehnologi penataan suatu kota modern. Salah satu startup tehnologi digital  yang cukup terkenal sekarang adalah Nodeflux,startup yang merencana dan membuat produk solusi berbasis data,dengan cara memanfaatkan tehnologi hasil dari analisa data digital. Produk solusi itu adalah program data komputasi untuk merekam data dan menganalisanya lebih lanjut.

Di Nodeflux, semuanya di mulai di tahun 2016,oleh orang-orang yang profesional dalam membangun citra tehnologi digital. Dalam sekilas kutipan pada situs resmi menyampaikan bahwa perusahaan Nodeflux telah mengembangkan produk yang di beri nama Vision-AI. Ini adalah nama untuk beberapa  produk dan solusi yang mampu membuat analisa mandiri tentang pekerjaan-pekerjaan di dunia nyata,kemudian melalui hitungan berdasarkan data komputasi,pekerjaan- pekerjaan tersebut dibuat 'hidup' dan mampu berpikir layaknya manusia. Ini membuat  beberapa sektor pekerjaan yang memerlukan lebih dalam tentang Nodeflux, akan menjadi sektor pekerjaan penting di masyarakat. Mungkin juga akan membawa perubahaan baru tentang - misalnya - dalam tata letak kota yang padat oleh kendaraan,bagaimana mengatur dan menghitung jumlah kendaraan yang lewat dalam waktu tertentu.

AI singkatan dari Artificial Intellegence adalah tehnologi baru yang memungkinkan perangkat ,seperti CCTV, dapat berinteraksi dengan objek yang tersimpan sebagai data awal. Dalam kota besar, lampu merah dan menara telah dipasang kamera CCTV untuk merekam kendaraan yang melintasi jalan dalam jangkauan kamera. Dengan tehnologi AI Nodeflux membuat data awal yang tersimpan tersebut di kembangkan agar dapat mengenali apa jenis mobil yang sedang lewat, berapa kapasitas penumpangnya, dan berapa kecepatan maksimum yang diijinkan. 

Untuk tehnologi penunjang kamera pada ponsel pintar, dari hal yang tidak pernah kita bayangkan,misalnya,bagaimana kamera  ponsel dapat mengenali wajah seseorang untuk membuka kode kunci pada ponsel tersebut,padahal tidak ada tangkapan layar aktif yang sedang dibuka. 

Data yang tersimpan di setiap perangkat hanya sekedar menempati ruang kosong yang statis. Jika hanya sebatas menyimpan data, tanpa ada proses 'hidup' sebagai analisa data menjadi program cerdas, sebuah kamera CCTV mungkin hanya sebatas merekam gambar hidup. Informasi yang tersimpan adalah informasi sebatas sebagai nama-nama yang menampilkan detail file tersebut. Misalnya, besarnya file video,durasi file, tanggal dan waktu merekam, dan lainnya. 

Perangkat yang sekarang umum digunakan orang adalah handphone Android dan iOS. Beberapa tipe sudah mempunyai fitur pengenal wajah. Bukan tugas yang mudah untuk membuat tehnologi yang mampu membaca wajah pengguna,kemudian menganalisa data wajah pengguna itu hingga mampu mengaktifkan layar ponsel. Bagaimana proses analisa data yang sudah tersimpan sebagai hasil tangkap lensa kamera,mampu membuat kode untuk mengenali bahwa bagian wajah adalah perintah untuk membuka atau mengaktifkan handphone?Bukannya bagian tubuh pengguna yang lain? Ini seperti Anda hendak memarkir mundur mobil Anda. Dari spion kanan dan kiri, Anda merasa sudah tidak ada halangan, ataupun menyentuh pagar. Semua Anda lakukan karena ada perintah dari otak untuk memandu dan memberitahu bahwa posisi mobil sudah benar untuk diparkir.

Komputer, handphone,kamera digital dan semua perangkat elektronik canggih lainnya adalah alat yang diciptakan untuk memudahkan kita berkomunikasi dan juga mendapat informasi. Namun, semua yang kita tahu tentang tehnologi digital hanya sebatas informasi yang tersimpan di dalam komputer atau handphone sebagai data. Sebuah data tidak mampu membuat perubahan pada data itu sendiri, tidak mampu menganalisa dan memproses hingga dapat memberi bentuk berbeda. Meskipun sebenarnya prosesor pada perangkat sudah mampu menghasilkan perintah yang dilakukan oleh pengguna, namun prosesor yang disebut sebagai otaknya komputer, akan mengikuti perintah sesuai dengan fungsi yang telah ditetapkan. Bertahun-tahun data yang tersimpan  pada ruang simpan perangkat sebagai foto, rekaman video, file teks dan file lainnya, semua itu tetap tak berubah. 

Informasi tentang Nodeflux adalah salah satu sumber untuk mengetahui bahwa tehnologi akan terus berkembang dan tak terbatas. Hasil yang dicapai dari semua kerja keras ini adalah untuk membantu pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan data besar,yang ada dalam sistem digital di setiap perangkat pengguna. 

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *