SIM Prabayar Dan Pascabayar: Perbedaan,Kelebihan Dan Manfaatnya

sumber gambar: internet screenshot 

Ada 3 hal yang menjadi topik kali ini tentang nomor SIM Anda yaitu Perbedaan SIM Prabayar dan Pascabayar, Kelebihan dan Manfaat yang bisa Anda ambil. Nomor ponsel atau kita kenal dengan kartu SIM dibuat  dan diterbitkan oleh perusahaan telekomunikasi seluler, untuk dipasang pada perangkat ponsel pengguna dan perangkat nirkabel lainnya. Bentuk kartu SIM sekarang di buat kecil dan populer dengan nama nano SIM.

Menurut bentuknya, SIM ada 2 macam yaitu SIM standard dan nano SIM. Bentuk SIM standard adalah menurut slot kartu SIM pada ponsel standard yang umumnya tidak ber-OS. Sedangkan nano SIM bentuknya kecil,kira-kira seukuran kuku jari kelingking. Sama seperti di akhir paragraf di atas, terkenal sebagai nano SIM.

Menurut jenis layanan, SIM Prabayar berbeda dengan SIM Pascabayar. Namun demikian untuk hal akses internet, keduanya setingkat untuk mencapai jaringan 4G. 2 Nomor Anda yang terpasang pada ponsel Android, jika salah satunya adalah nomor Pascabayar, maka Anda dapat mengakses semua layanan yang ada menurut operator dari nomor SIM tersebut. Tidak ada efek yag menyebabkan ponsel Anda menjadi kelebihan muatan karena terpasang 2 SIM yang berbeda layanan.

1.Perbedaan SIM Prabayar Dan Pascabayar

SIM Prabayar 

Dari awal kata, pra artinya sebelum. Bila Anda membaca buku sejarah, ada kalimat zaman prasejarah artinya zaman sebelum sejarah. Jadi, apa makna SIM Prabayar? SIM Prabayar adalah SIM yang bisa Anda gunakan namun Anda membayarnya lebih dulu. Artinya agar nomor dapat digunakan untuk SMS, telfon dan akses internet, Anda harus mengisi ulang dulu pulsa atau paket internet sesuai yang Anda butuhkan. Untuk isi ulang kartu SIM, Anda harus membayar(membeli)pulsa dan paket dengan nominal harga sesuai yang Anda kehendaki.

Disinilah makna Prabayar, dimana pengguna harus membayar dulu, barulah kemudian pulsa akan terisi dan dapat digunakan untuk berkomunikasi maupun kirim pesan singkat. Hal ini juga berlaku untuk isi ulang paket internet.

Pengisian pulsa lebih utama dari pengisian paket internet

Pulsa adalah sistem digital yang memungkinkan perangkat yang tertanam di dalamnya dengan nomor SIM dapat digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Dengan pengisian pulsa maka masa aktif nomor SIM Anda menjadi bertambah. Sehingga dengan bertambahnya masa aktif nomor tersebut, Anda dapat lebih lama untuk tetap menggunakan nomor SIM itu. Karena itu jangan sampai Anda lupa tidak mengisi ulang pulsa sampai batas masa tenggang.

Apa akibatnya jika masa aktif kartu berakhir? Akibatnya adalah Anda tidak bisa menggunakan lagi nomor SIM tersebut. Anda harus menggantinya dengan nomor yang baru.

Berbeda jika Anda mengisi ulang paket internet. Apabila Anda mengisi paket internet dengan besar datanya 10GB dan masa aktifnya 1 bulan, meskipun sebelum masa aktif paketan berakhir dan Anda menambah lagi besarnya kuota 10 GB lagi, hal itu tidak akan menambah masa aktif dari kartu SIM Anda.Isi ulang pulsa memang penting untuk Anda agendakan. Karena dengan memiliki jadwal rutin untuk isi ulang pulsa maka kartu SIM menjadi lebih panjang masa aktifnya. Pulsanya juga akan bertambah banyak dan berguna untuk stok bila nanti Anda gunakam untuk transfer pulsa ke nomor Anda yang lain.

Baca juga: Pulsa Dan Paket Internet Habis,Manakah Yang Akan Diisi Lebih Dulu?

