Melihat Laporan Bulanan Situs Di Search Console



Untuk menjadi perhatian yang memerlukan data bulanan tentang traffic situs adalah melihat laporan bulanan pada Search Console. Traffic situs dapat mempengaruhi hasil penelusuran oleh pengguna. 

Artikel ini menyajikan informasi tentang Search Console dan fitur-fitur penting untuk mengoptimalkan situs Anda di hasil penelusuran oleh pengguna. Untuk memudahkan,nama situs akan di sebutkan menjadi blog. Jika Anda baru saja membuat blog dan Anda memerlukan alat pelacakan untuk blog Anda yang bekerja secara real time, Anda bisa menggunakan Google Analitic. Search Console dan Google Analitic adalah layanan gratis yang khusus di sediakan untuk Anda gunakan sebagai metrik informasi semua yang terjadi pada blog Anda.
    
Meskipun blog Anda terlihat aman atau tidak ada masalah, namun dengan memanfaatkan Search Console ini beberapa kekurangan yang mungkin masih ada pada beberapa bagian di blog Anda dapat di ketahui dan kemudian dapat Anda perbaiki. Seperti bagian yang menjelaskan tentang apakah halaman sudah mendukung kebergunaan seluler, apakah ada halaman yang tidak ditemukan, halaman dengan pengalihan dan halaman lain yang mungkin memerlukan perhatian Anda. 

Pengertian Tentang Search Console

Apa itu Search Console? 

Secara umum, Search Console adalah layanan untuk pengoptimalan halaman web (situs/blog). Tentang hasil penelusuran, kinerja dan cakupan situs yang disertakan dalam laporan, dapat berfungsi untuk melengkapi data yang diperlukan ketika ada halaman yang memerlukan validasi perbaikan. Validasi perbaikan diperlukan ketika ada salah satu atau bagian tertentu dari blog Anda yang bermasalah dan harus segera Anda perbaiki.

Seperti contoh salah satu masalah yang tertulis di akhir paragraf dua di atas, misalnya masalah 'halaman tidak di temukan' ( di akhir paragraf dua, saya tuliskan 3 contoh masalah ). Setelah Anda memperbaiki halaman tidak ditemukan dengan cara menghapus secara permanen halaman tersebut, Anda perlu untuk memvalidasi tindakan Anda. Dengan Anda memvalidasi berarti bahwa Anda telah menyampaikan informasi ke Search Console bahwa halaman yang bermasalah tadi sudah Anda hapus.

Search Console dapat Anda buka di halaman menu pada dasbor blog Anda. Pada tampilan dasbor lama, Search Console ada pada bagian sub menu 'Preferensi penelusuran', namun untuk tampilan dasbor baru, ada di bagian sub menu 'Crawler dan pengindeksan'. Jika Anda sudah memiliki akun Google Analitic, maka akun ini juga berkaitan dengan Search Console. Blog dengan tayangan yang tercantum sebagai laporan di Google Analitic akan memudahkan Anda untuk mengetahui tentang sesuatu aktifitas yang terjadi pada blog, misalnya tentang dari mana dan apa perangkat pengunjung, berapa rata-rata kunjungan harian dari satu halaman tertentu, apa saja nama browser yang digunakan oleh pengguna.

Membuka Search Console

Di dasbor baru blog Anda pada sisi kiri adalah navigasi yang memudahkan Anda untuk membuka Halaman postingan, Data statistik, Sumber lalu lintas situs dan navigasi lainnya yang dibutuhkan. Menu navigasi 'Setelan' ada di bagian bawah dan memuat sub menu untuk membuka halaman Search Console. Diantara sub menu yang tampil, terdapat kolom yang menginformasikan tentang ID Analitic.
Untuk membuka halaman Search Console melalui dasbor blog yang baru, ikuti langkah berikut:

1. Pada menu 'Setelan' yang Anda pilih, halaman sebelah kanan akan otomatis menampilkan beberapa nama sub menu. Pada tampilan dasbor 'lama', Search Console ada di bagian 'Preferensi penelusuran'. Namun untuk tampilan dasbor baru,link menuju Search Console terdapat di bagian Crawler dan pengindeksan.

