Terbaru

Cara Mendapatkan Layanan Listrik Gratis Dari WhatsApp

Internet adalah wujud nyata tehnologi informasi saat ini yang sangat besar manfaatnya.Dengan internet dan didukung dengan perangkat elektronik yang disebut ponsel/HP,kita dapat menerima beragam informasi tanpa perlu keluar rumah.

Apa saja yang tampil pada layar ponsel setelah kita lakukan pencarian kata kunci,beragam nama situs telah menerbitkan artikel-artikel unggulan mereka.Termasuk informasi layanan listrik gratis yang bisa kita dapatkan melalui akun WA kita.

Seperti berikut informasinya :

Layanan Token Listrik Gratis

Menanggapi info yang tayang di beberapa situs,tentang layanan token listrik gratis dari pihak PLN maka saya ingin berbagi pengalaman untuk mendapatkan juga layanan token listrik gratis ini.Mengingat saya adalah pelanggan baru listrik sistem token dan kriteria kapasitas Volt Ampere pada meteran listrik adalah 900 V,maka langsung saja saya mendaftarkannya.

Keterangan terkait informasi ini di kabarkan akan aktif beroperasi 6 April 2020.Karena itu hari ini saya ingin mendaftarkan token listrik yang sudah saya simpan di kontak ponsel.Kebetulan saat itu ada notifikasi di WA saya dari teman,"sudah coba listrik gratis,belum?".

Chat di WA untuk mendapatkan token listrik gratis ini adalah salah satu keringanan dari Pemerintah akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini.Menurut informasi yang sampai,tidak semua pelanggan akan mendapatkan layanan listrik gratis ini.

Siapa saja yang berhak mendapatkan layanan ini?

Ternyata pelanggan yang berhak untuk mendapatkan potongan harga adalah pelanggan yang memasang listrik di rumah dengan kapasitas 450 VA dan 900 VA Yang Bersubsidi.Karena saya tidak termasuk pelanggan Yang Bersubsidi,maka akses saya tidak berlaku.Lihat screenshot chat WA saya di bawah ini.
Tampak pada gambar,kemarin saya mencoba chat dengan memasukkan pesan Layanan Token Gratis.Beberapa saat kemudian ada balasan dari pihak PLN untuk memasukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter.

ID pelanggan adalah nomor ID Anda sebagai pelanggan listrik pascabayar.Sedangkan Nomor Meter adalah 11 angka yang tercantum pada kWh meter listrik prabayar,yang isi ulangnya dengan pulsa token.Karena saya pelanggan listrik prabayar berbasis pulsa,maka saya masukkan 11 angka tersebut.
Dapat balasan seperti di bawah ini screenshotnya.

Jadi,saya tidak termasuk pelanggan yang mendapatkan keringanan/discount terkait layanan ini.

Untuk Anda yang mungkin telah memasang listrik Bersubsidi,tidak ada salahnya untuk mencoba mengakses layanan free dari PLN ini.Barangkali benar adanya bahwa Anda adalah pelanggan yang berhak untuk mendapatkan keringanan biaya operasional listrik di rumah.

Pernyataan Pihak PLN

Pihak PLN sendiri menyatakan kabar tentang layanan ini melalui salah satu pejabat penting mereka,dalam hal ini Wakil Direktur Utama Bapak Darmawan Prasodjo.

Beliau mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat laporan kalau jalur kontak yang tersedia lewat aplikasi WhatsApp sedang mengalami gangguan,namun bukan dari perusahaan PLN-nya, tetapi dari pihak pengelola aplikasi perpesanan WhatsApp sendiri.

Penyebab gangguan yang terjadi pada layanan WhatsApp adalah karena karena jumlah traffic yang terlalu tinggi.Untuk mengatasi masalah traffic yang overload hingga tidak dapat diakses pengguna dan pelanggan,maka pihak PLN akan meningkatkan/mengupgrade nomor WA tersebut.Nomornya adalah +628122123123.

Dikatakan pada hari Jum'at lalu 03/04/2020.Diharapkan setelah memperbaiki dan upgrade nomor,maka nomor itu akan aktif kembali pada hari Senin,06 April 2020.Hari ini tanggal 07 April 2020,tentunya Anda sudah bisa mencoba mendapatkan layanan gratis ini.Siapa tahu Anda adalah salah satu pelanggan yang mendapatkan token listrik dengan keringanan biaya.Token listrik yang didapat dapat Anda masukkan pada kWh meter di rumah.

2 Cara Untuk Akses Layanan Listrik Gratis

Sebenarnya ada 2 cara untuk mendapatkan informasi ini.Untuk Anda yang ingin mendapatkan layanan listrik gratis,2 langkah yang di bawah ini bisa Anda lakukan.

#1.Kunjungi situs resmi PLN di http://www.pln.co.id

Langkah-langkahnya:
  • Pada halaman Beranda pilih menu pelanggan.
  • Pilih sub-menu stimulus Covid-19 Di kiri halaman menu,tampil kolom untuk mengisi ID Anda atau nomor meteran dan masuk ke token listrik gratis.
  • Tunggulah beberapa saat balasan token gratis berhasil Anda dapatkan.
  • Masukkan angka token tersebut ke kWh meter agar dapat diskon,sesuai arahan pemerintah.
#2.Chating melalui aplikasi WhatsApp

Berikut langkah-langkahnya :
  • Pastikan dulu Anda sudah menyimpan nomor +628122123123 pada app WhatsApp.
  • Buka aplikasi WA pada HP Anda.
  • Pilih chat di nomor yang tersebut diatas.
  • Ketik pesan apa saja,misal : Listrik gratis.
  • Tunggu beberapa menit pesan balasannya.
  • Bila balasan sudah tampil,masukkan ID Anda.
  • Tunggu ada token listrik gratis yang Anda terima.
  • Token bisa dimasukkan ke kWh meter.
Jika balasan seperti yang saya dapatkan,(screenshotnya bisa Anda lihat di atas),itu artinya Anda tidak masuk dalam daftar pelanggan bersubsidi.

Kesimpulannya yang bisa kita ambil adalah ada hikmah dibalik pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini,khususnya di Tanah Air negeri kita.Hikmah kemanfaatan untuk para pelanggan listrik prabayar dan pascabayar,yang mendapat keringanan menurut yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Cara Melihat Besarnya Penggunaan Data WhatsApp

Comments

Artikel terpopuler minggu ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya