Cara Mengatasi Masalah Kebocoran Pada Unit Pompa Air

Sudah 2 minggu ini, saya mengalami sedikit kendala pada salah satu alat untuk membantu pengairan di rumah, yaitu pompa air. Setiap kali saya menyalakan saklar pompa air untuk mengisi bak mandi, air tidak langsung keluar pada kran. Padahal,sistem kelistrikan normal dan pompa juga aktif. Air baru keluar setelah saya menunggu sekitar 10 menit. Hal ini tidak sekali saja  terjadi, namun berulang kali setiap menyalakan pompa air.

Saat hari libur memang tidak masalah karena tidak di buru waktu  berangkat bekerja. Namun, masalah pompa air yang harus menunggu waktu keluar airnya membuat saya kerepotan juga. Apalagi di rumah saya tidak memasang tandon air untuk keperluan bila listrik tiba-tiba padam. Terpaksa harus menggunakan juga pompa air meskipun menunggu waktu.

Normalnya pompa air, begitu saklar ditekan, arus listrik langsung mengalir untuk menyalakan unit pompa  dan putaran impeler pompa akan menghisap air. Pada saat bersamaan baling-baling pompa ini berputar, air seharusnya langsung  keluar karena terhisap ke bagian yang mengarahkan air ini. Tapi berbeda dengan yang saya alami.

Setelah mencari apa penyebab pompa air bermasalah dengan banyak bertanya pada teman, tukang pasang pipa, pemilik toko bahan bangunan, dan mencari informasi di internet, akhirnya saya menemukan jalan keluarnya.

Apa yang menyebabkan air tidak langsung keluar?

Ada 2 hal  penyebab air tidak langsung keluar meskipun pompa air menyala:
  • Kebocoran pada filter pipa saluran hisap yang ada pada dasar sumur.
  • Kebocoran pada sambungan pipa hisap.

Kebocoran Pada Filter Pipa Saluran Hisap Yang Ada Pada Dasar Sumur

Filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di dasar sumur dan juga sebagai katup untuk mengatur buka tutup celah saluran air yang terhisap oleh motor.

Didalam flter terdapat 2 komponen yang bekerja secara mekanis, 2 komponen ini adalah pegas dan katup dari bahan karet. Pegas berfungsi untuk menghasilkan gaya tarik bolak balik. Katup dari bahan karet berfungsi untuk membuka dan menutup otomatis oleh karena gaya tarik bolak balik dari pegas.

Dari kedua komponen ini, yang paling sering bermasalah adalah katupnya. Katup yang terbuat dari karet mudah sekali aus karena gaya gesek yang di timbulkan katup dan dinding filter. Oleh karena itu, jika ada tanda-tanda pompa air diaktifkan namun air tidak segera keluar adalah katup filternya sudah aus dan harus diganti dengan filter yang baru.

Kebocoran Pada Sambungan Pipa Hisap

Saluran pipa pada unit pompa air ada 2, sebut saja inlet dan outlet. Inlet adalah sambungan pipa yang letaknya di dalam sumur dan berfungsi menghisap air sumur. Sedangkan outlet adalah sambungan pipa yang menuju tempat-tempat di mana air dibutuhkan, misalnya kamar mandi, tempat cuci piring, kran siram tanaman, dan lainnya.

Untuk masalah terkait sambungan pipa yang bocor, cara untuk mengetahuinya adalah memeriksa secara seksama kedua sambungan, terutama bagian inlet pipa yang ada pada saluran hisap, bagian pipa yang masuk ke sumur. Sedikit usaha diperlukan untuk memeriksa pipa inlet, sebab Anda harus mengeluarkan pipa dan melihat apakah ada bagian yang retak pada sambungan pipanya.

Jika memang benar ada bagian sambungan pipa yang retak/rusak, segeralah Anda perbaiki bagian sambungan pipa ini. Siapkan sambungan pipa baru, seal tape dan lem pipa  untuk merekatkan pipa.

Jika pada pipa outlet, kebocoran dapat diketahui langsung sebab letak pipa yang berada di atas sumur. Kecuali jika pipa outlet sudah tertanam di dalam tembok rumah pada saat pemasangan yang pertama kali. Namun hal ini juga mudah untuk diketahui dari bagian tembok yang agak lembab yang terletak disekitar saluran pipa yang telah ditanam.

Kesimpulan

Ketika pompa air mengalami kebocoran, Anda tidak bisa menggunakannya untuk pengairan di rumah. Belum lagi saat pagi hari yang mengharuskan Anda harus selalu menyalakan pompa air untuk kebutuhan mencuci pakaian dan mengisi bak mandi.

Agar unit pengairan di rumah kembali normal, segerah mengganti filter air jika kebocoran ada pada filternya. Dan segera perbaiki sambungan yang retak/rusak jika kebocoran terjadi pada sambungan pipa inlet.

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *