Terbaru

Manfaat Fitur Hemat Baterei Pada Smartphone


Suplai tenaga ponsel berasal dari baterei.Tanpa baterei ponsel tidak bisa menjalankan sistem dan beragam aplikasi di dalammya.Tanpa ada sumber tenaga listrik dari baterei,ponsel Anda tidak bisa diajak internetan dan kirim sms.

Saat Anda berada di rumah,tidak perlu khawatir kehabisan daya baterei,sebab ada charger yang sudah tersedia di samping tempat Anda bersantai.Saat prosentase daya menunjukkan 20% pada layar ponsel,tinggal ambil charger dan isi daya langsung lancar masuk ke memori simpan daya pada baterei.Namun,ketika Anda keluar rumah hendak bepergian selama seharian,ponsel jauh dari chargernya.Akankah ada tempat untuk charge baterei?Iya kalau posisi kita sedang berada pada sebuah rumah makan yang menyediakan colokan listrik.Kalau Anda sedang berada di padang gurun,atau di tepi pantai,bagaimana?

Jika Menggunakan Power Bank

Bukankah ada powerbank sebagai alternatif pengganti charger?Mudah dan praktis dibawa.Iya,itu benar adanya.Anda bisa menyiapkan powerbank sebagai cadangan sumber listrik kecil di saku.Saat akan berangkat,mungkin Anda lupa bahwa powerbank juga sama dengan baterei,butuh daya untuk mengisi listrik cadangan.Hanya saja,kapasitas untuk simpan daya pada powerbank sudah dirancang agar mampu menyimpan kemampuan daya listrik diatas 10,000mAh,dan digunakan oleh ponsel sebagai perangkat tambah daya baterei portable.

Kalau sudah mengalami kejadian ini,lupa isi powerbank sementara baterei ponsel menipis kekuatannya,kita sebagai pengguna gadget yang bijak, tentu bisa mengambil pelajaran berguna.Agar kejadian yang menimpa ponsel low baterei tidak terjadi lagi.

Bila tidak ada hal penting dan mendesak,baterei lemah mungkin tidak menjadi masalah buat Anda.Tapi bagaimana jika ada hal penting yang mengharuskan Anda segera datang untuk interview pertama pada perusahaan yang Anda dambakan.

Saat nada dering bersuara,Anda angkat ponsel dan disana komunikasi berlangsung antara Anda dan suara wanita,yang tampaknya adalah terkait dengan panggilan kerja.Ternyata panggilan itu adalah dari HRD perusahaan yang Anda telah mengajukan lamaran lewat internet seminggu yang lalu.Perasaan gembira dan senang sebab ada panggilan kerja.Namun masalah terjadi saat suara lembut wanita karier yang berprofesi merekrut karyawan baru itu raib,hilang terbawa angin.Ponselpun tiba-tiba berhenti tanpa sebab,padahal waktu itu adalah pemberitahuan penting waktu dan jam untuk interview Anda.

Ternyata,ponsel mati tiba-tiba sebab baterei habis.Komunikasi pun terputus dan tidak tahu kapan Anda akan datang untuk menghadiri interview.Sayang sekali bila hal ini terjadi di lain waktu.

Fitur-fitur baru dan optimal pada ponsel pintar saat ini memang ditanamkan untuk tujuan mobilitas Anda.Khususnya yang saat ini kita baca,yaitu tentang fitur Hemat Baterei.

Cara mengaktifkan hemat baterei pada ponsel

Pada menu Pengaturan,terdapat menu untuk meminimalkan penggunaan daya agar kinerja ponsel tetap terjaga.Modus konsumsi daya rendah namanya.Setiap tipe ponsel pasti memiliki fitur ini.Mungkin hanya tampilan menunya saja berbeda,tapi cara kerjanya sama,yaitu untuk menghemat penggunaan baterei ponsel.Selanjutnya,bagaimana mengaktifkan modus daya rendah?

Menuju ke Pengaturan=>geser layar dan pilih menu Baterei=>pada tampilan,sentuh tombol sebelah kanan untuk mengaktifkan mode hemat batrerei=>Selesei.

Dengan mode hemat baterei ini,secara otomatis ponsel akan mematikan beberapa fitur lain yang berjalan,seperti misalnya kecerahaan layar,data seluler,bluetooth,jaringan WIFI,hotspot pribadi,juga fitur getar saat sentuh layar.Dengan begini,Anda bisa menggunakan ponsel normal seperti biasa dan konsumsi system Android bisa dikurangi.Tidak banyak memakan tenaga listrik dari baterei sehingga diharapkan baterei tetap awet seharian tanpa charge.

Bagaimana jika anda ingin chat WA dan browsing internet lagi?Ya silahkan saja mengaktifkan kembali data seluler ponsel Anda.

Kita sebagai pengguna ponsel pintar semestinya bijaksana dalam memperlakukan barang kita sendiri. Ponsel sebagai sarana komunikasi jarak jauh,saat ini sudah jutaan orang yang memilikinya.Janganlah Anda menggunakan ponsel pintar untuk internetan,sms WA,chat BBM,main game,atau aktifitas lainnya dan terus membiarkan baterei ponsel dibatas minimal rekomendasi pabrik.Terutama bagi pengguna yang memiliki ponsel dengan baterei berkapasitas besar.

Baca juga : Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Comments

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya