Cara Memahami Nilai Satoshi Sebagai Unit Terkecil Dari Bitcoin


Koin elektronik Bitcoin adalah cryptocurrency yang memiliki nilai transaksi tertinggi dari cryptocurrency yang lain, bahkan jauh melampaui nilai mata uang fiat (uang nyata). Semua orang mengetahui bahwa nilai transaksi 1 BTC terhadap mata uang USD, - sampai artikel ini saya terbitkan -, adalah kurang lebih $20,000 atau setara Rp. 300juta. 

Cryptocurrency menjadi cara baru di internet untuk melakukan pembayaran online. Meskipun saat ini ada ratusan nama mata uang digital yang dapat dimiliki sebagai aset, namun koin elektronik Bitcoin menjadi koin digital yang terpopuler di perdagangkan sebagai aset yang bernilai, menyusul setelahnya Ethereum. Seolah-olah 1 keping koin dengan label huruf "B" ini layaknya koin emas yang sangat langka, hingga harganya ditetapkan ratusan juta perkeping. Anda dapat membayangkan jika menemukan koin ini di pinggir jalan, Anda dapat langsung menggunakannya untuk membeli banyak barang. Alih-alih menemukan 1 koin emas dengan label huruf "B", mendapatkan pecahan-pecahannya saja sudah lebih dari cukup untuk menambah penghasilan. Pecahan dari Bitcoin inilah yang dinamakan Satoshi.

Satoshi Sebagai Unit Terkecil Dari Bitcoin

Nilai Satoshi adalah angka-angka terkecil dari Bitcoin. Jika Anda memiliki 1 lembar uang senilai 100ribu, Satoshi diasumsikan sebagai  nilai uang pecahan Rp.1 yang menyusun 1 lembar uang senilai 100ribu milik Anda. Anda mungkin menanyakan, bukankah Satoshi adalah nama orang yang merancang program komputer untuk menghasilkan koin elektronik Bicoin? Iya, itu juga seperti yang saya ketahui, namun bukan itu maksud dari nilai Satoshi yang ada di dalam Bitcoin.

Untuk koin emas dengan label huruf "B" seperti yang banyak ditampilkan di internet, Anda jangan salah memahaminya, dengan menganggap bahwa koin itu adalah uang nyata. Sebenarnya, itu adalah gambar yang mewakili koin elektronik Bitcoin, bukan koin yang sesungguhnya. Mengapa? Karena koin dari Bitcoin yang sesungguhnya adalah berbentuk nilai/angka. Kemudian banyak orang yang menyebut  koin emas oleh karena nilai transaksinya yang sangat tinggi.

Jika Satoshi adalah nilai pecahan, berapakah perbandingan yang setara dengan 1 nilai BTC?

Pada awal kemunculan Bitcoin dan BTC sebagai satuan mata uang digitalnya, 1 BTC dipecah menjadi nilai 1: 1000 dengan nama Milibitcoins. Hal ini menandai bahwa mata uang digital adalah angka yang pertama kali dikenal dan memiliki nilai yang dapat ditukar. Nilai yang dapat ditukar artinya pecahan dari Bitcoin dengan nilai yang memiliki harga. Dengan kata lain, uang digital yang ada di internet dan tidak memiliki bentuk nyata, hingga sekarang ini, dapat ditukar dengan nilai mata uang nyata.

Kemudian, nama Satoshi kembali di pecah menjadi lebih kecil lagi oleh karena nilai transaksi Bitcoin yang bergerak semakin naik/mahal. Hingga sekarang, 1 BTC nilainya sama dengan 100.000.000 ( seratus juta) Satoshi atau 0,00000001 BTC.

Mengapa Nilai Bitcoin Harus Dipecah?

Agar transaksi koin elektronik Bitcoin dapat digunakan oleh semua orang. Bayangkan jika nilai 1 BTC sekarang setara uang 300 juta, lalu Anda ingin membeli pulsa nominal 50 ribu, apakah harus membayar 1 BTC hanya untuk membeli pulsa sebesar 50 ribu saja? Tidak. Anda cukup mengetik angka 0,00020000 Satoshi, perhatikan ada 8 angka setelah koma. Nilai ini jika dikonversi ke mata uang Rupiah sama dengan Rp. 60.000,00. 

Satoshi dibuat sebagai nilai terkecil dari Bitcoin bertujuan untuk memudahkan likuiditas nilai mata uang kripto terhadap mata uang fiat. Seperti yang sudah tertulis di atas, istilah mata uang "fiat" adalah uang nyata yang ada sekarang, USD, Rupiah, YEN, EURO dan lainnya.

Satoshi seperti uang kecil atau uang recehan yang Anda simpan di dompet. Suatu saat Anda memerlukan parkir mobil dan membayar kepada petugas parkir. Kemudian, Anda mengambil uang dari dompet sebesar 5 ribu. Cukup uang itulah yang Anda gunakan untuk membayar parkir, bukan uang 300 juta!. Seperti itulah nilai Satoshi Anda gunakan.

Kesimpulan

Memahami tehnologi blockchain akan membawa Anda kepada Bitcoin dan BTC. Kata "Bitcoin" adalah tehnologi yang membuat angka. Sedangkan "BTC" adalah angka itu sendiri. Satoshi dapat berarti angka 1 dari BTC yang di bagi menjadi 100 juta bagian. Anda mungkin dapat menarik uang dari internet ke rekening pribadi melalui layanan pusat atau jasa keuangan. Bitcoin adalah salah satu layanan untuk menarik uang ke rekening dan juga mengirim uang ke pengguna lain, tanpa melibatkan pihak pusat sebagai perantaranya. Jika Anda memiliki beberapa keping koin elektronik di wallet Bitcoin, Satoshi dapat Anda gunakan untuk membayar, mengirim atau membeli keperluan Anda. Simpanlah uang Anda dengan sebaik-baiknya.
 

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Cara Deposit Saldo Melalui Alfamart

Contact Form

Name

Email *

Message *