Tentang Kisah Saya Menulis Di Mirror Web3

Source image: internet web


Saya mengawali dengan artikel di bawah ini, 

"Setiap hari saya berangkat bekerja, melakukan tugas lalu jika selesei sesuai waktu yang ada saya kembali ke rumah. Suatu saat di akhir pekan, saya pergi berlibur dan setelahnya, saya kembali pulang ke rumah. Jika saya pulang ke rumah, saya merasa itu sangat mudah. Iya, tentu saja".

Beberapa kalimat awal di atas adalah paragraf awal dari tulisan pertama yang saya buat di platform Mirror web3. Platform Mirror web3 adalah tempat untuk membuat blog pribadi. Mirip dengan blogspot atau wordpress. Perbedaannya, jika blogspot atau wordpress berada pada web2, Mirror web3 berada di blockchain. Layanannya gratis dan siapa pun dapat mendaftar untuk membuat situs pribadi. Yang menarik adalah pengguna tidak memerlukan alamat email untuk mendaftar tapi memerlukan sebuah address/wallet untuk terhubung.

Bagaimana Saya Menulis?

Awal kalimat yang saya tulis di atas adalah informasi yang mewakili karya tulis dimana saya membuatnya sebagai artikel. Anda mungkin suka menulis dan Anda ingin berbagi banyak hal melalui tulisan Anda. Bayangkan ketika Anda menulis, Anda seperti menjalani rutinitas bekerja, berkarya dan kembali ke rumah yang semuanya sangat mudah dilakukan. Seperti itulah seorang penulis membuat karya-karya mereka semudah menjalani rutinitas.

Lalu apa? Menempatkan karya tulis saya itu di web2 agar dapat menjadi nilai yang lebih berharga dari sekedar artikel biasa. Tapi, kekuatan web2 masih cukup terbatas untuk melindungi hak milik atau nama penulisnya. Meskipun web2 tetap ada untuk membantu naik ke tangga berikutnya, namun web2,-  yang sekarang kita kenal sebagai layanan terpusat -, seringkali menjadi sasaran yang mudah untuk meniru karya orang. Karena itu, saya menempatkan karya tulis asli dari web2 ke web3. Mengapa memilih web3? Karena web3 adalah tehnologi baru yang hadir untuk menjawab semua yang perlu untuk dilindungi, termasuk karya tulis. Sehingga akhirnya, tanpa membuat program khusus untuk mengunci atau menyimpan dengan aman, tehnologi web3 dapat melindungi semua yang menjadi hak milik saya sebagai penulis.

Beberapa platform web3 untuk menulis sudah memberikan opsi yang mudah untuk menyimpan hasil karya tulis, seperti salah satu yang saya uraikan di halaman ini, yaitu Mirror Web3. Informasi melanjutkan tentang bagaimana cara saya membuat halaman di Mirror Web3, yaitu mendaftar, hubungkan wallet dan menulis.

Daftar Ke Mirror Web3

Pertama-tama, saya kunjungi Mirror web3 melalui browser, saya ketik kata kunci "mirror web3" agar hasil pencarian menampilkan url yang berektensi xyz. Tampilan halaman depan platform Mirror web3 seperti yang terlihat pada gambar di atas. 

Jika Anda menemukan halaman ini sekarang, cobalah melakukan seperti yang saya tulis di bawah ini. 

Catatan saya: Apakah saya menyertakan affiliasi di sini? Tidak, saya tidak membuat affiliasi dengan Mirror web3. Platform Mirror web3 adalah layanan yang berada di blockchain dimana setiap orang terhubung langsung melalui wallet mereka. Yang lebih sesuai adalah setiap orang dapat terhubung melalui address dan alamat email. Seperti tombol Subscribe yang ada pada navigasi dasbor. Baca di bawah ini untuk memahami lebih dekat.

