Mengenal BVM Network, Ekosistem Bitcoin L2 Yang Di Bangun Untuk Menskalakan Blockchain Bitcoin

Token $BVM diluncurkan

Ada banyak rahasia di Bitcoin yang belum terungkap. Ordinal telah ditemukan dan disusul L2 yang menjadi salah satu rahasia yang berhasil dibuka setelahnya. Melalui BVM Network dan ekosistem L2, ini mungkin menjadi petunjuk untuk mengungkap rahasia lain yang masih menjadi misteri. Apa selanjutnya?

Beberapa kalimat di atas adalah postingan saya di Twitter (sekarang menjadi X ) yang mewakili deskripsi singkat tentang blockchain L2 yang di bangun di atas blockchain Bitcoin. Istilah L2, BVM dan beberapa informasi saya uraikan di bawah ini. 

Apa itu L2?

Di artikel ini, L2 mengacu ke Bitcoin Layer 2 atau blockchain baru yang dibuat di atas blockchain Bitcoin. Saya mengetahui narasi tentang L2 ini awal tahun 2024 menjelang halving Bitcoin bulan April 2024 lalu. Jika Anda sudah mengetahui lebih awal, Anda tentu lebih memahami.

Bitcoin L2 akan menjadi salah satu narasi dominan dari kenaikan kripto berikutnya, dan aset kripto $BVM akan memimpin.

Apa Itu BVM Network?

Saya sudah menulis artikel sebelumnya tentang BVM Network di halaman ini.

BVM singkatan dari Bitcoin Virtual Machine. Dalam bahasa Indonesia berarti Mesin Virtual Bitcoin. Apa ini?
Ini adalah blockchain baru yang dibuat "diatas" blockchain Bitcoin untuk membantu menskalakan atau membagi program/transaksi aset kripto Bitcoin yang sangat banyak jumlahnya. BVM Network menjadi salah satu dari ratusan jaringan Bitcoin L2 yang ada sekarang.

Bentuk dari kata "menskalakan" ini akan mewakili makna bahwa Bitcoin tidak hanya sekedar mata uang saja yang digunakan sebagai alat untuk membayar, tapi juga dapat dibuat menjadi alat berbentuk lain tapi tetap menggunakan tehnologi yang sama. Ini artinya, blockchain Bitcoin sekarang dapat di buat menjadi pasar NFT (Ordinal), aplikasi sosial pertemanan (mirip Facebook, Twitter atau lainnya, namun di Blockchain Bicoin), aplikasi game, dan aplikasi yang mirip perdagangan saham dan emas.

Analogi untuk "menskalakan" menjelaskan, jika Bitcoin adalah guru/profesor yang memiliki tugas mengoreksi dan memberi nilai ujian dari ribuan murid, maka tentu akan terasa berat. L2 hadir sebagai asisten yang membantu mengoreksi dan memberi nilai dengan catatan bahwa semua yang dilakukan oleh asisten itu tetap mengikuti aturan asli dan telah di validasi kebenarannya oleh sang guru/profesor tersebut.

Sedangkan $BVM, ini adalah token/mata uang kripto yang menjadi mata uang asli jaringan dan membantu memberdayakan ekosistem BVM Network. Lambang "$"  dan diikuti "BVM" mewakili jenis mata uang kripto dari blockchain yang dibangun. 

Jadi misalnya, jika Anda menemukan ada angka 10$BVM, ini dapat berarti bahwa nilai ini dari jaringan BVM Network. Atau, 10$SOL, maka nilai ini adalah mata uang digital dari blockchain Solana. Untuk yang lain, $BNB dari Binance, $XLM dari Stellar, $ARB  dari blockchain Arbitrum dan banyak lagi.

Anda dapat mengetahui lebih banyak informasi tentang ekosistem BVM Network melalui saluran X/Twitter. Di bawah ini tautan menuju akun resmi BVM Network. Akun resmi BVM Network memiliki tanda Centang Biru. Perhatikan bahwa tautan ini bukan tautan affiliasi. Anda hanya akan diarahkan ke aplikasi X/Twitter. Kunjungi halaman.

Saya menulis beberapa postingan di akun X (Twitter) dan menggambarkan bagaimana aset kripto Bitcoin ini mampu menjadi mata uang digital paling mahal dan banyak rahasia yang belum ditemukan. Sampai hari ini, saya menulis artikel ini, harga 1 koin dari Bitcoin setara dengan jumlah uang $70K (Tujuh puluh ribu USD) atau 1 Miliar rupiah! , asumsi perbandingan 1USD setara Rp 16.000. 

Di bawah ini postingan yang saya tulis dalam bahasa Indonesia. Postingan asli dapat Anda kunjungi halaman ini.

 1/Satoshi Nakamoto, tidak ada yang tahu siapa dia, dari mana asalnya (kecuali nama familiar suatu negara). Tidak ada Telegram, Discord atau chat khusus tentangnya. Namun mengapa pengaruhnya mengubah sistem keuangan dunia.

 2/Ini tidak masuk akal. Tapi itulah yang terjadi sekarang. Banyak uang yang digunakan untuk membeli kode yang dibuatnya, lalu ajaibnya uang mereka bertambah.

 3/Selain itu, orang lebih suka berbelanja menggunakan kode ini. Pertanyaannya kini terjawab, banyak sekali kode yang bisa dibuat dan mampu meyakinkan banyak orang bahwa ia memiliki nilai.

 4/Selama lebih dari satu dekade, orang-orang telah mengetahui bahwa kode adalah cara pembayaran yang paling aman.

 5/Kemudian, ada temuan baru tentang pemulihan kode Bitcoin murni menjadi lahan baru untuk budidaya. Ya, rahasianya berhasil dibuka dengan Ordinal.

 6/Adakah yang akan mengungkap rahasianya lagi, setelah Ordinal? Ada. Itu adalah L2. Dan kini, masih dalam tahap awal perkenalan.

 7/Mungkin seiring dengan cara masyarakat melihat penanaman dan pengambilan hasilnya, L2 semakin banyak digali.

 8/Ekosistem BVM memulai ini dan berhasil menghadirkan nilai dari Ordinal dengan Runernya. Ini masih dalam tahap awal, banyak yang ragu, tapi saya yakin ada kehidupan di setiap Runer.

 9/Sebuah lokasi untuk menambang $RUNIX telah dibuat.  Ini hanya masalah menemukan cara untuk membuka pintu misteri yang sedikit terkunci ($RUNIX adalah salah satu proyek pada ekosistem BVM Network). 

 10/Saya menemukan Ekosistem BVM beberapa hari sebelum jaringan ini mulai berkembang. Dan kini tingginya masih 2 meter. Apa jadinya jika tingginya menjadi 3 atau 4 meter?

 11/Apakah masih ada rahasia lagi, seperti L4, L5 dan seterusnya? atau sudah tidak ada lagi lapisan diatasnya? Mari kita buka bersama dengan ekosistem BVM.

Apa Manfaat Yang Bisa Diambil?

Mengetahui informasi dari ranah web3 memang memerlukan pemahaman tentang tehnologi digital khususnya program komputer yang di sebut Bitcoin.
Manfaat yang bisa diambil dari lahirnya blockchain L2 ini adalah agar nilai asli dari Bitcoin sebagai alat pembayaran online peer to peer tetap aman tanpa ada pihak yang dapat mengganggu atau mengubah kode yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto ini. Setidaknya, tehnologi ini mampu menjembatani semua orang yang terhubung ke internet dan memerlukan alat untuk membayar dengan mudah, cepat dan aman.

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Memindahkan File Dari Laptop Lama Ke Laptop Baru

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Contact Form

Name

Email *

Message *