Cara Mengubah Keyboard Model Phonepad Menjadi Qwerty

Handphone Android dari tipe apapun, sejak pertama kali di buat hingga sekarang, masih tetap menggunakan aplikasi pesan klasik. Aplikasi pesan klasik adalah model komunikasi lewat handphone yang berbasis teks dengan menggunakan pulsa . Nomor handphone menjadi tujuan dari penggunaan pulsa yang sudah tersimpan dalam jumlah nominal tertentu. Pengguna handphone dapat saling berkirim pesan jika kedua pihak sudah mengetahui nomor mereka masing-masing.

Komunikasi dengan teks ini kita kenal sebagai SMS. Setelah beberapa waktu berlalu, tehnologi komunikasi melalui SMS berkembang dari menggunakan pulsa menjadi paket internet. Sehingga sekarang, pesan SMS instan yang menggabungkan teks, gambar dan suara sudah menjadi kebiasaan pengguna ketika mereka ingin berkirim pesan.

Keyboard pada handphone tipe lama terletak di luar layar handphone. Tidak seperti sekarang, dimana model keyboard untuk mengetik pesan sudah berada didalam layar. Ini adalah istilah yang kita kenal sebagai layar sentuh. Tehnologi layar sentuh menjadi cara paling efektif untuk membuat pesan pada perangkat yang yang telah menggunakan sistem operasi. Tampilan keyboard yang berada dalam layar serta mengikuti keinginan pengguna ketika pengguna mengetik, membuat mudah semua keperluan untuk berkirim pesan singkat. Jika dilihat dari bentuknya, keyboard untuk mengetik yang ada didalam layar handphone terbagi dalam dua model yaitu model Phonepad dan model Qwerty.

Keyboard Model Phonepad Dan Model Qwerty

Keyboard berarti papan ketik tempat pengguna mengetikkan pesan. Keyboard model Phonepad adalah bentuk tombol ketik pada handphone tipe lama. Tombol ketik versi lama ini  adalah yang menjadi keyboard standar tipe handphone jaman dulu. Tampilannya yang menggunakan bentuk satu tombol tiga huruf atau empat, seringkali membuat kesalahan pengetikan. Sedangkan keyboard model Qwerty adalah keyboard yang umumnya digunakan pada perangkat pc atau laptop.

Dari tampilan pesan yang memuat teks sebagai alat untuk memasukkan pesan, tombol keyboard dengan dua model ini dapat digunakan dan diubah-ubah menurut keinginan penggunanya. Tetapi, adakalanya diantara pengguna tersebut, ingin agar keyboard mereka tetap menggunakan  model Qwerty. Apa alasannya? Karena keyboard mode Qwerty lebih mudah digunakan, tidak perlu mencari huruf yang dikehendaki dan lebih mudah menjadi setelan dasar. 

Saya sendiri pengguna handphone VIVO Y91c, menggunakan keyboard mode Qwerty dengan tampilan bentuk dan warna yang menarik hasil dari download. Dibawah ini penampakan model keyboard dari download.

Mode Qwerty

Mode Phonepad

Secara default, model keyboard handphone berwarna hitam dan putih. Jika Anda menyukai tampilan keyboad standar, Anda dapat memilih model ini. Untuk Anda pengguna VIVO atau ponsel Android  tipe lain, Anda dapat mengganti model dan warna keyboard dengan tampilan menarik lainnya dengan mendownloadnya dari menu yang ada pada setelan keyboard.

Membuka Menu Setelan Keyboard 

Menu setelan keyboard memuat ikon yang tampil di atas tombol-tombol yang biasa Anda gunakan untuk mengetik kata. Jika Anda hendak mengetik pesan, misalnya Anda membuka aplikasi WhatsApp, maka Anda tentu mengetuk layar pada bagian kolom 'Ketik pesan' untuk mengetik. Tujuannya, untuk memunculkan keyboardnya. Kemudian, Anda dapat mengetik pesan Anda.

Di bawah kolom 'Ketik pesan', ada ikon yang akan membuka beberapa setelan keyboard. Untuk mendownload model keyboard, klik ikon yang berada di tengah atau ikon kedua dari kanan. Ikon ini mewakili setelan untuk 'Tema' keyboard. Halaman akan membuka dasbor akun Vivo Anda . Setelah itu, klik menu 'Tema' disamping 'Beranda'. Halaman selanjutnya akan menampilkan model-model keyboard untuk Anda pilih dan Anda download.

Cara Merubah Model Keyboard Phonepad ke Qwerty

Anda dapat mengikuti cara singkat di bawah ini, jika Anda ingin mengganti model keyboard pada handphone Anda.

1. Buka kolom untuk 'Ketik pesan'. Caranya: buka aplikasi WhatsApp atau pesan atau kotak pencarian Google. 

2. Ketuk kolom 'Ketik pesan' agar keyboard tampil dilayar.

3. Klik ikon 'bumi tiruan' yang ada di nomor dua dari kiri, di bawah kolom  'Ketik pesan'.

4. Halaman akan menampilkan daftar bahasa. 

5. Di bawah pilihan bahasa 'Bahasa Indonesia', terdapat bagian yang menandai :

  • PHONEPAD
  • PENUH
  • T+
6. Pilih Bagian 'PHONEPAD' jika Anda ingin menggunakan keyboard model Phonepad.

7. Pilih bagian 'PENUH', jika Anda ingin menggunakan keyboard model Qwerty.

Anda dapat berganti model keyboard sesering yang Anda suka.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah SMS Konten Yang Memotong Pulsa



Comments

Artikel terbaru

Popular post

Perbedaan Paket Internet Freedom Dan Paket Internet Unlimited

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Play to Earn Crypto Dragons, Bermain Game Dan Mendapatkan Koin Kripto

Penjelasan Tentang Markup Di Bisnis Pulsa

Memanfaatkan Aplikasi Catatan Di Vivo

Amankan Aplikasi Anda Sekarang Dengan Enkripsi Menggunakan iManager Vivo

Cara Ganti Oli Mesin Mobil Daihatsu Taruna CSX Tahun 2000

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang? Beginilah Cara Mengatasinya

Semua Yang Berkaitan Dengan Node Bitcoin

Cara Setting APN Di Vivo Y91c Agar Sinyal 4G Tetap Stabil

Contact Form

Name

Email *

Message *