Tambahan masa aktif bergantung pada besarnya nominal pulsa yang Anda isi. Untuk pengguna Indosat, pulsa 10 ribu akan menambah masa aktif 7 hari ke depan. Untuk pulsa 50 ribu akan menambah masa aktif 30 hari ke depan. Untuk pengguna selain Indosat, Anda dapat mengetahui sendiri, bukan?

SIM Pascabayar

Setelah mengetahui pengertian SIM Prabayar, sekarang Anda akan menemukan lagi satu layanan lain dari kartu SIM yaitu SIM Pascabayar. Setiap provider yang ada di Indonesia menyediakan dua jenis kartu ini. Jika Anda berniat mengganti jenis kartu Anda dari prabayar ke pascabayar, dan nomor Anda  yang lama ingin tetap aktif, maka Anda dapat melakukannya. Untuk keperluan ini Anda sebaiknya mengunjungi ke galeri dari nomor Anda.

Apa arti SIM Pascabayar? SIM Pascabayar adalah nomor SIM yang tidak memerlukan isi ulang pulsa untuk dapat digunakan. Mengapa? Karena layanan SIM Pascabayar adalah berdasarkan pemakaian pengguna selama 1 bulan. Artinya adalah Anda bebas sekehendak hati untuk menggunakan layanan yang ada pada SIM Pascabayar. Tidak ada batas masa aktif kartu karena SIM ini mulai aktif sejak awal Anda menggunakannya.

Jadi jika Anda melihat produk Telkomsel dengan nama kartu Halo, kartu SIM inilah yang masuk kategori SIM Pascabayar. Nama lain untuk produk dari Indosat, apakah ada juga? iya benar. Masing-masing provider yang ada di Nusantara ini mempunyai kartu SIM Pascabayar.

Apa saja nama kartu SIM Pascabayar selain Telkomsel?

  • Indosat memiliki SIM Pascabayar bernama kartu Telco Matrix. Sekarang semua nama kartu SIM berganti menjadi IM3 Ooredoo.
  • Smartfren memiliki dengan nama Telco Smartfren.
  • XL memiliki dengan nama Telco XL.
  • Tri memiliki dengan nama Telco Tri.
Apa saja layanan yang ada?

Layanan yang ada sama seperti kartu SIM Prabayar. Anda bisa melakukan panggilan ke semua operator, bisa berkirim pesan singkat, bisa juga mengaktifkan paket internet langsung dari ponsel Anda. Semua layanan bergantung dari pemakaian Anda. Semakin sering Anda telfon, kirim pesan atau aktifasi langsung paket internet maka Anda jangan terkejut bila nanti tagihan akhir bulan akan membengkak melebihi daftar pemasukan bulanan dari jasa freelance Anda.

Anda harus ingat bahwa SIM Pascabayar adalah kartu SIM khusus yang tidak dijual bebas. Berbeda dengan SIM Prabayar yang banyak dipasarkan di konter-konter pulsa yang terdekat dengan rumah Anda. Untuk mendapatkan nomor Pascabayar Anda disarankan untuk mengunjungi Grapari dari masing-masing operator.

Beberapa tahun yang lalu, saya sendiri adalah pengguna nomor Pascabayar dari provider Indosat yaitu Matrix. Karena tempat saya dekat dengan kota Surabaya, saya datang ke Grapari di daerah Kayoon. Anda yang berada di sekitar kota Surabaya tentu tahu tempat ini, bukan? Saya mendapatkannya bersama saudara sepupu yang kebetulan ingin menggunakan kartu Matrix ini. Dan hingga saat ini saudara sepupu saya masih aktif menggunakan Matrix, tapi saya sudah tidak lagi. Mengapa saya tidak menggunakan Matrix saya? Sebab saya tidak bisa membatasi penggunaan kartu Pascabayar yang maksimal layanannya. Tagihan saya besar di akhir bulan pada saat jatuh tempo pembayaran sudah tiba. Hal ini karena memang saya pengguna internet aktif untuk menulis konten, browsing, telfon dan chattingan di media sosial.

Besarnya tagihan sesuai dengan besarnya penggunaan perbulannya. Jika Anda ingin memiliki untuk menggunakan layanan SIM Pascabayar, Anda bisa mencobanya. Tapi ingat akan konsekuensinya bahwa penggunaan Anda juga perlu Anda pertimbangkan, agar tagihan bulanan bisa Anda lunasi tanpa beban. Apakah Anda pengguna SIM Pascabayar? Bagikan pengalaman Anda ketika menggunakan nomor pascabayar dalam artikel baru di situs Anda. Dengan cara Anda berbagi pengalaman kepada pengguna internet, kesempatan Anda untuk dikenal publik semakin terbuka.

