Memilih Menggunakan Kartu Kredit Sebagai Metode Pembayaran Di myIM3

Image source: myIM3


Ketika Anda mengisi ulang pulsa atau paket internet melalui myIM3, beberapa metode pembayaran tersedia untuk digunakan. Salah satu metode pembayaran yang dapat Anda pilih adalah menggunakan kartu kredit. 

Untuk Anda nasabah Bank Mandiri, Anda dapat mengajukan untuk memiliki kartu kredit. Dengan kartu kredit dari Bank Mandiri, proses pembayaran menjadi lebih mudah. Pulsa atau paket internet yang Anda pesan juga langsung aktif mengisi nomor Anda. Proses pengajuan juga gratis, baik secara online atau offline.

Tentang Kartu Kredit

Kartu kredit didefinisikan sebagai kartu ATM untuk mengajukan kredit. Kredit kepada siapa? Jawabannya adalah kredit kepada bank yang menerbitkan atau mengeluarkan kartu tersebut untuk Anda miliki. Frasa "kredit" itu sendiri berarti pinjam atau hutang. Jadi, kartu kredit adalah kartu ATM yang dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman atau pembayaran online dengan sistem pinjaman. Meskipun saldo tabungan Anda nol rupiah, Anda dapat menarik uang tunai dari ATM atau membayar tetapi kartu ATM yang Anda gunakan adalah jenis kartu kredit.

Ini artinya, dengan kartu kredit Anda dapat membayar pembelian pulsa atau paket internet di myIM3 melalui pilihan "Metode Pembayaran". Setelah proses pembayaran selesei, jumlah pembelian akan tercatat sebagai jumlah tagihan Anda di kartu kredit. 

Sebagai nasabah dari Bank Mandiri, Anda dapat memiliki dua kartu ATM dari jenis kartu debit dan kartu kredit. Proses pengajuan kartu kredit dapat serupa dengan pengajuan Anda untuk kartu debit. Ketika memasukkan nama, alamat, tanggal lahir dan lainnya, pastikan semua data Anda  sama persis seperti data Anda yang asli yang tercatat pada dokumen resmi pemerintah, - misalnya, KTP dan KK.

Proses pengiriman dokumen yang terkait dengan kartu kredit akan sampai ke rumah Anda dalam waktu kurang lebih 7-14 hari dari   tanggal Anda mulai mengajukan. Anda mungkin akan mendapatkan informasi melalui SMS bahwa dokumen yang terkait kartu kredit sedang diproses.

Apa Perbedaan Pembayaran  Menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit?

Anda mungkin bertanya tentang hal ini. Meskipun kedua jenis kartu dapat digunakan  untuk melakukan pembayaran, khususnya ketika Anda membeli pulsa melalui myIM3, namun cara transaksi yang terjadi dapat berbeda.

Pembayaran Kartu Debit adalah pembayaran yang menggunakan sistem transfer, sedangkan Pembayaran Kartu Kredit adalah pembayaran yang menggunakan sistem pinjaman.  

Sistem transfer mengharuskan saldo tersedia pada rekening nasabah. Jika tidak ada saldo yang cukup untuk membayar sesuai harga, Anda tidak dapat melakukan transfer. Sistem pinjaman tidak perlu saldo untuk membayar karena memang pembayaran otomatis ditagih pada kartu kredit sesuai dengan besarnya nominal atau harga pulsa yang dibeli. Perhatikan limit/batas kredit yang tersedia pada kartu kredit Anda agar nanti ketika Anda membayar tagihan, tidak ada uang yang seharusnya ikut membayar tagihan.

Uang yang seharusnya tidak ikut membayar tagihan kartu kredit adalah uang Anda yang sudah Anda rencanakan untuk ditabung. Bukan uang yang menganggur. Kendalikan tagihan kartu kredit Anda dengan bijaksana.

Langkah Pembayaran Pulsa Menggunakan Kartu Kredit

1. Buka aplikasi myIM3.

2. Di halaman Beranda, pilih "Isi Ulang" untuk kebutuhan pulsa prabayar. 

3. Pilih nominal pulsa yang Anda butuhkan. Tersedia nominal 10ribu sampai 1juta.

4. Dihalaman Metode Pembayaran, pilih kartu kredit/debit, lalu cek rincian transaksi. Pastikan Anda mengetahui rincian transaksi Anda.

Halaman akan membuka "Informasi Kartu Kredit" Anda. Sampai di bagian ini, siapkan kartu kredit Anda.

5. Masukkan informasi kartu kredit Anda. Ada tiga baris untuk Anda masukkan:

a. Nama Anda yang terhubung dengan kartu kredit

b. 16 angka di bagian depan kartu kredit

c. Tanggal kadaluarsa dan CVV ( 3 angka di belakang kartu Anda)

6. Pastikan semua data sudah benar, kemudian pilih tombol "Konfirmasi dan Bayar".

7. Halaman berikutnya adalah halaman transaksi untuk memasukkan kode OTP (On Time Password) yang dikirim melalui SMS. Kode OTP akan kadaluarsa dalam waktu kurang lebih 2 menit.

8. Masukkan kode OTP yang Anda lihat di inbox SMS pada kotak yang tersedia di langkah 7.

9. Transaksi Anda selesei dan pulsa Anda sudah terisi kembali. Anda mungkin akan mendapatkan pemberitahuan yang dikirim sistem perbankan dari kartu kredit ke email Anda.

Menggunakan kartu kredit sebagai cara membayar pulsa atau paket internet di myIM3 adalah transaksi pembayaran online yang dijamin aman. Anda dapat melihat bahwa ada banyak sistem verifikasi dan password pribadi yang disertakan dan ada pula notifikasi pada email tentang badan usaha keuangan yang resmi dan diawasi negara.

Langkah pembelian paket internet dengan metode pembayaran menggunakan kartu kredit adalah sama seperti langkah diatas. Anda hanya perlu memilih menu "Beli" dan tab "Internet" untuk menuju halaman transaksi.

 

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Deposit Saldo Melalui Alfamart

Contact Form

Name

Email *

Message *