Mengetahui Perbedaan Kabel Data Micro USB dan Type-C


Kabel data adalah kabel sebagai media untuk dua atau lebih perangkat elektronik untuk kebutuhan transfer data, suara, daya, dan juga penghubung antar perangkat. Fungsi lainnya untuk pengisian daya baterei, misalnya pada perangkat seperti smartphone.

Kabel data yang tersedia saat ini memiliki beberapa bentuk penampang yang dapat di hubungkan pada port smartphone. Untuk perangkat seperti laptop, mungkin ada beberapa bentuk port yang berbeda yang diperlukan. Mengetahui perbedaan kabel data mungkin dapat berguna ketika Anda ingin mengganti charger handphone. Mengingat ponsel pintar terbaru dari versi OS Android banyak yang menggunakan kabel data tipe C, jadi untuk perangkat atau HP Anda yang masih menggunakan kabel data tipe micro USB, penting agar Anda dapat memilih charger yang sesuai apabila Anda memerlukan kabel data ini.

Apa Saja Yang Membedakan Kabel Data Micro dan Type C

Dari desain yang telah dirancang, kedua kabel data ini mungkin memiliki fungsi yang sama, hanya praktek penggunaannya saja yang sedikit berbeda. Apa saja yang membuat berbeda? 

1. Bentuk Penampang

2. Cara Pengguna Memasang ke Port Handphone

1. Bentuk Penampang

Bentuk penampang mengacu ke bagian ujung kabel yang terhubung langsung port pengisian daya pada perangkat. Pada kabel micro USB, bentuk penampang menyerupai bentuk trapesium. Kita tentu tahu bahwa trapesium adalah bangun 2 dimensi yang terbentuk dari dua bidang lurus sejajar dengan salah satu bidang yang ukurannya lebih pendek dari bidang lainnya.

Mungkin lebih mudah menunjukkan contoh bentuk penampang kabel data micro USB seperti tampilan gambar di bawah ini.
 

Jadi, jika kita akan melihat bentuk seperti foto di atas pada salah satu ujung kabel data, bisa dipastikan bahwa kabel tersebut adalah micro USB.

Sedangkan untuk kabel data type C, dimana penampang ujung kabelnya simetris yang membentuk lonjong. Dan juga dari segi ukuran terlihat lebih besar. Seperti di bawah ini contoh tampilan ujung penampangnya.


Bentuk simetris menunjukkan bahwa tehnologi semakin memudahkan pengguna ketika mereka ingin mengisi daya baterei. 

2. Cara Pengguna Memasang ke Port Handphone

Perbedaan kedua ini mungkin memerlukan cara yang serupa dengan ketika Anda menggunakan stop kontak listrik AC dan DC. Lalu ada pertanyaan, apa hubungannya
kabel micro dengan type C dan stop kontak listrik AC dan DC? Tidak ada hubungan, tapi ada yang serupa dari cari pemasangan ke port isi daya pada perangkat.

1. Pada kabel micro USB, Ketika hendak mengisi daya baterei pada handphone, Anda harus memperhatikan posisi bidang lurusnya sebelah mana. Mungkin untuk tiap type handphone dapat berbeda letak bagian bidang yang menunjukkan penampang lurus. 

Yang Anda lakukan, Anda akan melihat dulu port isi daya dan memastikan bahwa "bidang lurus" dari penampang port tersebut, sehingga selanjutnya Anda dapat menyesuaikan bahwa ujung port kabel data yang lurus tadi berada tepat dengan port daya pada handphone Anda.

Jadi, untuk hal yang saya sebutkan terkait stop kontak AC dan DC adalah, kabel data micro USB serupa seperti saat kita menggunakan stop kontak DC. Arus DC akan berfungsi jika kabel merah untuk kutub positif (+)  dan kabel hitam untuk kutub negatif (-). 

Artinya, posisi penampang port isi daya pada perangkat memang dirancang satu arah dan tidak dapat ditukar, harus sesuai dengan bidang yang menjadi posisi yang seharusnya. Jika di tukar/dibalik, ujung kabel tidak akan masuk ke port pengisi daya. Dan tentu saja hal tersebut tidak sesuai dengan cara yang seharusnya untuk mengisi daya baterei.

2. Pada kabel Type C, ketika hendak mengisi daya baterei pada handphone, Anda tidak perlu memperhatikan posisi bidang lurusnya sebelah mana. Karena memang tidak ada yang berbeda dari tempat/bagian port yang seharusnya digunakan.

Jadi, ini berarti Anda dapat menempatkan ujung kabel data dalam arah apapun, dapat dibolak-balik. Mengapa dapat dibolak balik? karena penampangnya yang simetris dengan bentuk lonjong, sehingga seolah-olah Anda menggunakan stop kontak AC untuk menyalurkan daya listrik. 

Dengan kata lain, pada bagian mana saja dari ujung penampang kabel data type C, Anda tetap dapat memasang dengan tepat.



Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Menghapus Peta Situs Yang Sudah Terkirim Ke Google Search Console

Menambang Koin Kripto Melalui PI Network

Contact Form

Name

Email *

Message *