Pikiran Positif Menjadi Cara Alami Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Imunitas pada manusia bekerja sebagai benteng pertahanan,pasukan handal untuk menghalau kuman penyakit dan jaringan asli yang menata kembali kondisi tubuh ke kondisi yang terbaik. Kondisi terbaik adalah kondisi tubuh sehat dan berpikiran positif.Jika tubuh Anda sehat namun Anda merasa risau,itu artinya Anda berpikiran negatif. Pikiran negatif akan menurunkan imunitas tubuh dalam waktu yang singkat. Efek nyata dari menurunnya sistem imun pada tubuh adalah secara tiba-tiba tubuh berkeringat dingin,mata berkunang-kunang dan mungkin,Anda merasa sakit kepala. 

Imunitas ada pada diri kita masing-masing.Anda yang sering mual karena masuk angin atau merasa cepat capek padahal Anda tidak sedang berlari keliling rumah,maka Anda memerlukan imunitas yang lebih tinggi dari kondisi tubuh ketika Anda sehat. Agar sistem kekebalan tubuh mampu membuat jaringan sel baru dengan sempurna, Anda memerlukan latihan yang akan memicu pikiran Anda selalu positif.  Seperti misalnya jika Anda menyukai sesuatu maka tubuh akan bereaksi alami untuk memicu pikiran positif hingga terjadi proses peningkatan imunitas. 

Latihan ringan adalah olah raga ringan di pagi hari di bawah sinar matahari. Meskipun olah raga tidak terbatas pada waktu dan tempat, namun dengan Anda membiasakan diri untuk berolah raga ringan di pagi hari dan di bawah sinar matahari,tubuh Anda akan menghasilkan kekuatan alami dari sinar matahari. Olah raga ringan yang mudah untuk Anda lakukan adalah joging,lari pagi dan bersepeda. Tigapuluh menit setiap minggu sekali waktu Anda untuk olah raga ringan, sudah lebih dari cukup untuk menambah stamina tubuh. Bersepeda bersama keluarga dengan rute yang tidak jauh dari rumah,dapat membantu melepaskan kejenuhan pikiran dari aktifitas rutin ketika bekerja beberapa hari. 

Latihan fisik akan menguatkan jaringan otot sehingga melancarkan peredaran darah. Latihan mental akan membuat Anda terbiasa untuk tetap berpikiran positif. Latihan mental dapat bermakna latihan rohani yang memfokuskan pada psikologi Anda. Dari hasil penelusuran informasi tentang keterkaitan antara psikologi dan perilaku seseorang,  ternyata ada satu hal yang membuat seseorang cepat berubah pikiran oleh karena mental yang lemah. Meskipun usia seseorang mungkin juga mempengaruhi gerak aktifitas ketika melakukan pekerjaan, namun dengan tetap menjaga agar pikiran tetap positif maka kondisi tubuh akan tetap seimbang. Untuk melakukannya,berikut hal yang perlu Anda lakukan. 

Cari Tahu Bagaimana Pikiran Positif Anda 

Pikiran positif seseorang identik dengan kondisi yang dialaminya. Jika Anda pernah merasakan keadaan sangat bahagia, bersemangat, menyapa siapa saja yang Anda temui, bahkan dengan orang yang sebelumnya pernah membuat Anda tersinggung, keadaan ini adalah ketika pikiran positif Anda berada pada tingkat teratas. Begitu hebatnya Anda saat itu,padahal Anda mengetahui bahwa menyapa orang lain yang pernah berbuat salah kepada Anda adalah tindakan yang sulit. Tidak semua orang bisa melakukannya, namun karena Anda gembira oleh karena suatu sebab yang membuat pikiran positif mendominasi psikologi Anda,sehingga hari-hari dimanapun Anda adalah waktu yang membuat imunitas tubuh ke kondisi yang terkuat. 

Putra putri Anda yang masih balita atau belum genap 10 tahun adalah anak-anak yang selalu memiliki kegembiraan, senang bermain, bersemangat dan selalu ceria. Kegiatan kecil yang mungkin bagi orang dewasa adalah kegiatan yang tidak berarti, namun bagi anak-anak Anda usia 5 tahun ini, mampu membuka tutup botol minuman yang Anda berikan adalah hal terhebat yang bisa ia lakukan. Tawa cerianya adalah karena anak-anak ini selalu berpikiran positif. Apa saja yang Anda berikan sebagai hal baru,selalu di terima dengan senangnya. Meskipun hanya secarik kertas dan Anda tuliskan namanya bersama nama kakaknya, dan nama Anda dan Ibunnya, Anda akan melihat bagaimana mereka mengulang-ulang dengan pertanyaan yang sama, "Ini siapa?, Ini siapa?",tanpa ada beban bahwa jawaban Anda tidak harus benar. Karena keceriaan anak-anak inilah mereka memiliki imunitas yang kuat. 

Hiburan membuat orang senang dan gembira. Tempat keramaian hiburan seperti tempat wisata, pasar, mall, supermarket adalah tempat dimana banyak orang saling berkomunikasi,mendapatkan informasi, dan kesenangan mendapatkan sesuatu dari keinginan yang secara tidak langsung akan memberi kegembiraan. Di tempat wisata misalnya, suasana keramaian yang menghibur membuat seseorang merasa senang oleh karena dirinya ada diantara mereka yang menjadi 'teman' baru. Meskipun Anda tidak mengenal mereka,namun Anda bisa tersenyum atau mengucapkan terima kasih kepada seseorang yang telah memberi petunjuk jalan menuju lokasi toko souvenir. Jika ada salah satu teman Anda yang kebetulan bertemu Anda di tempat wisat tersebut, bisa jadi Anda merasa senang karena dapat bertukar cerita dengan mereka.

Kegembiraan akan menumbuhkan pikiran yang positif. Dengan kegembiraan untuk bertemu dan berkomunikasi dengan teman, sahabat dan orang-orang di sekitar maka Anda mempunyai banyak pasukan untuk memberi daya dan kekuatan melawan virus yaitu sistem kekebalan tubuh. Bukan hanya dari dalam lingkungan Anda yang mampu untuk di lindungi namun juga di luar tempat Anda berdiri saat ini.

Apa Saja Hal-hal Yang Dapat Membantu Pikiran Positif? 

Agar Anda memiliki pikiran positif, beberapa hal penting berikut dapat menjadi informasi bagaimana cara untuk membantu pikiran positif Anda agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda secara alami. 

A. Pola Makan Sehat 

Mengkonsumsi makanan sehat adalah makan makanan yang mengandung cukup gizi untuk metabolisme tubuh. Makanan sehat bukan berarti harus makanan yang lezat atau mahal. Makanan sehat adalah makanan yang baik untuk tubuh dan tidak mengganggu pola makan sehat Anda. Pola makan seseorang akan mempengaruhi aktifitas rutin setiap hari ketika bekerja. Pola makan sehat yang sering diabaikan orang adalah sarapan pagi. Membiasakan diri untuk selalu makan di pagi hari akan membuat kondisi tubuh selalu bertenaga, memiliki stamina alami dan berenergi. Dengan demikian,imunitas tubuh Anda akan meningkat jika Anda mengikuti pola makan sehat.

Jika selama ini Anda jarang atau bahkan tidak pernah makan di pagi hari, cobalah untuk merubah pola makan Anda dengan lebih mengutamakan kesehatan dengan makan di pagi hari. Anda akan merasakan manfaatnya jika Anda mampu melakukannya. Sarapan di pagi hari juga tidak membutuhkan banyak waktu, bukan? Jadi,mengapa  diabaikan untuk sesuatu yang kecil namun bermanfaat untuk kesehatan. 

B. Istirahat Yang Cukup

Ketika Anda tiba-tiba merasa sakit kepala, hal pertama yang Anda lakukan adalah membeli obat sakit kepala kemudian Anda meminumnya. Satu sampai dua jam kemudian Anda sudah merasa sehat, tidak sakit kepala lagi. Tapi, bagaimana jika sudah lebih dari dua jam Anda masih merasa pusing? Penyebab umum yang  membuat sakit kepala adalah kurang tidur dan banyak pikiran. Kurang tidur dapat juga berarti kurang istirahat,capek hingga menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Sedangkan banyak pikiran disebabkan oleh keinginan Anda yang mungkin tertunda, sedikit masalah dalam keluarga, atau mungkin juga faktor ekonomi. Jika Anda pernah merasa bahwa sakit kepala yang Anda rasakan seperti halusinasi dari kejadian di masa lalu, Anda memerlukan istirahat yang cukup. 

C. Temukan Diri Anda Dalam Lingkungan Orang-Orang  Yang Anda Kenal

Siapapun teman dan sahabat Anda dan sekarang Anda sedang ada diantara mereka, itulah waktu Anda yang paling berharga. Mengapa? Karena Anda tidak akan tahu kapan Anda akan merindukan mereka. Teman dan sahabat - sahabat Anda adalah kehidupan yang mengisi 'ruang kosong' dalam diri Anda. Jika Anda pernah merasa sendiri di suatu tempat yang asing padahal Anda pada waktu itu Anda ada di antara orang banyak, 'ruang kosong' di kehidupan Anda menjadi terbuka. Karena ada cela di bagian diri Anda yang terbuka maka Anda akan merasa seperti sedang sendirian. Mungkin Anda tidak menyadari akan hal ini, bahwa Anda sedang merindukan teman dan sahabat - sahabat Anda. 

