Terbaru

Cara Mengaktifkan Jaringan 5G Telkomsel Tanpa Perlu Mengganti Kartu SIM

Agar dapat menggunakan jaringan 4G, kartu SIM dan perangkat harus mendukungnya. Bagaimana jika jaringan internet 4G sudah sampai 5G? Apakah harus mengganti kartu SIM dan HP?  Info dari sumber yang menandai sebagai Direksi Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika di bawah ini menjadi jawaban informasi tentang cara mengaktifkan layanan internet 5G tanpa mengganti nomor SIM. Untuk Anda pelanggan Telkomsel, Anda berada di layanan baru yang bermanfaat.

Telkomsel Menjadi Operator Seluler Pertama Yang Menyediakan Layanan 5G di Di Indonesia

Media informasi sekaligus situs online skala besar nasional, KOMPAS.TV, melalui salah satu halaman yang ditayangkan hari Kamis kemarin 27 Mei 2021, menyebutkan bahwa layanan jaringan internet generasi ke-5  atau 5G dari Telkomsel sudah bisa digunakan. Ini menjadi informasi bahwa Telkomsel adalah operator seluler yang menyediakan layanan internet 5G pertama di Indonesia. Bagi Anda pelanggan Telkomsel, Anda mungkin perlu untuk mempersiapkan properti Anda yang mendukung, seperti nomor SIM dan perangkat untuk komunikasi. Untuk nomor SIM, Anda tidak harus mengganti dengan nomor baru. Untuk perangkat, dalam hal ini adalah handphone, Anda mungkin memerlukan HP yang baru.

Pada jaringan 5G yang telah aktif, Anda mungkin sudah berganti perangkat. Meskipun informasi yang saat ini Anda telusuri berada di tengah genggaman masih menggunakan perangkat 4G, itu tidak menghalangi Anda untuk bisa menjangkau beragam cara mengumpulkan penghasilan. Seperti misalnya, menjadi dropshipper, blogging atau trade forex. Jika tidak, Anda cukup menjalankan rutinitas di aplikasi Unitedpay dan menggunakannya untuk jualan pulsa. Informasi tentang aplikasi Unitedpay bisa Anda baca lebih lanjut di halaman Panduan Aplikasi Pulsa Unitedpay: Pendaftaran, Login Dan Transaksi Pulsa

6 Wilayah Jaringan 5G

Menurut informasi yang menyebutkan wilayah untuk tahap awal layanan internet 5G, jaringan Telkomsel baru bisa dinikmati pengguna di 6 wilayah. Diantaranya: Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Syarat Menggunakan Layanan 5G Telkomsel

5G dari Telkomsel adalah jaringan baru penerus 4G. Sebagai informasi yang mewakili properti digital di perangkat pendukung, beberapa hal perlu dipersiapkan. Properti digital di perangkat pendukung mencakup kartu SIM dan handphone yang mendukung 5G. Informasi di 3 hal berikut mungkin cocok untuk Anda ketahui.

Ada tiga syarat untuk menggunakan layanan 5G

1. Anda harus memiliki nomor Telkomsel yang sudah mendukung 4G. Untuk jenis kartu prabayar ada Kartu As, Loop dan simPati. Untuk jenis pascabayar ada Kartu Halo. Dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual pada hari Senin 24 Mei 2021 oleh Direktur Utama Telkomsel yaitu Bapak Setyanto Hantoro, menginformasikan bahwa layanan jaringan 5G Telkomsel tetap bisa dipakai dengan kartu SIM 4G.    

2. Perangkat atau handphone yang digunakan juga harus sudah sesuai dengan kriteria jaringan. Halaman kriteria ini menginformasikan tentang tehnologi frekwensi sinyal menurut ukuran tertentu. Tepatnya di rentang pita frekuensi N40 atau 2.300-2.400 MHz. Anda bisa mengeceknya melalui situs resmi handphone yang Anda miliki. Beberapa vendor ponsel kelas menengah sudah menyertakan tehnologi jaringan 5G ini. Seperti Vivo dengan produknya Vivo X50 Pro, Xiaomi Black Shark 3, Oppo Reno 5 5G, Realme X50 Pro.

3. Anda berada di wilayah residensial yang sudah disebutkan di atas, 6 Wilayah Jaringan 5G. Menurut Setyanto, ketersediaan layanan 5G Telkomsel ini memang sengaja tidak digelar serentak di semua kota. Pertimbangannya, aspek manfaat dan ekonomi.

Cara Mengaktifkan Jaringan 5G Telkomsel

Untuk keperluan 5G, pastikan nomor SIM Anda adalah salah satu produk Telkomsel dan sudah support 4G secara penuh. Jika nomor Anda selain Telkomsel, Anda dapat mencoba mendapatkan kartu Perdana dari Telkomsel. Anda dapat memilih Kartu As, simPati atau Loop. Begitupun dengan handphone Anda. Pastikan kalau HP Anda  sudah mendukung 5G. Jika belum, Anda bisa mulai menabung hari ini untuk memiliki HP 5G nanti.

a. Buka menu Pengaturan

b. Pilih "SIM Ganda dan Jaringan Seluler" lalu "Mode Jaringan"

c. Di halaman "Mode Jaringan", pilih jaringan 5G. Secara otomatis jaringan 5G sudah aktif.

Kesimpulan 

Dari uraian diatas, layanan jaringan 5G memenuhi syarat bagi Anda pengguna SIM 4G Telkomsel. Sebab, jika nomor SIM Anda sudah support di jaringan 4G, itu artinya Anda tidak perlu mengganti nomor. Mungkin yang memerlukan hal baru adalah perangkat terbaru di layanan pita frekuensi N40. Ini adalah tehnologi jaringan di perangkat komunikasi seluler berOS Android atau iOS. Untuk versi Android, Anda mungkin perlu membeli HP baru dengan spesifikasi yang mendukung layanan internet 5G. Dan yang akhir, setidaknya Anda berada di wilayah yang sudah terdapat sinyal 5G.

Comments

Advertisement

Unitro Pulsa Terbaru

Artikel Terpopuler Minggu Ini

Cara Mengatasi Masalah SMS Gagal Terkirim

Layanan Upgrade Kartu IM3 3G ke 4G Di Gerai Indosat Ooredoo

Cara Aman Simpan File Pribadi Pada Ponsel Android

Cara Mengatasi Email Yang Tidak Bisa Menerima Pesan

Pulsa Anda Tiba-Tiba Habis Setelah Isi Ulang?Beginilah Cara Mengatasinya

Cara Deposit Saldo Melalui Alfamart

Cara Memindahkan File Dari Laptop Lama Ke Laptop Baru