2.Kelebihan 

  • Kartu SIM Prabayar adalah kartu SIM yang bebas Anda gunakan untuk untuk menunjang aktifitas berkomunikasi melalui ponsel. Aktifasi paket internet melalui potong pulsa maupun melalui aplikasi penunjang, bisa Anda lakukan kapan saja. Aplikasi penunjang adalah aplikasi yang terintegrasi dengan nomor Anda yang memungkinkan Anda menemukan beberapa layanan lain yang tidak Anda temukan pada dial nomor. MyIM3, myTekomsel, Bimatri, myXL adalah contoh untuk nama-nama aplikasi berbasis Android yang disediakan oleh masing-masing operator seluler  bagi para pelanggannya. Jika Anda adalah pengguna yang lebih senang untuk mengaktifkan paket internet melalui aplikasi kartu Anda, maka Anda adalah pengguna yang memiliki komitmen untuk menjaga dengan baik kartu SIM Anda. Dengan demikian nomor Anda tetap memiliki masa aktif yang panjang meskipun ada saat dimana Anda menerima pesan bahwa kartu Anda dalam masa tenggang. Oleh karena itu, jika Anda menerima pesan dari operator untuk segera isi ulang pulsa Anda, itulah waktu yang tepat untuk menggunakan Unitedpay dan isilah pulsa utama nomor Anda.
  • Kelebihan SIM Pascabayar mencakup luasnya layanan yang Anda dapatkan dengan mudah, tanpa terganggu dengan batas masa aktif ataupun masa tenggang. Setiap saat Anda menginginkan untuk terhubung secara langsung dengan rekan kerja Anda, maka saat itulah Anda dapat berkomunikasi secara real time.
Baik SIM Prabayar maupun Pascabayar memang ditawarkan oleh provider untuk Anda dan para pelanggan yang lain dengan cakupan yang membawa Anda kepada kemajuan di jaringan seluler.

3.Manfaat 

Apakah manfaatnya bagi Anda apabila Anda memilih kartu SIM Prabayar?

Manfaat yang bisa Anda dapatkan bila Anda memilih kartu Prabayar adalah Anda tidak ketinggalan untuk mendapatkan penawaran-penawaran menarik terkait dengan layanan yang disediakan provider. Seperti contohnya layanan pulsa safe, layanan paket internet dengan harga discount, casback dengan nominal tertentu yang Anda dapat bila Anda mengaktifkan paket internet, bebas Anda gunakan untuk isi pulsa berapapun nominalnya.

Apakah manfaatnya bagi Anda bila Anda lebih menyukai kartu SIM Pascabayar?

SIM Pascabayar adalah nomor Anda yang tanpa batas. Tanpa batas untuk Anda gunakan telfon, kirim pesan dan akses internet. Tanpa batas untuk sekedar mendekati masa tenggang, karena memang tidak ada masa tenggang.

Anda memilih Pascabayar karena Anda adalah pengguna yang tidak menginginkan untuk terlewatinya beragam informasi yang ditayangkan di internet. Anda adalah profesional konten blog yang setiap hari mendapatkan ide baru untuk membuat artikel baru di situs pribadi Anda. Karena itu,Anda memilih nomor dari jenis Pascabayar untuk menunjang pekerjaan Anda sebagai penulis konten digital.

Kesimpulan

Manfaat dan kelebihan kartu Prabayar dan Pascabayar memang sesuai dengan keinginan setiap pengguna untuk menggunakannya. Apapun kartu Anda yang saat ini terpasang pada ponsel, rawatlah dengan benar tanpa meninggalkan kebiasaan baik Anda untuk berbagi ilmu kepada orang lain. Sebab, setiap layanan,informasi, cara kerja, sistem yang berjalan di bisnis Anda sekarang, yang Anda dapatkan dari berbagai sumber di internet dan media lainnya, itulah bekal Anda untuk mencapai harapan mulia dalam lingkungan digital yang tanpa batas.

Baca juga: 

Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Cara Mengisi Saldo Perfect Money Dengan DANA Melalui Ahaschanger

Contact Form

Name

Email *

Message *