Sistem Kerja Server Pulsa Dalam Melayani Konsumen



2 hal pokok yang menjadi "jantung" dari sebuah server pulsa

  • Manusia,sebagai makhluk hidup yang mendirikan usaha server pulsa.
  • Nama dari server pulsa itu sendiri. 
Ada beberapa hal yang menjadi faktor pendukung utama sebuah server pulsa yaitu :
  • Perangkat komputer.
  • Software Pulsa.
  • Perangkat untuk nomor CENTER.
  • perangkat untuk nomor SENDER.
  • MODEM agar terhubung ke Internet.
  • Ruang tempat semua perangkat di tempatkan
Ada dua hal lagi yang menjadi pelengkap agar sebuah server pulsa bisa maksimal dalam menjalankan usahanya yaitu master dealer dan agen.Peran dari kedua jaringan ini akan membantu usaha server untuk memperluas pengenalan jasa dan layanan kepada pengguna yang lain yang berada di luar daerah.Pengguna yang sudah resmi menjadi member dapat langsung melakukan deposit dan transaksi isi pulsa.Untuk menghubungkan secara otomatis sistem pembayaran,diperlukan lagi satu jaringan dari pihak Bank dan perusahaan yang menyediakan produk mereka.Perusahaaan yang secara khusus melayani kebutuhan pulsa dan produk PPOB adalah sebagai berikut:
  • Untuk hal yang terkait keuangan ada bank-bank yang melayani dalam hal transfer deposit.Dan layanan untuk produk ppob. Umumnya 4 Bank besar di Indonesi.BRI, BNI, BCA, MANDIRI.
  • Untuk hal terkait pulsa, ada perusahaan telekomunikasi seluler dan PLN.Untuk produk PPOB, ada seperti PDAM.Untuk layanan produk dan jasa lainnya ada seperti Adira, FIF, jaringan tv kabel.Semua perusahaan-perusahaan itu berfungsi sebagai penyedia produk dan jasa dimana server pulsa mengambil stok produk darinya.Untuk selanjutnya persediaan stok produk dan jasa itu distribusikan ke masyarakat.Melalui cara offline dan online yang dilakukan oleh server sendiri itu sendiri,maupun melalui jaringan para agen dan master dealer.

Apakah Server Pulsa Itu?

Server Pulsa adalah perusahaan jasa layanan isi pulsa yang si kelola oleh seseorang atau kelompok orang yang bekerja melayani kebutuhan pulsa.Baik itu pulsa untuk nomor Hp, pulsa listrik maupun voucher game.Juga melayani pembayaran tagihan produk-produk PPOB. Dengan cara mendistribusikan pulsa yang diambil dari perusahaan yang memiliki produk berbasis pulsa dan produk ppob.

Di samping sebagai tempat utama pendistribusian pulsa, server pulsa juga melayani pendaftaran master dealer dan agen pulsa. Dengan tujuan agar bisnis pulsa semakin luas menjangkau masyarakat.Dan tentu saja melalui internet yang saat ini sudah menjadi ikon utama dalam dunia Informasi dan Tehnologi.


Apakah Server Pulsa Memproduksi Pulsa Dan Paket Internet?

Server pulsa bukanlah perusahaan/pabrik yang memproduksi pulsa.Tetapi tepatnya sebagai tempat yang menjadi titik akses pendistribusian pulsa yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi seluler. Seperti Indosat, Telkomsel,XL,dan perusahaan-perusahaan penyedia layanan PPOB.


Bagaimana Sistem Kerja Server Pulsa Dalam Melayani Konsumen?


Siklus kerja yang bekerja dan berinteraksi pada server adalah konsumen memesan pulsa,misalnya pulsa dengan nominal  20,000.Jaringan agen memasukkan data-data terkait dengan nominal pulsa yang diminta yaitu nomor hp tujuan, nominal pulsa yang diminta,PIN transaksi dari agen.Lalu agen mengirim data-data tadi ke server pulsa yang diikuti.Transaksi ada yang menggunakan format tertentu.Ada juga melalui aplikasi yang berbasis pulsa.