Mungkin Anda adalah desainer untuk produk rumah tangga berbahan kayu dengan motif ukiran. Dan sekarang Anda sedang menjalankan tugas untuk perusahaan furniture Anda dan Anda  sendirian dalam melaksanakan tugas Anda tersebut. Anda terpisah dengan teman dan rekan kerja yang selama ini ada di kehidupan Anda. Kemudian,dalam pekerjaan selanjutnya, mungkin Anda juga bekerja dengan orang lain yang memiliki kesamaan profesi namun Anda tidak mengenal mereka. Komunikasi antara Anda dan orang-orang yang baru Anda kenal mungkin hanya sebatas perkenalan. Untuk sekedar perkenalan, itu tidak membantu Anda untuk menemukan kembali tentang isi ruang kosong di hati Anda. Dan itu membutuhkan waktu yang lama. 

Keadaan seseorang yang 'merasa sendiri' berbeda dengan 'ingin sendirian'. Mungkin Anda perlu untuk 'ingin sendirian' ,namun hal ini mungkin juga Anda lakukan hanya beberapa waktu saja tanpa Anda merasa kehilangan akan keberadaan teman teman Anda. 

D. Putar Irama Musik Relaksasi

Pecahkan konsentrasi Anda yang fokus ke keadaan Anda saat Anda merasa gelisah akibat dari pikiran negatif dengan cara memecah konsentrasi ke hal-hal yang Anda sukai. Misalnya mendengarkan musik relaksasi atau musik klasik. Musik relaksasi akan membantu Anda merasa rileks dan mengistirahatkan kelelahan pikiran. Anda dapat mencari sumber atau situs tentang musik relaksasi.  Alunan gitar akustik, piano atau saxophone mungkin bisa Anda cari di internet. Irama-irama ini dapat membantu sesorang yang sedang risau atau memerlukan teman dari kenangan bahagia. 

Bukan tanpa alasan mengapa musik telah menjadi bagian dari ungkapan jiwa seseorang. Jika Anda suatu saat melewati temapt yang dulu pernah Anda jadikan tempat bertemu dengan orang yang Anda sayangi dan ada musik yang melengkapi suasana indah Anda itu,bagaimana perasaan saat itu?Anda merasa bahagia sekali,bukan?Waktu telah berlalu dan orang yang Anda sayangi telah menjadi bagian dari hidup Anda sekarang. Namun,musik kenangan yang membuat Anda kembali mengingat kebahagiaan akan terus menjadi irama yang menenangkan pikiran.

Harapan Untuk Hari Esok 

Ketika Anda membuat konsep perencanaan untuk  besok, minggu depan, bulan depan dan bulan-bulan berikutnya, dan semuanya itu telah terekam di pikiran Anda sebagai masa depan Anda maka Anda telah mendapatkan hidup Anda yang berada di pikiran positif tingkat teratas. Ini seperti Anda melihat diri Anda sendiri sedang menyiram tanaman di halaman rumah,atau membersihkan mobil Anda atau Anda sedang bermain bulutangkis bersama anak-anak Anda di halaman rumah.

Tidak Menganggap Remeh Suatu Penyakit

Mungkin,setiap langkah tidak selalu sesuai harapan. Kadang-kadang ada halangan yang membuat langkah terhenti. Halangan oleh sakit dan penyebab Anda menjadi sakit. Sejenak menyisihkan waktu untuk membuat perubahan agar rencana awal dapat kembali muncul di pikiran sebagai harapan baru. Harapan baru yang di sini adalah Anda mempunyai kemampuan untuk membuat hidup Anda bahagia, dengan cara tidak menganggap penyakit yang kecil itu tidak berarti. Ada kebijaksaan pada diri seseorang jika dirinya tidak menganggap kecil suatu penyakit. Mungkin Anda pernah mendengar ada 3 hal yang tidak boleh dianggap remeh. Dan salah satunya adalah penyakit.

Dengan pikiran positif, Anda mendapatkan bagian dari kebahagiaan yang telah lebih dulu Anda buat sebagai harapan. Sekecil apapun sakit di tubuh Anda ,jangan Anda anggap itu akan segera sembuh. Imunitas tidak sanggup melawan virus tanpa bantuan harapan Anda untuk tetap sehat.Yang paling utama adalah tetap menjaga kesehatan agar pikiran positif Anda selalu menang dan berada di tingkat tertinggi.

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *