Anda Bekerja Dengan Teks?Jangan Pindah File Anda Tapi Salinlah


Saat Anda bekerja dengan teks,ada sistem kerja pada perangkat,baik pc maupun ponsel pintar, yang selalu mengikuti alur kerja Anda ketika Anda memerlukan file yang sama namun tidak dalam satu folder,atau dalam satu folder namun dengan nama file yang berbeda. Sistem kerja ini adalah 'copy' atau salin dan 'cut' atau pindah atau memindahkan file. Copy adalah sistem untuk menyalin file  teks, gambar, video dan menghasilkan file yang sama persis dengan file aslinya. Sedangkan 'cut' adalah sistem kerja untuk memindah file asli ke bagian folder yang lain. Dari sistem kerja copy dan cut ini ada pelajaran yang berharga dan tampak mudah dilakukan. Namun,yang tampak mudah dilakukan ini  seringkali menjadi masalah dan Anda tidak tahu bagaimana jalan keluarnya.

Untuk penulis konten blog,artikel ini bertujuan untuk memberi saran ketika Anda bekerja dengan 'copy dan cut' file dan Anda berada di halaman editor blog Anda. File dalam bentuk teks tersimpan sebagai file yang ringan dan mudah di buka. File gambar dan suara,mungkin memerlukan sedikit lebih besar ruang untuk menyimpannya pada harddisk perangkat Anda. Jika  Anda hendak memasukkan file gambar diantara artikel, pastikan file gambar tersebut tidak terlalu besar. Anda dapat mengeditnya agar file gambar tersebut ringan jika Anda menguploadnya ke blog Anda. 

Halaman situs web atau blog yang memiliki banyak teks asli lebih di utamakan oleh web crawler dari pada halaman web atau blog yang berisi banyak gambar. Ini berarti bahwa ketika Anda membuat artikel baru dan artikel Anda itu lebih banyak menampilkan teks sebagai informasi yang Anda berikan maka blog Anda akan lebih cepat dimuat dalam hasil penelusuran. Sedikit waktu yang Anda perlukan untuk mempublikasikan artikel Anda akan menampilkan banyak kriteria hasil penelusuran yang ada pada blog Anda. Artinya, beberapa saat setelah Anda menerbitkan artikel baru,halaman artikel yang telah ditayangkan akan menyimpan hasil di Google Search Console sebagai metrik. Dengan metrik yang  tersimpan, Anda dapat mengetahui bagaimana blog Anda akan berpengaruh di hasil penelusuran oleh pengguna. Pengguna blog Anda yang berinteraksi akan menampilkan metrik peningkatan untuk kriteria 'Kinerja'. Metrik 'Kinerja' di Search Console adalah bagian yang memberi Anda informasi tentang bagaimana kualitas antara artikel yang mengutamakan teks dan yang tidak. 

Baca juga: Melihat Laporan Bulanan Di Situs Search Console

Teks Sebagai Informasi  Dari Ilmu Pengetahuan Yang Tersimpan

Sebagian besar ilmu pengetahuan yang telah melalui sejarah panjang dan melibatkan orang-orang cerdas di masa lalu adalah tertulis sebagai file teks dan gambar. Namun teks lebih mendominasi sebagai informasi yang dapat di baca. Meskipun media pada masa lalu cukup sederhana,media yang menjadi tempat teks tertulis berbeda-beda,namun teks telah menjadi informasi penting untuk di baca oleh siapa saja dan waktu yang yang akan datang.Sebelum kertas ditemukan,informasi tertulis pada daun,kulit hewan atau kulit pohon.Hingga sekarang teks telah memenuhi semua perangkat modern yang telah menggunakan tehnologi komunikasi untuk menyampaikan informasi. Bentuk informasi yang kita kenal sebagai SMS,artikel blog,informasi di situs berita online,layanan jasa,serta kampanye atau iklan digital suatu produk adalah transisi dari informasi masa lalu ke masa modern. 

Orang-orang yang bekerja dengan teks adalah mereka yang berprofesi sebagai penulis buku,penulis konten blog,jurnalis situs berita, anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantor bagian berkas perusahaan dan pekerjaan-pekerjaan lain yang berkaitan tengan tulisan,dan Anda yang sekarang sedang membuat konsep untuk artikel baru. Tehnologi komunikasi membawa kemudahan agar pertukaran informasi tersebut dapat lebih mudah sampai kepada pengguna. Melalui situs atau blog,informasi-informasi yang dibutuhkan akan menampilkan dalam daftar kata kunci yang telah tersimpan dalam kueri oleh pengguna. 

Di halaman ini, "Anggap saja Anda sudah memiliki artikel baru yang telah Anda tuliskan pada notepad dan berencana akan menyalinnya atau memindahkannya ke halaman editor blog. Semua kalimat beserta ejaan kata sudah Anda evaluasi dengan baik. Artinya sudah tidak ditemukan kata-kata atau kalimat yang kurang lengkap, salah penempatan huruf, kekurangan huruf atau tanda baca. File gambar mungkin Anda masukkan setelah semua artikel sudah selesai Anda letakkan di halaman editor".

Sekarang,Waktunya Untuk Menyalin Artikel

Sebagai penulis konten blog dengan format artikel,Anda bekerja dengan teks yang akan menggunakan, namun tidak selalu menyertakan,sistem kerja 'copy' dan 'cut' file. Ini artinya Anda sudah membuat artikel di notepad, dan akan menyalin(copy) semua kata atau kalimat yang  mungkin Anda perlukan untuk dibuat salinannya sebagai paragraf dari artikel baru, Atau...Anda pindahkan semua file dari notepad ke halaman editor blog. Seperti tertulis di awal bahwa bagian ini ada pelajaran yang berharga dan tampak mudah dilakukan. Namun,yang tampak mudah dilakukan ini seringkali menjadi masalah dan Anda tidak tahu bagaimana jalan keluarnya. 

Apa Yang Menjadi Masalah? 

Yang menjadi masalah adalah ketika Anda memilih semua file teks dari notepad untuk Anda letakkan di halaman editor blog, Anda memilih 'cut' ,bukan 'copy'. Opsi 'cut' atau memindahkan file ini sama artinya Anda menghapus file Anda secara tidak langsung,tanpa Anda menyadarinya bahwa file asli juga ikut disertakan. 

Dari sistem pada pc atau laptop Anda, klik kanan akan menampilkan file menu opsi,termasuk copy, cut, rename,dan lainnya. Opsi 'cut' adalah untuk memindahkan file asli sedangkan opsi 'copy' hanya membuat salinannya saja, file asli masih tetap ada. Pada saat Anda siap untuk meletakkan(paste) file dari hasil opsi 'cut', seharusnya Anda langsung meletakkan file Anda di halaman editor blog dan SELESEI. Namun karena Anda kurang konsentrasi, atau memang Anda lupa bahwa Anda belum meletakkan file artikel yang sudah susah payah Anda buat di notepad,Anda beralih ke bagian lain yang sebenarnya dapat Anda lakukan nanti setelah Anda menerbitkan artikel baru.

Bukan hanya kurang konsentrasi atau sekedar lupa yang menjadi penyebab Anda tidak segera paste file, faktor kondisi dan suasana di sekitar bisa saja mengikuti. Seperti misalnya Anda merasa ingin minum dan beranjak dari tempat duduk untuk mengambil air minum, melihat hujan yang turun deras diluar rumah, melihat jam dinding(padahal,ada penunjuk waktu di setiap perangkat),mengusir nyamuk,menonton sebentar video Youtube, melihat jumlah pengunjung blog hari ini.

Yang seringkali terjadi adalah faktor rasa ingin tahu akan informasi baru yang sudah ditetapkan sebagai notifikasi pada perangkat. Notifikasi otomatis ketika Anda mengaktifkan pilihan untuk mendapatkannya dari salah satu atau beberapa situs favorit Anda. Seperti misalnya: sebentar saja Anda melihat notifikasi tentang penawaran dari situs belanja online tentang  HP terbaru, Anda langsung membuka halaman menuju penawaran HP baru tersebut. Anda jumpai tautan untuk membuka kode promo, lalu Anda 'copy' kode promo dan paste pada notepad dan berharap Anda memperoleh discount dari kode promo yang baru saja Anda 'copy'.  

Anda Belum Meletakkan File Artikel Pada Halaman Editor

Notepad yang sudah Anda buka ketika Anda menuliskan artikel di dalamnya, sekarang menampilkan halaman kosong. Hasil copy kode promo dari penawaran notifikasi HP yang baru saja Anda lakukan akan 'MENGHAPUS' semua artikel yang telah Anda 'cut'. Disinilah masalahnya. Dan pada saat Anda membuka tab yang menandai sebagai halaman editor blog, Anda kembali memilih opsi klik kanan dan paste. Namun, Apa Yang Terjadi? Halaman editor menampilkan kode promo, bukan artikel Anda!..Sampai di bagian ini, Anda baru sadar bahwa semua artikel yang sudah lengkap dan siap Anda terbitkan sebagai artikel baru ternyata sudah hilang dan berganti menjadi kode promo. Meskipun Anda berusaha untuk mengembalikan file artikel yang terlanjur 'tertutup' oleh kode promo tadi,namun usaha Anda mungkin sia-sia.

Kecuali,pada notepad yang telah Anda simpan dengan nama file,Anda memilih tombol x di sudut kanan atas notepad,yang menandakan untuk menutup aplikasi notepad tanpa menyimpannya.Di sini,mungkin ada harapan bahwa artikel yang sudah Anda tuliskan dapat dikembalikan. Sistem akan menutup notepad Anda ketika tanda x di pilih dan muncul opsi " Do you want to save changes to Untitled?" dan memilih "Don't save". Langkah ini akan membatalkan notepad untuk menyimpan dan membiarkan file lama masih tersimpan. Di bagian " Do you want to save changes to Untitled?",Anda masih bisa menemukan kembali file jika Untitled  memiliki status Nama File. Jika Untitled tetap menampilkan 'Untitled' artinya file tanpa nama,maka Anda belum menyimpan teks artikel di notepad tersebut.

Apakah Saran Terbaiknya?

Saran terbaik adalah jika Anda tidak memiliki back up data, jangan gunakan opsi 'cut' tetapi gunakan opsi 'copy' file. Meskipun notepad belum Anda simpan, namun dengan Anda memilih opsi 'copy' Anda memiliki salinan file yang persis sama dengan file asli, tanpa Anda khawatir file asli tersebut terhapus atau rusak oleh karena ada masalah pada sistem di perangkat.  Gunakan opsi 'cut' apabila Anda benar-benar memiliki backup data.

Saran yang kedua,sebelum Anda menutup perangkat, selalu simpan file Anda meskipun hanya memuat satu kata sandi. Dengan membiasakan untuk menyimpan file pada perangkat,dan menjadikannya sebagai alur kerja ketika Anda berada di depan layar maka Anda memiliki satu pengetahuan tentang bagaimana seorang penulis menghargai karya tulisnya sendiri.

Baca juga: Cara Memperbaiki Dan Menghapus Halaman Blog Yang Tidak Ditemukan

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Contact Form

Name

Email *

Message *