2. Di 'Crawer dan pengindeksan' klik Google Search Console.

3. Halaman akan di alihkan ke tab baru pada halaman utama Search Console.

4. Selanjutnya adalah mengenal menu-menu utama Search Console sebagai navigasi untuk menuju bagian-bagian halaman blog Anda.

Navigasi Search Console 

Untuk mengetahui navigasi di Search Console, berikut menu utamanya:

1. Sekilas.

2. Kinerja.

3. Inspeksi URL

4. Indeks, bagian ini memuat 3 sub menu: Cakupan, Peta Situs dan Penghapusan.

5. Penyempurnaan,bagian ini menuat: Data Web Inti dan Kebergunaan Seluler.

6. Tindakan Manual dan Keamanan, bagian ini memuat: Tindakan Manual dan Masalah Keamanan.

7. Laporan dan fitur lama, bagian ini memuat: Penargetan internasional, Statistik Perayapan, Pesan, Parameter URL dan Web Tools.

8. Tautan.

9. Setelan.

Untuk mengetahui tentang statistik bulanan blog Anda, klik menu navigasi 'Kinerja' kemudian pilih urutan 'Rentang Tanggal' yang tampil pada kotak opsi. Dalam hal ini, contoh screenshot sudah terlihat di bagian awal artikel ini.

Manfaat Mengetahui Data Dan Laporan Pengunjung Blog

Seperti yang telah di jelaskan di awal, navigasi situs adalah bagian utama yang mengantarkan pengguna untuk menjelajahi blog Anda. Karena Search Console adalah web layanan untuk blog pengguna, maka situs ini memiliki tehnologi penyampaian informasi yang dapat diandalkan. Di sisi lain, Anda tentu memahaminya juga bahwa Search Console adalah produk Google yang telah menjadi perusahaan digital berbasis tehnologi informasi yang sudah populer saat ini.

Sistem data digitalnya telah memiliki serangkaian unit kerja canggih yang mampu membuat segala informasi dapat di tampilkan secara cepat, mudah dan maksimal. Tidak terhalang oleh jarak yang jauh atau terpisah lokasi. Tehnologi analisa data sistem digital yang ada di Search Console memungkinkan Anda dapat mengetahui dengan mudah tentang perilaku situs atau blog Anda. Misalnya perilaku blog yang menampilkan data pengunjung bulanan, mingguan dan harian. Data ini merupakan data asli dari blog Anda terkait hasil penelusuran pengguna yang mencari informasi tentang kebutuhan mereka. Kemudian, dari hasil penelusuran tersebut menemukan bahwa informasi yang dicari pengguna ada di salah satu halaman blog Anda.

Dengan Anda mengetahui tentang apa saja data dan perilaku blog Anda secara real time, termasuk jumlah kunjungan per hari dari pembaca, kesempatan Anda untuk menjadikan blog sebagai sarana online untuk mempromosikan bisnis Anda akan semakin terbuka luas. Pengguna internet aktif dan terbesar sekarang adalah pengunjung situs media sosial. Di media sosial tersebut, ada jutaan orang yang memiliki bisnis dan membuat bisnisnya dapat berkembang oleh karena mereka membangun dan mengelola situs dengan nama bisnis mereka.

Dengan mengetahui laporan menurut waktu (hari, minggu dan bulan) maka Anda mendapatkan data terarah untuk menjadi referensi ketika memerlukannya. Layanan situs Search Console memang disediakan untuk memudahkan Anda mengelola blog pribadi tanpa adanya biaya. Karena itu, dengan memanfaatkan fitur yang ada, Anda memiliki kendali untuk memaksimalkan traffic blog tanpa membuat perubahan pada blog tersebut.


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *