Perangkat Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Bisnis Server Pulsa All Operator


Anda yang sudah mempunyai pengalaman bekerja sebagai agen pulsa, bisa mengembangkan diri untuk membangun sebuah server pulsa.Rencana awal bisa Anda mulai dengan mengetahui daftar nama software pulsa yang populer di gunakan oleh server pulsa.Server pulsa bukan penyedia produk dan layanan.Server pulsa bekerja sebagai distributor dari perusahaan penyedia jasa dan layanan yang berbasis pulsa.

Dalam menjalankan aktifitasnya sebagai distributor pulsa all operator,server mempunyai perangkat pendukung agar system kerja bisa beroperasi sesuai yang diharapkan, untuk isi ulang pulsa di nomor tujuan konsumen yang membutuhkan.Disamping hal utama terkait tempat tinggal dan alamat yang jelas dari sebuah server pulsa.Apa sajakah perangkat yang dibutuhkan untuk membangun bisnis server pulsa?
Berikut 4 hal yang bisa menjadi informasinya:

1.Komputer

Untuk perangkat yang pertama,adalah komputer yang bertugas sebagai system utama dari semua transaksi.Spesifikasi yang dibutuhkan untuk mendukung kelancaran dalam transaksi minimal di Unit Processor Dual-core atau  Quad-core.

Untuk Intel rekomendasi Core i3 atau AMD A6.RAM untuk prosesor yang tersebut adalah rata-rata 2GB.Dengan spesifikasi standard perangkat komputer sudah sangat baik kinerja yang dihasilkan.Tinggal perlengkapan pendukung yang seperti di bawah ini.

2.Modem

Dulu, perangkat pendukung yang digunakan untuk tugas Center dan Sender adalah Hp GSM. Umumnya menggunakan Hp Siemens C55 atau M55.Ini disebabkan karena mesin dari Hp tipe ini cocok dengan semua jenis software pulsa yang terinstall.

Namun,seiring perkembangan tehnologi komputer, dan jaringan internet, pilihan saat ini adalah menggunakan perangkat yang disebut Modem.Hal ini karena Modem  memiliki banyak kelebihan dibanding Hp biasa.Kerja sistem komputer menjadi lebih maksimal dalam mengolah data transaksi yang secara bersamaan bekerja.Serta tidak terbebani karena batre ngedrop.Di bawah ini beberapa informasi yang berhasil terjaring, terkait kinerja dari sebuah Modem
  • Dalam bertransaksi melayani isi pulsa, kecepatan system dalam bekerja bisa sampai 5x dari Hp GSM.
  • Untuk server dengan transaksi ribuan tiap harinya,perangkat modem mampu menampung kuantitas atau jumlah transaksi yang besar tanpa hambatan.
  • Di sisi lain,perangkat modem lebih stabil dalam merespon transaksi yang terus-menerus beraksi serta lebih awet dalam perawatan.
  • Karena perawatan lebih mudah dan praktis,maka bisa hemat biaya.
  • Beberapa nama modem, misalnya :Modem Wavecom single,USB Modempool 8 Port ,USB Modem Pool Port 16,USB Modem Pool Port 32.

Modem termuat chip kartu untuk melayani transaksi yang biasanya terdapat dua jenis nomor untuk tujuan transaksi yaitu Center dan Sender.

3.Software Pulsa

Software pulsa adalah system pada komputer yang bertugas menganalisa dan mengeluarkan perintah data secara otomatis dalam hal terkait transaksi isi pulsa.System yang berjalan pada software pulsa ini merupakan aksi dan reaksi yang terjadi karena konsumen melakukan transaksi pembelian pulsa.Untuk selanjutnya, terjadi kerjasama yang melibatkan perangkat pendukung yang sudah disebutkan tadi yaitu Modem,Center,Sender,untuk sampainya pulsa ke nomor tujuan.
Semua system bekerja secara otomatis,tidak ada hal terkait aktifitas manusia dalam proses unit yang berinteraksi.Sehingga,untuk mendukung transaksi tetap lancar tanpa kendala, sebuah server yang baik memerlukan software yang handal juga dalam menjalankan usahanya.Di samping juga ada bagian Customer Service,dan karyawan.Namun,system otomatis sebuah perangkat komputer,tetap menjadi hal utama server dalam bekerja melayani kebutuhan pulsa all operator.

4.UPS

UPS singkatan dari Uninterruptible Power Supply.Yaitu suatu alat berfungsi sebagai alat back up listrik pada Komputer.Nama lainnya adalah alat back up(cadangan) baterei ketika system komputer kehilangan energi dari sumber listrik utama atau PLN.UPS ini terpasang antara komputer dan sumber listrik utama.Sesuai dengan fungsinya, cara kerja alat ini adalah menyimpan arus listrik dari sumber listrik(colokan listrik) pada bateri back up tadi.UPS sangat penting karena bertugas sebagai cadangan listrik dari kejadian yang bisa menyebabkan kegagalan daya serta kerusakan system software pulsa dan perangkat hardware yang lain.

Begitu pentingnya perangkat UPS ini, sehingga harus tersedia untuk perusahaan-perusahaan penyedia jasa,baik itu jasa informasi,jasa telekomunikasi,jasa internet(webhosting), dan lain-lain.Dan hal terkait perusahaan-perusahaan jasa ini, server pulsa masuk didalam kategori perusahaan jasa telekomunikasi.Karena server bekerja melayani kebutuhan pulsa,sedangkan pulsa adalah tehnologi digital yang digunakan untuk berkomunikasi melalui ponsel.

Kerugian besar bisa menjadi beban terberat sebuah server pulsa,apabila tiba-tiba listrik padam.Sehingga kejadian padamnya listrik inilah yang menyebabkan system server mengalami kegagalan dalam transaksi.Kegagalan system pada software berakibat semua data transaksi hilang,karena komputer juga tiba-tiba mati dan tidak bisa segera menyimpan data transaksi yang sedang berjalan.Untuk itulah diperlukan UPS untuk ketersediaan baterei cadangan,agar komputer dan system operasi,software,dan perangkat pendukung tetap stabil.Untuk selanjutnya menunggu listrik PLN menyala kembali.Atau untuk menunggu dinyalakannya unit Genset,bila listrik PLN sedang ada perbaikan dalam waktu yang lama.

Saya berharap informasi tentang alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun server pulsa all operator,menjadi info yang manfaaf.Untuk Anda yang ingin alih profesi menjadi Distributor pulsa all operator jangan lupa untuk terus menggali informasi yang mendukung pekerjaan.

Baca juga:

Comments

  1. Replies
    1. Daftar harga mengikuti server ya Gan,coba Agan kunjungi website resmi Unitedtronik.Terima kasih sudah mampir:-)

      Delete

Post a Comment

Artikel terbaru

Popular post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Deposit Saldo Melalui Alfamart

Contact Form

Name

Email *

Message *