Layanan Internet Kabel Fiber Optik Dan Internet Satelit


Layanan internet membawa banyak perubahan tentang cara orang berkomunikasi dalam jarak jauh. Dalam sistem komunikasi ini, ada dua layanan utama yang dikenal yaitu, (1) internet kabel, (2) internet satelit.

Internet kabel adalah layanan internet yang menggunakan kabel fiber optik sebagai media. Sedangkan layanan internet satelit, yang menjadi medianya bukan kabel tetapi udara bebas di sekitar kita dan juga ruang hampa udara di luar admosfer bumi. Meskipun keduanya adalah tehnologi modern untuk komunikasi jarak jauh, ada beberapa perbedaan sistem kerja ketika menerima dan meneruskan informasi.

1. Internet Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik merupakan kabel yang berbeda dengan kabel pada umumnya. Fiber adalah nama lain dari serat, sedangakan optik adalah nama lain dari kaca. Kabel fiber optik adalah kabel yang serabut kabelnya bukan dari tembaga tetapi dari kaca. Dari informasi lain, fiber terbuat dari plastik yang hampir mirip kaca.

Bayangkan kabel fiber optik dibuat dari bahan kaca yang sudah jadi. Bukannya dari pasir kwarsa yang membentuk kaca. Ini artinya, ada bahan kaca yang sudah disiapkan lebih dulu, lalu diproses pada suhu panas oleh mesin khusus. Proses pembuatannya dirancang sedemikian rupa dengan bantuan alat dan sistem canggih. Hingga menghasilkan kabel dengan serat-serat kaca yang halus seukuran rambut.

Bayangkan Anda melihat senar pancing, tetapi senar itu adalah kaca. Dari asumsi benang senar pancing ini, bagaimana orang dapat membuat bentuk serat seukuran rambut yang serupa tetapi dari bahan yang mudah pecah yaitu kaca. Itu semua adalah kemajuan tehnologi.

Kabel fiber optik ini berfungsi membawa pesan yang memuat informasi kemudian diteruskan ke pelanggan. Dari bentuk fisiknya sebagai serat kaca, ia membawa pesan menggunakan frekwensi cahaya. Dari sumber informasi, frekwensi cahaya memiliki kecepatan antara 400-800 THz. 

Dari skala ukuran dengan frekwensi cahaya yang tinggi ini, gelombang elektromagnet mampu membawa pesan melalui fiber optik dengan cepat. Beberapa kelebihan layanan internet  kabel adalah: komunikasi menjadi lancar tanpa kendala cuaca. tidak mempengaruhi 

2. Internet Satelit

Berbeda dengan fiber optik, layanan internet satelit menggunakan media udara dan ruang hampa. Ruang hampa udara berada di luar atmosfir. Ruang angkasa adalah hampa udara sehingga komunikasi jarak jauh dapat dilakukan oleh perusahaan yang mempelajari alam semesta, planet-planet, atau ilmu angkasa. 

Para astronout dapat berkomunikasi oleh karena jaringan internet mereka telah saling terhubung dengan stasiun pengendali satelit yang sudah ada di bumi.

Demikian halnya dengan layanan internet yang dapat diakses oleh pengguna umum. Jika mereka memerlukan jaringan yang mencakup area luas, internet satelit menjadi prioritas untuk dipilihnya.

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Rekam Layar HP Tanpa Menggunakan Aplikasi

Mengenal Fitur NFC Sebagai Tehnologi Transfer Data Dan Pembayaran

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Contact Form

Name

Email *

Message *