Klik tombol "Get Started" di kiri bawah untuk membuka halaman membuat connect wallet. Halaman apakah ini? Halaman connect wallet ini adalah tempat Anda untuk menghubungkan wallet ke layanan Mirror web3 yang terintegrasi dengan blockchain Ethereum. Dalam hal ini, Anda memerlukan wallet lebih dulu agar proses dapat berjalan.

Bagaimana jika Anda belum memiliki wallet? Anda dapat membuat wallet baru dengan cara klik "I don't have a wallet" di bawahnya. Lalu buatlah sebuah sebuah wallet. Ada beberapa opsi/pilihan nama wallet. Agar lebih mudah, pilih wallet Metamask. Lihat screenshot di bawah in.

Hubungkan Wallet

Berikutnya, hubungkan wallet Anda melalui log in ke wallet. Anda akan menandatangani proses log in ini dengan cara ketik kata sandi lalu klik Sign In di halaman dasbor wallet. Halaman baru akan terbuka dengan informasi yang mewakili akun Anda di Mirror web3. Informasi akan menjadi jelas setelah Anda membuat profil untuk memulai menulis, menempatkan gambar dan menjadikan karya tulis sebagai NFT.

Mungkin belum ada notifikasi yang dapat Anda ketahui. Sama seperti saya ketika pertama membuat akun lalu menandatangani wallet. Hanya halaman kosong yang menampilkan "Create" di kanan atas. Dan ternyata, "Create" adalah cara pertama untuk membuat profil. Bagaimana cara membuat profil? Sangat mudah, seperti Anda membuat akun pada media web2 Instagram, Facebook atau Tik Tok. Saya yakin Anda tidak kesulitan membuatnya. 

Saya memulai dari "Create" lalu meengupload gambar dan menulis deskripsi singkat tentang karya tulis saya nanti. Lalu saya simpan semua dengan menandatangani kembali wallet. Langkah saya membuat profil web3 sudah selesei.

Memulai Menulis

Setelah membuat profil, saya ingin memulai menulis. Halaman dasbor menampilkan navigasi di bilah sisi kiri. Di bagian bawah navigasi, terdapat Setelan untuk merubah profil. Saya pikir, mungkin  nanti saya akan menggunakan navigasi ini apabila saya ingin merubahnya. 

Saya memilih "Create" untuk menulis dan tidak ada halaman yang dapat digunakan untuk menulis, kecuali notifikasi yang memberitahu saya bahwa untuk menulis memerlukan perangkat pc atau laptop. Sampai di halaman ini saya mendapatkan informasi bahwa handphone saya tidak mendukung untuk membuat artikel di Mirror web3. Apakah handphone Anda juga tidak mendukung? Mungkin Anda sama seperti saya. 

Memang benar, sampai artikel ini saya tulis hari ini 25 Juni 2023, platform Mirror web3 belum mendukung para pengguna untuk membuat artikel melalui ponsel pintar. Namun saya harap, pengembang dapat membuat perubahan agar setiap pengguna handphone dapat menulis padanya. Bagaimana dengan Anda? 

Jadi bagaimana saya dapat mulai menulis? Saya menggunakan pc yang ada di rumah. Jika Anda belum memiliki pc atau laptop, saran terbaik menabung. Jika tidak untuk saat ini, Anda mungkin memerlukan waktu.  

Apakah Anda ingin membaca artikel saya di Mirror web3? Kunjungi artikel saya di halaman Story of Getting Ethereum. Inilah karya tulis saya yang menceritakan tentang NFT yang saya buat di OpenSea marketplace. Menulis memang memerlukan keterampilan. Tapi saya yakin setiap orang memiliki cara tentang bagaimana membuat karya yang baik. Saya senang menulis, Anda juga senang menulis.

Terima kasih untuk Mirror web3. Dan untuk semua pembuat konten penerbitan. Saya harap kalian mendapatkan bagian yang terbaik hari ini.


Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Masuk Ke BIOS Laptop Lenovo B490 20207

Cara Rekam Layar HP Tanpa Menggunakan Aplikasi

Contact Form

Name

Email *

Message *