Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Fitur Pengenalan Wajah Pada Handphone Android




Tehnologi kamera digital yang ada pada handphone modern terus berkembang hingga mampu mengenali objek yang ditandai lalu menyimpan data untuk digunakan kembali. Salah satu tehnologi digital ini adalah fitur pengenalan wajah pemilik untuk fungsi yang dapat mengaktifkan layar kunci beranda pada handphone.

Fitur pengenalan wajah menjadi cara alternatif sebagai pengganti kode kunci layar yang menggunakan angka atau pola. Sebagai tehnologi yang mewakili cara orang membuat password untuk perangkat mereka, fitur pengenalan wajah adalah rekayasa digital yang mungkin masih menjadi metode baru dan memerlukan banyak dukungan untuk penggunaan pada perangkat komunikasi modern.

Kamera Depan Menjadi Kunci Utama Fitur Pengenalan Wajah

Secara langsung, wajah pemilik dikenali oleh perangkat melalui kamera depan yang sudah terpasang. Jika HP Anda belum mendukung tehnologi kamera digital di bagian depan, maka HP tersebut tidak bisa menggunakan fitur ini. Tetapi sekarang, hampir setiap handphone modern yang ber-OS sudah di bekali dengan kamera depan. Sehingga hasilnya, fitur baru tentang  kunci layar menggunakan pengenalan wajah selalu disertakan oleh vendor produk dari semua merk HP.

Platform Android dan iPhone mungkin memiliki tehnologi yang serupa.Namun, secara umum, keduanya memiliki tujuan yang sama untuk membuat sistem keamanan bagi pemilik perangkat. Sistem keamanan ini menjadi fitur perlindungan perangkat/HP pribadi dari penggunaan oleh orang lain.

Kamera Digital Dan Kamera Konvensional

Kamera digital digunakan hingga sekarang setelah kamera konvensional atau kamera lensa. Di jaman dulu, gambar hasil jepret kamera lensa ini disimpan pada media sejenis plastik tipis yang disebut klise/film. Sebagai media untuk menyimpan bayangan objek, klise/film memerlukan ruang yang lebih banyak untuk tetap dapat digunakan secara langsung. Sehingga hasilnya, alat seperti roll film dibuat lalu ditempatkan di salah satu bagian dalam perangkat kamera agar dapat bekerja bersamaan saat kamera mengambil gambar.

Tidak seperti kamera konvensional, kamera digital menggunakan media yang lebih canggih, praktis dan dapat disimpan dalam waktu lama. Hasilnya, kartu memori dibuat dari lempeng tembaga yang dilapisi dan memiliki ukuran kecil dan tipis. Hasil tangkapan gambar ini bukan lagi disimpan pada klise/film tetapi disimpan pada logam tembaga dan berubah nama file fotonya menjadi data/file digital.

Sebagai tempat untuk menyimpan gambar yang diambil oleh kamera digital, ada tehnologi nano didalam setiap kartu memori. Tehnologi ini adalah jalur-jalur khusus yang dirancang untuk arus listrik yang membawa data agar mereka dapat berproses bersama untuk menyimpan dan menampilkan kembali data yang diinginkan pengguna.

Petunjuk Penggunaan Fitur

Informasi tentang petunjuk penggunaan fitur pengenalan wajah pada perangkat memiliki 2 tujuan, (1) Memberi Anda pilihan untuk mengaktifkan fitur pengenalan wajah, (2) Memberi informasi tentang kemungkinan masih ada kekurangan sehingga fitur tidak dapat bekerja dengan baik.

Jika Anda dapat memahami bahwa layar kunci handphone menggunakan pengenalan wajah adalah rekayasa tehnologi digital, opsi pertama dapat membantu Anda untuk tetap aman. Sedangkan pilihan yang kedua, sama seperti fitur enkripsi aplikasi, meskipun terdapat beberapa kelebihan, namun dapat berbanding dengan beberapa kekurangan yang ada.

Serupa dengan yang tertulis di halaman ini, hanya sebatas informasi yang memberi Anda penjelasan bahwa kendali yang sebenarnya ada di tangan Anda.

Selanjutnya, apa kelebihan dan kekurangan fitur pengenal wajah pada handphone Anda?

Kelebihan

1. Dengan mengaktifkan kunci layar menggunakan fitur pengenal wajah, Anda memiliki handphone canggih yang tidak mudah digunakan, selain Anda.

2. Fitur pengenalan wajah hanya mengenali Anda.

3. Fitur pengenalan wajah tidak mudah ditiru.

4. Fitur pengenalan wajah membuat beberapa lapis kunci keamanan.

5. Fitur pengenalan wajah dapat menyimpan data Anda tetap aman, meskipun handphone Anda hilang atau di gunakan orang.

6. Fitur pengenalan wajah memberi Anda kendali penuh atas penggunaan perangkat pribadi.

7. Jika tidak digunakan, pengenalan wajah tidak mempengaruhi aplikasi yang terenkripsi dengan kata sandi atau password.

Kekurangan

Kekurangan fitur ini lebih cenderung kepada faktor cahaya. 

1. Fitur pengenal wajah memerlukan pencahayaan yang cukup untuk membaca data wajah Anda. Sore atau malam hari mungkin menjadi kendala cahaya yang diperlukan untuk mengenali wajah Anda.

2. Kemiripan wajah seseorang dapat mempengaruhi keadaan, sehingga jika ada orang yang wajahnya mirip dengan Anda, fitur kunci ini mungkin dapat membuka handphone Anda.

3. Jika dibandingkan dengan password angka atau pola, fitur pengenalan wajah kurang mendukung kekuatan password yang tersimpan sebagai enkripsi.

4. Tidak ada yang menjamin bahwa kunci layar menggunakan fitur pengenalan wajah adalah cara yang tepat untuk menangkap wajah dalam posisi setengah wajah. Ini artinya, jika Anda mendaftarkan wajah untuk mengaktifkan fitur ini, hindari melihat ke arah atas, bawah atau samping. Pastikan wajah Anda dapat terbaca secara penuh.

Masih ada kekurangan yang lain? 

Comments

Popular Post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Cara Mengirim Bukti Transaksi Lewat Whatsapp/BBM

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Contact Form

Name

Email *

Message *



Unitro Pulsa Network