Cara Yang Membantu Agar Baterai Handphone Lebih Tahan Lama

Source image: vivo.com

Tips yang dapat membantu daya tahan baterai handphone Anda, berada di setelan asli bawaan handphone. Aplikasi 'Pengaturan' adalah tempat yang menjadi setelan dari sebagian besar fitur yang ada di setiap perangkat handphone Android. Salah satu fitur baterai yang memerlukan perhatian agar dapat bertahan lebih lama adalah menjaga daya baterai. Daya baterai yang besar tidak akan bermanfaat jika baterai tersebut tidak mampu mensuplai kebutuhan energi listrik untuk menjalankan semua aplikasi yang ada pada handphone. Jika Anda memiliki handphone yang memiliki fitur baterai dengan daya besar, menjaga agar baterai tersebut dapat bertahan lebih lama adalah tindakan yang bijak.

Anda memulai hari dengan membuka aplikasi sosial untuk membagikan hasil kerja. Kawan-kawan dalam grup Anda yang telah menjadi rekan kerja online di usaha kedai kopi online milik Anda, telah berjalan dalam lingkungan bisnis jual beli produk kopi. Mereka akan tergantung kepada Anda ketika memerlukan bantuan. Jika handphone Anda tidak siap untuk menampilkan notifikasi, atau tidak mampu menerima panggilan mereka oleh karena kendala baterai yang lemot, ini bukanlah cara yang baik untuk melanjutkan usaha. Karena itu, meskipun handphone Anda sudah lama, jangan membuat baterai handphone Anda kehilangan daya di awal mula ketika digunakan.

Mungkin tidak ada yang mengetahui, berapa kali pengguna menghubungkan handphone mereka ke sumber listrik dan tidak segera melepaskan kabel charger dari sumber listrik tersebut. Ini mungkin tidak menjadi persoalan jika hanya sekali saja dilakukan. Tetapi, bagaimana jika setiap kali pengguna mengisi daya baterai, sedangkan mereka tidak sedang berada di keadaan yang mendesak untuk mengisi kembali baterai? Satu-satunya akibat yang ditimbulkan oleh 'kebiasaan' mengisi baterai tanpa melepas kabelnya adalah baterai tersebut menjadi tidak normal, berkurang kekuatan di sumber listriknya. Dan pada akhirnya, baterai menjadi cepat habis.

Memperpanjang Umur Pemakaian Baterai

Umur baterai diperkirakan bertahan 2 sampai 3 tahun. Meskipun ini hanya perkiraan dan tidak di jelaskan secara pasti berapa tahun umur baterai dapat bertahan, namun, dengan Anda menjaga agar umur baterai dapat lebih lama menjadi daya di handphone Anda, maka Anda sudah melakukan langkah yang tepat di awal penggunaannya.
 
Handphone sekarang telah banyak menampilkan spesifikasi yang setara dengan perangkat berbasis OS di layar yang lebih luas, yaitu laptop dan pc. Ini membuat sebagian besar pengguna pc atau laptop lebih memilih untuk menggunakan ponsel mereka lebih banyak waktu. Dari beberapa menit hingga berjam-jam, pengguna ponsel pintar menghabiskan jam kerja bersama dengan aktifitas untuk menjelajah dunia maya.

Tanpa bekal daya tahan baterai yang kuat, mustahil mereka dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan yang mereka butuhkan, seperti misalnya, kirim pesan, melakukan panggilan, bermain game, dan lainnya. Ketika notifikasi menunjukkan baterai lemah, isi daya dengan menggunakan power bank mungkin sudah umum dilakukan. Isi baterai dengan kabel charger juga pasti sudah menjadi ketentuan yang di rekomedasikan.

Tips Baterai Tetap Awet

Jika Anda menginginkan agar baterai ponsel Anda tetap awet dan mampu memberi daya yang lebih lama, beberapa informasi berikut dapat Anda lakukan,
 
1. Internet yang aktif memerlukan daya baterai yang lebih dari keadaan normal. Setelan Wi-Fi dan data internet akan 'memakan' energi listrik yang lebih banyak. Demikian juga dengan fitur GPS beserta konektifitas lain yang memerlukan paket data untuk terhubung. Oleh karena itu, ketika Anda tidak sedang menggunakan semua fitur yang mengharuskan perangkat untuk terhubung ke internet, menonaktifkan semua itu adalah langkah pertama agar baterai HP Anda tetap awet.

2. Kebiasaan mengisi daya sambil menggunakan handphone, mulai sekarang sebaiknya Anda tinggalkan. Itu adalah langkah kedua untuk menjadikan baterai tetap bertahan lebih lama.

3. Yang berikutnya, ketika notifikasi dari prosentase baterai menunjukkan angka 20 persen, jangan menunggu hingga 10 persen baru Anda isi baterai. Ini berkaitan dengan kebiasaan seseorang yang menggunakan HPnya sambil mengisi daya. Tindakan ini tidak baik untuk kapasitas baterai yang telah memasuki batas terendah dari rekomendasi.

4. Setelah kurang lebih 1 jam, baterai pada HP terbaru saat ini sudah mampu mengisi penuh hingga 100 persen. Fitur ini populer disebut Fast Charging. Handphone Anda mungkin salah satu yang memiliki fitur ini. Dengan fitur Fast Charging, Anda tidak membutuhkan waktu lama hanya untuk menunggu hingga baterai mencapai 100 persen. Tapi, yang menjadi pengingat disini adalah, bila Anda sudah mengetahui bahwa baterai sudah penuh, segeralah cabut kabel charger dari sumber listrik.
Jangan menunggu terlalu lama atau Anda biarkan berjam-jam.

5. Bersama buku panduan manual, charger asli dari produsen sudah disertakan dalam satu tempat, yaitu kotak box dari kertas tebal. Karena itu, gunakan selalu charger asli HP Anda

6. Meskipun tempat untuk meletakkan handphone tidak selalu berada di dekat sumber listrik, pastikan Anda meletakkan perangkat Anda di tempat aman. Artinya, pada saat Anda mengisi daya baterai, jangan meletakkan handphone di kulkas atau di dekat kompor. Suhu panas dan dingin yang berada diatas rata-rata akan mempengaruhi perangkat beserta alat-alat penunjangnya.

7. Mungkin ada komentar Anda yang menambahkan lebih banyak lagi tentang, cara yang membantu  baterai handphone agar lebih tahan lama.

Antara pilihan, manakah yang lebih baik untuk mengisi daya baterai, Power Bank atau Charger?
Anda mungkin sudah melakukan beberapa pengaturan agar aplikasi tertentu tidak berjalan di latar belakang. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan dapat menjadi solusi yang membantu Anda untuk merawat dan menjaga baterai handphone serta perangkat pendukung yang menjadi satu dalam siklus pengisian baterai.

Baca juga: Cara Membuat Artikel Review Tentang Handphone


Comments

Post a Comment

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Apa Itu Tiket Deposit?Baca Ini Dulu

Contact Form

Name

Email *

Message *