Terbaru

Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci Dari Dalam



Sebagai pemilik mobil, Anda mungkin pernah mengalami kejadian yang membuat Anda panik dan juga khawatir. Salah satunya adalah pintu mobil Anda yang secara tidak sengaja terkunci dari dalam dengan kontak masih menempel di tempatnya.

Meskipun artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman seorang teman pemilik mobil Avanza keluaran tahun 2011, tetapi tidak terbatas untuk mobil Anda dari jenis lainnya yang menggunakan kunci kontak untuk menghidupkan mesin mobil. Meskipun sekarang banyak mobil baru dengan fitur tanpa kunci kontak, untuk mobil matic atau manual yang masih menggunakan kunci kontak, Anda menemukan jawaban dari masalah pintu mobil yang terkunci dari dalam.

Sekilas Tentang Mobil Avanza Tahun 2011

Jika memiliki mobil Avanza tahun 2011, Anda mungkin mengetahui beberapa spesifikasi mesin yang mendukung kerja Anda. Avanza ini berkapasitas mesin 1300 CC. Kapasitas penumpang 7 orang dengan sistem penggerak roda belakang. Tipe manual menjadi pilihan banyak pengguna dan tipe matic mengikuti cara orang berkendara dengan nyaman.

Untuk Anda pemilik mobil jenis Avanza atau Xenia tahun pembuatan 2004 sampai 2011 atau mobil jenis apa saja yang tombol kunci pada pintu adalah jenis knop, seperti foto di atas, Anda berada di halaman yang tepat.

Anda Lupa Mencabut Kunci Kontak

Jika setelah mematikan mobil lalu Anda lupa mencabut kunci dari tempatnya dan Anda secara tidak sengaja menutup pintu mobil, setelah itu Anda tinggal begitu saja, apa yang terjadi? Yang terjadi adalah terdengar suara alarm berbunyi dari dalam. Setelah 1 menit alarm mobil akan berbunyi 3 kali setelah itu berbunyi lagi 1 kali. Itu adalah tanda bahwa mobil Anda terkunci otomatis dan kunci atau remot alarm ada di dalam mobil Anda.

Menemukan solusi dari apa yang menjadi masalah pintu mobil yang terkunci dari dalam adalah langkah awal Anda. Oleh karena itu, informasi selanjutnya dibawah ini dapat membantu menemukan cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam.

Membuka paksa pintu mobil mungkin bukan cara yang bijak. Anda mungkin berniat pergi ke bengkel mobil. Bagaimana Anda ke bengkel? Bukankah kunci kontak ada didalam mobil dan pintu terkunci dari dalam? Tenang, usahakan Anda tenang dan jangan panik. Karena Anda bisa mengatasi sendiri tanpa merogoh kocek atau membayar orang. Cukup Anda yang melakukannya sendiri.

Apa Jawaban Dari Masalah Pintu Mobil Yang Terkunci Dari Dalam?

Jawabanya adalah 2 alat yang Anda perlukan untuk membuka pintu mobil Anda yang terkunci dari dalam.

1. Obeng min atau penggaris besi.

2. Benang bol atau tali rafia yang kuat agar tidak mudah putus.

Obeng min (-) adalah obeng yang ujungnya pipih, atau penggaris besi yang berbentuk pipih tapi kuat, digunakan untuk membuka sedikit atau membuat celah untuk benang/tali rafia masuk di sela daun pintu mobil.

Langkah-Langkah Membuka Pintu Mobil 

Berikut cara yang dapat Anda lakukan:

1. Yang pertama, buatlah bentuk tali simpul pada salah satu ujung benang bol atau tali rafia. Bentuk tali simpul biasanya di sebut tali lasso. Anda mungkin pernah mendengarnya.

2. Berikutnya, gunakan obeng min (-) atau penggaris besi dengan ujungnya di lapisi kain.Tujuan ujung obeng atau penggaris dilapisi kain adalah supaya tidak menggores cat mobil pada waktu memasukkan ujungnya di sela-sela pintu mobil bagian atas, khususnya bodi mobil bagian atas antara daun pintu.

Perhatikan bahwa posisi Anda memasukkan ujung obeng dan tali lasso adalah dari sebelah atas yang mengarah ke bagian knop atau ujung tombol kunci.

3.  Masukkan ujung obeng secara perlahan-lahan di sela antara pintu dan body mobil. Jika obeng sudah masuk dorong sedikit ke bawah dan masukkan benang yang sudah Anda buat simpulnya.

4. Tarik benang secara perlahan sampai ikat simpul benang tepat berada di tombol kunci, setelah masuk dan pas pada ujung tombol, tarik benang secara pelan pelan. Simpul akan otomatis mengikat ujung tombol kunci.

Untuk langkah ke-4 ini, Anda mungkin melakukan beberapa kali usaha memasukkan simpul tali ke knop tombol kunci. Lakukan secara perlahan dan pasti bisa. Jika Anda lelah, istrihatlah sebentar sambil menikmati secangkir kopi.

5. Setelah berhasil, ambil kunci mobil Anda, matikan alarm remote mobil dan Anda selesai melakukan membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. (Untuk mobil tampa remot, Anda tidak perlu matikan alarm).

Ketika saya tanyakan, waktu mengalami kejadian pintu mobil yang terkunci, apakah melakukan sendiri?

"Iya benar, cara membuka pintu mobil menggunakan obeng dan tali ini kebetulan saya praktekan sendiri di mobil jenis Xenia tahun 2005 dan Avanza tahun 2011. ALHAMDULILLAH berhasil". 

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Comments

Artikel Terpopuler Minggu Ini

Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Memindahkan File Dari Laptop Lama Ke Laptop Baru

Cara Mengatasi Jaringan 4G LTE Yang Tidak Stabil

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan