Cara Membuat Artikel Review Tentang Handphone


Artikel review tentang handphone adalah artikel yang memberi informasi tentang deskripsi suatu produk yang memuat kriteria khusus dari handphone tersebut. Kriteria khusus adalah informasi yang menandai tentang brand atau merk produk itu sendiri.  Bagian ini ada pada setiap tampilan umum yang tampil sebagai daftar spesifikasi. Sebagian besar, setiap produk akan menampilkan tampilan umum yang sama namun bisa berbeda dalam daftar spesifikasinya. Untuk sebuah produk HP Android sekarang, tampilan umum biasanya tertulis seperti harga produk, dimensi, tipe prosesor,versi Android, fitur, dan lainnya. Sedangkan daftar spesifikasi adalah daftar yang menjelaskan tentang tipe produk yang memuat perbedaan dari elemen properti produk satu dan lainnya, seperti perbedaan harga produk, perbedaan dimensi produk, perbedaan tipe prosesor dan perbedaan lainnya.

Artikel ini memberi Anda informasi tentang cara membuat artikel review handphone Android yang sumber asalnya dari salah satu situs belanja online khusus  handphone. Karena situs belanja online ini adalah situs yang sebagian besar produknya menyediakan produk terbaru tentang HP Android. Mungkin Anda juga mempunyai sumber lain yang serupa, itu tidak menjadi masalah. Karena yang Anda butuhkan adalah sedikit kriteria khusus dari tampilan umum yang ada pada setiap produk handphone. 

Artikel ini mungkin dapat juga disesuaikan dengan produk dan jasa lainnya,yang sekiranya menjadi tema dari situs web atau blog Anda. Artinya, meskipun tema blog Anda tidak memberi informasi tentang spesifikasi dan harga handphone terbaru, misalnya tema blog Anda adalah tentang jual beli mobil, maka dengan membaca artikel ini, Anda memiliki panduan yang mudah tentang bagaimana cara membuat artikel review baru yang sumbernya Anda ambil dari situs utama dari sebuah perusahaan mobil. Tidak ada panduan untuk copy paste 100 persen di sini, karena Anda memiliki kemampuan untuk membuat dan menerbitkan sendiri artikel Anda. Dan juga, tidak ada tautan affiliasi. Jika ada, saya akan memberitahu Anda bahwa ada tautan affiliasi pada bagian tertentu di halaman.

Langkah Untuk Memulai

Untuk memulai membuat artikel review tentang handphone, Anda membutuhkan konsep yang sudah saya tulis di awal sebagai 3 bagian,yaitu:

1. Kriteria Khusus

2. Tampilan Umum

3. Daftar spesifikasi

Kriteria Khusus

Seperti yang tertulis di awal,kriteria khusus adalah informasi yang menandai tentang produk itu sendiri. Sebagai penjelasannya,jika handphone Android,maka kriteria khusus yang dapat di ketahui adalah nama brand dari handphone berOS Android. Ini termasuk brand OPPO,VIVO,Lenovo,Realme dan brand lainnya yang memang telah populer dikenal sebagai nama untuk produk handphone yang menggunakan OS Android. Tidak mungkin Oppo di sebut sebagai nama iPhone. Karena iPhone adalah handphone iOS,bukan Android. Ada perbedaan yang menjelaskan tentang nama sistem operasi pada handphone tersebut. Jika untuk informasi tentang mobil,maka kriteria khususnya akan berbeda dengan handphone. Ini menjadi informasi tentang mobil Honda , mobil Daihatsu, mobil Toyota,dan lainnya. 

Contoh yang lain,Anda ingin menulis review tentang laptop,maka Anda bisa memulai mengambil data yang menjadi kriteria khusus tentang perangkat laptop,yaitu Laptop ASUS. Pada halaman ecommerce pilihan Anda, sebuah tampilan laptop ASUS sudah menampilkan tampilan tentang berbagai tipe laptop merk ASUS. Diantaranya ada ASUS tipe X, ASUS tipe Y dan ASUS tipe Z. Dari ketiga tipe ini,krtieia khusus yang dimaksud disini adalah bahwa laptop ini adalah ASUS.

Tampilan Umum

Tampilan Umum sama seperti item produk yang sama yang ditampilkan sebagai merk handphone serta memuat beberapa tipe. Setiap tipe handphone memuat data yang berbeda meskipun vendor handphone tersebut sama. Handphone OPPPO A83 dan OPPO RENO,tampilan umum menunjukkan spesifikasi, diantaranya: harga,dimensi,tipe prosesor, versi OS, sistem jaringan untuk mengakses internet, kapasitas RAM, kamera

Penjelasan tentang 'tampilan umum' ini adalah nama-nama spesifikasi yang saya tandai dengan huruf tebal di atas. Ini adalah bagian yang selalu sama di setiap tampilan handphone Android,dan mungkin juga untuk perangkat ponsel iOS, laptop dan pc.

Daftar Spesifikasi

OPPO A83

Harga : Rp.3juta

Versi Android : 8 

OPPO RENO 

Harga : Rp.5juta

Versi Android : 10

Daftar spesifikasi membedakan antara tipe handphone satu dan lainnya. Seperti yang tampil di atas, tampilan umum 'tentang harga', sehingga harga handphone OPPO RENO  lebih mahal dari OPPO A83,inilah yang ditujukan untuk mengenali daftar spesifikasi suatu produk. Bidang yang lain ada seperti OPPO RENO sudah versi Android 10,sedangkan OPPO A83 versi Androidnya masih tingkat 8. Demikian pula dengan perbedaan spesifikasi lainnya,yang menjelaskan bahwa handphone OPPO RENO adalah handphone Android yang terbaru,memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari OPPO A83.

Ketika Anda mengakses internet dan mengunjungi blog tentang handphone,kemudian membaca salah satu artikel di halaman kategori handphone merk OPPO, tentu Anda menjumpai kriteria khusus untuk HP merk OPPO dengan tampilan umum yang sudah tertulis menjadi kalimat dan paragraf. Mungkin,judul artikel dari halaman blog yang Anda kunjungi tersebut menginformasikan tentang spesifikasi dan harga dari handphone OPPO tipe OPPO RENO 4. Dari seluruh artikel yang sudah Anda baca maka Anda sudah mendapatkan informasi untuk Anda jadikan konsep membuat review handphone OPPO RENO 4.Setiap paragraf yang tertulis di blog yang Anda kunjungi tadi,akan memuat satu 'tampilan umum' dari handphone OPPO RENO 4. Mungkin paragraf ke-1 memuat tampilan umum tentang dimensi handphone,kemudian paragraf berikutnya memuat tampilan umum tentang kamera dan tehnologi layar sentuhnya. Paragraf tiga tentang tehnologi prosesornya, dan yang lainnya.

Apakah saya harus menyalin setiap paragraf ? Tentu tidak. Anda hanya perlu bagian yang menandai sebagai kriteria umumnya. Menyalin artikel dari blog orang lain bukanlah tindakan yang bijak. Menyalin artikel dari blog orang lain secara 100 persen sama adalah melanggar kebijakan dalam bermedia internet. Lebih baik,ambil satu bagian yang manandai sebagai tampilan umum dari setiap paragraf . Disini,tampilan umum untuk OPPO RENO 4 adalah tentang nama-nama yang sama seperti yang sudah saya tandai cetak tebal di atas.

Program periklanan Google AdSense adalah cara mudah untuk Anda nanti jika Anda ingin memonetise blog Anda. Meskipun saat ini Anda tidak sedang ingin mendaftar untuk menjadi penerbit iklan Google,namun,dengan Anda membuat artikel dari hasil menulis sendiri,artinya,tidak menyalin sepenuhnya artikel orang lain,maka Anda memiliki kesempatan untuk mendaftarkan blog Anda ke program AdSense. Google AdSense memang bukan satu-satunya cara untuk meraih penghasilan dari internet,namun dengan membuat dan menulis artikel asli hasil karya Anda sendiri, Google AdSense siap menerima Anda.

Cara Mengambil Bagian Tampilan Umum Untuk Review

Meskipun Anda bisa mendapatkan sumber review dari artikel dari situs lain,ada cara lebih mudah ketika Anda mengambil sumber review,yaitu Anda bisa mengunjungi toko online yang sebagian besar produknya tentang perangkat handphone. Pada halaman depan yang menampilkan tentang spesifikasi handphone,bagian tampilan umum akan memuat nama-nama. Berikut contoh tampilan umum dan memuat daftar spesifikasi dari handphone OPPO RENO 3:

OPPO Reno3 8GB/128GB

a. Dimensi Produk: 160.2 x 73.3 x 7.9 mm

b. Layar: 6.1 - 7.0 Inches

c. Tipe Prosesor: Mediatek MT6779 Helio P9

d. Kecepatan Prosessor: Octa Core 6 x 2GHz & 2 x 2.2GHz

e. Camera: Rear: 48MP F1.8 + 13MP F2.4 + 8MP F2.2 + 2MP F2.4:Front: 44MP F2.4

Cara Membuat Artikel Review

Sebagai contoh di atas,saya ambil 5 bagian tampilan umum dari handphone OPPO RENO 3. Untuk bagian yang lain,Anda bisa membuat sendiri dengan panduan yang saya tuliskan di sini.

A. Untuk "Dimensi Produk",di situs belanja online,bagian ini ada di bawah daftar,namun Anda bisa memulai paragraf pertama dengan topik tentang Dimensi Produk dari handphone OPPO RENO 3,atau bisa juga pada pargagraf  2  dan 5. Tidak ada ketetapan atau aturan tertentu,yang paling penting,artikelnya memuat tentang Dimensi Produk.

Contoh artikel review: " Sebagai smartphone baru yang telah didesain khusus untuk Anda,dimensi smartphone OPPO RENO 3 memang sesuai dengan genggaman tangan saat memegangnya. Terukur pada dimensi umum p x l x t di  ukuran 160.2 x 73.3 x 7.9 mm. Ketebalan perangkat canggih yang tidak sampai 1 centimeter,membuat ruang tas atau saku Anda cukup luas untuk menambah dengan barang Anda yang lain. Produsen yang membuat ponsel pintar ini memang sudah mendesain produknya agar mudah di gunakan,karena itu,dimensi standard dan layarnya sangat sesuai dengan ukuran layar lebarnya yang terukur 6.1 - 7.0 Inches".

B. Untuk 'Tipe Prosesor', tertulis  'Tipe Prosesor: Mediatek MT6779 Helio P9'. Artikel review bisa Anda tulis tentang kinerja,dapur pacu,'lokasi' yang menjalankan sistem atau hal yang berkaitan dengan tehnologi prosesor. Anda dapat menggabungkan dengan bagian 'Kecepatan Prosesornya'.

Contoh artikel review: " Untuk menunjang kinerja mesin agar mampu berjalan optimal,OPPO RENO 3 telah dibekali dengan prosesor terbaru bernama Mediatek MT6779 Helio P9. Tehnologi perangkat yang sudah terintegrasi dengan semua bagian yang ada di dalam sistem Android membuat Anda semakin mudah untuk menjalankan berbagai macam aplikasi. Dukungan dari inti prosesor yang berjumlah 8 inti,kecepatan ponsel Anda memang menjadi unggulan di kelas ponsel menengah. Kecepatan Prosessor yang terbagi 2 bagian yaitu  Octa Core 6 x 2GHz & 2 x 2.2GHz,membuat ringan proses download ketika Anda mengakses internet bersama dengan bermain game".

Dari sini,Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa,satu bagian dari setiap spesifikasi handphone Adroid,bisa menjadi satu paragraf yang asli hasil karya tulis Anda,tanpa Anda menyalin secara penuh semua tampilan spesifikasi handphone tersebut. 


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Contact Form

Name

Email *

Message *