Server menerima kiriman data dari agen melalui nomor Center(jika transaksinya melalui sms) dan jalur internet/ Online.Selanjutnya software pulsa yang terinstall pada sistem komputer pada server mengolah input data yang diterima tersebut.Kemudian dari hasil olah data komputer,output data dikirimkan kembali ke konsumen yang meminta pengisian pulsa dengan melalui nomor yang disebut Sender.
Nomor Sender inilah yang selanjutnya bertugas untuk melakukan kirim data ke dua arah sekaligus.Satu arah menuju ke nomor hp agen, dalam bentuk data sisa saldo, nomor tujuan dan berita sukses/gagal.Satu arah lagi menuju ke nomor hp tujuan, dalam hal ini nomor hp konsumen.Dalam bentuk sms reply/balasan yang isinya pulsa yang diminta dan nama pengirim.

Diatas disebutkan ada nomor CENTER dan SENDER.Apakah artinya?

Nomor center adalah nomor tujuan bagi master dealer dan agen untuk kirim data transaksi ke server. Nomor-nomor center ini juga sama seperti nomor pada hp kita. Ada tersedia dari semua operator seluler. Seperti Indosat, Telkomsel, XL, Tri, dll.Tujuannya untuk menyesuaikan dengan nomor hp yang digunakan oleh master dealer/agen dalam kirim transaksi.

Sedangkan nomor sender,bertugas meneruskan data yang telah di keluarkan oleh sistem pada software komputer.Sesaat setelah sistem pada software itu memproses kiriman data dari nomor center.Untuk selanjutnya menuju ke dua nomor hp tujuan.Dua nomor hp ini adalah,

  • Nomor tujuan pengisian pulsa,dalam hal ini adalah nomor hp konsumen.Dalam bentuk sms reply dengan rincian jumlah pulsa yang dipesan,tanggal,waktu dan nama dari pengirim.
  • Nomor hp master dealer/agen.Reply sms memuat ID agen, nomor transaksi, jumlah nominal pulsa yang sukses terkirim, waktu, dan sisa saldo yang masih ada di akun.
Yang perlu kita ketahui,center dan sender ini juga merupakan perangkat berwujud HP yang didalamnya juga terpasang kartu SIM.Kartu SIM yang digunakan adalah kartu SIM yang khusus,berbeda dengan kartu SIM seperti pada umumnya.Sistem kerja kartu SIM yang bertugas sebagai center dan sender sudah diatur untuk melakukan transaksi dalam bentuk SMS,tidak bisa untuk melakukan panggilan.

Perangkat Apa Saja Yang Ada Pada Server Pulsa?


Untuk sebuah server pulsa yang baik, dibutuhkan beberapa perangkat HP beserta kartu SIM yang terpasang,agar sistem berjalan sesuai transaksi yang dilakukan.Perangkat yang telah disetting sesuai tugas masing-masing akan melayani transaksi dari semua provider pulsa yang ada.Model dan tipe hp yang digunakan umumnya hp tipe lama. Kebanyakan merk Siemens.Seperti Siemens C45, C55.Di karenakan mesin pada hp Siemens ini kompatible/cocok dengan semua jenis software pulsa. Sedangkan untuk melayani kebutuhan akses internet, dipasang modem khusus yang mempunyai kecepatan data dalam menjelajahi jaringan internet.

Baca juga : Perangkat Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Bisnis Server Pulsa All Operator


Server pulsa memang memberi kemudahan dalam melayani kebutuhan pulsa dan hal yang terkait produk pulsa lainnya.Yaitu melalui aplikasi-aplikasi yang berbasis pulsa yang mereka kembangkan.Yang sudah bisa kita dapatkan di Android kita masing-masing.Anda dan jutaan orang di sekitar sebagai pengguna perangkat ponsel yang tertanam dengan OS Android,sudah semestinya bisa memanfaatkan ponsel sebagai salah satu cara berbisnis untuk menjadi agen pulsa all operator.Sumber informasi yang tayang di media online dapat menjadi ide baru untuk mengembangkan usaha Anda.

Artikel terkait : Nama Software Yang Digunakan Server Pulsa

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *